Mana lebih bagus XL, Halo, 3, Indosat, Axis atau Smartfren ?


“Pak Eko, mana lebih bagus XL Halo, 3, Indosat, Axis atau Smartfren untuk ponsel Android?”

“Kalau untuk BB, mana lebih bagus Axis apa Indosat ya?”

“Apa ada paket Smartfren untuk BB?”

“Katanya sinyal 3 untuk Ipad bagus ya pak?”

AXIS di Blackberry

AXIS di Blackberry (Paket BIS)

Beberapa pertanyaan senada sering ditanyakan padaku dan aku selalu menjawabnya dengan jawaban yang kurang memuaskan mereka. Buktinya mereka selalu mengejar dengan pertanyaan lain. Mereka tidak mau mendengar jawaban seperti ini :

“Pemilihan provider GSM/CDMA sangat tergantung lokasi”

atau seperti ini :

“Tergantung kebutuhan bapak/ibu. Yang bisa menjawab hanya bapak/ibu sendiri!”

Mereka ingin jawaban yang menunjukkan pada satu macam provider saja dan bukan harus mendapat jawaban berupa pertanyaan bagi mereka.

Aku memang memakai beberapa provider untuk menghidupkan beberapa gadget yang kupunyai. Hanya smartfren yang belum pernah kucoba untuk membantu komunikasiku. Kalau kartu fren dan Indosat pernah kupasang juga di ponsel tapi tidak untuk layanan internet.

XL Unlimited di Ipad2

XL Unlimited di Ipad2

Untuk layanan internet, aku pernah memasang XL dan 3 di Ipad2. Kemudian telkomsel di BB maupun di Samsung Galaxy Ace dan S-II. Aku juga pernah memasang SimCard Axis di BB.

Anak-anakku memasang XL dan Indosat di Samsung Android mereka. Jadi cukup lengkaplah kuketahui kehebatan masing-masing provider dalam memberikan layanan data internet.

Aku pernah merasakan betapa nikmatnya memakai layanan 3 untuk Ipad2. Saat di Jakarta, Bali maupun Lombok, sinyal 3 kuterima dengan baik dan akupun bisa puas berselancar.

Akupun pernah merasakan nikmatnya menjadi pelanggan kartu Halo telkomsel. Kemanapun aku pergi, aku bisa tetap berkomunikasi. Daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh beberapa provider, tetap dapat dilayani dengan baik oleh Telkomsel. Bahkan aku pernah memanfaatkan kartu telkomsel sebagai Mobile AP saat provider yang lain sudah KO (knock out).

Jadi sebenarnya memang sangat susah menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pera penanya itu. Biasanya jawaban yang paling memuaskan mereka adalah jawaban yang “to the point” dan menyebutkan kartu yang mereka inginkan. Mengapa?

Karena sebenarnya mereka sudah tahu jawabannya. Mereka hanya ingin pengesahan dari kita saja untuk membuat mereka mantap membeli kartu SIM yang sudah mereka incar.

Kalau sudah mengejar terus, maka jawaban yang kuberikan biasanya adalah jawaban konyol tapi membuat mereka manggut-manggut dan melaksanakan apa yang kujawab pada mereka. Tenryata mereka memang hanya membutuhkan nama provider.

“Cara paling bodoh adalah begini pak/bu. Beli kartu prabayar dari provider yang paling kuat sinyalnya di lokasi bapak/Ibu, misalnya XL atau Telkomsel atau AXIS dan coba saja dipakai selama sebulan atau seminggu. Kalau puas lanjut kalau nggak puas ya tinggal ganti kartu. Kartu perdana biasanya sangat murah pak/Bu”

Jawaban diatas sangat manjur untuk mereka yang tinggal di perkotaan atau dekat perkotaan. Untuk mereka yang jauh dari keramaian, maka jawaban itu lebih masuk akal dan lebih mudah dilaksanakan, karena biasanya hanya ada dua atau tiga provider yang sinyalnya sampai ke pedesaan.

Jadi kalau mau puas berinternet, carilah yang sesuai dengan mobilitas anda. Kalau lebih sering di rumah, maka pilih yang sinyalnya paling kuat di rumah. Kalau lebih sering ke luar kota atau ke pedesaan, maka pilihlah yang cakupan sinyalnya paling besar/banyak, yang bisa menjangkau sampai ke pedesaan.

Yang perlu diingat, kalau anda pengguna Android, maka cari paket unlimited. Bila anda ngotot memakai yang tidak unlimited, maka bisa jadi penggunaan tidak memuaskan dan pembayaran bulanan lebih tidak memuaskan lagi.

Kalau anda pemakai BB, maka pilihan provider berdasar harga lebih rasional dibanding mutu. Soalnya BB tidak rakus bandwith, sehingga perbedaan kualitas dari masing-masing provider tidak terlalu signifikan di BB.

Benar atau tidak pernyataan ini, Andalah yang mengujinya. Terima kasih sudah membaca artikel “Mana lebih bagus XL, Halo, 3, Indosat, Axis atau Smartfren ?” ini.

Salam sehati.

Telkomsel di Samsung Galaxy SII

Telkomsel di Samsung Galaxy SII

+++

Blog khusus membahas Info seputar Gadget? Silahkan baca disini.

477 komentar

  • Paket xl yg paling lama koneksi nya

  • Ping-balik: Free PDF to JPG Converter

  • tergantung lokasi dimana kita tinggal gan, karena tiap daerah pasti beda-beda

    • Yes :-)
      Tepat sekali, sangat tergantung pada lokasi dimana kita berada.

      Salams ehati

  • ujung-ujungnya harus dicobain juga satu-satu yak haha cocok2an sih -.-

    • Saat ini tidak ada provider yang benar-benar bisa memenuhi semua harapan kita, jadi model “bodoh” ya sesuaikan dengan kondisi lokasi kita dan dimana kita baisanya mel;akukan komunikasi.

      salam sehati

  • Pak Eko numpang tanya nih . Emg kartu perdana yg harga 10 ribuan dengan yg harga hampir 50 ribuan namun masih dengan merek yg sama selain beda bonus nya , beda juga jaringan internet nya ?
    maaf nih pak kalo ada salah2 kata. masih newbie soal nya. hehehe …

    • Salam @Aqsol

      Setahuku sih mereka memakai jaringan yang sama, kalau ada beda tentu tergantung paket yang ditawarkan. Jadi kuncinya adalah apa yang mereka tawarkan, meskipun biasanya mereka memberikan penawaran yang “menjebak”, misalnya dalam hal kecepatan. Biasanya mereka menulis maksimal yang bisa dilewatkan, tapi realisasi yang bisa lewat tidak hanya tergantung pada satu faktor saja.

      Salam sehati

  • Mas Eko, Kartu yang cocok buat Tablet daerah serang itu apa ya ?
    apakah 3 , SIMPATI , XL ?
    #newbie

    • teorinya kalau hanya untuk data lebih bagus pakai CDMA, tapi prakteknya saat ini CDMA masih belum bisa banyak bergerak, bisa jadi karena perangkatnya dan karena kebiasaan kita untuk selalu memakai GSM.
      untuk GSM, semua paket hampir rata di pulau Jawa, bahkan di pinggirian, asal masih ada sinyal, kadang lebih nyaman memakai data dari provider yang kurang laris
      tapi kalau sering mobile, pilihan kita ya hanya Telkomsel, XL atau indosat, nampaknya yang paling ekspansif saat ini adalah XL
      yang penting beli kartu perdana dulu, dan pakai sistem trial and error, yang paling nyaman dipakai itulah yang sebaiknya dipakai

      salam sehati

  • doni wijanarko

    om eko kalau internetan tergantung ram/vga? soalnya aku pake smart fren yg 50 ribu lelet padahal saya di kota tanggerang. dan apa om eko tau cara ganti modem cdma ke gsm?

    • Salam.

      Kalau internetnya sendiri tidak tergantung dengan RAM/VGA, tapi data yang masuk bisa saja terganggu dengan kecilnya ruang penyimpanan (interneal maupun eksternal).
      Ganti modem CDMA ke GSM, berarti ganti kartu donk :-)

      Salam sehati

  • Pak kalo sinyal 3 dilampung bagus gak pak?
    Trmksh

    • Wah sudah lama tidak ke Lampung, gak tahu sekarang apa kondisinya masih seperti beberapa tahun lalu.
      Adakah teman di Lampung yang bisa kasih masukan ?

      Salam sehati

  • Pak kalo ipad air pakai kartu ap ??? Klo di Indonesia ….

    • Salam
      Saya belum pernah pakai iPad Air, mungkin ada teman lain yang bisa bantu jawab?
      Tks

      Salam sehati

  • Raditya sismandrajaya

    Numpang Nanya pak eko, kalo daerah Purwokerto mending mana 3 / Simpati??

    • Secara umum jangkauan Simpati lebih luas, sedangkan 3 biasanya kalau belum laris, jaringannya bagus dan kencang.
      Kalau untuk data, sebaiknya kita tidak usah fanatik dengan satu kartu. Kalau sudah mulai lelet ya ganti kartu lain.
      Saya sendiri prefer ke 3, meskipun saya juga pengguna kartu halo.

      Salam sehati

  • klo provider mah semua bagus , yang jadi masalah sih tergantung tempat yang penuh signal dal low signal yang repot

    • Yes !
      Benar tuh

      Salam sehati

  • bryan ogya kusuma

    Jaringan xl di daerah lamongan dan yg cepat dimana ya

    • Salam @Bryan Ogya Kusuma
      Maaf saya belum pernah tinggal di daerah Lamongan, biasanya hanya lewat saja, tidak sempat mampir.
      Mungkin ada teman pembaca yang bisa memberi testimoni?
      Tks

      Salam sehati

  • Knp dihp ku kartu xl nya kadang gak ad sinyal nya ya ? Apa karna hp nya ?

    • xl emang bangsat !!!
      bsnya bnyk2 sms aja.

      user lain pada lemot.. diteleponin keoperator dengan alasan hp kt rusak atau segala macam..
      padahal gw ganti kartu yg lain ternyata bs.

      makan taikkkk aja tuh xl kimak

    • di daerah mana ya memakai XL ?

  • Pak eko Mau nnya dkit nih….kla perdana yg bagus untuk daerah garut apa ya…??? Soalnya ane pke simpati loop di andro tuh gmbrnya 3G tpi connection nya kaya G … Pake 3 kadang H+ kdng H biasa lup leap deh….

    Tlong dong bntuannya pak thx…..

    • Salam @S Bian

      Saat ini kayaknya banyak provider yang ngaco. Saya test pakai OKLA Speedtest hasilnya semuanya mengecewakan.
      Di Jogja telkomsel kartu halo juga bermasalah saat ini.
      Yang belum saya coba adalah merger XL dan Axis, kabarnya bagus, tapi saya sendiri belum mencobanya.

      Salam sehati

      • salah denger kabar tuh justru merger xl axis buat hancur kedua jaringan tapi paling imba di axis yg biasanya spd download 200-300kb unlimited sekarang cuma dapet 2-7kb itupun ping ga stabil, coba deh cek kedua fb nya pada protes di gabung

        • makasih masukannya

          salam sehati

        • Betul….itu yang saya rasakan…
          Gak bener malah tambah ancur…

  • Keren tulisannya pak Eko….

    • Makasih mas @Nur

      Salam sehati selalu ya…

  • Semua krtu sudahpernah saya coba mulai zamannya Ceria, trus Flexy’ kemudian smartfren’ indost’ telkomsel’ xl’ trus axis dan yang paling akhir adalah tri. Kesimpulannya yang terbaik adalah tri yang progrm AON satu tahun 21GB jadi kuota sebanyak itu tidak harus habis selama sebulan karena waktu kadaluwarsanya hinggatahun 2015. Selamat tri.. sulses selalu

    • semoga tri selalu begitu
      amin

      salam sehati

  • kenapa saya pake android di makassar kartunya telkomsel ko nggak bisa nyambung ke internet?

    • Salam @Indra

      Mungkin harus ke gerai Telkomsel untuk setting internetnya.

      Salam sehati

  • Kalau menurut saya sih lebih bagus pakai Simp*ti atau anak2nya Telk#msel Pak de.. yang 100rb per bulan cukup bagus tuh..

    • Salam

      Aku juga pakai kartu Halo, 125 ribu per bulan.
      Lumayan lah, bisa melanglang ke daerah-daerah
      Salam sehati.

  • benar klo ditanya bagus mana klo utk internetan?“Pemilihan provider GSM/CDMA sangat tergantung lokasi” setiap daerah sinyalnya berbeda-beda tergantung provider mana yang kuat sinyalnya yang mencakup daerah bapak tinggalkan sekarang ini.

    jangan lupa mampir kesini Pasca Kecelakan Jumlah Penumpang Ka Di Stasiun Serpong Berkurang

    • tks komentarnya

      salam sehati

  • ini salah satu jawaban yang mengundang beribu2 pertanyaan ,seperti kata penulis diatas:
    1.“Pemilihan provider GSM/CDMA sangat tergantung lokasi” .. ini yang justru jawaban sangat membingungkan pelanggan,jelas2 pelanggan memberikan pertanyaan seperti ini memperlihatkan pelanggan tsb memang benar2 tidak tahu dan ingin berkonsultasi kepada yang lebih mengerti ,klo jawabannya kayak gini pelanggan bukannya mengerti justru malah tambah bingung ,pasti di dalam hatinya berkata”apa ya provider yang cocok untuk daerah saya”pasti si pelanggan akan mengulang pertanyaan yang tadi dia tanyakan.

    intinya jawaban seperti ini akan menghasilkan pertanyaan yang mengulang.
    contoh si pelanggan datang ke toko agan ,lalu dia bertanya “provider/kartu yang kualitasnya bagus apa ya pak” si penjual menjawab” pemilihan provider gsm/cdma sangat tergantung lokasi” nah inilah kesalahan si penjual, membuat si pelanggan tambah bingung ,si pelanggan pasti akan mengulang lagi pertanyaan yang sama bahkan bisa berkal2.

    2.“Tergantung kebutuhan bapak/ibu. Yang bisa menjawab hanya bapak/ibu sendiri!”
    nah ini yang paling parah .jawaban seperti ini biasanya dari pertanyaan konsumen seperti “kartu yang cocok untuk hp saya apa ya pak ” si penjual menjawab “Tergantung kebutuhan bapak/ibu. Yang bisa menjawab hanya bapak/ibu sendiri!” ini tidak jauh berbeda dengan pertanyaan pertama .mungkin ada sebagian konsumen yang sedikit kesal ,si konsumen disuruh bereksperimen sendiri, si konsumen sebenarnya meminta sedikit masukan agar tidak salah pilih ,diibaratkan seorang petualang yang akan melewati ladang ranjau,lalu mencari informasi letak ranjaunya kepada yang sudah tau agar terhindar dari ranjau tsb. ini malah memberikan jawaban berkesan seperti coba masuki dulu semua lubang itu satu-satu , dan beritahu hasilnya. kan sama aja bohong ,tau gitu mending gak usah cape2 nanya ,ngabisin waktu aja.

    jadi kalo saya boleh ngasih saran kepada bapak , coba beri jawaban yang memang orang2 itu butuh jawaban tsb.langsung ke jawaban yang memang benar2 konsumen butuhkan lbh detail lagi,bukan yang jawaban yang hasilnya ngambang,yang kesannya si konsumen harus bereksperimen sendiri.kan kasian gak ada hasilnya datang jauh2 buat nyari informasi ,ternyata informasi tsb telah ia ketahui sendiri sebelum.
    sekian dari saya ,mohon maaf atas komentar saya yang mungkin tidak mengenakan bapak ..karena saya pribadi adalah seorang konsumen , saya seringkali mendapatkan jawaban2 seperti ini dari pedagang saat berkonsultasi ini itu , jawaban yang saya dapat adalah sama seperti jawaban yang bapak berikan, itu tergantung inilah ,tergantung itulah. jawaban saya dalam hati “ah datang jauh2 gak dapet hasilnya””lalu yang mempengaruhi ini apa” “lalu yang mempengaruhi itu apa aja” “kan saya gak tau menau masalah ini itunya ,bikin males aja nih”lanjut saya.

    kan enak kalo jawabannya gini , “mending pake merek A aja mas,karena merek A dah terbukti dan dah banyak pelanggan yang puas pake merek A,”
    memang kesannya seperti lebih berat ke suatu merek (kayak dibayar aja oleh si merek A)tp gpp dong ,kalo dengan konsumen, toh dia juga penghasil uang untuk si penjual” kan sama2 enak , pelanggan puas, penjual apalagi. ya ga :D

    • Salam.

      Terima kasih masukannya.

      Memang jawaban pertanyaan provider terbaik akan sangat tergantung pada banyak hal. Jadi metode bodoh yang paling baik memang metode trial and error.

      Contohnya, saya pakai “3” di Cawang, sangat bagus, tapi begitu pelanggan di daerah Cawang bertambah, maka akhirnya jadi lelet bahkan sering dapat kualitas sinyal sangat memadai tapi tidak ada koneksi internet yang bisa dilakukan.

      Di Jogja saya pakai FREN tidak bagus, tapi ketika fren menambah BTS dekat lokasi rumah saya, maka semua jadi lancar.

      Jadi akhirnya saya sarankan memilih kartu pra bayar yang bisa ganti-ganti nomor, saya sendiri disamping memakai kartu HALO (pasca bayar) juga punya kartu pra bayar.

      Salam sehati

  • ini salah satu jawaban yang mengundang beribu2 pertanyaan ,seperti kata penulis diatas:
    1.“Pemilihan provider GSM/CDMA sangat tergantung lokasi” .. ini yang justru jawaban sangat membingungkan pelanggan,jelas2 pelanggan memberikan pertanyaan seperti ini memperlihatkan pelanggan tsb memang benar2 tidak tahu dan ingin berkonsultasi kepada yang lebih mengerti ,klo jawabannya kayak gini pelanggan bukannya mengerti justru malah tambah bingung ,pasti di dalam hatinya berkata”apa ya provider yang cocok untuk daerah saya”pasti si pelanggan akan mengulang pertanyaan yang tadi dia tanyakan.

    intinya jawaban seperti ini akan menghasilkan pertanyaan yang mengulang.
    contoh si pelanggan datang ke toko agan ,lalu dia bertanya “provider/kartu yang kualitasnya bagus apa ya pak” si penjual menjawab” pemilihan provider gsm/cdma sangat tergantung lokasi” nah inilah kesalahan si penjual, membuat si pelanggan tambah bingung ,si pelanggan pasti akan mengulang lagi pertanyaan yang sama bahkan bisa berkal2.

