AVATAR The Last Air Bender


Setelah lama merenung, akhirnya kuputuskan untuk menulis tentang film ini. Sebuah film yang sangat akrab dengan keluargaku. Aku sering bermain tarian naga dengan Lilo saat episode AVATAR ini memasuki sekuel tarian naga. Sepasang naga yang indah membuat film itu terasa hidup dalam diriku.

Ketika melihat thriller film ini, aku langsung merasa bahwa ini adalah film yang layak tonton dan begitu juga dengan anak-anakku. Mereka begitu antusias untuk melhat film ini. Sayangnya, seperti juga saat nonton sendirian film SALT, aku juga kembali nonton film ini sendirian saja.

Teknologi film ini memang tidak spektakular banget, tetapi lihatlah adegan ketika Aang menakut-nakuti armada tentara api. Air laut seperti dalam film Nabi Musa naik tinggi dan siap menenggelamkan armada api kalau Aang mau melakukannya.

Sungguh sebuah permainan komputer yang membikin kagum penonton. Bagi yang gemar setengah mati film ini memang perlu untuk melihat wujud para tokoh film setelah dia menjadi manusia beneran dan bukan tokoh kartun.

Jangan lagi mencari wajah SOKKA yang bloon dan suka bikin ngakak, yang ada adalah wajah SOKKA yang mungkin berbeda dari yang pernah dibayangkan saat ini. Wajah ZUKO juga sedikit berbeda, terutama pada mata sebelah kirinya. Yang paling berbeda mungkin tokoh Aang sendiri. Wajahnya jadi universal banget.

Sutradara film ini tentu sudah bekerja sangat keras untuk mewujudkan sebuah film kartun laris menjadi sebuah film non kartun dan ditampilkan juga dalam format 3D. Tentu penonton harus merogoh kocek lebih dalam kalau mau menonton film 3D ini.

Seperti pembaca novel yang kemudian melihat filmnya, maka pasti ada kekecewaan disana-sini. Banyak adegan terpenggal dan banyak karakter yang tidak dimunculkan. Di akhir film, sutradara akhirnya menyerah dan harus menyiapkan sekuel ke dua dari film ini. Akan terlalu banyak adegan yang hilang jika film ini harus habis dalam durasi 120 menit.

Tentu bagi yang sudah kenal film ini akan tetap dapat mengikuti kisah sang AVATAR, tetapi bagi yang belum pernah melihat film ini dalam format kartun, maka mungkin akan melihat cerita yang mengalir begitu cepat dan banyak karakter yang terasa sambil lalu.

Karakter APPA, Bison terbang, tidak sempat tereksploitir dengan baik dan hanya muncul di beberapa adegan saja. Memang sangat sulit membuat film berdurasi sekitar 120 menit untuk menampilkan film yang aslinya begitu panjang.

Kalau anda siap menonton film jilid 1 dan sabar menunggu jilid selanjutnya, maka silahkan nonton film ini, tapi kalau tidak siap, sebaiknya nonton saja film dengan judul lain dan cukup satu kali nonton langsung selesai.

+++

sumber gambar diambil dari facebook the last air bender

20 komentar

  • yg ngecasting buat film avatar ini kurang ”becus” klo menurut saya mas , aq kecewa bnget
    pdhal aq ini penggemar avatar loh …
    mukanya semua pada ngaco …

    Suka

  • duuuh…filmnya top abis deech,,
    walaopun ada sebagian yg ilang.. py itu gag msalah..
    aang.a ganteeng bangget apalagi sakka.a…
    hehehe kataranya cantiik…

    Suka

  • Salam kenal mas eko, kecewa ma nie film, gag pas bnget ama kartunnya bnyak adegan yg hilang, yg ang pun terlampaui keseriusan.

    Suka

    • Waktu lihat iklannya aku sudah syuuur banget deh

      Avatar yang keren dengan seluruh ilmu yang dikuasainya.

      Ternyata Aang serius terus gak ada candanya.
      Ini film segala umur, jadi memang dituntut untuk ada seius dan ada guyonannya.

      Jet Li saja penuh guyon meski tampangnya serius.
      Hehehehe….

      Salam Sehati

      Suka

  • Saya termasuk penonton yg kecewa mas Eko heheheh…ndak kyk yg saya bayangkan di film kartunnya, kurang greget gitu deh kayaknya :))

    Suka

    • kayaknya yang menarik hanya adegan Aang mendemokan ilmu airnya saat menakut-nakuti armada kepal pasukan api ya mas

      anak-anakku dua-duanya gak suka dengan film itu
      baik yang masih SD maupun yang sudah SMA
      padahal mereka rajin nonton film kartunnya

      salam sehati

      Suka

  • filnya aneh harusnya kan si aangkan humoris klo di situ mukanya serem plus smua aktornya smuanya blom pernah nonton fil avatar.. smoga gak ada toph meski pingin liat pasti di peraninya aneh…

    Suka

  • castingnya payah pak. đŸ˜¦

    Suka

  • film nya kurang keren ah.percuma ajah nonton. M.Night Shyalama udah tidak begitu pintar lg dalam membuat film yg bermutu.

    Suka

  • pak, pemerannya ada kesalahan :
    dev pattel justru berpesan as prince zukko
    katara diperankan ama nicola peltz
    nah summer bishil justru memerankan azula
    jadi mungkin diakhir audisi akhirnya dirubah

    yg kurang cocok menurut saya karakter paman iroh
    justru dia cocok jadi lord ozai

    kesimpulan saya : great visual effect di film ini jadi sia2 karena casting pemeran yang kurang pas dan isi cerita yang lemah

    wassalam.

    -eko june-
    fans avatar jg đŸ™‚
    movie mania

    Suka

    • Makasih koreksinya mas Eko June
      Hehehe…..
      sesama Eko memang harus kompak ya

      Untuk penonton dewasa kayaknya sepakat dengan sudut pandang mas Eko June, coba mas Ejun tanya ke anak-anak, apakah mereka merasakan hal yang sama atau mereka tetap terpana dengan teknik visual effect yang canggih dan cerita yang berjalan begitu cepat

      Salam Sehati

      Suka

  • Sebelumnya salam kenal…
    filim kesukaan saya niiih…
    tapi klo yg mw liat film layar gede nya … wah…. harus liat film kartun serinya dulu deeeh… klo liat langsung ..layar gede susah ngerti nya tuuh … film

    Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.