Perbedaan Foursquare dan Koprol


Sepintas lalu, Foursquare (4Sqr) dan Koprol nampak mirip. Seolah-olah Koprol adalah versi Indonesia dari 4Sqr. Tahun lalu kiprah Koprol seperti akan berakhir dengan produk yahoo yang gagal di tengah jalan saja. Tidak terlihat perkembangan yang signifikan dari Koprol.

Sementara itu 4Sqr malah makin berkibar. Kita bisa buat iklan gratis di foursquare tapi sekaligus juga bisa punya tempat usaha yang di”klaim” negatip oleh para pengguna 4Sqr. “Mayor” di 4Sqr bisa merubah tempat usaha kita dan para pengunjung bisa juga memberi tips negatip terhadap tempat usaha kita yang diiklankan (atau tidak diiklankan) di 4Sqr. Semakin sering check in akan membuat badge kita bertambah banyak, sehingga para pengguna 4Sqr sering terpacu adrenalinnya untuk mendapatkan badge sebanyak-banyaknya.

Beberapa saat lalu Koprol membuat kejutan dengan menayangkan iklan di media audio visual. Tak pelak lagi para pengguna Koprol tiba-tiba menjadi seperti terbangun. Akun lama yang tadinya istirahat panjang (hibernasi), mulai aktif kembali.

Para pengguna 4Sqr seperti mendapat mainan baru (wajah lama). Tidak seperti 4Sqr yang harus ada di lokasi untuk check in, maka di Koprol kita bisa check-in dimana saja tanpa terikat jarak real dengan lokasi maya.

Misalnya kita sedang di daerah “A” dan kemudian melakukan “check-in” ke daerah “B”, maka itu syah-syah saja di Koprol. Sebaliknya kalau di 4Sqr, hal semacam itu tidak disarankan. Di 4Sqr biasanya dicatat dengan komentar dan tidak mendapat point.

Di 4Sqr juga kita tidak disarankan untuk melakukan check in yang waktunya berdekatan. Kita sering dipersilahkan “rest and relax” dulu sebelum chek in lagi. Kalaupun memaksa check in, maka kita tidak akan mendapat point untuk itu.

Di Koprol tidak dikenal point dan tidak dikenal istilah “mayor” (penguasa suatu lokasi). Untuk membuat “venue” baru, maka sangat mudah dilakukan di 4Sqr. Kita tinggal search nama suatu tempat (misalnya mie sehati) dan kemudian menambahkan nama tempat itu bila belum ada nama itu di database 4Sqr.

Sangat mudah menambahkan lokasi baru di 4Sqr

Sangat mudah menambahkan lokasi baru di 4Sqr

Hal semacam itu tidak mudah dilakukan di Koprol. Kita harus tercatat sebagai pengguna aktif di Koprol baru bisa membuat nama suatu lokasi.

Kalau mau menambahkan lokasi baru tidak gampang

Kalau mau menambahkan lokasi baru tidak gampang

Setelah ada nama suatu lokasi, maka di Korpol kita bisa memberikan penilaian terhadap lokasi tersebut, hal yang sama bisa juga dilakukan di 4Sqr, tetapi dengan tampilan berbeda tentunya.

Menyukai suatu tempat

Menyukai suatu tempat

Di 4Sqr, kita bisa langsung menambahkan keterangan yang perlu, tips, atau petunjuk apapun terhadap lokasi yang baru saja kita buat.

Satu hal lagi yang terlihat berbeda antara Koprol dan 4Sqr adalah kemampuan koprol untuk melakukan interaksi antar pengguna Koprol. Hal ini kurang diperhatikan oleh 4Sqr. Kelebihan Koprol ini juga menjadi kelemahan Koprol, karena semua orang yang tidak kita kenal bisa ikut memberi komentar yang mungkin tidak nyambung dengan komentar kita di awal status.

Penampilan interaksi yang lebih gaul di Koprol

Penampilan interaksi yang lebih gaul di Koprol

Kesimpulan akhir ada di tangan anda. Mau Koprol atau mau 4Sqr. Dua-duanya menarik dan punya nilai kelebihan masing-masing.

9 komentar

  • ulasan yg mantep, singkat, tapi padat. skrg jd ngerti Koprol. :)

    • Walah mas Baja ini ilmu padinya keluar

      salam sehati

      • fu2rSR uvttdfiocggy

      • HoJyP5 itiyxdrtkfmg

  • Ping-balik: Ini dia yang baru Facebook Places

  • Ping-balik: Apa itu WAZE? | Komunitas Blogger Bekasi

  • pak…gimana caranya bales komen koprol via blackeberry ya?saya udah install koprol for blackberry, bisa nulis komennya cuma g ada pilihan menu send….bingung nih pak, slm ini bsnya bales komen koprol klo buka via kompi….thx :)

    • salam @Dhani

      semoga sekarang sudah bisa bales via BB
      memang tidak ada fasilitasnya, tetapi bisa kit alakukan dengan meng”klik” komentar yang akan kita balas

      nanti akan muncul jendela baru
      kadang memang tidak bisa, tapi lebih karena akses inetrnet yang lemot dan bukan pada fiturnya

      bisa kok
      aku juga sering melakukannya

      salam sehati

  • Ping-balik: Google.Me apalagi itu?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s