Together Everyone Achieves More [TEAM]


“Apa sih untungnya kegiatan outbound itu?”

“Kalau ngajak begitu banyak orang untuk nginap di luar kota sampai beberapa hari, apa itu bukan pemborosan? Di kantor saja kenapa, fasilitas semuanya serba oke dan biaya bisa lebih hemat!”

Together Everyone Achieves More ……bener tuh? Bukannya itu cuma kegiatan main-main saja?”

Masih banyak lagi rangkaian pernyataan yang membuat Tim Outbound merinding mendengarnya. Apalagi yang mengucapkan sebagian besar adalah para petinggi atau mereka yang suaranya biasanya selalu didengar.

Tentu saja merinding sih boleh-boleh saja, tetapi kegiatan harus tetap berlangsung. Sebuah kegiatan Outward Bound atau lebih dikenal sebagai kegiatan outbound, memang sudah lama ditemukan dan itulah yang saat ini menjadi pilihan utnuk menempa SDM menjadi lebih berkinerja tinggi.

Berdasar catatan, salah seorang pioneer dalam pendekatan proses belajar di alam terbuka adalah John Dewey (1938). Ada juga Kurt Hann (1941) Hahn yang membuat konsep outward bound untuk para pelaut. Dalam konsep ini, Hahn mengembangkan sebuah program pelatihan sebagai medium bagi pelaut junior agar mereka dapat belajar mengenali potensi diri masing-masing.

Apa sih keuntungan Outbound itu?

Kegiatan outbound biasanya selalu memanfaatkan jasa para psikolog, karena semua program yang ada dalam kegiatan tersebut harus sesuai dengan manfaat yang diinginkan oleh penyelenggara.

Manfaat yang paling terasa adalah munculnya rasa kebersamaan, solidaritas kelompok akan timbul dengan sendirinya, meskipun banyak permainan yang seolah-olah mengadu kekuatan masing-masing kelompok. Secara tidak sadar mereka digiring ke suatu keadaan bahwa mereka tidak bisa menyelesaikan tugas kalau mereka tetap setia dengan kelompok masing-masing. Harus ada solidaritas atas kelompok untuk mencapai tujuan utama.

Together Everyone Achieves More [TEAM]

Bersama kita bisa mencapai tujuan

Bersama kita bisa mencapai tujuan

Manfaat outward bound yang sering disingkat menjadi outbound memang  banyak, silahkan simak manfaatnya ini :

  • Meningkatkan kemampuan mengenal diri dan orang lain.
  • Melatih ketahanan mental dan pengendalian diri.
  • Menumbuhkan empati.
  • Melahirkan semangat kompetisi yang sehat.
  • Meningkatkan jiwa kepemimpinan.
  • Melihat kelemahan orang lain bukan sebagai kendala
  • Meningkatkan kemampuan mengambil keputusan dalam situasi sulit secara cepat dan akurat.
  • Membangun rasa percaya diri.
  • Meningkatkan rasa kebutuhan akan pentingnya kerja tim untuk mencapai sasaran secara optimal
  • Investasi jangka panjang

Menang atau kalah dalam suatu permainan outbound, selalu ada hikmah yang terpetik dari kegiatan itu. Meski begitu semua kelompok baisanya akan berjuang habis-habisan untuk menyelesaikan tugas masing-masing kelompok. Bandingkan dengan di alam kerja yang nyata, dimana kadang-kadang pegawai merasa putus asa terhadap pencapaian tugasnya yang kadang terasa tidak masuk akal.

Hampir semua tugas dalam kegiatan games dalam out bound, seperti sebuah tugas yang mustahil dilakukan, tetapi selalu ada solusi untuk menyelesaikannya.

Berarti “Together Everyone Achieves More” bener tuh? Kegiatan ini bukan cuma kegiatan main-main saja, tapi kegiatan yang sangat berhasil guna.

Benarkah kegiatan ini lebih hemat dibanding diadakan di kantor pusat?

