Survey Anjangsana Amprokan Blogger 2010


Sebelum sampai hari H, maka tim BeBlog mencoba menyusuri dulu jalan menuju lokasi Anjangsana yang akan dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 2010 nanti. Dari beberapa anggota tim yang menyanggupkan diri untuk bergabung akhirnya tersisa 4 orang saja. Mereka terdiri dari 2 pria dewasa [Mas Irfan dan aku], seorang wanita Dewasa [mbak Ajeng] dan seorang pria kecil [mas Lilo].

Para peserta yang lain terpaksana mengundurkan diri dari tim, karena gelapnya langit dan adanya pemberitahuan bahwa tanggul di Bogor ada yang jebol. Hujan yang begitu deras memang cukup menciutkan nyali teman-teman yang biasa kena langganan banjir.

Akhirnya kami berempat berangkat dengan penuh keyakinan, meluncur sesuai dengan rute yang akan ditempuh pada tanggal 6 Maret 2010 nanti.

Setelah sempat salah arah  sebentar, maka perjalanan akhirnya berjalan sesuai rute. Berhenti sebentar di sekitar tugu Patriot, mobil kembali berputar arah dan menuju ke pondok pesantren At Taqwa. Padatnya lalu lintas membuat kendaraan yang kita naiki harus merayap, belum lagi jalan yang cukup kecil.

sky-1107579_640 pixabay

Mendung

Sampai di lokasi, hujan gerimis langsung menyambut kita. Kita ambil beberapa foto sebagai buktikenarsisan tim survey ini dan kemudian kembali meluncur dengan mencoba mengambil alternatif jalan lain.

Tenryata alternatif jalan yang diambil cukup lega jalannya dibanding jalan menuju ke ponpes At Taqwa, namun sayangnya banyak lobang kebo di tengah jalan, sehingga boleh dikata tidak ada pilihan yang lebih baik dari dua pilihan itu.

Ketika menuju ke lokasi Anjangsana selanjutnya, perut sudah tidak mau kompromi lagi, jadi mampirlah kami di warung soto kudus. Ternyata hanya dua orang saja yang demen soto kudus. Mas Irfan memilih Nasi Gandul khas Pati dan lilo memilih Sop Iga.

Tadinya kita mau mampir ke rumah mas Vavai yang sedang menungguin istrinya di rumah beliau, karena terbukti bahwa istri mas Vavai telah mempunyai calon adik kecil yang genap berumur 4 bulan di dalam kandungan. Sayangnya sang perut sudah tidak mau tahan lagi, apalagi arah mobil sudah mengarah ke TPA Bantar Gebang.

Selesai makan barulah kita meluncur ke TPA Bantar Gebang setelah sempat nengok gedung MK, tempat acara Amporkan Blogger tanggal 7 Maret 2010. Di MK inilah kita sempatkan juga untuk sholat Dhuhur berjamaah.

Perjalanan menuju ke TPA Bantar Gebang melalui jalan yang lebih luas namun dengan tingkat kepadatan lalu lintas yang lebih padat, sehingga praktis kondisinya mirip dengan arah ke pesantren At Taqwa, bedanya di sini jalanya sangat mulus.

Bantar Gebang (Media Indonesia)

Sampai di TPA terlihat pemandangan menghijau, padahal lahan ini adalah bekas lahan sampah. Memang suasana terlihat menjadi sangat kontras, antara lahan hijau dan gunung sampah serta rumah para pemulung yang begitu nyaman mereka tempati.

bantar gebang CNN

Di lokasi ini, menurut teori harusnya tidak bau, tetapi pada kenyataannya tentu tetap saja bau, meskipun memang tidak semenyengat bau sampah yang biasa dibawa dari rumah/pasar oleh truk sampah.

Puas berfoto di lokasi sampah, maka meluncurlah tim survey menuju Giant, karena hasil surbey ini perlu segera dibicarakan dalam suatu rapat kilat dan mendadak, agar segera dapat diantisipasi rute yang mana yang sebaiknya diambil.

Alhamdulillah, dua selebritis BeBlog bisa hadir dalam acara rapat dadakan, sedangkan pengurus inti yang lain mengikuti rapat melalui jalur komunikasi saja.

Salut buat Kang Harun dan mbak Anggi yang tetap penuh energi meskipun baru saja siaga banjir dan kemudian melakukan kunjungan ke lokasi banjir.

amprokan blogger 2011 (68)

Sayangnya badanku sudah tidak kuat lagi. Rasa pening di kepala sudah tak tertahan, maka dengan tetap pura-pura senyum aku langsung pamitan, ngeloyor pulang.

Untung mas Lilo masih punya energi besar, sehingga sepanjang jalan sanggup menghiburku dan membuatku tertawa bersama.

Inilah tour semi off road yang lumayan berat untuk kondisi kesehatanku yang seperti ini. Semua demi BeBlog, demi Temu Blogger dalam ujud Amprokan Blogger 2010. Terima kasih buat anggota tim yang telah berbagi rasa berbagi cerita sepanjang perjalanan. Terima kasih buat LiLo yang sanggup mencuci mobil di sela-sela waktu mainnya.

aa616-prairi01

catatan :

beberapa gambar awalnya mengacu pada blog yang sudah “meti”, sehingga ketika direplace menjadi kurang sinkron dengan cerita 🙂

24 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.