Outbound Trainer


Setelah bertahun-tahun ikut acara outbound tanpa punya sertifikat sebagai trainer, maka akhirnya aku sukses menyelesaikan pelatihan untuk pelatih outbound.

Pengajar yang punya kompetensi dan suasana pelatihan yang mendukung membuat proses sertifikasi pelatih outbound ini jadi ajang yang sangat menyenangkan. Kadang terasa lucu juga ketika kita ikut permainan yang sering kita mainkan untuk para peserta outbound.

“Biasanya kita ngerjain peserta, sekarang saatnya kita dikerjain oleh kita sendiri”

“Ups…jangan salah. Tidak ada permainan dalam outbound yang pounya maksud mengerjain peserta outbound. Semua permainan dirancang sesuai program pelatihan yang ada dan setiap program bisa berkembang kemana-mana bila kita jeli mengamati proses berlangsungnya permainan”

“Mata dan telinga harus dipasang baik-baik untuk melihat tingkah laku peserta, mendengar apa yang mereka omongkan dan mencocokkan dengan kondisi dimana mereka bekerja”

“Berarti kita harus tahu donk kondisi tempat kerja para peserta outbound?”

“Yup. Dengan mengetahui apa yang saat ini terjadi di tempat kerja mereka, mengetahui iklim kerja mereka, maka akan sangat membantu para peserta untuk menemukan pencerahan dalam permainan ini”

“Kalau tidak tahu gimana?”

“Sebaiknya para perancang permainan dalam outbound mengetahui dengan pasti apa yang terjadi di lingkungan kerja mereka. Dengan demikian arah permainan jadi jelas”

“Maksudnya?”

“MIsalnya berdasar hasil assesment diketahui bahwa komunikasi di perusahaan kurang bagus, maka permainan diarahkan ke permainan yang menyadarkan para peserta tentang perlunya komunikasi. Misalnya PDCA kurang berjlan dengan baik, maka kita cari permainan yang bisa memberikan pencerahan tentang perlunya PDCA”

Dari pelatihan ini, maka semuanya jadi seperti praktik yang diteorikan. Selama ini tanpa teori yang memadai sebenarnya kita sudah melakukan hal-hal yang disampaikan oleh para instruktur, tetapi dengan adanya pelatihan ini, maka kita jadi tahu ilmunya.

“Semua pasti ada ilmunya dan bila kita menyerahkan pada ahlinya, maka pasti akan terasa nyaman”

Sekarang rasanya jadi gatal tangan untuk membuat program outbound lagi. Bulan depan insya Allah bisa meluncur ke Bali untuk mengadakan outbound lagi. Amin.

together-everyone-achieves-more (TEAM)

5 komentar

  • Wau keren…mantab….semoga sukses selalu dgn outbound nya

    Disukai oleh 1 orang

  • Bangun (nama panggilan Bana)

    Pagi. Mohon info jadwal dan syarat untuk Training for outbound trainer. Thanks.

    Disukai oleh 1 orang

    • Salam mas Bana

      Saya kebetulan hanya peserta pelatihan ini dan sudah lama tidak berkecimpung dalam kegiatan outbond, tapi hanya suka memberi pelatihan pas kegiatan intropeksi diri, yang dilakukan tepat sesudah sholat subuh sampai fajar saja.

      Salam sehati.

      Suka

  • salam kenal dan mudah2an sudah kenal ya. Kami dari Tendaku & Mr.Camp “khusus merentalkan tenda-tenda kemping dan alatl-alat camping. Kami dapat menyediakan dalam partai banyak. Perlatan ini dapat digunakan untuk kegiatan outbound dan kegiatan alam terbuka lainnya. Kami ada di bandung dengan nama Tendaku (022) 203 5640 dgn web http://www.tendaku.net dan kami ada di tapos ciawi bogor dengan nama Mr.Camp 0251 910 8201, 0251 279 5249 dengan website http://www.mrcamp.net. di web tsb juga terdapat denah kami . oh ya, kami juga mengadakan paket paintball. Thx ya

    Arnold
    0817 230 8338

    Disukai oleh 1 orang

  • Ping-balik: Tweets that mention Outbound Trainer « Kehangatan Blog Eshape -- Topsy.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s