    2.“Tergantung kebutuhan bapak/ibu. Yang bisa menjawab hanya bapak/ibu sendiri!”
    nah ini yang paling parah .jawaban seperti ini biasanya dari pertanyaan konsumen seperti “kartu yang cocok untuk hp saya apa ya pak ” si penjual menjawab “Tergantung kebutuhan bapak/ibu. Yang bisa menjawab hanya bapak/ibu sendiri!” ini tidak jauh berbeda dengan pertanyaan pertama .mungkin ada sebagian konsumen yang sedikit kesal ,si konsumen disuruh bereksperimen sendiri, si konsumen sebenarnya meminta sedikit masukan agar tidak salah pilih ,diibaratkan seorang petualang yang akan melewati ladang ranjau,lalu mencari informasi letak ranjaunya kepada yang sudah tau agar terhindar dari ranjau tsb. ini malah memberikan jawaban berkesan seperti coba masuk lubang itu , dan beritahu hasilnya. kan sama aja bohong ,tau gitu mending gak usah cape2 nanya ,ngabisin waktu aja.

    jadi kalo saya boleh ngasih saran kepada bapak , coba beri jawaban yang memang orang2 itu butuh jawaban tsb.langsung ke jawaban yang memang benar2 konsumen butuhkan lbh detail lagi,bukan yang jawaban yang hasilnya ngambang,yang kesannya si konsumen harus bereksperimen sendiri.kan kasian gak ada hasilnya datang jauh2 buat nyari informasi ,ternyata informasi tsb telah ia ketahui sendiri sebelum.
    sekian dari saya ,mohon maaf atas komentar saya yang mungkin tidak mengenakan bapak ..karena saya pribadi adalah seorang konsumen , saya seringkali mendapatkan jawaban2 seperti ini dari pedagang saat berkonsultasi ini itu , jawaban yang saya dapat adalah sama seperti jawaban yang bapak berikan, itu tergantung inilah ,tergantung itulah. jawaban saya dalam hati “ah datang jauh2 gak dapet hasilnya””lalu yang mempengaruhi ini apa” “lalu yang mempengaruhi itu apa aja” “kan saya gak tau menau masalah ini itunya ,bikin males aja nih”lanjut saya.

    kan enak kalo jawabannya gini , “mending pake merek A aja mas,karena merek A dah terbukti dan dah banyak pelanggan yang puas pake merek A,”
    memang kesannya seperti lebih berat ke suatu merek (kayak dibayar aja oleh si merek A)tp gpp dong ,kalo dengan konsumen, toh dia juga penghasil uang untuk si penjual” kan sama2 enak , pelanggan puas, penjual apalagi. ya ga :D

  • salam pak eko, saya dari malang, saya pakek 3 awalnya sinyalnya putus2,trus saya beralih pada simpati malah tambah parah, jadi kartu apa yg cocok untk bbm bagi daerah malang biar gk pending mulu, trims pak

    • Salam.

      Wah saya sudah lama gak ke Malang nih. Dulu waktu tinggal di Malang (Bendungan Sigura-gura dekat ITN), jaman suka nonton di KELUD, rasanya sudah sangat berbeda dengan sekarang ya…

      Provider “3” BTS-nya tidak sebanyak telkomsel, tapi saat ini memang telkomsel baru bermasalah, mungkin karena terlalu banyak pelanggan, sehingga BTS over load.

      Sebenarnya saya berharap merger AXIS dan XL segera selesai, karena akan menjadi unggulan baru di dunia komunikasi.

      Menurut saya saat ini XL cukup bagus dan telkomsel sedang ada gangguan (tapi beberapa teman saya merasa tidak ada masalah dengan telkomsel:-).

      Jadi silahkan coba XL kalau berkenan atau sabar menunggu simpati menjadi lancar.

      Salam sehati

  • Salam semua teman2 terutama yg punya blog nih klo saya sih untuk sekarang masih setia menggunakan kartu halo,kenapa masih setia???
    1 kartu halo lebih stabil apalagi untuk di pedalaman kalau kita sering traveling cocok banget.
    2 kualitas speed internet beda karena halo lebih di prioritaskan dari pada saudara kandungnya simpati dan as speed internet halo 14.4 mbps up simpati 7.2 mbps up as 3.1 mbps up dan yang paling saya senangi kartu halo lebih di nomor 1 kan kenapa saya blg begitu contoh sewaktu pada jam sibuk server telkomsel penuh maka akan di ambil server dari as dan begitu juga seandainya server as hampir penuh maka di alih kan ke simpati tanpa mengusik server untuk kartu halo
    3 orang bilang mahal saya rasa tidak sekarang ada paket halo fit 1bulan mulai 80rb mendapatkan 100 sms dan 100 mnit ke sesama telkomsel jam brp saja,paket data 2GB dan untuk limit bisa kita limitkan di 100rb sya rasa tidak mahal untuk mendapatkan jaringan yg lebih berkualitas.
    4 orang bilang kok lemot di blackberry sy bilang tidak karena untuk paket blackberry bukan paket data provider yang lemot karena untuk akses internet blackberry menggunakan server rim jadi kesimpulannya Rim yang lemot😬
    Oke teman2 slam kenal ya trims

    • terima kasih masukannya mas Dharma

      salam sehati

  • Kevin Octavianus

    mas,,saya tinggal di daerah grogol,jakarta barat,rata” sinyal buat telpon sama sms full terus,tapi kalo sinyal yang buat internet,kok mati nyala mati nyala terus ya? apa emang semua provider lagi error?soalnya satu kompleks disini sinyalnya error semua :3
    ane pake XL,prtama kali aktifin paket hotrod nya,hari pertama ngebut abis,abis itu,,,hari ke 2 sampe skarang mati nyala mati nyala trus,mau bbm aja susah abis :v
    btw,hp ane samsung ace 3 :V

    • salam

      bisa jadi lokasi mas Kevin sedang rusak BTS-nya atau, kapasitas BTS tersebut sudah over load
      kalau melihat nasib sinyal sekampung, maka kemungkinan over load lebih banyak dibanding rusaknya BTS

      salam sehati

  • temen2 semua yang di atas tu gak ada provider kartu sim yang bikin cepet,,maka saya kasih tau 1 rahasia saya ya pakai kartu apa ..ni dia kartunya,,,pakailah kartu zoker atau domino pasti cepet …………………!!!!!cepet kaya atau cepeet miskin,,hheheh waaaasalam

    • hahahaha….

  • mau tanya deh mas eko. klo indosat m3 di balikpapan bagus gak ya?o ya, saya pake iphone dan 2minggu lagi mau tugas kesana selama 1 th. kira2 sinyal 3g disana stabil gak ya? soalnya butuh sinyal internet yang stabil. klo gak stabil kira2 provider apa yang stabil?telkomsel?
    terima kasih.

    • wahdu maderita kalo bisa jgn di balik papan ya ,,keluar aja jangan ngumpet di balik papan kan jaringannya terhalang papanya tu ,hheheh canda

      • Saat ini hampir semua provider memang sedang bermasalah.
        Saya pengalaman pakai telkomsel cukup stabil, indosat juga ada.
        Axis yang kurang oke beberapa bulan ini.

        Salam sehati

  • saya pake exis coba az,di bandingkan sama yg lain exis lebih baik,nomernya jg unik gue punya nomer unik sendiri 083119946878

    • Wow kereen

      Salam sehati

  • Mau ikut naya2 nih. Saya selama ini pake SimPati dan meskipun kadang2 bikin frustrasi, saya rata2 puas lah. Lebih banyak positifnya daripada negatifnya. Cuman, setiap di bawa ke gedung2 tinggi di Jakarta (perkantoran lantai 19, apartemen lantai 16, dll) selalu nggak dapet sinyal sama sekali. Kartu apa ya yang enaknya dipakai di gedung tinggi seperti itu? Yang bisa dapet 3G HSPA di dalem gedung tinggi. Ada nggak ya? Sekarang lagi mengintai XL, bagus nggak? Atau ada yang lain?

    Makasih

    • Salam mas @Ismail

      Makin tinggi gedung akan makin turun kekuatan sinyalnya.
      Kecuali kalau di gedung itu dipasangi penguat sinyal.

      Salam sehati

  • Kalo untuk daerah bogor di pedesaan pakai kartu apa ya pak? Indosat sinyalnya selalu penuh tapi untuk internet sangat lambat..jadi mohon solusi ya pak:) termakasih…..

    • Salam.

      Saat ini para penyedia jasa internet sedang bersaing ketat di pemasaran mereka, tetapi dari sisi pelayanan pada kita, kelihatannya kurang maksimal.
      Mungkin mereka makin tipis marginnya, sehingga pelayanan yang berlebih akan makin menurunkan margin keuntungan mereka.

      Saya pakai Telkomsel ke Banjarmasin dan hanya bisa dipakai telepon tetapi tidak bisa dipakai untuk internet, sehingga hanya bisa online saat masuk hotel.

      AXIS yang dulu lumayan kualitasnya dan bis adipakai di daerah yang tidak ada BTS AXIS (nebeng XL), sekarang juga sedang bermasalah (mungkin menunggu proses merger dengan XL).

      Saat ini saya mencoba Indosat dan meski tidak kenceng-kenceng amat, tapi lumayan menolong saat kartu yang lain bermasalah.

      Kalau untuk daerah Bogor pedesaan, biasanya AXIS, XL, Indosat dan Telkomsel masih bagus. Kalau ada sinyal “3” mungkin bisa dicoba.

      Tks

      Salam sehati

  • Nabila Charisma

    saya dan teman2 saya beralih ke AXIS semenjak pke smartphone samsung nah akhir2 ini gatau knpa lelet bgt ya smpe upload foto ke instagram gabisa, saya tanya tmen2 ternyata bkn saya aja yg ngalamin itu mreka jga merasa jengkel yg smpe gabisa buka jejaring sosial pribadinya akhirnya pda pindah ke 3. lokasi saya dan teman2 ada di perbatasan jakbar dan tangerang. saya mau tanya apa saya dan teman2 saya aja yg ngalamin ini? atau mas eko sendiri ngerasa juga? :)

    • Salam.

      Saya sekarang pakai Indosat di BB. Tadinya masih pakai Axis, tapi semenjak AXIS mau merger dengan Xl, layannya jadi lelet.

      Salam sehati

  • Aq pke Axis ja…

    • BBku juga pakai AXIS

      salam sehati

  • saya mau nanyak ,kalau untu paket bb menggunakan kartu XL,lebih bagus pakai daN lebih cpt pakai paket full bis atau full srvice? terutama untuk browsing dan BBM

    • Salam.

      Full bis seharusnya lebih baik dari full service, tapi yang ada kan full bis lite ya?
      Cuma saya sendiri belum mencobanya.
      Mungkin teman-teman yang pernah mencobanya bisa memberi testimoninya?

      Salam sehati

  • saya dri makassar nih om pengern nanya krtu yg ccok apaan yahh, soalnya udah pke 3 jringn intrnet BB lemot bgt om….

    • @Fadel

      BB 10 mempunyai model koneski yang berbeda dengan BB 7 atau sebelumnya.
      Saat ini dua-duanya kadang lemot tanpa sebab. Gak tahu kenapa.

      Salam sehati

  • saya mau tanya kalau axis di yogyakarta dan sekitarnya aktif tidak dan sinyalnya lancar tidak ?

    • Saya pakai AXIS di BB dan Jogja termasuk ramah untuk AXIS.
      Tidak begitu kencang tapi sudah memadai, karena pakai yang lain juga tidak jauh beda.

      Salam sehati

  • halo everybady..udah ada yg nyoba pake MENTARI yg katanya 25.000 buat 6GB..??penasaran nih….

    • Aku belum pernah nyoba nih

      Salam sehati

    • tergantung tempat Mas kalo di Jawa sih rata2 sudah banyak superwifi hotspotnya

      • Yes !
        Tks

        Salam sehati

  • salam mas eko…. saya mau nanya dong…
    saya ada di daerah bandung… provider yang cocok buat internetan dan sms di android pake provider apa yahh… tadinya saya mau milih axis,tapi takut salahh.. hehe
    mohon sangat bantuan nya…

    • Salam.

      Saya pakai telkomsel untuk akses data internet yang memadai.
      Untuk BB say apakai AXIS, karena murah meriah dan cukup memadai untuk keperluan akses internet yang minimal.
      Saat ini AXIS dalam proses merger dengan XL, kalau jadi, maka akses AXIS akan lebih lancar, karena BTS XL akan bisa dipakai oleh AXIS juga.

      Saran saya sih kalau memang keperluan akses data internet besar ya pakai Telkomsel, atau XL.
      Kalau akses internet tidak begitu sering bisa memakai AXIS yang murah meriah. Saya juga puas memakai Tri “3” untuk akses internet di iPad.

      Salam sehati

  • Tolong bantuannya, kalau Skype yang cepat dan murah dari Bogor ke Inggris, pake apa ya pak Eko? murahan bayar perbulan atau gimana?

    • sudah dijawab di bawah ya mbak @Ida

      salam sehati

  • Tolong bantuannya, kalau Skype yang cepat tapi murah dari bogor ke Inggris, pake apa ya pak. Bagusnya pake perbulan bayar atau gimana? Makasih sebelumnya.

    • Salam.
      Skype memerlukan koneksi yang stabil. Langganan unlimited biasanya kurang stabil.
      Sebaiknya yang quota based.

      Salam sehati

  • bro klo operator yg ada paket unlimited apa aja ya?

    • Salam.

      Setahuku XL sudah tidak ada unlimited lagi, Telkomsel masih ada, demikian juga “3”, AXIS unlimited juga masih ada.
      Indosat ?
      Gak tahu apa masih ada

      Salam sehati

  • Saya pakai Xl untuk bb
    knpa kok sering kumat
    parah kli

    • Salam.
      Minggu ini saya beberapa kali ke Ambasador dan banyak keluhan para pengguna BB, terutama yang memakai BB10.
      Keluhannya BB jadi lemot dan untuk buka BBM saja sangat susah.
      Ada indikasi server BB yang bermasalah, tapi susah membuktikannya.
      Salam sehati

    • xl khan pny si malingsia ! jadi ya gt….

  • halo… aku mau ty donk… kl untuk HP biasa (telp +sms) bagus menggunakan provider apa yha? yg paling recommended

    lalu untuk android paling bagus pakai provider apa? soalnya bakal dibuat bepergian ke luar kota & untuk jalan2 + gaming & aplikasi2 yg required internet, minta tolonh bantuannya yha.. lokasi aku di wilayah surabaya, Thx

    • Salam.

      Untuk wilayah Surabaya, setahuku kualitas sinyal hampir merata untuk semua provider. Kalau hanya untuk SMS dan telp, maka hampir semua proider sudah memadai, sehingga bisa dipilih kartu yang paling murah.

      Untuk ponsel yang sering dipakai untuk luar kota, gaming dan aplikasi yang butuh internet, maka aku prefer memakai kartyu halo.

      Harganya memang cukup mahal, tapi reasonable dengan apa yang ditawarkan. Pakai saja paket flash dengan kartu mentari.

      Salam sehati

  • Pak Eko, saya mau tanya, kira2 kartu yang bagus untuk advan di daerah banjarmasin apa yah? saya tidak butuh yang untuk bepergian karena saya pelajar jadi cenderung tidak untuk bepergian, kemudian saya butuh yg lebih efektif untuk mendownload, mohon jawabannya Pak Eko, terima kasih sebelumnya.

    • Salam.

      Bulan lalu saya ke Banjarmasin dan waktu itu sinyal AXIS masih belum ada. Biasanya kalau ada sinyal XL, maka sinyal AXIS ikut hidup, tetapi ternyata tidak terjadi di Banjarmasin. Mungkin bila merger AXIS dan XL jadi terlaksana, maka kita bisa memakai AXIS di kota yang tidak mempunyai jaringan AXIS tetapi mempunyai jaringan XL.

      AXIS-XL akan mempunyai pelanggan terbanyak nomor dua setelah Telkomsel dan mempunyai BTS yang lebih beragam. Artinya memilih AXIS bisa menguntungkan.

      Pilihan selanjutnya yang murah meriah adalah “3”.
      Kalau yang mahal dan lebih bonafid ya telkomsel.
      Semoga AXIS dan XL segera merger dan mas @Simon bisa memilihnya.

      Salam sehati.

      • ada simpati loop.. paket bb hanya 30rb per bulan.. full servis..email hanya 1.. xl 59rb full servis lite.. email blackberry.., axis 30rb ful servis dan email lebih dari satu.. itu aja yg sudah aku coba dan dipakai smpe skrg.. kalau di rumah pake simpati, ditempat kerja xl, di desa nganjuk jatim.. pakai .. axis..ok banget…
        salam…

        • Tks infonya mas @Setiawan

          Salam sehati

  • pak kalo didaerah kalianda,lampung selatan bagusnya pke kartu apa y?

    • Sudah lama tidak ke Lampung, jadi tidak tahu sinal terbaik di Lampung.
      Sebaiknya coba beli kartu perdana saja dan dicoba sebulan. Bulan depan ganti lagi dan bisa dipilih yang mana yang paling bagus.

      Salam sehati.

  • modem gw cdma and krtu xl but lelet bgt kadang

    • modem CDMA kartu XL?
      Apa ada XL yang CDMA?

      Salam sehati

  • menurut gw sih axis paling bagus bro. sekarang gw udah puas pake axis. sinyal ga masalah, internet lancar

    • Salam.
      Aku juga pakai Axis untuk BB Z10, murah meriah untuk di kota-kota besar.
      Untuk remote area terpaksa OFF dulu.
      Salam sehati

  • Jadi kepastian nya apa yg terbaik..

    • Salam.
      Tidak bisa dipastikan secara eksak mas @Wira Dinata.
      Akan sangat tergantung pada kualitas BTS, lokasi BTS terdekat dan jumlah pengguna BTS tersebut.
      Namun kalau hanya mencari yang sinyalnya ada dimana-mana, maka telkomsel, Xl atau Indosat mungkin masih yang terbaik.
      Saya sendiri memakai kartu Halo di iPhone, kartu “3” di iPad dan AXIS di BB.

      Salam sehati

  • Salam kenal Pak Eko,
    Saya lagi kena “musibah” Mobi Fren saya gak bisa untuk browsing. Padahal pulsa unl 100 baru diisi seminggu. Sinyal cuma dapat 1 garis tapi banyakan 0. seminggu gak bisa internetan. udah lapor CS tapi gak ada tindak lanjutnya. Mo minta saran karena saya masih ada modem jadul Huaiwe E220. kira2 kartu apa yang bagus untuk daerah cibinong (Bogor)?