Tentu jawabannya sangat benar. Dari sisi biaya, memang panitia akan perlu banyak biaya untuk menyelenggarakan acara ini. Biaya hotel langsung akan membengkak dibanding bila kegiatan ini dilakukan di kantor saja.

Meski begitu di sisi lain, biaya masing-masing peserta ternyata menurun sangat drastis. Berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh para peserta jika mereka menginap di hotel berbintang di Jakarta, sementara di lokasi outbound satu kamar bisa dihuni oleh empat orang peserta.

“Wow…lomba musik ngorok nih jadinya”

“Waduh, siapa yang duluan mandi ya?”

Banyak masalah yang tadinya menjadi masalah tetapi akhirnya masing-masing kamar menyelesaikan masalahnya sendiri setelah mereka merasakan aura outbound yang membuat mereka menjadi suatu kesatuan yang solid.

Kebersamaan membuat mereka mampu menyelesaikan masalah apapun yang tadinya terasa rumit.

Kuncinya adalah pembagian tugas yang proporsional

Kuncinya adalah pembagian tugas yang proporsional

Pada dasarnya pelatihan untuk orang dewasa akan lebih cocok model outdoor, karena mereka rata-rata sudah jenuh dengan suasana dalam kelas yang terkesan monoton.

Pelatihan outdoor akan membuat suasana lebih fun meskipun di dalam kelaspun suasana fun bisa didapatkan. Disinilah kemampuan para instruktur diuji. Mereka harus mampu membuat suasana selalu FUN dimanapun kegiatan dilaksanakan.

Ceria di kegiatan Outdoor

Ceria di kegiatan Outdoor

Kalau bisa ceria di luar ruangan, maka di dalam ruanganpun harus bisa ceria.

Ceria juga di dalam ruangan

Ceria juga di dalam ruangan

Paling ceria tentu ketika akhirnya acara bisa selesai tepat waktu.

ceria dimanapun

ceria dimanapun

+++

Sumber tulisan :

Outbound Malang, Peduli Pariwisata

6 komentar

  • Ping-balik: Selamat Ulang Tahun DeBloGGeR | Berbagi Seputar Android Samsung, Apple Ipad, RIM Blackberry Yuk

  • Ping-balik: Outbound Trainer « Kehangatan Blog Eshape

  • outbond.. teringat beberapa tahun yang lalu menjadi bagian dari penyelenggara kegiatan outbound. alhamdulilah dapat kesempatan melihat cara individu-individu kembali belajar bekerja sama dalam tim.. pastinya outbound ini bertujuan menghapus adanya “kotak-kotak vertikal dan horizontal” yang biasanya ada di lingkungan kerja.. “kotak-kotak horizontal” ini bisa mudah hilang.. tapi “kotak-kotak vertikal” kok kadang susah ya, hilangnya, walau sudah di kondisikan begitu cair.. hahahaha..

    outbound yang berhasil adalah bukan pada saat kegiatan berlangsung.. tapi efek setelah itu..

    nice post mas.. ^_^

    jadi malu, udah lama gak update.. T_T
    *nutupin muka pake mantel*

    Suka

    • Makasih ya mbak Luvie mau mampir kesini.

      Aku terkesan saja dengan penampilan mbak Luvie saat memimpin acara “mirip” outbound di Milad Deblogger, terus mimpi “kapan ya ketemu mbak Luvie lagi”

      Eh di Milad Solo ketemu lagi, tapi gak sempat ngobrol banyak

      Sekali lagi Makasih dan Salam Sehati

      Suka

  • Outbound ini salah satu cara yang bagus untuk membangun kebersamaan tim. Rintangan-rintangan yang harus dihadapi bersama, akan menguatkan sifat kebersamaan.
    Asal perlu diingat, untuk tidak terlampau sering mengadakan outbound pada tim yang sama, karena “ruh” nya akan jadi tak berasa lagi 🙂

    Suka

    • Bener tuh,

      kalau timnya sama terus ya kurang gregetnya, makin beragam anggota tim dan makin tidak kenal, akan makin baik suasana yang diciptakannya.

      Makasih komentarnya.

      Salam

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s