Seni Melipat Rumput Lapangan Bola


Rabu pagi aku kontak seorang kawan lama, eh malah janjian mau melihat pembibitan rumput untuk lapangan bola GOR Cijantung.

Sekalian diskusi masalah precast tangga, akupun meluncur ke GOR. Seperti biasa, sambutan yang sangat ramah selalu menyambutku di proyek GOR ini. Belum lagi pantat ini duduk dengan nyaman, tahu-tahu sudah ada dua piring hidangan snack di depanku lengkap dengan dua gelas aqua.

Jam 11.00 akhirnya kami meluncur menuju Bogor via Tol BSD. Nah, kamipun bertanya-tanya dengan nada heran.

“Katanya lokasi nurserynya di Bogor kok malah ke Tangerang?”

Dengan senyum, sang penunjuk jalan menjelaskan,”Sesampainya kita ke ujung Tangerang, maka nanti kita akan melewati sebuah jembatan. Nah setelah lewat jembatan itu kita sampai di lokasi pembibitan dan lokasi itu sudah masuk Bogor”.

Kamipun ikut tersenyum dan menikmati perjalanan panjang ini dengan segala macam obrolan. Mulai dari partai, hobi, dsb. Segala yang bisa diobrolkan kit aobriolkan dengan penuh kedamaian.

Sampai di lokasi, ternyata sudah ada lapangan bola mini, lengkap dengan jogging tracknya dan lapangannya ditanamai dengan rumput asli yang sangat empuk.

Ada beberapa model rumput di situ, mulai dari rumput gajah, rumput golf, rumput jepang sampai rumput khusus untuk lapangan bola.

Rupanya lapangan bola kebanggan Persib Bandung, asalnya dari sini juga. Hmm Jalak Harupat kalau gak salah namanya. Pantas saja rumput lapanagn bola itu dikenal sebagai rumput lapangan bola terbaik, ternyata rumputny amemang lembut betul.

Bagaimana kalau setelah rumput dipasang di lapangan, elevasi lapangan bola ternyata kurang tinggi atau terlalu tinggi?

“Gampang saja pak. Tinggal kita lipat dulu rumputnya, kemudian sesuaikan level lapangan bola, setelah itu rumput digelar lagi”, katanya

“Lho kok bisa begitu? Emang tidak rusak rumputnya digulung dan kemudian digelar lagi. Kayak karpet saja”, kata kami

“Ha..ha..ha.. benar. Rumput ini memang sekarang sudah menjadi karpet kalau kondisinya sudah matang seperti ini”

Mulailah demo karpet rumput dimulai.

Pertama, karpet rumput itu diiris dengan bentuk dua garis sejajar, kemudian di ujung karpet mulailah rumput itu dilipat. Setelah dilipat kemudian dikembalikan lagi dan ternyata lapangan itu kembali pulih seperti sediakala.

 
dilipat dari ujung 

terus dilipat 

nah terlipat sudah rumputnya

ini nama rumputnya Zoysia Matrella 

inilah lapangan sepak bola mini nya

Sehabis demo, kitapun minum air kelapa muda langsung dari tempatnya. Wuah rasanya nyaman banget diterpa angin sepoi-sepoi, dalam kondisi cuaca yang panas, berlindung di bawah pohon rindang dan minum air kelapa muda. Udah begitu ada dua piring singkong goreng, hmmm bener-bener anugerah Tuhan untuk kita di hari ini.

Ternyata kebahagiaan itu murah banget harganya.

Mau tahu resepnya agar rumput itu tambah subur dan tambah empuk diinjak? Ternyata sederhana banget, tapi belum tentu bis adijalankan dengan baik.

1. Penyiraman [air] yang memadai
2. Pemotongan rumput antara hari ke 7 dan ke 10 [pemotongan rumput sebelum 7 hari jelas pemborosan, kalau dilakukan setelah 10 hari, dijamin akan ada rumput yang mulai menguning alias sekarat]

Selamat bermain di rumput.