    Catatan :
    * 3 tahun pakai Fren lumayan puas, tapi langsung patah hati karena udah seminggu ini lebih dikit gak bisa internetan.

    Salam kenal,

    Slamet Asli Wates

    • Salam mas @Slamet

      Fren memang unggul di komunikasi data, karena berbasis CDMA, tetapi mungkin ada faktor lain yang membuat sinyal jadi “drop”

      Mencari penyedia jasa internet memang gampang-gampang susah. Bisa jadi bagus di satu daerah tetapi jelek di daerah lain.

      Ada harga ada pelayanan mas Slamet. Jadi kalau mau bagus ya pakai telkomsel, XL atau Indosat. Cuma ada juga laporan bahwa telkom kadang-kadang sinyal penuh tapi akses tidak lancar.

      Saran saya coba kartu perdana selama sebulan atau beberapa minggu, kalau oke ya tinggal diisi pulsa lagi, kalau tidak oke, ya ganti provider yang lain.

      Salam sehati.

  • kalo kartu perdana yg bagus buat download” di hp android apa ya?

  • Wah aku sudah jarang pakai Indosat nih

    salam sehati

    • tokodawei@gmail.com

      Soalnya saya gak pakai bb

      • emank gue harus ilang waw gitu

        • bebas kok mau bilang apa saja

  • utk wilayah gorontalo, sulut, dan ternate enaknya pakai apa ya?

    • Salam.

      Untuk daerah remote, kayaknya hanya dua pilihan XL atau Telkomsel
      Kecuali kalau ada Indosat, mungkin bisa dicoba dulu, sinyal dari provider mana yang paling kencang di lokasi kita sering memakai ponsel

      salam sehati

      • tokodawei@gmail.com

        Kelihatannya indosat sekarang sering lelet kalau sms kenapa yach???

  • saya berdaerah di surakarta, waktu saya memakai nokia5130v Ex music pakai IM3
    internet nya ngebut-but banget(tapi mahal) tapi pas saya pindah IM3 saya ke hp android menjadi leletttt,
    truz saya minta rekomendasi donk dari AXIS , 3 , XL donk bro, yang sekiranya benar2 nyaman…?? :)

    • pada dasarnya ada harga ada kualitas

      kalau harganya murah memang kualitasnya tidak sebagus kualitas yang mahal harganya
      saya pakai “3” di iPad tidak masalah dengan kualitas, jadi aman-aman saja biarpun lelet, tapi kadang dia teraSA kencang banget (pasti karena BTS sedang kosong)

      untuk BB saya pilih AXIS, murah meriah

      untuk menjelajah internet (Android maupun Apple) saya pilih telkomsel, karena cukup kencang dan ada di semua daerah Indonesia

      salam sehati

      • kartu 3 suka pending di bb

        • Salam

          Tks masukannya.

          Salam sehati.

  • bles donk bang eko

    • Salam bang @Rio

      Sudah dibales ya

      Salam sehati

  • bang eko klo buat internetan mending pake XL,Three atau smartfren saya di daerah tangerang

    • Salam.

      Pilihannya kualitas atau harga?
      Kalau kualitas, ada XL, Telkomsel dan Indosat
      Kalau murah ya Samrtfren atau Three atau AXIS.
      Semuanya akan tergantung juga dengan kapasitas BTS terdekat dan jumlah pengguna internet aktif di sekitar kita pada saat kita melakukan akses internet.

      Salam sehati

  • Assalamualaikum.
    Saya pake 3 untuk internetan, memang speed-nya memang kece buat browsing, donlot, segala macem. tapi disini (Cikole, Lembang, Bandung) widih sudah 2 hari terlewati signalnya ga dapet2 ! parah bgt nih, ini juga nulis komen masa EDGE -_- biasanya HSPA malah down ke edge, kadang WCDMA, lagi parah bgt nih, itu sebenernya masalah utamanya, nah saya mau nanya, biasanya kalo restart server paling lama beberapa 4jam-an, nah ini ko 2 hari berturut – turut, kira2 kenapa ya ? apa ada masalah sama atasan, padahal BTS 3 dari kediaman berjarak 200m -_- syeee ~ mohon ya mas :3

    • Wa’alaikum salam.

      Saya juga pernah ke daerah Cikole Lembang dan kesulitan melakukan hubungan internet memakai provider “3”.
      Padahal di daerah Cawang Jakarta cukup kencang.
      jadi karena hanya satu yang mati, maka yang lain dipakai sebagai Akses Point saja

      http://ekoshp.com/2011/10/kala-semua-sinyal-gadget-mati/

      Salam sehati

  • kalau di daerah saya di banten,khususnya pandeglang dan sekitarnya, disana banyak yg pake xl, baik buat ponsel maupun internetan,dan saya jg di bekasi pake xl buat internetan,sinyal bagus,kl pake simp…,kadang 3g nya kadang nongol kadang kagak,sekarang sy pake paket kuota 1,5 Gb/bulan.

    • salam

      makasih tambahan infonya mas Asep.

      Salam sehati

  • Beautiful picture! I am in NJ so we did see a bit of wind with the Hurricane. Our scolhos were closed for 4 days in our town, but in parts of NJ some scolhos are still closed to no power. We didn’t get as much rain as expected where I am thankfully, or the river would have really flooded!

  • paket unlimited untuk 3 gmn caranya?

    • Salam.

      Coba masuk kesini :

      http://internet.tri.co.id/login/init

      Kayaknya sudah jelas disitu petunjuknya,

      Salam sehati

  • saya pemakai samsung galaxy tab dgn provider simpati, sudah puluhan ribu pulsanya dari yang 100-10rb sudah saya coba tp selalu hilang dengan sendirinya tuh pulsa padahal saya sudah memakai paket dari yang unlimited sampai harian tp baru sehari saya pakai besok sudah tidak bisa digunakan lagi paketnya. Letak kekeliruannya dimana ya….minta sarannya ya teman-teman. Salam Kenal

    • Salam.

      Pastikan anda memakai paket data saat melakukan koneksi internet, cob alihat di pengaturan (setting).
      Selamat mencoba. Semoga sukses.
      Coba baca ini ya :

      http://ekoshp.com/2011/04/cara-hemat-ponsel-android/

      Salam sehati

  • Untuk samsung galaxy advance sy memakai simpati yg 50rb/bln…lumayan cpt,kadang2sinyalnya hilang tiba2…tp klu lg cpt…cpt bngt internetnya.seperti pak eko bilang…tergantung wilayahnya dan banyaknya pemakai.jam2 tertentu….

    • Yes !:-)
      Makasih komentarnya.

      Salam sehati

  • pak,,saya mau minta penjelasan nich….skrng saya pakai axis yg paketan pro unl yg sebulannya Rp 79.000 .sinyalnya bagus mencapai 4 bar,tp loadingnya kok lambat skli pak.kadang2 no conect, nah itu kira2 penyebabnya apa ya pak ?

    >> artinya anda berada di dekat BTS, tetapi pengguna BTS tersebut sedang full, sehingga koneksi tidak bisa sempurna

    salam sehati

  • Lokasi menentukan prestasi mas, tapi untuk yang paling super ya mau ngga’ mau tetep HALO hehehe

    • hahahaha….
      aku memang pakai HALO untuk iPhone
      belum berpindah ke lain hati

      salam sehati

      • pak,,saya mau minta penjelasan nich….skrng saya pakai axis yg paketan pro unl yg sebulannya Rp 79.000 .sinyalnya bagus mencapai 4 bar,tp loadingnya kok lambat skli pak.kadang2 no conect, nah itu kira2 penyebabnya apa ya pak ?

        • Salam.

          Sinyal kadang memang menipu.
          Bisa juga karena banyaknya pengguna di BTS yang kita pakai.
          Jadi biarpun sinyal full tapi akses ke internet tetap lelet.

          Salam sehati.

  • Halo Om Eko, dulu saya pernah nanya di daerah Bojonegoro – Babat – Lamongan – Duduk – Surabaya mana yang paling bagus?
    Saya sudah buktikan mulai Maret – Desember 2012 ini. Ada 4 provider yang saya gunakan untuk Lintas Utara ini.
    – Paling parah TELKOMSEL. Walaupun saya sudah pakai Halo, kalau sedang telpon pasti sering putus. Sudah begitu, masih mahal lagi. Arep di pailitkan 2 kali mungkin ya :D. Dan untuk BB jangan pernah pake Halo, muahal rek. Berhubung nomer Halo saya sudah mendunia, ya tetap dipakai walaupun hanya dibatasi untuk terima saja
    – Modem Smartfren yang Rev B bisa dipakai sepanjang Lintas Utara ini. Kalau yang Rev A memang rodo lelet.
    – AXIS khusus untuk BB karena bisa nelpon gratis ke Istri di Jakarta. Saya pilih BB yang sudah support 3G walaupun hanya kelas Curve, cepet juga untuk kirim foto-foto proyek. Lagi pula BB Curve awet baterenya.
    – Paket Hotrod 3G dari XL yang 49 ribu dengan kuota 1.5 Gb, saya pakai di Samsung Note 10.1. Saya sering membuka file gambar yg harus di upload dari PC kemudian bisa di download dan dibuka di lapangan dengan AutocadWS. Proses download file sebesar 3 Mb dari server AutocadWS bisa dilakukan dalam 30 detik di daerah Babat. Kalau yang biasa memakai AutoCAD, pasti tau bagaimana lamanya kalau mau nge zoom gambar di RAM yang pas-pas an. XL tidak mengecewakan.

    Sebenarnya ada alasan khusus mengapa saya memilih AXIS dan XL. Pertama karena kalau AXIS tidak support di suatu lokasi dan ada XL disitu, maka seakan-akan kita roaming memakai XL tapi tidak bayar roaming. Kedua, karena saya tahu XL menanam kabel serat optiknya di sepanjang jalan rel di Pulau Jawa ini, sehingga otomatis BTS nya dekat2 jalan rel sehingga saya yang tiap hari ngukuri panjang rel tidak pernah dapet blank spot dari XL. Kecuali kalau kabelnya XL putus kena garuk alat berat :)

    Besok-besok saya mau coba AXIS untuk Samsung saya. Kalau sudah pakai, ta’ kabari lagi hasilnya.

    • Salam.

      Wah bagus banget masukannya mas.
      Cuma beberapa bulan ini AXIS tidak bisa lagi memakai jaringan XL di luar Jawa.
      Begitu ke luar pulau (Kalimantan dan SUlawesi), maka AXIS langsung meninggal dunia dengan tenang (padahal spanduk AXIS ada dimana-mana)
      Saya beralih dari XL ke Tree karena sudah tidak ada lagi paket unlimited, sedangkan saya pakai XL di iPad butuh unlimited.

      BB saya memakai AXIS dan XL, layanannya memadai untuk keperluan yang sedang-sedang saja.

      Meski kecewa dengan telkomsel, tetap setia memakai Halo di iPhone, tapi entah sampai kapan bertahan ya…(??)

      Salam sehati

  • Nice info Pak Eko :) . Share juga buat yg di Jogja..
    – gadget GYoung Android
    – paket AxispRO 2GB (30 hari – 49rb) ^^
    – lancar2 aja (kecuali di dalam gedung kuliah tertentu, sinyalnya srg ga msuk hehe) cuma lagi2 android klo inet nya hidup pasti BOROSSS BATERAI, jd inet sering saya matikan kalo gak dipake =P haha

    modem jg pke AXIS 3GB (30 hari – 79 rb)
    – berencana pakai yg 6GB 30hari- 150rb
    – soalnya sya intens menggunakan internet (untuk game stengah bisnis, jg untk streaming radio ^^ keduanya sekedar menyalurkan hobi sih) , jd bener kata Pak Eko, kita sndri yg bsa menentukan mana yg pas sesuai kebutuhan (mendesak/tidak nya tergantung kebutuhan kita tsb, kalo untuk urusan pekerjaan dll harus diutamakan lah ya tentunya)

    koneksi:
    – awalnya di kost lancar jaya, di daerah GEJAYAN, tapi kbetulan harus pindah ke daerah TARUDAN BANTUL beberapa bulan ini, pakai AXIS lancar2 aja
    lemot nya cuma beberapa hari mendekati H30, hehe (spertinya mayoritas provider jg begitu)
    walau tdak selancar di kota, tp msih kenceng kok. Mau coba yg lain takut salah beli, buang duit nanti ~.~ hoho

    – mungkin Pak Eko/ yg lain ada masukan untuk daerah Tarudan Bantul bagusnya pakai apa ya? thanks ^^

    keluhan:
    axis disni kalo lgi hujan (badai) sinyalnya kdg hilang T,T mau cek pulsa aja gak bisa, suram XD

    • Salam.

      Makasih tambahan infonya mas.
      Bagi teman yang di Jogja tentu sangat bermanfaat.
      Amin.

      Salam sehati

  • jadi yang paling murah buat bb axis app 3 tree ????

    • salam

      dua pemain ini memang bersaing ketat, saya sudah coba kehebatan Axis di BB dan “3” di iPad, tapi untuk khusus BB, saya belum pernah coba “3”

      kalau di luar Jawa, kayaknya “3” lebih sakti dibanding Axis, meskipun spanduk Axis bertebaran juga di luar jawa

      salam sehati

  • Kesimpulan…tidak ada yang sempurna. Kalau ada provider yang di semua daerah, baik itu kota atau desa, hutan, gunung, lembah sinyal kuat dan bisa memenuhi semua kebutuhan masyarakat, baik hanya untuk bb, internetan atau mobile banking…akan menghancurkan bisnis provider lain. Kita sebagai pemakai hanya korban. Mereka pasti ada aturan main masing2. Jadi tujuannya…1 org hrs punya banyak sim card tuk sesuaikan kebutuhan dan kekuatan sinyal daerah masing2 dan otomatisssss…harus punya banyak phonecel atau smartphone. No hard feeling, just good bussiness… ;)

    • hahaha…
      masukan yang bagus mas Dedi

      memang selama ini kita mungkin hanya korban dari para provider dan para penjual gadget ya

      mereka tidak ada yang ingin rugi dan selalu berusaha untuk mengeruk duit dari kantong kita

      salam sehati

  • saya sedang mencari koneksi yang tepat untuk kebutuhan internet saya, selama ini menggunakan 3, pada awalnya sangat bagus dan stabil, tapi hampir 1 bulan ini sangan susah sekali untuk koneknya, apakah faktor cuaca juga berpengaruh saya sendiri tidak tahu. akhirnya saya beralih juga ke smartfren, tapi tetap masih beleum menemukan kepuasan untuk menikmati internet kencang di daerah saya, padahal saya tinggal di yogyakarta yang bukan termasuk kota kecil, ada saran dari teman2 1 wilayah koneksi apa yang tepat untuk saya? trims sebelumnya ^_^

    • Salam.

      Saya pakai 3 di Jogja lumayan kencang, tapi memang tidak semua tempat sama kualitasnya.
      Meski demikian saya tetap setia dengan 3, karena ponsel saya yang lain pakai Halo juga kualitasnya tidak beda jauh dengan 3.

      Salam sehati

  • Salam Pak Eko… Saya brd di bndung krn dinas, tpi semua keluarga di Pontianak, kalbar. Sempt menggunkn Axis krena nelpon grtis sesamanya, hnya dipotong Rp.500 kl tdk slh wktu itu dan dpt 24 jm grtisn. Tpi udh setngah tahun ini axis hilang sinyal di Pontianak, sdg di bandunh msh aman aja. Saya berniat gnti krtu GSM di tmpt tinggl yg skrg utk sinyal 3 tidak ada (kudu ke tingkat 3 kosan bru ada), Simpati, AS, lumayan sinyalnya, utk IM3, XL ada wl tdk bnyak. Mohon infonya, GSM mana yg bs dipakai buat nelpon sering dan kadang lama, namun murah meriah sesamanya dan ngga’ ribet..? gitu aja pak, trimakasih sblmnya…

    • Salam.

      Yang nggak pakai ribet sih kayaknya Simpati ya, kalau Halo mahal dan tidak ada bonus apapun.
      Hehehe… mungkin karena aku pakai Halo dan sering iri melihat bonus di Simpati.

      Salam sehati

  • saya ditangerang mau pake modem pak kare F***st *Me***ia…mahal….pake kartu apa yah yang bagus

    • Kalau ada sinyal SMART Fren, kayaknya perlu dipertimbangkan untuk memakai kartu ini.

      Salam sehati

  • emangnya enak mana xl sama 3 …?

    • tergantung banyak hal mas
      lokasi kita melakukan koneksi internet dan banyaknya pengguna di lokasi kita sangat mempengaruhi kualitas jaringan internet provider

      salam sehati

  • saya tinggal di buruan. Penebel tabanan bali.
    saya pake im3. tapi 3g belum masuk di sini.

    tolong info operator gsm apa yang sudah masuk wilayah saya yang sudah 3g.
    terima kasih atas bantuannya.

    • ada yang bisa bantu?
      saya tidak punya info tentang hal ini

      salam sehati

  • Hallo semuanya, salam hangat!

    Saya sedang bingung nih, kebetulan sekali menemukan ruang diskusi ini. Saya sedang menggunakan simpati untuk ipad3 saya, tp saya merasa ada provider lain yang bs digunakan untuk unlimited service, hanya saja saya tidak tau, nah provider apa yang ada unlimited service (bulanan) untuk digunakan di ipad saya? Mohon informasinya.

    Sekarang ini saya menggunakan xl untuk bb, saya merasa cukup puas wlopun kadang saat ada gangguan, sungguh menjengkelkan!
    Untuk modem laptop saya gunakan smartfren, dan saya merasa puas juga dgn provider ini yang menyediakan unlimited service.

    Oya, FYI saya domisili di bali, sering ke bandung untuk pulang kampung :))

    Thanks

    • Salam.

      Saya memakai kartu Halo untuk iPhone 4S dan cukup puas dengan pelayanannya, meskipun kadang-kadang kena blank spot juga.

      Saat ini setahu saya hanya XL yang tidak menyediakan unlimited base tapi quota based, jadi kalau untuk provider yang unlimited sebaiknya memilih sesuai sinyal terkuat yang ada di lokasi dimana anda sering berada.

      Saya pakai AXIS untuk BB dan meski murah meriah, tapi harus rela mati sinyal ketika berada di Manado atau Makassar.

      Salam sehati.

