Gudeg Yogya dan Sekaten


Pagi-pagi menembus dinginnya udara alun-alun utara, aku menuju ke warung gudeg Slamet. Tadinya sih mau ke Gudeg Juminten, tapi hari ini baru pingin yang tidak semanis Juminten.

Gudeg Bu Slamet memang lebih manis dari Gudeg mbarek, tapi tidak semanis juminten, jadi jika ada yang punya selera seperti itu, maka pilihlah Gudeg Slamet.

Biarpun sudah sepuh, sang penjual tetep awas meracik bumbu dan menghitung duit [pasti donk]

Mau tidak mau, dari malioboro menuju Wijilan pasti ketemu alun-alun utara, jadi terlihatlah alun-alun yang sudah tertutup ratusan kios.

Hmm …. sekaten sudah dimulai.

Jadi inget, tahun 70an, aku jualan pisang sale di sekaten. Yang jualan tidak hanya aku, tapi saudaraku, anaknya pak dhe dan juga tidak hanya satu pak dhe, tapi beberapa pak dhe.

Aku inget, waktu itu mampir ke stasiun pemancar sekaten dan ngisi blanko kiriman lagu.

“Buat mas Rus yang sedang jualan pisang sale, semoga laris”, begitulah kira-kira isinya.

Ternyata, memang doanya manjur, pisang sale mas Rus kelarisan, tapi tidak terjadi di jualanku.

Pulangnya pada nggak mau mbawa dagangan yang nggak laku itu. Jadi saling melempar tanggung jawab, gantian mbawa dagangan yang tidak laku dan akhirnya sampai juga ke rumah.

He…he…he… kalau kita kompak waktu itu mungkin bisa pulang sambil bergantian mbawa dagangan dan dalam suasana yang riang gembira.

Dasar anak SD yang sok cari uang bergabung bersama anak SD yang lain, ya gak kepikiran bahwa dagangan itu bisa nggak laku.

Pernahkan anda jadi anak SD yang mencoba cari uang saku dengan melakukan apa saja?

6 komentar

  • Karang Taruna Jaya Kusuma Desa Singosaren mengatakan:wah bener juga ya kalo desa bisa punya saham dnasia..hmm..PT Ameya itu yang diselatan masjid agung itu bukan ya mas? nek itu kayake satu owner sama yang ditempatku..bagaimana kalo dnasia ya? iya selama ini kami tidak pernah tau kemana larinya dana CSR.. akan coba kami cermati lagi..nuwun..

    Suka

  • saya sangat membutuhkan photo ringin kurung alun-alun utara jogja itu, meski telah jadi tempat yang ribut, tapi dia punya kenangan hebat bagi saya terutama pada saat sekaten atau siang hari yang panas atau saat tengah malam dialun-alun utara tu, ihh nyaman banget

    Suka

    • salam

      mari kita cari sama-sama di Om Gugel mas
      siapa tahu ketemu yang mas cari

      salam

      Suka

    • I like this website very much, Its a rellay nice spot to read and incur info. What is a committee A group of the unwilling, picked from the unfit, to do the unnecessary. by Richard Harkness.

      Suka

  • He..he…he… mas Alam sudah gak perlu uang saku lagi kan?
    Paling uang karung aja
    [he…he..he.. saku ntar kekecilan donk]

    Suka

  • Hm……… melakukan apa saja demi uang saku? Yang konotasi positif tentunya yah.. hihihihi……

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s