+++

Lokasi yang saya kunjungi adalah milik pak Junaedi dengan nomor hape 0813 143 07705

Salam

39 komentar

  • mohon maaf saya sangat membutuhkan alamat lengkap pembibitan rumput pak junaedi karena saya sangat mengetahui banyak tentang rumput, apa bisa diberitahukan kepada saya ? terimkasih sebelumnya.
    ade_irb@yahoo.co.id

    Disukai oleh 1 orang

    • Sayang pak Junaidi dengan nomor hape 0813 143 07705 tidak aktif lagi.
      Maaf ya 🙂

      Suka

      • boleh tau nama daerahnya pak?
        terim kaih

        Disukai oleh 1 orang

        • Salam mas @Erick

          Saya sudah pensiun dan sudah lama tidak terlibat dengan kegiatan proyek yang ini.
          Tks

          Suka

          • iyaa…mkasudnya daerah tmpt pengembangbiakan rumput ini pak, apakah daerah parung? atau gunung sindur begitu?
            terima kasih…

            Disukai oleh 1 orang

            • Jam 11.00 akhirnya kami meluncur menuju Bogor via Tol BSD. Nah, kamipun bertanya-tanya dengan nada heran.

              “Katanya lokasi nurserynya di Bogor kok malah ke Tangerang?”

              Dengan senyum, sang penunjuk jalan menjelaskan,”Sesampainya kita ke ujung Tangerang, maka nanti kita akan melewati sebuah jembatan. Nah setelah lewat jembatan itu kita sampai di lokasi pembibitan dan lokasi itu sudah masuk Bogor”.

              —–

              Saya hanya bisa memberi ancar-ancar itu 🙂
              Maaf ya mas @Erick

              Suka

  • mohon maaf saya sangat membutuhkan alamat lengkap pembibitan rumput pak junaedi karena saya sangat mengetahui banyak tentang rumput, apa bisa diberitahukan kepada saya ? terimkasih sebelumnya

    Disukai oleh 1 orang

  • Harga rumput jenis ini sekarang berapa ya. ??
    _____________
    http://sumberagung.desa.id

    Suka

    • sori aku hanya menulis tentang rumput tidak yang lain

      Suka

  • menerima dan melayani jasa pembuatan lapangan sepak bola beserta sistem drainase sesuai rekomendasi PSSI dan AFC untuk info lebih lanjut dapat menghubungi

    CV MITRA SARANA
    SALES HEAD OFFICE
    S28 Proffesional Office Jl. Sulanjana no. 28
    Bandung – Jawa Barat. Indonesia – 11460
    FAST RESPONSE
    082116148574

    atau bisa kunjungi website nya di
    http://www.rumputsepakbola.co.vu/

    Suka

  • luar biasa menarik informasi ini
    About Soccer Field

    Suka

  • Pak no kontak yang ada tidak bisa di telpon,ada alamat rumah tempat pembibitannya tidak,saya sedang cari buat lapangan bola mini nih,

    Suka

    • Salam pak @Slamet

      Coba saya cari info keberadaan pak Junaedi ya.

      Salam sehati

      Suka

  • Pak apakah ada no kontak pak Junaedi yg lain,krn yg ada tidak bisa di hubungi,atau alamat tempat beliau,Thabks

    Suka

    • wah gak tahu juga kalau pak Junaedi berubah nomor telpnya
      maaf ya

      salam sehati

      Suka

  • oh ya stoknya banyak ga mas.

    Suka

    • Salam.

      Silahkan hubungi pak Junaedi dengan nomor hape 0813 143 07705

      Salam sehati

      Suka

  • Selamat siang kang saya sekarang sedang merehab lapangan Bola kebetulan saya sedang mencari rumput yang cocok dan pas untuk lap bola kira kira berapa harga permeter rumput zoysia mohon bantuannya . tks

    Suka

    • Salam..

      Yang saya kunjungi adalah lapangan ru,put milik pak Junaedi dengan nomor hape 0813 143 07705
      Semoga belum berubah nomor hapenya.