  • Salam Pak Eko,

    Kebetulan nemu blog ini. Saya pengguna indosat & pengguna iphone… terbilang cukup parah sinyalnya internet maupun telp dan sms di indosat. saya bingung apakah indosat tidak cocok di iphone? saya sampe ke indosat untuk perbaharui sim cardnya, tp ya tetep aja sering hilang sinyalnya. Sekarang berencana mau cari kartu lain, apakah ada rekomendasi. saya melirik telkomsel atau XL sih, mohon masukannya. Oiya domisili saya di Jakarta. thanks sebelumnya

    salam :)

    • Salam.

      Saya pakai telkomsel untuk iPhone 4S.
      Selama ini dengan segala kekurangannya, masih terasa yang paling optimal.
      Saya langganan yang 125 ribu/bulan.

      Salam sehati

  • pa,, sekarang sinyal 3 di bandung lg bagus ga sich??? saya pake unlimited 3 (modem) masa kalo download laaamaaa??? *curcol

    • hahaha…..
      coba baca sharing dari mas Edo di atas

      semoga sudah memberi pencerahan

      salam sehati

  • *share
    buat kawan” yang ngambil paket tolong di perhatikan antara KUOTA dan UNLIMITED/bln
    karena setau saya KUOTA selalu lbh cepat jauh di banding dgn UNLIMITED/bln demi keuntungan perusahaan mereka..
    dan untuk yang mempunyai masalah jaringan? gampang koq ga usah pusing2 semua provider memberikan jaringan yg kencang, namun hanya posisi kita yang kadang kurang strategis, caranya bikin aja antena untuk narik signal (tembak lsg ke arah towernya) lalu di lepas ke dalam rumah.. (pengguna rumahan)

    • makasih sharingnya.

      salam sehati

  • jadi kesimpulan untuk jaringan bagus Im3, Xl, atau 3?
    karena newbie ni

    • Salam.

      Jenis kartu sangat dipengaruhi oleh tempat kita berada. Misalnya “3” sangat lancar dan sakti di Manado, sementara Telkomsel malah gelagapan, Axis gak bisa dipakai. Indosat juga kocar kacir di Manado.

      Nasihat terbaik tetap seperti tertulis di atas :

      “Cara paling bodoh adalah begini pak/bu. Beli kartu prabayar dari provider yang paling kuat sinyalnya di lokasi bapak/Ibu, misalnya XL atau Telkomsel atau AXIS dan coba saja dipakai selama sebulan atau seminggu. Kalau puas lanjut kalau nggak puas ya tinggal ganti kartu. Kartu perdana biasanya sangat murah pak/Bu”

      Salam sehati

  • Mas eko saya mau nanya nih,kalo Kartu As bagus gak yah koneksinya di bandung?*saya tinggal di bandung utara.
    kartu as udah ada paket unlimitednya belum ya?kalo ada berapa biaya perbulannya
    oh ia saya pake hp android.

    • Saya pakai Halo untuk iPhone4S, selama ini lumayan lua sjangkauannya, tetapi kalau untuk Bandung Utara, saya belum sempat nyoba.
      Setahu saya ada paket unlimited, tapi kalau soal kualitas memang kadang kalah dibanding pesaingnya.
      Bukan karena katu As jelek, tetapi bisa jadi juga karena (para) pesaingnya mempunyai jumlah pelanggan yang lebih sedikit, sehingga akses internet di kartu As menjadi lebih lancar.
      Minggu lalu, saya pakai “3” di Manado akses internetnya sangat kencang, sementara Axis matot (tak ada sinyal sama sekali), telkomsel putus sambung di beberapa daerah Manado. Meski begitu, belum tentu kualitas “3” lebih hebat dari telkomsel, Bisa jadi karena pelanggan “3” di Manado masih sedikit, sehingga aksesnya menjadi lebih kenceng.

      Salam sehati.

      • makasih banyak pencarahannya mas.
        btw tuh paket as yg unlimited tarifnya berapa perbulan?
        dan apa bener2 unlimited?

  • XL TUKANG TIPU! berkali2 sy kesedot pulsa reguler. Terakhir kali hari ini.. Pulsa msh ada 75ribu.. Paket unlimited jalan. Kuota msh 100mb lbh. Baru pake sebentar, Tanpa pemberitahuan, Tiba2 pulsa habis! Lah pakenya aja cm bntr,cek pulsa jg masih 75ribuan.. Gila ngga tuh! Sblmnya sering tp cm 20ribuan dll. HARI INI TERAKHIR SY PAKE XL.. XL PERAMPOOOOKKKK.. GOBLOK.. SETAAAANN

    • Waduh…
      Mas Aldo baru stress nih.
      Semoga tidak terjadi pada yang lain.
      Amin.

      Salam sehati

  • salam pak eko,
    sy di bandung pake im3 paket unlimited di hp android, lumayan cepat kalo dapet 3g,tapi kalo ga dapet lemot banget..koneksinya putus nyambung2x..mau nyoba telkomsel nunggu habis kuotanya dulu,thx

    • Salam.

      Telkomsel memang saat ini yang paling besar, saya juga memakai jasanya untuk iPhone, tapi jangan lupa yang terbesar belum tentu terbaik.
      Lihat saja, sampai dipailitkan oleh perusahaan kecil, itu pasti merupakan bukti bahwa manajemen telkomsel bermasalah.
      Semoga lancar pakai telkomsel.

      Salam sehati

  • so? provider terbaik buat gadget adalah Axis & 3

    • Termurah iya, terbaik belum tentu.
      Saat ini saya pakai AXIS untuk BB dan “3” untuk iPad 2

      Salam sehati

  • SAYA PAKE IM3 DI DAERAH
    BURUAN, PENEBEL, TABANAN BALI.
    MASIH LEMOT 3G BELUM MASUK
    KALO DI KOTA BESAR SUDAH LANCAR
    MOHON PAKE OPERATOR APA KALO DI DESA YANG MANTAB

    THANK BROW.

    • Salam.

      Cara bodoh kadang malah manjur.
      Beli kartu perdana baru dan dicoba pakai, minimal seminggu sampai sebulan.
      Kemudian coba lagi perdana dari provider yang lain.
      Lakukan hal yang sama dan pada tahap terakhir pilih yang paling sesuai dengan hasil yang kita dapatkan.

      Salam sehati

  • perdana apa yg buat internet unlimited GSM yg murah ?

    • Salam.

      Saat ini saya memilih “3” untuk Jakarta bagian Cawang.

      Salam sehati

  • baca artikel ini karena mau fungsiin 2 gadget.. tablet dan samsung galaxy.. pake telkomsel ga kecewa karena sinyalnya OK, tapi kuotanya dikit utk paket 100rb dibanding dengan provider lain kayak 3.. telkomsel kuota paket 100rb cuma 500mb, sedangkan 3 paket 50rb dah dapet 1GB (ga sampe sebulan dah habis kuotanya, kebetulan saya pakai simpati).. bener kata mas eko, kita hanya butuh penegasan dan terima kasih saran nya untuk coba2 dulu beberapa provider seperti 3, axis atau XL.. ada yang bisa komen kalo modem wifi OK ndak kalo dipakai minimal 3 gadget? thx

    • Salam.

      Modem wifi aturannya kalau nggak salah maksimal 5 gadget, tapi prakteknya dua gadget saja sudah kempis-kempis.
      Masih sambung sih, tapi kalau sudah tiga gadget mungkin benar-benar harus ekstra sabar.

      Saat ini saya pakai Tri untuk iPad dan belum ketahuan kinerjanya. Mungkin akhir bulan mau nulis tentang kinerja Tri.

      Salam sehati

  • Untuk aktifin packet unlimited telkomsel di galaxy tab, gmn ya caranya ? Dicari di menunya .ga nemu. (Takut salah milih paket :D)

    • Salam.

      Bukannya cukup ikuti langkah ini saja?

      Tekan *363# setelah itu OK, dan pilih nomor 2 : Paket Internetan, setelah itu pilih nomor 2 : Flash Unlimited setelah itu akan muncul pilihan :

      1. Rp.50rb/14hari
      2. Rp. 100rb/30hari
      3. Rp. 200rb/30hari

      Pilih yang cocok. Sori kalau sudah ganti, soalnya kartu telkomselku baru hang.

      Salam sehati

      • Ga ada kayanya yg unlimitednya tuh pak, :( sy cuma nemu :
        1. Flash volume-ultima
        2. Flash kuota based – optima
        3. Flash gift
        4. Paket modem dan tablet

        (Itu isi dari pilihan nmr 2 (TELKOMSEL FLASH)

        Prnh iseng2 nanya .ke CS nya telkomsel, disuruh milih yg optima .
        Gmn dunk yah ?

  • Masih Bingung
    Provider yang Murah”an bwat Android… -,-

    yg Unlimited.. -,-
    ane Masi pke Indosat d Galaxy S Advance.
    tp masi blm nyuba berlngganan, plingn yg pling mura aj g usa nyoba” sinyal….

    • Salam mas @James

      Kalau sudah puas dengan Indosat, lebih baik tetap saja pakai Indosat.
      Saat ini iPhone saya memakai Kartu Halo dari Telkomsel dan iPad memakai kartu “Tri”
      Jadi kalau sinyal iPad bermasalah tinggal hidupin Mobile Hotspot dan akses iPad via iPhone.

      Salam sehati

  • salam mas..
    saya saat ini pake 3 kadang-kadang yang paket kuota regular 1 gb, 2gb dan 5 gb, tp karena saya aktif sbg pengguna android, sering sekali kuota yang ada langsung habis dalam hitungan hari, walopun sinyal kuat di bekasi dan jakarta dan kencang. tapi kalo terus-terusan terkuras kaya begini, susah juga.. gimana ya mas? sebaiknya saya pakai apa? atau gimana caranya tetap pakai 3 yang based kuota tapi tetap hemat sampai akhir bulan bukan hitungan hari? karena bingung..terimakasih mas..

    • Salam.

      Untuk pengguna gadget Android, maka kita selalu dipaksa untuk selalu online, akibatnya jadi boros.
      Sebaiknya memang memakai unlimited, tapi kalau mau kencang memang pake Quota base.

      Salam sehati

  • kartu gsm apa klo gt?yg terbaik n ternikmat

    • aku masih menjagokan Halo Telkomsel
      Dulu aku juga menjagokan XL, tapi sejak gak ada unlimited jadimales pakai XL.

      Salam sehati

  • Saya gunakan Simpati pada awalnya. Tetapi sudah hampir 8 tahun lebih saya gunakan Halo dan Halo belum pernah let me down.

    Halo+Flash. +Facemodo @Facemodo

    Pernando Ritonga

    • Salam.

      Halo jadi andalan saya juga sih. Apapun gadgetnya, yang terbaik selalu saya sisipi kartu Halo.
      Cuma akhir-akhir ini mulai bermasalah lho mas, meski tetap terstabil di antara yang lainnya.

      Salam sehati

  • pak eko minta sarannya dong, saya sekarang lagi bingung nyari paket internet murah dan handal buat ponsel android yang rencananya saya buat internetan di pc/laptop juga. minimal buka video gak pake loading, lancar jaya gitu. saya di surabaya. makasih sebelumnya.

    • salam.

      kalau persyaratannya bisa buka video dengan lancar, kayaknya biayanya mahal tuh
      aku pakai kartu halo unlimited 125 ribu per bulan masih seret kalau untuk buka video

      salam sehati

  • Pak Eko, saya mau tanya, kira2 kartu yang bagus untuk galaxy tab di daerah makassar apa yah? saya tidak butuh yang untuk bepergian karena saya pelajar jadi cenderung tidak untuk bepergian, kemudian saya butuh yg lebih efektif untuk mendownload, mohon jawabannya Pak Eko, terima kasih sebelumnya.

    • Salam.

      XL dan Telkomsel cukup baik di Makassar, sayangnya kalau XL gakda lagi paket unlimited.
      Mungkin bisa dicoba paket dari telkomsel yang hanya data saja dan unlimited.

      Salam sehati

  • Salam kenal mas,

    Mhn pencerahan,
    Sy kerja sbg tour leader, sering bepergian ke LN, bagusnya pakai provider apa kah ?

    Thx
    Rein

    • Salam

      Saya dulu pakai Telkomsel untuk ke LN, tetapi biayanya terlalu mahal. Begitupun dengan provider lain.
      XL pernah menawarkan harga yang bagus untuk LN wilayah Asean, tapi saat ini apakah masih berlaku atau tidak say abelum cek lagi.
      Sekarang saya lebih prefer membeli kartu perdana di LN,hasilnya lebih murah bila kita stay sekitar 3 hari sampai seminggu.
      Paling murah mencari teman di LN yang bisa sharing mobile hotspot, syaratnya harus selalu berada di dekat teman kita itu.

      Salam sehati

  • jawaban awal cukup enteng & jitu, saya sangat-sangat setuju.
    “beli kartu dari provider yang sinyalnya paling kuat di tempatmu” selesai…….
    dan untuk saya pribadi ; BB pake Axis (paket unlimited 79 rb/bln), untuk Laptop, Notebook, PC juga pakai Axis (paket sama), colok sana colok sini tuh modem. untuk Nexian G900 (jadul) yg dua sim card pakai XL (wajib) dan Simpati, dan satu lagi kalau lagi di kantor saya internetan pakai Smart, karena; 1. kayaknya lebih cepat, 2. di rumah Smart gak ada sinyal. jadi….. hanya kita yang tahu kondisi kita, sedangkan untuk informasi tarif dan layanan yg bisa dinikmati ya tinggal dipilih saja….., contoh: untuk pilihan Axis *123# dst…..

    Salam sehati Mas Eko
    (klo Pa Eko jadi Paket Ekonomis)

    • Salam mas Nana

      Makasih tambahan infonya.
      Maksud tulisan ini ya begitulah.

      Salam sehati

  • Pak Eko, Saya tinggal di Bogor.saya pakai telkomsel flash untuk modem saya. Sinyalnya bagus dan lancar bahkan setelah kuotanya habis. Tapi saya memakai iPad 2 yang 3G dgn kartu flash telkomsel juga, mengapa internetnya jadi lemah ya? Bahkan untuk buka safari saja tak bisa. Apakah ada masalah di iPadnya ataukah di providernya? Kira2 solusinya apa ya?

    • Wah ini pertanyaan yang sulit dijawab.
      Klarifikasi saja mas Satyana,
      1. Kartu yang dipakai di modem dan di iPad sama persis?
      2. Langganan di modem dengan di iPad apakah juga sama (kalau nomornya berbeda)
      3. Buka Safari tidak bisa atau kadang bisa?
      Tks

      salam sehati

  • Terima kasih atas info sharingnya, Pak.
    Saya Etty, pegawai swasta.
    Sudah 10 tahun saya menjadi pelanggan setia Telkomsel, walau ketika masa peralihan dari hp “kurang pintar” ke service unlimited BB, terjadi gangguan BBM yang pesannya keliling dunia dulu baru sampai ke receiver (read: lelet), namun cacat itu tidak merusak image Telkomsel di mata saya.
    Sebab sebagai org yg sangat mobile dan tak dapat lepas dari tlp, email, bbm dan google map serta internet browsing, Telkomsel sangat mengerti dan membantu saya dalam bekerja. Dia setia dari pelosok hingga luar negri.
    Saya lbh prefer tetap memakai nomor Telkomsel sy di mana pun saya berada, agar kenalan-kenalan saya tetap dpt menghubungi sy, walau sy sdg berada di luar negri. Dan untuk menimalisir pengeluaran roaming dlm bentuk SMS dan telfon, sy memilih utk tetap dpt BBM an di luar negri.

    Tadinya sangat cukup puas dengan keadaan ini, hingga suatu saat saya berada di posisi sulit dihubungi.
    Karena BB saya amat multitasking,dia hrs disetrum hampir 2 kali sehari. Saya sedih, keadaan BB mati tanpa ada baterai cadangan pun kadang tak terelakkan.
    Karena itu, skrg ini saya ingin meringankan sedikit tugas BB saya, dg menghadirkan Android sebagai gadget tambahan. Namun sy tdk ingin budget pulsa sy jd melambung tinggi.
    Rencana saya:
    BB tetap pakai Telkomsel, tp dari paket unlimited (99rb/bln) menjadi paket socialita (70rb/bln). Tugasnya: telfonan, bbm an dan browsing an.
    Android pakai AXIS, paket unlimited (49rb/bln). Tugas: email, google map, (tambahan) SKYPE! dan social networking sbg teman ketika menunggu flight.

    Saya butuh masukan dari Bapak (dan pembaca lainnya), apa pilihan saya sudah cukup okay? Atau ada jalan keluar yg lbh baik?
    Ada ketakutan, ketika saya beralih ke paket Telkomsel Socialita, sy tdk dpt bbm an dan internet an lg di luar negri. Apa sy tetap bs memakai full service (Socialita)nya ketika di luar negri? Untuk hal ini sy tdk bs mencoba dulu, krn sekali saya salah mencoba bisa-bisa sy tdk dapat dihubungi via bbm atau pun Whatsapp selama berminggu-minggu.

    P.S.: Pak Eko, bagaimana cara mem-print screen iPad, Pak?

    Terima kasih
    Salam sejahtera

    • Salam.

      Mungkin saya menceritakan kondisi saya yang mirip dengan kondisi mbak Etty.

      BB saya beri pasokan dari full BIS AXIS, karena murah meriah dan saya gunakan untuk membaca imil atau BBM.
      iPhone (Apple) / Samsung SII (android) saya pakai kartu Halo, karena saya sering mobile dan sering masuk ke remote area. Misalnya ketika kemarin ke Wakatobi, hanya telkomsel yang hidup.
      Ke LN biasanya saya beli kartu prabayar di LN, jauh lebih murah dibanding pakai kartu DN, kecuali kalau perginya hanya sehari, pilihannya puasa internet sehari atau mencari kawan yang punya Mobile Hotspot.

      Print screem iPad, tekan secara bersamaan tombol power dan tombol Home.

      Mbak Etty perlu juga membaca ini, agar di jalan tidak kehabisan batere.

      http://ekoshp.com/2012/06/memilih-mobile-charger-power-bank-untuk-ponsel-pintar-smartphone/

      Salam sehati

      • Terima kasih atas semua masukkannya, Pak.

        Salam sejahtera
        Etty

  • dulu saya bangga pake 3 tpi setelah 3 mengeluarkan paket gratis 10 situs itu internet unlimited bulanannya nggak jalan lagi mati total harus up to kuota baru jalan. skrg saya pindah ke provider andalan saya telkomsel 50rb/bln unlimited cocok sekali untuk android saya ..

    • Benar mas Iyan,
      Android harus diberi makan unlimited. kalau tidak pulsa pasti akan terkuras habis.

      Makasih kunjungannya.

      Salam sehati.

