Blackberry siap digusur Android(kah)?

Blackberry berduka (2)

Apa yang membuat Blackberry menjadi incaran banyak pengguna ponsel Indonesia?

Disamping fasilitas push emailnya, maka fasilitas yang menarik adalah adanya Black Berry Mesengger (BBM). Fitur BBM ini begitu nikmat ketika ada fitur Grup BBM yang begitu nyaman dipakai sebagai ruang bicara antar kelompok yang punya minat pada hal yang sama. Kelemahan grup ini adalah pada kapasitas anggotanya yang maksimal hanya bisa 30 pengguna.

Yang paling menarik sebenarnya adalah kemampuan BB dalam melakukan kompresi data, sehingga semua menjadi terasa lebih cepat ketika melakukan pertukaran data memakai BB.

Di Indonesia kemampuan kompresi ini menjadi pilihan menarik karena tanpa banyak menunggu lama, maka data yang dibutuhkan sudah masuk ke ponselnya.

Namun keunggulan ini pada saat ini masih menjadi pertanyaan, karena membludaknya pemakaian BB, maka bukan tidak mungkin kalau kemampuan ini akhirnya akan menurun. Pengguna BB akan terseok-seok saat mengunduh data. Jam pasirpun mulai sering menghiasi layar BB kita.

Keterbatasan lebar bandwith tentu menjadi kendala bagi mereka yang suka melakukan pertukaran data dan BB menjawab semua itu dengan kemampuan kompresi data. Namun bila lebar bandwith sudah tidak menjadi kendala, maka BB perlu menyiapkan strategi baru dalam memasarkan produknya.

Sudah menjadi pengetahuan kita bersama, bahwa ponsel cerdas Android mempunyai kendala dalam hal kecepatan akses internet yang masih lamban di negeri ini. Dengan kecepatan akses internet yang lamban, maka semua keunggulan Android seperi hanya menjadi beban saja.

Saat akses internet super cepat sudah datang, maka saatnya Android berjaya dan bukan tidak mungkin akan menggusur dominasi BB di tahun-tahun belakangan ini.

Melihat teknologi dan fitur BB yang terkesan tidak rajin melakukan update, maka bukan tidak mungkin saat itu akan seera tiba. Browser BB sampai saat ini masih belum ada tanda-tanda dilakukan update, isuenya baru akhir tahun ini RIM akan melakukan update browsernya.

Tentu kita masih ingat saat RAM komputer begitu mahal, jauh lebih mahal dari komponen lainnya dan sekarang RAM komputer menjadi amat sangat murah, jadi bukan tidak mungkin akses internet yang saat ini dirasa lamban akan berubah secara revolusioner menjadi sangat cepat.

Teknologi 4G sudah ada dan sudah siap bertarung dan kalau memang benar-benar keluar ijin penggunaannya, maka bencana untuk RIM mungkin sudah menjadi dekat.

Jadi pilih mana? BB atau Android?

+++

artikel terkait :
Optimalisasi BB
Download BBDM
BBM 5.0.0.57 OTA

+++
sumber gambar : internet

27 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.