      Salam sehati

      Suka

  • wah pasti harga rumput tersebut mahal ya pak.., terutama untuk pengelola lapangan skup lingkungan, sepertinya tidak akan terbeli…

    Suka

    • Ya kalau soal harga pasti reasonable.

      Sesuai dengan fungsinya.

      Salam sehati

      Suka

  • Alianz arena Munich memakai rumput yg komposisix terdiri dari 3 jenis rumput. Jadi kalo salah satunya kering karna cuaca yg lain bisa membackup. Apa bisa d kembangkan d indonesia?

    Suka

    • kita tunggu siapa yang mau mencobanya
      makasih komentarnya

      salam sehati

      Suka

  • Sedikit komentar.
    Meskipun secara tampilan fisik Zoysia sangat cocok untuk lapangan bola, namun sebenarnya rumput jenis ini mempunyai banak sekali kendala. Salah satunya adalah mengenai masalah kecepatan tumbuh.
    Zoysia secara umum dikenal sebagai jenis yang sangat lambat pertumbuhannya, sehingga apabila rumput terlepas akibat sepatu bola maka akan sangat lambat untuk menutup kembali
    Rumput yang lebih disarankan untuk sepak bola sebenarnya adalah jenis Bermuda yang pertumbuhannya sangat cepat.

    Suka

    • wah sampai dua kali klik “send”

      oke, no problem
      makasih

      salam sehati

      Suka

  • Sedikit komentar.
    Meski secara fisik, Zoysia Matrella sangat cocok untuk lapangan bola namun sebenarnya banyak sekali kendalanya. Salah satunya adalah masalah kecepatan pertumbuhan. Zoysia secara umum dikenal sebagai rumput yang pertumbuhannya sangat lambat, apabila terdapat kerusakan akan lambat sekali untuk menutup kembali, lebih cocok untuk halaman rumah/ kantor. Rumput yang disarankan adalah Rumput Bermuda yang tumbuhnya sangat cepat.

    Suka

    • makasih masukannya

      salam sehati

      Suka

  • Saya memerlukan rumput ini untuk lapangan sepak bola, apa bapak bisa menjual kepada saya berupa bibit dan bagaimana harganya? posisi saya di Papua Barat dan kami perlu informasi secepatnya,
    Terima kasih.

    Suka

    • Yang saya kunjungi adalah pak Junaedi dengan nomor hape 0813 143 07705

      Salam

      Suka

  • untuk rekan-rekan lapangan bola akan lebih berfungsi bila ada lampu yang mendukung bila anda perlu silahkan hubungi kami

    Suka

    • menghubunginya kemana mas/mbak?

      salam

      Suka

  • Saya memerlukan rumput ini untuk lapangan sepak bola, apa bapak bisa menjual kepada saya dan bagaimana harganya? pemasangannya? berupa bibit atau sudah jadi dalam bentuk karpet mteran, posisi saya di surabaya dan kami perlu informasi secepatnya, dimana saya bisa memperoleh di Jawa Timur? Terima kasih.

    Suka

    • pak jangan lupa lampunya ya

      Suka

      • yang punya nomor kontak untuk penyedia jasa pasang lapangan rumput atau lampu silahkan di”share” disini

        makasih

        Suka

  • Pak Boy

    coba anda kontak ke win_decoration@yahoo.com
    dia mungkin masih menyimpan nomor telepon pemnjual rumput itu

    makasih

    salam

    Suka

  • saya tertarik untuk mendapat informasi ttg rumput Zoysia ini..kebetulan sya sedang membutuhkannya untuk pembuatan beberapa Lap Bola mini di sumbar.
    dimana alamat yang bisa sya datangi.
    terima kasih

    Suka

    • pak lampu nya sekalian ya….

      Suka

  • hi,
    kalo boleh tau kontaknya, sebab saya membutuhkan info tentang rumput zoysila matrella tersebut.
    terima kasih

    Suka

    • @Winoto

      sebaiknya bapak japri ke saya ya pak
      nanti saya kasih nomor yang bisa dihubungi

      salam

      eko.eshape@gmail.com

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s