  • klo smart di samarinda gmna yah?

    • apa sudah ada ya?
      waktu aku kesana belum ada tuh

      salam sehati

  • Reblogged this on KAGAMA VIRTUAL and commented:

    Mencoba reblog tulisan tentang Provider internet yang banyak menerima komentar.

  • 3 emg kayak t*i blm 1ming abis 50rb quota abis ud g bisa bwt bka google,yahoo,game poker……cma bsa fb kotak2

    • turut bersedih mas tanpa nama

      salam sehati

  • sinyal internet itu tergantung dari lokasi 3g…kalau daerah kita tidak dilalui jalur 3g dari operator pasti interntetnya jadi lelet…tpi kalau sebaliknya pasti cepat…
    selain itu tergantung dari banyak pengguna layanan operator tsb..

    • yes !
      betul sekali deh

      salam sehati

  • pernah pakai xl dan axis yg 50rb, 5 hari permata masih hot internetnya, begitu lewat 5 hari, padahal quota belum terpakai seperempat, kalah siput bunting.

    • Salam.

      Wow begitu ya?

      Salam sehati

  • Klo gw sih untuk keperluan tlpon n sms msh ttp setia ama indosat im3 , soalnya jaringan kuat iklannya jg gk banyak tipuannya , apa lg tarif dasar sms kan dah naik . Dgr2 sih simpati dah gk ada gratisan smsnya , tp yg bkin heran mlah im3 kok jd lbh murah ya ?? Klo cuma smsan aja seharian cuma ngeluarin pulsa Rp 100 , alias kirim 2 sms gratis ratusan sms dgn syarat pulsa diatas Rp 1000 , asikk gk ? :)

    Tp klo bb gw pake tri , soalnya jaringan lumayan kuat n paketnya gk ribet , soalnya skrng ada paket full service 7 hari , dan hrganya sekitar 12rb/voucher , klo beli lngsng voucher yg gede hrganya 69rb isinya ada 6 voucher , jd total aktif full servicenya 42 hari . Lbh irit dibanding paket full service provider apa pun di indonesia ,
    Нaнaɑº°˚=D =))=D нaнaɑº°=D=)) =DНaнaɑº°˚

    • Salam.

      Makasih banyak atas tambahan infonya.

      Salam sehati

  • Pak, butuh saran provider nih.. Saya sering mobile di daerah Denpasar – Surabaya – Malang – Jakarta. Diantara ketiga operator ini yg mn yang lebih jarang mengalami masalah untuk paket BB unlmited-nya? Telkomsel, Xl, Indosat. Terima kasih

    • Salam.

      Kalau saya milih XL untuk dipakai BB pada daerah tersebut.
      Pakai AXIS juga sama, karena saat tidak ada BTS AXIS, bisa memakai BTS XL.

      Salam sehati

  • Mau tanya sebenarnya untuk internet unlimited buat android lebih bagus pakai GSM atau CDMA ya ?? trus apakah benar bahwa CDMA didesain utk data internet krn channel utk data & suaranya berbeda ??

    • Salam.

      Pada prinsipnya untuk transfer data memang teorinya lebih unggul CDMA

      Salam sehati

      • Pada kenyataannya gimana Mas ??

        salam

  • coba pakai link apps.paseban.com/telcolator disana kita akan mendpatakan informasi komplit mengenai, tarif sms, telepon, data, internet dll dari masing-masing provider yang ada di Indonesia

    • tks mas Widi

      salam sehati

  • Risang Dipta Permana

    Ada urun Rembug pak Eshape. IMHO kadang ketika bandwidth merupakan kebutuhan dalam memilih kartu perdana ataupun provider internet maka jumlah pengguna di wilayah tersebut juga berpengaruh.. saya memakai flexi untuk android dan modem saya.. wilayah yang sudah EvDo (3G) setahu saya di Jakarta, Bandung, Jogja.. kecepatan EvDo di Jakarta kalah cepat dibanding di jogja.. karena mungkin penggunanya masih sedikit, saya juga pernah memakai di pedalaman kalimantan, tidak ada Evdo hanya 1x (mungkin 2G) tetapi kecepatannya hampir sama ketika EvDo di Jakarta. So be wise and choose as needed. Matur Nuwun

    • Salam.

      Makasih masukannya Mas Risang
      Sangat membantu.

      Salam sehati

  • pak saya pake galaxy y pake XL, tapi klo buka facebook appnya android loadingnya lama banget malah sering muncul tulisan lost connection, tapi buat browsingan pake operamini lancar
    terus hape saya yang galaxy ace plus jg pake XL internet cepet facebook bisa download cepet berbeda dengan galaxy y saya yang tidak jelas internetnya.
    modem dirumah pake prolink kartunya xl, buat internet lumayan cepet, tapi klo buka facebook.com lewat google chrome ataupun mozilla nggak bisa, selalu ada tulisan koneksi terputus
    dulu saya tinggal di surabaya, tapi ini mau pindah ke yogyakarta tapi di daerah bantul agak pedalaman, di sana katanya xl sinyalnya kurang bagus, saya bingung mau pake apa, dulu saya pake flash beli paketan 100rb baru buka beberapa menit langsung habis, trus isi pulsa lagi juga begitu
    jadi saya bingung mau pake provider apa ya pak, mohon sarannya

    • Salam Kania

      Untuk menggunakan ponsel Android, maka syarat utamanya harus selalu terkoneksi ke internet, sehingga kalau tidak pakai unlimited, biasanya suka jebol tagihannya.

      Di Yogya saya pernah ke gerai XL di Jalan Mangkubumi dan mendapat penjelasan kalau XL sudah tidak mengeluarkan paket unlimited, saat ini yang beredar di lapangan adalah sisa promo tahun lalu.

      Yang ada di XL adalah paket quota based, saya sudah coba paket termurah di Bantul dan memang hasilnya kurang menggembirakan. Teman saya menyarankan pakai “3”, tapi saya belum mencobanya dan masih setia pakai XL sampai pulsa yang masih tersimpan di dalam kartu XL habis.

      Silahkan dicoba saja paket data “3”, tapi pastikan bahwa lokasi Kania terjangkau oleh BTS “3”, kalau tidak ya terpaksa mencari ISP yang terjangkau oleh BTS-nya.

      Salam sehati.

      • Terimakasih pak atas sarannya, saya memang menggunakan quota based 1,2GB/bulan, 2hari lagi paket internet saya habis tapi kuota kurang lebih masih 1000MB entah kenapa masih tersisa banyak padahal saya sering buat browsing hanya saja seperti yang saya katakan diatas bahwa facebook app tidak bisa . banyak yang menyarankan saya menggunakan 3 ataupun telkomsel, yang jadi masalah saya kurang tau bagaimana kondisi sinyal disana.
        terimakasih banyak pak atas sarannya akan saya coba.

  • maaf pak eko,,saya maw nanya,,,untuk modem sierra c380 enaknya pake kartu pa ya?? rencananya sih maw pake 3 kalo gak ya axis,,biar hemat,tetapi sinyal cukup bagus juga,,hehe,,kebutuhan saya cukup buat online cari data2 sama download pdf buat tugas kuliah,,,lokasi saya di jogja
    salam jogja berhati nyaman,,

    • Salam.

      Saya belum coba pake “3” di Jogja, kalau laporan dari teman-teman di daerah Jogja selatan, sinyal “3” cukup bagus.

      Kalau di daerah saya, dekat Pasar Klithikan, saya pakai XL, Halo dan AXIS.Paling bagus sih masih Halo, tetapi selisihnya memang sangat sedikit karena kadang-kadang Halo ngadat juga.

      Coba saja pakai Axis, lumayan murah meski tidak kencang sekali. Kalau mau kencang memang cari paket yang kencang, tapi biaya jadi mahal.

      Salam sehati

  • paket Blackberry operator 3 di daerah tangerang selatan (deket bintaro) bagus gak ya? cuma operator ini yang belum pernah dipakai untuk BB saya, saat ini saya memakai telkomsel karena di antara smua operator yang pernah saya pakai, cuma telkomsel yang sinyalnya paling bagus tapi ya harganya itu lho agak mahal…

    • Sudah nyoba AXIS belum?
      Coba beli perdananya dan test, kalau sinyalnya bagus, maka AXIS cukup murah meriah tuh.

      Salam sehati

  • Ping-balik: Tak ada lagi XL Unlimited adanya quota base | Info seputar Gadget

  • Bagaimana cara menghemat kuota “3” di ipad? karena kuota saya 1G langsung habis dalam 2 hari…

    • Salam.

      Harus diperiksa satu-satu aplikasi apa saja yang menggunakan data internet dan hidupkan yang diperlukan saja.
      Misal latitude, kalau dihidupkan maka dia akan bekerja sebagai latar belakang dan tetao memakan jatah kuota (pulsa) kita,.

      Salam sehati

  • Semua operator menurut saya sama saja, mereka terus berkembang dan terus menambah jaringannya menyesuaikan pelanggannya. Yang utama itu harga yang paling murah. Awal kenal hp saya pakai simpati, lalu pindah ke cdma flexi, lalu pakai im3, kemudian esia dan terakhir berlabuh di 3. Mengapa pilih 3? Saya rasakan ini yang paling murah dan memenuhi kebutuhan telepon, sms dan internet dalam 1 kartu.

    • Yes !

      Saya pernah pakai “3” dengan alasan yang sama.
      Waktu itu saya pindah ke XL karena ada promo murah dan unlimited.
      Sekarang promo sudah habis dan unlimited gakda lagi.

      Salam sehati

  • Saya tinggal di area Makassar,
    Punya kartu Simpati, Im3 dan 3..

    Kalau BB aku masih setia sama Indosat, aku sudah pernah coba kartu TSEL, XL, dan 3 di BB hasilnya mengecewakan. Selama ini Indosat masih bagus..

    Kalo untuk Android aku belum coba, blum punya Android. Nanya teman2 katanya 3 murah dan bagus.. sy pake 3 cuman smsan doank. Sinyal 3 di Makassar masih kurang bagus menurut saya.. Nantilah coba2 kalo dah punya Android.

    • Salam.

      Saya sudah tinggalkan “3” karena sekarang mulai melambat. Beda jauh dengan saat awal “3” diluncurkan.
      Minggu depan ke Makasar, mau coba-coba deh, sinyal apa yang bagus.

      Salam sehati.

  • pak, jika hp android lagi dlm keadaan off atau tidak aktif, apakah fbnya msh bs kliatan aktif?? soalnya ada tmnku hp androidnya seharian mati, tp koq fbnya ttp kliatan ol???ke bc d situ fbnya ol via hp android… mnrt bpk gmn itu?? trima kasih sebelumnya. pak, mohon d bls via email sy sj ya…tks..

    • udah tak balas via imil ya
      makasih sudah mampir.

      salam sehati

    • salam mba mayggie regina,
      saya sudah menggunakan hp android (samsung galaxy 5, yg sudah tidak diproduksi lagi sekarang) sejak Februari 2011.
      Setahu saya, FB & YM memang sering masih terlihat online walaupun penggunanya sudah tidak online lagi.

      • Makasih mbak Lucia,
        Kadang memang begitu sih.
        Kita dianggap masih OL padahal sudah mati.
        Cuma untuk meyakinkan bahwa kita sudah tidak online, disarankan setiap selesai memakai aplikasi apapun, kita logout dulu.
        Disamping ketahuan kalau mati (offline), juga bisa mencegah tangan jahil menjahili akun kita yang masih hidup (online).

        Salam sehati

  • Salam Pak Eko,
    Terima kasih banyak atas artikelnya.
    Saya sekarang menggunakan provider 3 (tri) di hp (dari 2009, masih sms, tlp & browsing biasa, sampai ganti Android awal 2011) sampai sekarang dan sangat puas. Kekurangannya hanya tidak mendapat jaringan di gedung2 tertentu & lantai basement mall…
    Makanya sekarang saya sedang mencari pilihan no. kedua, karena kebetulan ada hp nokia e63, tapi saya belum dapat menemukan cara menon-aktifkan koneksi internet di hp ini, agar menghemat pulsa & baterai

    Untuk koneksi modem internet, sejak bulan lalu saya menggunakan modem smartfren, dengan paket tru unlimited dan sangat puas. Koneksi yang sangat lancar sangat membantu pekerjaan saya.

    Salam sehati juga, pak

    • Salam.

      Sayang saya gak punya e63 jadi gak bsia bantu nih.
      Yang punya e63 silahkan berbagi dengan mbak Lucia

      Salam sehati

  • mas eko…klu di daerah pematangsiantar apa y mas…aq pake samsung galaxi w…makasi

    • Salam.

      Wah sudah lama gak ke Siantar nih.
      Dulu saya suka pakai Telkomsel di Siantar.
      Mungkin sekarang telkomsel masih bagus, saingannya biasanya XL yang juga bagus.

      Salam sehati

  • saat ini saya pake im3 , tp im3 sekarang tdk sprti duu , skrng kq malah jelek sinyalny jg kdng gk ok

    • Salam.

      Makasih masukannya ya.
      Benar tidaknya belum tentu terjadi di tempat lain.

      Salam sehati

  • Mbak Yunie,

    Saya pakai “3” untuk iPad gak masalah tuh, lancar lancar saja.
    Coba dibawa ke gerai “3” saja, jangan-jangan sekarang aturannya berbeda.

    Salam sehati

  • Salam Mas Eko,

    Sya Arsya d Bandung, sya mau tanya, maaf sebelumnya kalo ga baca2 komen2 yg sebelumnya. Sepengetahuan Mas Eko, lebih bagus sinyal 3 atau Axis yah? Thanks.

    • Salam.

      Saya coba di kota-kota besar, AXIS dan 3 sama kuatnya, tetapi kalau di kota yang lebih kecil “3” sering tidak ada.
      Makin kecil lagi, dua-duanya tidak ada sinyal sama sekali.

      BTW bila tidak ada sinyal AXIS dan ada sinyal XL, maka kita set network AXIS ke XL dan Axis dapat sinyal dari XL.

      Salam sehati.

      • Aku selama ini laptop di rumah pake tri , lancar bgt buat bb pake tri juga lancar , tp baru2 ini aku beli gadget galtab 2 yg 10’1, coba pake tri kok sll lost connection, loading bisa seharian.., kenapa ya ..? Bener2 gak bisa ngapa2in..padahal udah pake langganan yg unlimited 2gb, ..

  • ahhhhhhhhhhhhhh
    excel makin gak jelas,,,
    Betul g??
    ntah gmn tarif’a

    • Hahaha…
      yang komentar ini juga gak jelas siapa namanya ya

      salam sehati

  • jangan sampe pake telkomsel ajah terlalu banyak yang kecewa dari pada yang bahagia pake itu kartu untuk urusan internet terlalu banyak RTO

    • ???

  • Salam…
    Pak Eko, selama ini saya hanya menggunakan HP cuma untuk Tlp dan SMS dan Telkomsel cukup memuaskan…
    Baru-baru ini saya beli BB dan bermaksud tetap menggunakan Telkomsel, tapi harga paket unlimitednya mahal banget bila dibandingkan dengan Promo 90000/3 bulannya Indosat. Kira-kira Indosat bisa diandalkan nggak ya ?, saya akan menggunakannya di daerah Wonogiri – Solo

    terima kasih

    • Salam.

      Paket BB sebenarnya semuanya mirip harganya.
      Makin murah akan makin sedikit fitur yang bsia dipakai. Misalnya, saya pakai Axis (sekitar 70 ribuan), bisa untuk buka internet, BBM dll, tapi kalau saya pakai XL yang 60 ribu, maka saya tidak bisa buka internet, hanya bisa BBM dan FB saja.

      Salam sehati

  • saya lebih nyaman pakai three om..
    murah banget. .
    salam kenal. . :)

    • Yes

      Saya pernah pakai “Three”
      Murah meriah, asal ada sinyal oke, tapi belum banyak BYS-nya, sehingga harus ikhlas kalau pergi ke suatu tempat dan tidak dapat sinyal

      salam sehati

  • Salam…

    gini pak, sya rncnany mw bli android nih, tp msh galau sim card yg co2k yg mn…

    kira2 sim card yg ada pketan telpon+sms dn unlmited intrnt dgn kualitas kren itu yg mna ya pak…? klo bwt hp sy yg biasa, sy pke xl, sinyal lumayan tp ng’ ada unlmited. sy jg prnh pke 3 n axis tp nggak ada sinyal sm skl.. -.-
    bwt mdm sy pke smart, ya lumyan sih, tp sringkli penyakit siput’ny kmat.. -.-
    jd enkx pk’ pa ya pak ?

    • saat ini saya pakai telkomsel unlimited untuk iPhone saya
      dulu saya suka pakai XL Unlimited, tapi karena gak ada lagi jadi untuk iPad saya tetap pakai XL tetapi lebih sering memakai fasilitas WiFi

      salam sehati

  • Pak , nama saya bram .. Saya bingung nih dengan jaringan telkomsel saya di ipad3 saya.. Masa kadang muncul 3g kadang E kadang o

    • saya pakai XL nasibnya juga sama

      salam sehati

  • ikrim her,,,,,,,

    yang terpenting pada setia ma kartunya masing masing ,mesti di setiap operator ada baiknya dan ada jeleknya,klw baik ya disukuru klw jelek ya bersabar aj deh,,,,,,,,,,,,,,,,,

    • Yes!

      Semua provider punya kelebihan/kelemahan masing-masing.
      Pakai yang paling cocok saja.

      Salam sehati

  • Salam Pak Eko…
    Saya Nia, tinggal di Balikpapan.
    Saya pakai Telkomsel udah lama, dari hp nokia sampai ke bb saya tetap pakai kartu telkomsel ini.
    Awal2 pemakaian sejak waktu beli kartu telkomsel nga menunjukan tanda2 pending (sperti kebanyakan org bilang) mau pagi, siang atau malam sinyal jalan trus.
    Tapi 2 bulan terakhir ini, saya dan beberapa teman saya yg juga menggunakan telkomsel sering mngeluh klo setiap malam kartu ini selalu mengalami pending parah yg terjadi sampai tengah malam.
    Saya berencana mengganti kartu telkomsel dgn kartu provider lain.
    Tapi melihat komentar2 teman2 smua, saya jdi ragu.
    Memang tidak ada kartu provider yg begitu sempurna, kelebihannya di sinyal, kekurangannya di harga, kelebihannya di murah, kekurangannya di kualitas, dll.
    Saya memlih untk tetap memakai simpati saja, ya walau paketnya mahal, sms dan biaya lainnya juga mahal (saya juga jarang memakainya), tapi sinyal msih sedikit bisa diandalkan lah.
    Terima kasih pak untuk postingannya yg sgt bermanfaat.
    Salam sukses!

    • Salam mbak @Nia

      Terima kasih masukannya.
      Saya sering juga ke Balikpapan dan selalu kesulitan memakai AXIS, tetapi akhirnya nemu juga solusinya, yaitu dengan mengatur provider ke XL secara manual.

      Memang telkomsel ada dimana-mana, tapi mahal dan saat ini ternyata kadang ngadat juga.

      Salam sehati.

  • Pa eko,, ** Iyaa,,,,, :D
    mau tanya dong,, *Apaa xD

    Klo internetan handphone android masih bagusan KARTU yg mna ???
    XL/IM3/Three !???

    Makasih udh d jawab :D

    • Salam.

      jawaban tambahan :
      gunakan kartu unlimited untuk android
      kalau mau boros silahkan pakai yang quota base

      Salam sehati

      • Untuk aktifin packet unlimited telkomsel buat android gmn caranya?

  • Saya pake Halo, sering kecewa karena pembatasan fairly use dan tanggal. Jatuh tempo pembayaran tiap tgl 6. Dari tanggal 6 – 20 lumayan dapat sinyal hsdpa. Tapi diatas tanggal 20 sampai tanggal 6 bulan berikutnya sinyalnya cuma bisa wcdma super lelet. Praktis 1/2 bulan hidup saya ‘menderita’. Untung cuma dipake di rumah saja.
    Saya lama pengin ganti tapi belum sempat nyoba2 yg bisa memuaskan dari segi harga dan kualitas. Berharap menemukan jawaban disini tapi….he he…ternyata saya harus berusaha sendiri. Tks

    • Ya benar ..

      Semua pengguna ponsel, mempunyai kebiasaan sendiri saat melakukan akses ke internet.
      Perangkatnya boleh sama, ISP boleh sama, tapi penggunaannya berbeda akan berbeda pula hasilnya.
      Mungkin kalau di negara maju, infrastruktur dan regulasi sudah ideal, maka kita dengan sangat mudah memilih kartu yang paling cocok.
      Di kita masih ada iklan yang membuat kita jadi salah pilih, yang diharap “A” ternyata yang didapat “B”.

      BTW kalau sudah bingung milih, cari saja yang mahal dan bonafide, biasanya kualitasnya juga bagus (namanya juga mahal !:-)

      Salam sehati

  • dari pengalaman saya cuma simPATI or IM3 yang handal di segala cuaca, daerah, lokasi, dll..sinyal kuat+kualitas suara bening. tapi memang agak mahal si..tapi hasil yang di dapat sangat memuaskan, buat apa murah tapi mengecewakan!

    • Salam @Ami

      Ada harga ada kualitas, begitulah kira-kira maknanya ya..

      Salam sehati

  • pak Eko, si Samsung Galaxy Tab (SGT) 7.7, kan ada pilihan mode GSM atau WCDMA. Apakah WCDMA ini sama dengan CDMA kita di Indonesia. Maksud saya, apakah saya bisa gunakan kartu SMART di SGT 7.7 saya?

    Maaf pertanyaan nubie…

    • Salam

      Silahkan baca di WikiPedia :

      Wideband Code-Division Multiple Access atau biasa ditulis Wideband-CDMA atau W-CDMA, merupakan teknologi generasi ketiga (3G) untuk GSM, biasa disebut juga UMTS (Universal Mobile Telecommunication System). Teknologi ini tidak kompatibel dengan CDMA2000 atau sering disebut juga dengan CDMA saja.
      Kecepatan WCDMA bisa mencapai 384 kbps dan dimasa akan datang akan meningkat sampai mungkin sekitar 10Mbps.
      Teknologi ini menggunakan Wideband-AMR (Adaptive Multi-rate) untuk kodifikasi suara (voice codec) sehingga kualitas suara yang didapat menjadi lebih baik dari generasi sebelumnya.

      Salam sehati

  • hi Pa Eko, salam kenal…. saya pelajar yg sedang bersekolah di jerman. saya weekend ini plg indo, selama saya menggunakan nokia, saya selalu menggunakan xl karena sinyalnya di rumah saya bagus, oh ya, btw saya tinggal di cirebon. nah, saya skrg menggunakan samsung galaxy note, saya pusing mau menggunakan provider mana skrg, karena saya skrg sgt membutuhkan layanan internet yg bagus. mohon bantuannya pa….. makasih……. Gbu…..

    • Salam kenal mas Rio,

      Sebenarnya semua provider tidak jauh berbeda kualitas layanannya.
      Hanya memang XL dan Telkomsel terlihat lebih menonjol dibanding lainnya.
      Sementara itu untuk provider lainnya, biasanya hanya kuat di daerah tertentu saja.

      XL sekarang tidak ada fasilitas unlimited, sehingga kita dipaksa memakai internet quota based. Hasilnya memang lebih kencang, tetapi tentu biayanya juga lebih boros.

      Kenyamanan berinternet juga disebabkan lokasi kita online. Makin dekat BTS, dan makin sedikit orang yang melakukan akses ke BTS tersebut, maka kita akan mendapat kecepatan akses internet yang baik.

      Jadi sebaiknya memang perlu beli perdana dulu dan dicoba di lokasi kita sering online.

      Salam sehati

      • ok, terima kasih banyak pa atas infonya. semoga sukses selalu yup usahanya. Gbu.

  • Mas eko…. setiap ada komen yang masuk mas , langsung jawab dengan salam sehati diakhir , saya cuma merhatiin waktu balasan komen dari mas , semua nya cepat terbalas , wow bagus sinyal browsing wordpress di gadget mas eko ya…
    salut hehehe….

    • Hahaha…
      Rupanya ada yang memperhatikan ya..
      Sebenarnya saya tidak selalu online sih, cuma kebetulan saja pas ada yang nanya pas saya sedang online.

      Salam sehati mas Ari …

  • pake xl di android emang enak cuma sekarang gak ada paket unlimited… paket sms nya juga ga ada yg unlimited… mau nyoba axis buat internetan tapi mesti punya hape 1 lagi buat si xl biar si axis dipake di android.. hehehe

    • hehehe…
      Tidak ada paket unlimited di XL memang agak menyulitkan nih..

      salam sehati

  • saya pakai smart di BB..
    emang sieh kenceng anti lelet..
    dan sekarang uda bisa masuk di beberapa desa yang saya kunjungi…
    salam sehati…

    • Makasih infonya ya
      Sayang saya tidak tahu harus berterima kasih sama siapa (Anonim?)

      salam sehati

  • saya pake axis d BB tp knpa udah saya paketin gx connect2 az?
    tolong minta bantuan’y….
    makasih

    • Salam.

      Hal ini bisa terjadi karena sebelum pakai AXIS di BB sudah memakai vendor lain dan belum dilepas oleh vendor lain.
      Cara paling aman dan mudah ya datang ke gerai AXIS dan biarkan ahlinya menyelesaikan masalah ini.

      Saya pakai Axis di BB dan selama ini lancar-lancar saja.

      Salam sehati

  • suhandi brata winardi

    Kalau untuk saya lbh enak xl krn banyak gratisss.

    • Wow..
      XL banyak gratisnya ?
      Apa saja ya?
      Ada yang bisa bantu jawab?

      Salam sehati

  • iya tuh masih bngung saya, kasih solusi dong. saya pake AS masih lemot koneksi’a, klo di tangerang koneksi yg bagus pke kartu apa ya gan ???
    terimakasih….
    salam sehati

    • Salam.

      Selain nama vendor, maka lokasi juga sangat menentukan kuat sinyal dari masing-masing vendor.
      Banyaknya jumlah pengguna vendor tertentu di suatu cakupan BTS pasti juga sangat berpengaruh pada kenyamanan melakukan koneksi data.
      Saran saya untuk daerah yang jauh dari BTS perlu trial dan error, beli kartu perdana dan dicobain satu demi satu, atau tanya teman yang sudah pakai di lokasi yang kita inginkan.
      Beda lokasi kadang beda kualitas juga.
      Salam sehati

  • sangat masuk akal apa kata pak eko, dimana disuatu daerah yang bagus sinyal dan kenceng internetanN pke aja provider itu dan tentunya sesuai kebuthuhan..
    modemq pake smartfren unlimitid 1blnan, 95rb, mau brosing,streming,youtube,lancar2 aja.
    salam kenal dari jogjakarta berhati nyaman… hehehe…

    • Makasih mas @Setyo

      Salam sehati.

  • buseeeeeet…laris bgt niy…
    nice share gan..!!
    di asakota 3 g’ dpet sinyal 3G, so…teknik gratisan g’ work…xixixixixixi
    saLam sehati

    • Salam @Heyu
      Makasih komentarnya ya

      Salam sehati

  • gan mau tanya ada gak setingan khusus untuk unlimited kartu hallo biar gak putus2 dan tetap dijaringan HSDPA sy pake modem huawei 161

    • Salam mas @Baim

      Setahu saya gak ada settingan seperti itu.
      Kalau ada, tolong kasih tahu ya

      Makasih.

      Salam sehati Gan !:-)

  • Mlam Pak sya bru mw pke Nokia Lumia 710 td, cm smartphone ini pkai micro-sim mcam Ipad & sya bingung bwt providernya yg bgus ap ??, tdnya sy pke 3 d Hp sy yg lama & sinyalnya kuat skali d daerah Bekasi Barat sni sama kuatnya XL. hp sya bwt pke browsing & download,dgn pkt Unlimited 1 bln yg murah. mending pke XL ap 3 ??

    • Salam.

      Saat ini secara resmi tidak ada paket unlimited di XL yang ada adalah paket quota based, jadi kalau ada paket unlimited XL, maka bisa dipastikan sisa penjualan yang lalu dan bukan penjualan baru.

      Kalau bisa melakukan pengelolaan pulsa dengan baik, tentu quota based sangat cocok, tetapi kalau tidak bisa mengelola dengan baik, maka unlimited yang paling cocok.

      Salam sehati

  • pak, numpang nanya.. saya tinggal di Palembang dan saya bru beli samsung galaxy ace plus.
    hhhmm, saya bingung, simcard yang bagus untuk hp saya apa ya? yang gak lelet ,sinyal lancar dan murah..
    guru saya bilang, 3 bagus buat HPnya, murah, kualitas bagus,sinyal lancar,dll. (kebetulan dia juga pakai galaxy ace)..
    tapi, bnyk keluarga saya yg bilang kalau 3 itu kalau di dapur saja sudah ilang sinyalnya. mereka menyarankan telkomsel.
    Tapi, saya butuh yang internet lancar, sms lancar. saya juga masih ABG (11 tahun), jadi gak bisa lah hidup tnpa sms dan internet. hehehe..
    saya bingung nih, lebih baik 3 atau telkomsel ya ??

    • Salam

      Antara 3 dan telkomsel memang punya perbedaan yang umumnya seperti ini.
      – “3” saat ini cepat dan murah, tetapi coveragenya sempit, kalau dicoba pakai di rumah sinyalnya bagus lebih baik pakai 3
      – telkomsel lebih luas coveragenya, tapi relatif lebih mahal

      salam sehati

      • Hafiidha Haqqu

        Bagaimana dg Indosat ?

  • pak, saya punya samsung galaxy tab 7.0 plus, kartu apa yang bagus untuk internetan di kota rangkasbitung, banten…..

    • Salam.

      Saya belum pernah kesana mas @Erwan, kalau “3” sudah ada disana, mungkin yang paling irit adalah “3”.
      Kalau yang terus bersaing kayaknya telkomsel dan XL tuh.

      Salam sehati

  • Untuk modem Wifi di rmuah sy pake Smart…. Kencang… Tanoa quota.. Utk donlod sangat aduhai…. Utk Galaxy Tab sy pake XL… Untuk Blakberry sy pake Axis…. Utk say hello sy pake Simpati dan anak pake As.

    • Salam

      Rupanya masing-masing gadget sudah punya isi masing-masing sesuai fungsinya ya.
      Siip !
      Teirma kasih komentarnya.

      Salam sehati

  • aku pakai axis mas di Nokia 5800 ya lumayan lah kalo buat browsing internetan murah dan terjangkau ternyata… :)

    • Yes
      AXIS memang murah meriah

      salam sehati

  • Maaf pak..mau tanya… Sim Smartfren itu bisa dipake tuk samsung galaxy note gk?? mohon infonya.. makasih..

    • Salam.

      Setahuku belum ada Galaxy Note yang berbasis CDMA.
      Smartfren cocok untuk Galaxy Young tuh…

      Salam sehati

  • Sy pake 3 di new ipad daerah tangerang dekat bandara soetta dapat 3G tapi ditest hanya dapat 600kbps paket 1gb/50rb..menggunakan xl di modem yg sama dapat 3000kbps paket hotrod 99rb…rencana pakai xl kedepannya :)

    • Salam mas @Daniel

      Makasih masukannya.
      Selamat memakai XL ya.

      Salam sehati

  • sekedar info…

    97 di Bandung dan Jakarta awalnya saya pakai GSM indosat,pada saat itu sinyalnya sangat memuaskan tapi saat saya bawa jalan2 ke Daerah saya di salah satu kota di Riau gak berfungsi sama sekali.

    Trus beberapa bulan kemudian saya ganti dengan kartu halo Telkomsel,saya bawa ke Riau justru berfungsi,semenjak saat itu saya pakai kartu halo buat HP biasa.BB saya juga pakai layanan Telkomsel dan IPad saya juga pakai simpati Unlimited/200rb/bulan.( tapi pernah juga pakai,XL,Axis,3,dll) dibilang puas,sebenarnya saya gak puas juga dengan Telkomsel,hanya secara umum masih lebih handal di hampir setiap tempat,saya udah coba ke Indonesia bagian barat,tengah sampai Papua( pasti ada tempat2 yang gak ada sinyal sama sekali) sekarang aja iPad saya udah mulai lelet,apa lagi untuk download,padahal saya di Jakarta…..

    kalau harus cari2 provider baru lagi,saya yakin gak bakalan Ada yang benar-benar ok,semua sama aja.Sebagai contoh,waktu gempa hari pertama di Sumbar,kita mau telp kepadang gak bisa pakai Telkomsel…justru yang bisa hanya XL….Jadi sebenarnya,gak Ada 1 provider yang punya semua keunggulan,masing-masing punya kekurangan dan kelebihan……tinggal kita memilih mau yang mana dan terima kekurangan dan kelebihannya. ….

    Gitu lho mas….Tq

    • Yes!

      Masukan yang sangat berharga mas.
      Memang itulah intinya kondisi provider kita saat ini.

      Salam sehati

  • Klemens Alvin

    Buat BBM-an yang signalnya bagus dan murah apa ya,… mas

    • saya pakai AXIS
      tidak terlalu kencang tapi memadai untuk keperluan saya

      salam sehati

      • Terima kasih

  • mas, saya tinggal di balikpapan, saya pakai simpati untuk bb tapi kadang kadang lelet…
    bagusnya pakai apa ya?

    • yang lelet sebenarnya BB di Indonesia
      dan kayaknya terjadi di hampir semua BB, apapun kartunya

      salam sehati

  • pa eko mau tnya dunk,skrg sy pakai Tlkmsl Paket bb extreme, untuk browsing awalnya mmg bagus tapi stelah kouta mlebihi 100 Mb kecepatan diturunkan mnjadi 64Kbps.mnurut saya ini kurang buat saya yang suka download lebih dari 200 MB (1-2 jam baru kelar).saya mau tnya ,kartu apa yah yang bisa tetap ngacir internetnya&bisa dijadikan modem juga (sama sperti BB Extreme).di tggu yah pa eko jawabannya.makasih

    • Salam mas Septian.

      Kalau dari teori, paket BB bukan paket untuk bisa berlari kencang, tetapi paket CDMA yang bisa lari kencang.

      Saya coba paket smartfren cukup kencang untuk download data, bisa jadi karena teorinya benar bisa juga karena pelanggannya masih sedikit.

      Salam sehati

  • Nasibku dpt dinas di tambang, sinyal yang masuk cuma telkomsel sama indosat, sama sekali gak ada sinya 3g. Jadi pake bb atau ipad disini sama aja kayak make gprs doank. :(

    • Mari kita tetap tersenyum dalam kesulitan.
      Minimal tidak memperparah situasi.

      Salam sehati

  • Ikut nyimak ya masbro.. skalian promo. thx

    • semoga pulsanya memang murah
      amin

      salam sehati

  • di bali ada sinyal 3 engga ?

    • kayaknya sudah ada sekarang

      salam sehati

  • wah yang penting mah sms dan di telepon ga susah, gasalah jam atau waktu hehehehe…. aku pake TELKOMSEL, anak IM3 sianyal kuat dan oke, istri AS, anak yang kedua pake Flexi jadiny intinya pingin komunikasi lancar hehehe, makasih mas artikelnya manteb

    • Makasih mas Eko atas tambahan infonya
      makasih juga sudah mampir dan berkomentar

      salam sehati

  • siip !:-)

    Makasih tambahan infonya

    Salam sehati

  • mnurut saya ya enak pake kartu AS,,masa aktif nya enak..ga harus isi ulang mulu..buat sms tlp internet ok dah .:d

  • Jawaban yg singkat tapi padat berisi. Terima kasih utk penjelasan Pak Eko.
    Salam

    • Makasih mbak @Rita

      Semoga tidak bosan berkunjung, agar ada kesempatan saling berbagi.
      Amin.

      Salam sehati

  • Salam mas Eko,

    Sejak pulang ke Indonesia pertengahan maret 2012, saya pake kartu xl di iPad dan smartphone. Sinyalnya kuat dan loadingnya cepet. Pernah juga sih nyoba kartu 3 di smartphone, sinyalnya juga bagus, dipake download semalaman juga oke. Cuma sayangnya kartu 3 yang khusus untuk ipad belum ada disini. Jadi kalo mo pake 3 di ipad simcardnya harus di potong sendiri seukuran microsim. Saya tinggal di Tanjungpinang, kepulauan riau.

    • Salam @Ineayal

      Makasih tambahan informasinya.
      Semoga bermanfaat bagi para pembaca blog ini.

      Hal-hal lain seputar dunia gadget bisa dibaca di http://ekoshp.com

      Salam sehati

      • Terima kasih Mas Eko, saya sangat terbantu & mendapatkan banyak ilmu baru Dari http://ekoshp.com.

  • an**nx aing hayang ngewe weh si FLASH an**nx

    • Wah ini tiga komentar marah-marah semua isinya.
      semoga sabar ya

      saya terpaksa sensor kata yang kurang enak dibaca
      mohon jangan menuliskan kata-kata yang isinya menghujat
      mari kita mencoba lebih sabar

      salam sehati

  • si an**nx FLASH (telkomsel) goblog aing dendam kanu nyieun telkomsel t*i an**nx pirage aya hujan jeung guludug an**nx lelet na si goblog minta ampun goblog goblog FLASH an**nx

  • aing na**s milih telkomsel an**nx butut jaringanna katanya paling cepet ehh paling lelet dasar FLASh ( telkomsel ) an**nx mending pake 3

  • Kulo nuwun
    Ada yang tau ndak kalau di Bojonegoro – Babat – Lamongan – Surabaya bagus pakai apa ya? Mau dipergunakan di lapangan untuk ngirim2 email saja sih.

    • Salam.

      Ayo yang tinggal di daerah tersebut, silahkan memberi masukan.
      Mari kita berbagi untuk menjadi lebih nyaman berselancar di dunia maya.

      Salam sehati

  • kalo aq u android xperia ray ku,pke kartu As aj,selain untuk internet,lumayan murah juga untuk menelpon dan sms,ndak ribet,kalo dirumah pake 3 untuk modem.

    • Makasih masukannya.

      Salam sehati

  • saya sangat kecewa dengan xl yg mentidakan lagi paket unlimited nya….di daerah saya banda aceh xl lumayan cepat speed nya untuk pc…..tapi saya belum men coba xl hot road 3g nya..apakah dikenakan kaouta…kalo pake kaouta pasti lelet seteah habis kaouta nya>>>>>

    • Salam.

      Saat ini XL memakai sistem quota based, jadi kalau habis quotanya, maka kita harus bayar Rp. 1,- per kb, jadi tidak akan lelet, tetap kenceng !:-)
      Bayangin sendiri betapa akan borosnya kita, bila tidak bisa mengatur waktu online kita.

      Salam sehati

  • salam pak eko,
    saya sudah hampir satu bulan punya ponsel android, saya sudah pernah memakai 3, xl, dan sekaran saya sedang mencoba kartu as, pertama saya beli 3, pulsa saya hilang seketika, padahal saya baru membeli pulsa sekitar 60an totalnya, saya bingung, saya kecewa lalu beralih ke xl, saya lebih kecewa lagi, karena tidak ada paket unlimited, kalau pakai kartu as saya puas internetan, tapi untuk sms mahal dan jarang dapat bonus. saya itu punya kebutuhan anak muda zaman sekarang, haha maklum umur saya masih 14, saya masih senang smsan, faccebookan, twitteran, dan saya senang membaca artikel-artikel di internet, menurut bapak saya harus bagaimana?

    terimakasih

    • Salam.

      Kita punya kebiasaan yang mirip, mungkin karena sama-sama masih ABG ya?
      Hehehehe….

      Pada prinsipnya jika kita tidak pandai berhitung quota yang kita unduh, maka pemakai ponsel android sebaiknya paket unlimited. Kalau XL tidak puny apaket itu lagi, ya kita harus siap-siap berpindah ke provider yang lain.

      Jangan lupa settingan unlimited, kalau keliru gprs, maka habislah pulsa diluar paket unlimited kita. Akibatnya unlimited bayar, pulsa juga terkuras habis.

      Silahkan baca-baca juga di link ini

      http://ekoshp.com/2011/04/cara-hemat-ponsel-android/

      http://ekoshp.com/2011/10/hemat-batere-android-dengan-norton-mobile-utilities/

      Salam sehati

  • Salam

    di Yogya, katanya “3” masih sedikit pelanggannya, kalau benar bagus pakai “3” saja, saya pernah coba nyaman banget
    tapi kalau pelanggannya sudah banyak mungkin ada penurunan kualitas layanan

    salam sehati

  • Pak sekarang saya lagi pkek axis untuk BB di wilayah jogja. Yang ingin saya tanya. Untuk wilayah jogja lebih baik menggunakan 3 atau tetap menggunakan axis. Soalnya lagi pilih-pilih provider yg cocok buat BB saya. Saya juga menggunakan im3 dan kualitas im3 juga lumayan. Buat sms sama telponan. Mohon saran dan bantuannya. NB: gara-gara bingung pilih provider jadi galau ha…ha…ha…

  • Sekedar info. Di Bandung area Soekarno-Hatta mending pake Indosat, krn towernya deket. kalo di daerah Gasibu, mending pake Telkomsel. Kalo di Ujung Berung, pake XL. :-D

    • Makasih tambahan infonya

      salam sehati

  • waduh,, kalau disampang untuk akses aqu pikir lebih bagus XL, hanya saja sekarang dah gak ada lagi paket unlimited. cukup disayangkan!!! tapi untuk hot rod 3gnya gila bener speed downloadnya nyampek angka 400kb/s. kalau telkom flass aq juga pakek dan sangat mengecewakan, kalau masih ada kuota speednya bagus tapi kalau kuota dah abis lemot banget kayak siput. dibandingkan dengan XL yang habis kuota jauh speednya.

    • yes!
      saya alami hal yang sama juga antara telkomsel di Android dan XL di Apple

      salam sehati

  • makasih pak… atas informasinya,
    kalau maslah tarif bagaimana? perbulan murah yang mana kalu buat CDMA BB.?

    • Saya sarankan pakai smartfren bila ada sinyal smartfren di tempat anda

      salam sehati

  • wah, saya dah pemakai lama Telkomsel, dr jaman hp jadul, berwarna, BB sampe iPhone…tp terakhir2 ini sy kecewa sama Telkomsel, srng krng baik koneksinya, trus klo dah aktifin pake unlimited flash, gt y srng motong pulsa regular dan sy hrs lapor ke grapari dan kdng juga dah daftar paket flash dan sudah d konfirmasi sudah aktif tp g pny kuota, jd kembali lg ke grapari ( sy sudah 4x bolak balik ke grapari dlm 2 bln ) sy sudah aga kecewa dgn Telkomsel skrng, pny niat ingin pindah ke Indosat…huf

    • wah saya juga pernah mondar mandir ke grapari telkomsel
      tapi mau cari provider yang lain yang bisa mencakup senusantara masih sedikit yang bisa

      salam sehati

  • pak eko salam sehati, saya tinggal dijawa tengah dikota kecil tepat ny didesa dr kota tersebut, saya newbie soal BB, sktika itu saya lsg dftr paket 1bln dr m3,hari prtma oke2 saja, memasuki hr kdua bbman mulai pendg smpe2 snyal kdang sos, lalu saya kegerai indosat, dsna kt ny suruh gnti krtu dg mmbyr biaya, stelah gnti krtu trnyta msi sos dan dicoba oleh HRDny memakai krtu telkomsel trnyta msi SOS saja, lalu saya disarankan ke gerai BB, dan hr itu jg saya lsg kegerai BB dsna tb2 snyal diBB saya penuh, dan dsna saya mw mngajukan gransi bless ttpi gerai bb tsb tdk melayni grnsi tsb dan slah seorg pgawainy blg “mas kl gransi bles biasany perakitanya diluar negri jd mgkn g sinkron sama snyal indo beda dg bb dg grnsi TAM dll yg prakitanya di Indo, mgkn slh stu fktorny itu”
    skrg ini saya memakai xl dirmh saya snyal intrnt xl kl siang jrang ada cm ada snyal gsm, cuman kl malam jam 12 snyal intrnt penuh tetapi kl saya ngirim bbm ko ttep pendg,,
    yg saya tnyakan ap bnar bb perakitan indo dg luar beda?
    mnrt bpk prvdr ap yg cocok utk kwasan pedesaan?
    dan prvder ap yg ccok (tdk pendg)utk bbman.

    • yg saya tnyakan ap bnar bb perakitan indo dg luar beda?
      >> sebaiknya untuk Indonesia kita beli BB garansi TAM
      >> dua BB saya garnasi TAM jarang bermasalah
      >> garansi non TAM yang saya punya sering bermasalah

      mnrt bpk prvdr ap yg cocok utk kwasan pedesaan?
      dan prvder ap yg ccok (tdk pendg)utk bbman.
      >> cocok bisa diartikan sinyal relatif paling kuat dan relatif biayanya paling hemat
      >> kriteria di atas sangat susah ditemui di Indonesia
      >> kalau sinyal paling kuat jangan ikut iklan dari provider,
      >> buktikan bahwa sinyal tersebut memang paling kuat
      >> beli kartu perdananya dan coba selama sebulan

      salam sehati

  • Askum wr.wb
    Selamat malam Om Eko
    Salam ehati
    1 kantor sy beda-beda pakai. kartu rata-rata untuk BB pakai XL,sys pakai simpati unlimet internetnya juga sering ngadat tp BB lancar aja, sekarang coba ganti pakai android tablet pakai XL lumayan , tp di bawa keluar Kota dari Mojokerto ke Jombang sinyal ilang, maunya yang kemana-mana sinyal ful dan lancar internetnya

    • Askum wr.wb
      >> Wa’alaikum salam

      Selamat malam Om Eko
      Salam ehati
      >> salam sehati juga

      1 kantor sy beda-beda pakai. kartu rata-rata untuk BB pakai XL,sys pakai simpati unlimet internetnya juga sering ngadat tp BB lancar aja, sekarang coba ganti pakai android tablet pakai XL lumayan , tp di bawa keluar Kota dari Mojokerto ke Jombang sinyal ilang, maunya yang kemana-mana sinyal ful dan lancar internetnya
      >> sulit mencari sinyal provider yang dimana-mana ada
      >> saya pakai apple ipad, samsung android, BB, iconia dengan provider masing-masing berbeda, dalam perjalanan jakarta jogja, saling bergantian mati dan hidupnya

      salam sehati

  • Ah…membingungkan 0m ini

    Sy pake axiz
    Tp klo dpake m0dem intrnet ddlm rmh pasti slalu gda sinyal, giliran djalanan dpn rumah sinyalny pasti P00L
    Gmna tu 0m…?
    Aneh
    Pke telk0msel/indosat sdah pasti mahal (200rb)
    Bingung saya…
    Murah mengecewakan
    Mahal nguraz kant0ng
    Huh…

    • Ah…membingungkan 0m ini
      >> sori ya kalau malah tambah bingung

      Sy pake axiz
      Tp klo dpake m0dem intrnet ddlm rmh pasti slalu gda sinyal, giliran djalanan dpn rumah sinyalny pasti P00L
      Gmna tu 0m…?
      Aneh
      >> begitulah kualitas provider kita
      >> btw coba waktu di rumah, setingan jangan pakai AXIS tapi pakai XL

      Pke telk0msel/indosat sdah pasti mahal (200rb)
      Bingung saya…
      Murah mengecewakan
      Mahal nguraz kant0ng
      Huh…
      >> kalau orang jawa bilang “ono rego ono rupo”
      >> kalau mau bagus ya pilih yang mahal

      salam sehati

  • salam kenal mas
    bingung ne mau pake paket apa yg unlimited buat iphone saya ,,.kmrn dapet gratis 1,2 gg quota dari xl ..setelah quota habis serasa diperas pulsa saya…sekarng rencana mau ganti,. tapi masih bingung mohon bantuannya saya tinggal dijakarta..saya hobby game online.. makasih salam satu jiwa

    • Salam.

      Untuk iphone kayaknya memang kartu dengan pulsa unlimited relatif lebih mahal daripada untuk BB.

      Untuk di Jakarta, semua kartu boleh dikata relatif mempunyai kekuatan yang sama, tergantung jenis layanan yang diambil.

      Saya pernah nyoba pakai 3 untuk unlimited data, hasilnya cukup bagus, tapi beberapa bulan kemudian menurun kualitasnya (mungkin karena pelangganny amakin banyak).

      Jadi sebaiknya memang nyoba layanan lain dengan sistem pra bayar dan didata, mana yang lebih optimal dari sisi biaya dan kenyamanan pemakaiannya.

      Salam sehati

  • Setuju. milih provider sebenarnya tergantung kebutuhan masing masing orang. sejauh ini saya uda coba 3 provider utk internetan dgn android. Telkomsel, XL, AXIS. saya lebi suka pake XL, sinyal Full Hsdpa, paket unlimited bulannya juga murah 49ribu/bulan. tapi karna XL uda menghapus layanan tersebut saya milih pindah ke Axis karna dri yg sya tau Axis join jaringan dengan XL. layanan axis ini disebut axis+. yg tdinya cuma dpt sinyal edge skrg dpt sinyal 3G+hsdpa setelah pindah jaringan ke XL.

    • Yes…

      Aku juga merasakan manfaat pakai AXIS saat dia berada di daerah yang tidak ada provider axis ternyat abisa pakai XL.
      Axis masih masuk golongan murah deh !:-)

      Salam sehati

  • sekarang sedng bingung juga nih, paket unlimited xl sudh ga ada lagi untuk pc sih bukan buat gadget mobile, nyoba xl hot rod ternyata kecepatan sama ajah g ada beda malah kena kuoata

    • Salam.

      Benar deh. Saat ini makin susah saja menari provider yang paling optimal.
      Selalu ada plus minusnya.
      Begitulah memang yang namanya dunia fana ini !:-)

      Salam sehati

  • klo saya skarang lge pke axis di android sya,,lmayan lah,,,tarif sms uga murah,,,

    • yes!
      saya juga pakai AXIS untuk BB
      lumayan ngirit

      salam sehati

  • salam..
    saya selama ini untuk hp android galaxy ace pake 3 koneksinya lancar jaya..ga perna ada masalah..memang harus pke pket unlimited..hehe..saya juga sekarang lagi milih2 provider untuk digunakan di bb saya..tp masih bingung..jadi bb saya uda 2 minggu nganggur karena lagi bingung milih provider..heheh..

    #fervor

    • saya pakai AXIS di BB

      salam sehati

  • Ping-balik: AXIS, Telkomsel, 3, Indosat, XL, Smartfren pilih mana ? | Komunitas Blogger Bekasi

  • klo saya masih percaya sama indosat..hee habis dah lama pake provider itu…

    • Yes!
      Semua biasanya punya provider “klangenan”, provider yangs udah dia percayai dari dulu, sehingga terasa nyaman ketika memakainya.

      Salam sehati

  • hufttt… mlah bingung

    • hehehe…
      sori kalau malah tambah bingung

      salam sehati

  • hahahaaaa betul pa…… mungkin bisa dikatakan sesuaikn lah dengan dirimu.. hee
    mksih pa atas sharingNya, haturnuhun…. :D

    • terima kasih kembali @Ego Bedrock

      Salam sehati

  • Prasetyo Nugroho

    Mas, provider yang cocok buat di daerah malang ap yaa? Tolong dibantu

    • hayo teman-teman kera ngalam
      bisa nggak bantu jawab nih..

      salam sehati

  • Waw. .
    Saya sudah ngertii . .
    Tp buat saya smentara ini pake telkomsel itu jauh lbh baik.
    Sinyal a bgus dmana mana.

    • Salam.
      Memang begitulah.
      Semua punya hak memilih berdasar kriteria masing-masing.
      Ada yang mementingkan kualitas ada yang mementingkan murahnya saja.

      Salam sehati.

    • tapi kalau buat internet telkomsel di daerah saya lelet banget

  • Wah sangat menarik informasinya. Maklum sudah lama tidak “menggeluti” perkembangan jaman lagi. Sekarang hanya BBM-an dan social media saja. Blogpun jadi terbengkalai…. Namun saya akan coba sharing sedikit apa yang saya tahu.

    Tidak semua provider menyediakan jaringan 3G yang cepat (mulai dr 384kbps keatas), apalagi kalau sampe ke daerah-daerah… EDGE (max ±136-236kbps) aja udah bagus, sering2an malah mentok di GPRS (max ±56kbps).

    Kalo kebetulan rumahnya/lokasi yang ingin memakai jaringan 3G itu dekat dengan tower provider (maximal 2-3km), maka gunakanlah provider tsb karena dapat dipastikan bahwa koneksi dalam rentang radius itu akan mendapatkan prioritas terlebih dahulu.

    Trus untuk BB, ini agak spesial kasusnya… :) pengguna BB di indonesia sangat banyak… Namun bandwidth provider ke BB Server (baca: RIM Server) di Canada itu terbatas, untuk sekarang ini yang paling besar adalah Telkomsel, dengan catatan, Telkomsel juga mempunyai pelanggan yg menggunakan BB yang cukup banyak.. :)

    Kalau kita umpamakan koneksi itu ibarat sebuah jalan, maka semakin lebar jalannya dan semakin sedikit mobil yang melaluinya, hanya kemampuan mesin (baca: kemampuan hape) -lah yang membatasi kecepatannya. Begitu pula sebaliknya, apabila jalan yang disediakan terbatas, tapi mobil yang lewat semakin banyak, maka “jakarta dalam internet” -pun terjadilah a.k.a macet.

    So, saran saya. Coba pake provider kecil2, dimana jaringan yg disediakan masih “lapang” dan kecepatan tidak dibatasi yang tentunya, harus dimulai dengan percobaan di lokasi yang akan digunakan.

    3 = Bagus buat internetan di daerah yang jangkauan sinyalnya bagus. BB awalnya bagus, namun seiring dengan meningkatnya pengguna mulai semakin pelan.

    AXIS = Pilihan pertama sebagai penyambung koneksi dengan BB. Bagus, stabil, handal dan murah tapi di lokasi saya kerja (karawang) ternyata tidak dapat sinyal 3G. Jadi harus saya off-kan

    AS = Pilihan terakhir sebagai “last resort” karena pada waktu harus ke daerah-daerah, tidak ada pilihan lain lagi. :) harga sesuai kualitas meskipun BBM skrg mengikuti jadwal macet harian di jalan.

    XL = Koneksi internet masih stabil, tapi koneksi BBM hancur-hancuran. :) Dipakai di daerah supplier jam, karena di lokasinya sinyal telkomsel “diblok” hahahaha….

    • Salam.

      Bravo !

      Komentar yang sangat bagus dan bermanfaat mas.
      Terima kasih.

      Salam sehati

    • maaf, agak menyimpang nih, tapi menyimak cerita om bule tsb di atas
      “..Tidak semua provider menyediakan jaringan 3G yang cepat (mulai dr 384kbps keatas), apalagi kalau sampe ke daerah-daerah… EDGE (max ±136-236kbps) aja udah bagus, sering2an malah mentok di GPRS (max ±56kbps).”,
      sy jadi ingin menanyakan sesuatu yang selama ini bikin bingung:
      jika teorinya demikian, knp yang sy temui selama ini justru jaringan EDGE itu lebih lambat daripada GPRS, bahkan menyebabkan koneksi internet nyaris tidak jalan sama sekali?
      terima kasih :)

      • teorinya memang begitu mas/mbak
        bahwa kenyataan berkata lain, bisa dikarenakan berbagai sebab
        misalnya pada saat itu trafik sedang tinggi di lokasi tersebut

        salam sehati

    • banyak yg bilang pk 3 Lancar-Jaya… tapi owe pake A7 knp susah banget masuk ke jaringan yach ??

  • rizky hendrawan

    ya selama saya pakek kartu exis untuk gadget android saya ya bisa di bilang ok ok aja jadi bisa social network tanpa lelet.

    #salam sehati

    • Salam.

      Saya juga pakai AXIS untuk BB dan walau kadang bermasalah tetapi masih dalam koridor kenyamanan.

      Salam sehati

  • sepertinya banyak komentar yang mendukung xl ya, sementara berdasar pengalaman saya pribadi, xl itu sangat menjengkelkan untuk koneksi internetnya, indikator sinyal memang full tapi sinyal untuk inet sering kosong, ponsel android saya lebih sering habis baterai hanya karena megap-megap cari sinyal…sekedar sharing sahaja, salam dari jogja :)

    • sepertinya banyak komentar yang mendukung xl ya, sementara berdasar pengalaman saya pribadi, xl itu sangat menjengkelkan untuk koneksi internetnya, indikator sinyal memang full tapi sinyal untuk inet sering kosong,
      >> saya pernah mengalaminya ketika memasang XL di Ipad
      >> saya pakai XL tahunan
      >> tapi pernah juga pakai XL 3 bulanan dan kenceng dipakai di iconia
      >> kesimpulannya provider kita hampir semuanya masih belum stabil

      ponsel android saya lebih sering habis baterai hanya karena megap-megap cari sinyal…
      >> apalagi android memang boros sumber daya
      >> lengkap deh penderitaannya

      sekedar sharing sahaja,
      salam dari jogja :)
      >>
      makasih sharingnya

      salam juga dari Jogja
      (berhati nyaman)

      • iya gan

  • Mas Eko salam kenal nih.

    XL cocoknya dipake oleh para manajer, direktur, owner kaya dll krn mahal untuk kualitas maknyus lah. kl saya pke Kartu As tp emank gengsinya masih kalah dengan simpati.

    untuk no utama saya pake Axis karena alasanya murah, kualitas cukup. tp di beberapa tempat ini gak dpt sinyal yakni di parkiran mobil basement hotel ibis, superindo jameson, citraland toiletnya, tp three dapat, —

    utk internet saya pake three. — menurut saya three kurang cocok buat pebisnis kuat yang banyak melancong2. krn di daerah pedalaman gak dpt sinyal sedang telkomsel dpt.

    jd akhirnya sy pake tiga buat telp dan sms, Axis, esia, dan as deh…

    • Salam kenal mas Yudha

      Makasih tambahan infonya.
      Sangat membantu teman-teman pembaca yang lain.

      Salam sehati

  • selama sy dijakarta saya sudah cukup puas dengan smart dan holo, tapi sejak menetap dikampung dan semua provider tak mampu memberikan layanan terbaiknya akhirnya pilihanku jatuh pada Paket CDMA unlimited dengan antena luar 12 meter dan memaksa sy harus puas …nasib

    • salam

      hehehe…. nasib memang bisa bercerita banyak ya mas

      salam sehati

  • Ping-balik: Eksis di Internet | Dari "Kaca Mata"-ku

  • Ping-balik: Eksis dengan Internet

  • ga pake BB
    dan
    ga punya ipad

    tapi tetep dari 1998 ga pindah hati dari indosat.. :)

    • hahahaha….
      Indosat memang top ya Mr.G

      Salam sehati

  • pak, mau tanya BB smartfren di kota pemalang n tegal bagus apa ga? mau beli BB yg CDMA tp takut cuma bisa dipake dikota besar, trims

    • Salam.

      Benar adanya. Untuk memakai ponsel CDMA risikonya adalah tidak semua kota mempunyai provider.
      Jadi memang harus hati-hati dan sebaiknya langsung buka saja situs providernya untuk menemukan informasi terkini.

      Salam sehati

  • gan kira2 sinyal gimana untuk daerah salatiga pelosok mending pakai apa gan? trimakasih

    • Salam.

      Aku belum pernah ke salatiga dan nyobain sinyakl terbagus disana nih.
      Mungkin ada teman dari Salatiga, silahkan berbagi.

      Salam sehati

  • pak saya tinggal dimalang, kira-kira bapak tau tidak dimalang cocok sinyal apa yg berkualitas untuk bbman. mksh pak.

    • Waduhh..

      yang tahu sinyal terbaik di suatu lokasi ya pasti orang yang tinggal disitu
      kalau ada orang lain yang (merasa) tahu kekuatan sinyal di suatu tempat, maka tetap saja yang paling tahu kelakukan sinyal di tempat itu ya orang yang tiap hari nongkrong di tempat itu

      salam sehati

  • pak..mau tanya ni hp android samsung GALAXY Y bisa gak ya klo pke paket harian bukan unlimited?kayaknya berat bgt klo ikut pket bulanan oz jg rus ngsi plsa modem seh..hehehe..

    • Salam.

      Paket harian pasti bisa saja.
      Tinggal dihitung saja nanti, mana lebih hemat antara pajet harian yang kadang hidup kadang tidak dibanding dengan paket unlimited

      Pilihan ada di tangan kita sendiri, karena kita yang paling tahu penggunaan ponsel kita.

      Salam sehati

  • pa aq bingung di ponorogo yang paling bagus apa xl apa telkomsel untuk android galaxy mini dan internet pun jalan trus harga kantong pun tersedia

    • Salam.

      Kalau aku sarankan pakai XL, bila sinyalnya memang ada disana.
      Kecuali kalau mobil banget, harus punya telkomsel tuh.

      Salam sehati

  • saya blom pernah pakai hp sistem android, sy mo nanya dl sebelum saya beli, sy pernah denger dr teman sy ktnya sistemnya online terus, jd bisa boros pulsa sm baterei, apalagi pas mainin aplikasi permainan talking tom, bener ga?

    • Salam @Siti

      Benar tuh.
      Ponsel yang memakai OS Android memang didisain untuk selalu terkoneksi dengan internet.
      Dengan demikian harus pilih langganan akses internet yang unlimited, bila tidak dijamin akan boros pulsa disamping boros batere.

      Artikel tentang Android dll silahkan baca di http://ekoshp.com
      Artikel tentang hemat batere ponsel Android ada disini :

      http://ekoshp.com/2011/04/cara-hemat-ponsel-android/

      Salam sehati

  • kalo di cikarang selatan operator GSM apa yang bagus buat internetan? trims b4

    • yuk yang tinggal di Cikarang selatan silahkan ngasih masukan

      salam sehati

      • pake as or simpati dan smartfren..

  • Salam.

    Setahuku yang bagus untuk CDMA adalah smartfren,
    mungkin tidak banyak info ya untuk BB yang jalan di jalur CDMA.

    Salam sehati

    • skedar informasi,,utk BB yg smartfren,lumayan memuaskn,utk d pedesaan sinyalnya mash ckup bagus,,kmrn smpet nyoba,,,

      • Makasih masukannya mas Surya

        Salam sehati

      • yang bener d perdesaan masih kuat sinyal nya smartfreen,emng d perdesaan mana ?

  • saya pengen beli bb style, tapi bingung menentukan operator cdma apa yg bisa di gunakan untuk bis.nya bb style, mohon infonya yaa, semoga membantu :)

    • Coba AHA, saya pake AHA untuk broadband modem di daerah jakarta utara, sinyalnya kenceng dan memuaskan, semoga membantu :)

      • terima kasih masukannya

        salam sehati

  • haha, akhirnya nemu juga blog yang lagi ngebahas, gini kalo ari saya lebih condong ke XL, soalnya di daerah saya (semarang) saya udah pernah pake semua kartu GSM (3, flash, XL) dan yang lebih bagus kalo menurut say XL, kalo 3 emank bagsu kalo kuota msih ada, tapi kalo kuota habis ya lelet, tapi kalo xl ditempat saya walaopun kuota bagus speed masih tetep kaya awal ngisi pulsa

    • Salam kenal mas Fachrudhy

      Senang mendapat masukan dari Semarang.
      Semoga memperkaya informasi yang ada di blog ini.

      Salam sehati.

  • Kalau saya yang penting sinyalnya.
    Harga gak penting.
    Bukan karena kebanyakan uang (meskipun harapannya demikian :).
    Karena ribet kalau ngitungin gratisan dan mana termurah.
    Yang ujung2nya bayarnya makin banyak karena demi ngejar gratisan itu.

    • Salam.

      Bener pak, kualitas tetap lebih penting dibanding yang lainnya.
      Seperti juga membuat blog, kalau kualitasnya bagus otomatis akan datang pembacanya, tapi kalau kualitasnya jelek ya tamunya pergi semua. Sebaiknya para provider itu berlomba di kualitas, sehingga pelanggan senang penyedia jasa juga untung.

      Salam sehati

  • haha.. .
    ribet banget ya pak ..saya juga gt koq. .
    kadang bingung sendiri . .nha saya saling ngecek satu sama lain kalo gt. . .

    • Salam.

      Akhirnya memang dikembalikan pada kita.
      Seberapa perlu kita dengan kekuatan sinyal dan harga yang harus dibayar.

      Salam sehati

  • bagus artikelnya. mencerahkan.
    terus..

    provider yang bagus jadi mana ya pak?!

    :’)

    • Hahahaha….
      Artikelnya malah tidak menjawab keinginan pembaca ya?
      Aku sendiri saat ini sudah berubah lagi.
      Ipad ama Tablet Iconia pakai XL (bayar tahunan dan 3 bulanan), karena sering nemu hotspot gratis
      Android SII pake telkomsel, karena sering dipakai ke remote area
      BB pakai AXIS, sudah memadai, bahkan mungkin sudah mau ditutup karena sedang diet BBM
      Haier Smartfren untuk komunikasi dengan istri (Hot Call gratisan)

      Salam sehati

      • mas eko aq mau cba smartfren ituh bgus ga sihh…
        ksih sarannya dong..
        makasih… :)

  • aku pikir jawaban mas eko,

    “Pemilihan provider GSM/CDMA sangat tergantung lokasi” atau “Tergantung kebutuhan bapak/ibu. Yang bisa menjawab hanya bapak/ibu sendiri!”

    Itu sudah pas.

    Karena bisa jadi yg kuat di satu daerah, begitu di bawa ke daerah lain jadinya memble.

    • Salam.
      Bener mas Arief.
      tapi kok banyak yang tidak puas ya?

      Hehehehe….
      Makasih sudah mampir mas.

      Salam sehati

  • dm_y@rocketmail.com

    sy mau ngasih masukkn buat tman2 smua, bhw kadang2 iklan yg muncul di tv cm hanya janji2 yg berlebihan tp pada kenyataan dilapangan g terbukti sama skali contohnya “Simpati Telkomsel”!!!! bnyak banget warga di tempat sy yg ngeluh & g tau hrs mengaduh kmana dgn sinyal telkomsel yg kian hari tambah mengecewakan…terus terang sy pemakai Simpati Telkomsel sejak th 2003 sampai saat ini & sy merasakan sendiri sinyalnya bukannya tambah baik malah sbaliknya tambah jelek bnget apalagi menjelang hari raya Idul Fitri & Natalan, smoga saja ini jadi masukkan kpd pihak Telkomsel utk lebih meningkatkan kinerja mereka karena kalau g jgn nyesal kalau masyarakat Indonesia beralih pd provider lain…Ibaratnya spandai-pandai tupai melompat akhirnya jatuh juga, sbagus-bagusnya Telkomsel dgn janji2nya pasti akan ada provider lain yang jauh lebih bagus juga..kita tunggu saja…………..

    • makasih masukannya
      semoga memperkaya para pemakai kartu SIM

      salam sehati

  • Om maw nanya Üϑάн nyoba BISnya smart fren, ato yg Üϑάн pernah? Kasih saran yach.thx

    • Salam @Venti

      Aku belum pernah nyoba BIS Smartfren
      Aku memilih BIS Axis dengan pertimbangan sebagai berikut :
      1. BB adalah sarapan kedua yang tidak harus kencang sinyalnya, sehingga aku memilih berdasar murahnya dan jangkauannya
      2. Axis satu grup dengan XL, sehingga di daerah dimana Axis tidak ada jaringan, maka kita bisa memakai jaringan XL untuk akses Axis.

      Salam sehati

      • gk juga soalnya yg paling bagus simpati ,karena kan,kartu simpati banyak bonus sms y ,tapi kalo kerugian make kartu simpati nelpon 1 menit habis biaya sampe 1500 mahal amat tapi aku sering sms ama cewek ai karna gratist ,♥ terimah kasih♥

  • bingung dah enakan pake kartu apa ya buat unlimited. . . .
    tolong bantu ya?. . . .

    • Salam @Uman Na Ofah

      Semua kartu unlimited rata-rata menawarkan hal yang kurang lebih sama.
      Sebaiknya memilih kartu berdasar kekuatan sinyal di daerah dimana kita sering berada, bukan berdasar murahnya.

      Salam sehati

      • iya tuh masih bngung saya, kasih solusi dong. saya pake AS masih lemot koneksi’a, klo di tangerang yg bagus pke kartu apa ya gan ???
        terimakasih….
        salam sehati

  • aku masih pake isat kalo disini om…..males ganti2……maturnuwun

    • benar mas,
      kita pakai yang paling cocok dengan lokasi kita saja

      setiap orang pasti punya pilihan yang berbeda

      salam sehati

  • saya memqkai xl unlimited di malang untuk ipad saya….dan hasilnya sangat mengecewakan alias lmot sering,buka facebook ja hrus lewar opera mini di androidnya,itupun masih lemot…padahal sinyal xl di hp full

    • Terima kasih masukannya mas/mbak

      Semoga menjadi perhatian XL dan bermanfaat bagi kita semua.
      Amin

      Salam sehati

  • Sejauh ini masih memakai xl om soalnya kemarin mencoba 3 masih belum stabil sinyalnya disini.xl lumayan kencang disini….

    • Salam @Ajurna

      Saat ini memang belum semua provider mempunyai cakupan yang luas. Aku pakai Axis di BB, Telkomsel di Android dan XL di Ipad. Rasanya sudah lumayan bagus komposisinya.

      Di daerah yang tidak ada AXIS ataupun XL aku bisa menggunakan Android sebagai mobile AP dan dua gadgetku bisa tetap hidup.

      Salam sehati

  • Disini pake im3..LUmayan juga kok alias lancar jaya dibuat inetan dan BBan…Nice gan artikelnya….

    • Salam @Penulis Content

      Makasih sudah mampir dan berkomentar.

      Salam sehati

    • kalo pake im3 BBan nya brp ya,… perbulannya ????

  • Semuanya sama saja Pak, kebanyakan janji. Pas dicoba tetap mengecewakan.

    • Salam @Rotyyu

      Hahahaha…jadi ingat Siaran Niaga jaman dulu.
      “Teliti Sebelujm Membeli!”

      Salam sehati

    • yang paling bagus ,yang saya coba dari semua hanya smart asal berada dalam jangkauan, unlimited bener tanpa kuota kuota segala aksesn cepet. baguslah….

      • secara teori memang jalur CDMA lebih kencang dibanding GSM

        salam sehati

  • sejauh ini saya masih bertahan di XL, karena udah terlanjur dpt nomor yg lumayan gampang diingat, walaupun dipake untuk bb sering lemot juga. kalau Galaxy tab ku msh dengan kartu As nya, yaa so far lancar ga ada masalah :)

    • BB di XL kabarnya naik ya biayanya?
      Kualitasnya menurutku bagus sih. Aku pakai juga di Ipad, bagus dan (masih) murah.

      Kartu As memang cocok untuk berselancar. Kalau pakai Halo agak ribet. Ada masalah harus ke Grapari. Apalagi kalau Halo Corporate, wah tambah birokratis.

      Salam sehati

    • simpati

      • hehehe…
        Simpati banyak bonusnya tuh..!:-)

        salam sehati

  • Pak eko kalau menjabarkan point memang selalu mudah dicerna,trims kupas tuntasnya pak…aku cukup puas dgn telkomsel di BB ku,karena utk jaringan internet yg slalu aku konsumsi monitoring 3 email,dll…dan modem 3 utk dirumah,murah,sinyal baik dan ekonomis…. Salam sehati.

    • Wah dapat kombinasi yang baik pak Chairunas (dengan satu huruf “N”)
      kadang aku curiga juga lho, 3 bisa murah meriah kencang, apa karena masih sedikit pelanggannya ya?

      Salam sehati

  • pengen bisa bikin benchmark untuk setiap provider, Om.. tapi pengennya tiap provider nyediain satu gadget buat aku :))

    • Mas Nich…

      Tak sumpahin apa yang diinginkan terkabul.
      Jangan marah sama aku ya..

      Salam sehati

  • klo saya pake indosat pak, lha wong cuma buat telpun & sms tok
    blom punya gadget yg canggih hehehe… :p

    • Salam mas BimaSakti

      Pendapatnya sama dengan anakku tuh.
      Pengguna Indosat sejati.

      Salam sehati

  • Saat ini saya lagi nyobain paket data unlimited dari 3. Sejauh ini sih lumayan memuaskan. :)

    • Aku juga puas memasang 3 di Ipad2 mas.
      Kenceng dan lancar di kota Jakarta bagian Cawang, Surabaya, Bali, Lombok bagian Senggigi

      Salam sehati

    • berapa sebulannya yg unlimited.

      • waktu itu aku pakai 3 dengan biaya 50 ribu per bulan.
        saat ini 3 sudah agak bermasalah, karena -mungkin- sudah kebanyakan pemakainya

        salam sehati

    • sinyal 3 lumayan bagus

      • Yes!

        Tapi bisa jadi kalau “3” sudah laris sinyalnya mendadak turun.
        Semoga saja tidak ya.

        Salam sehati

      • di kota lumayan lah…
        kalau di desa, ya manjat pohonlah…
        tu pun blom tentu dapet..
        karena belum meluas jaringan’a…
        susah lah ribet..

    • XL????? KURANG INFORMASI U PAKET 99RBNYA, ….IBARATNYA MASA INFO TTG PAKET MAU HABIS AJA KITA INFONYA KURANG>>>IBARAT KATA MENJEBAK N RAMPOK >>>MEDING SY TINGGALIN AJA AHH DRPADA KETIPU GITU>>>>

    • oh ya

    • mengapa klo di lampung sinyal XL susah..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s