Akhirnya Bukuku Terbit

Tahun 2013 yang penuh ceria

1294357333872791727

Sejak menerbitkan buku Pak Dhe ngeblog, aku sering mendapat pertanyaan dari teman-teman seprofesi seputar kegiatanku dalam bidang tulis menulis.

“Katanya sudah menerbitkan buku. Kayak apa bukunya? Kasih tahu donk”

Ketika aku menunjukkan bukuku dan mereka membuka-bukanya, maka biasanya mereka heran meskipun ada juga yang tetap dengan antusias membeli bukuku.

Buku Pak Dhe Ngeblog memang buku saku yang diperuntukkan buat mereka yang suka memaknai apa yang ada di kehidupan kita sehari-hari, jadi pasti jauh dari perkiraan teman-teman yang mengharapkan aku menulis tentang buku teknik sipil.

Berbeda dengan teman-teman seprofesi adalah teman-teman sesama blogger. Biasanya mereka suka menanyakan kelanjutan buku pertamaku itu.

“Kapan buku lanjutannya mas?”

Temanku yang lain dengan berbaik hati telah banyak memberi kritik dan saran pada bukuku.

“Kok bukunya gak ada gambarnya mas?”

Aku selalu tersenyum sambil mengangguk kalau ada komentar seperti itu. Mas Abi, aktifis LPI, yang memberikan saran tentang perlunya ilustrasi gambar di sebuah buku dan aku menyetujuinya.

Selama lebih dari setahun aku berlarian dari proyek yang satui ke proyek yang lain untuk berdiskusi tentang cara orang proyek mngerjakan pekerjaannya. Akhirnya terkumpulah 50 buah cara teman-teman di proyek dalam melaksanakan sebuah pekerjaan. Sepulang dari diskusi aku baisanya menyerahkan hasil diskusi pada temanku mas Rudy Hananto untuk merapikan hasil diskusi ini.

Tidak semua teman-teman proyek memberikan cara mereka bekerja karena berbagai sebab. Kadang aku hanya bisa memberi mas Rudy sebuah nomor telepon saja agar bisa ditanyakan terus sampai dimana progres di lapangan.

Dengan semua kendala itu, akhirnya aku berhasil juga menyelesaikan sebuah buku yang berisi 50  macam “Panduan Pelaksanaan Pekerjaan” di Bidang Konstruksi Gedung maupun Sipil. Alhamdulillah.

12943577221075293492

Sekarang aku sudah bisa bilang ke mas Abi, “..Mas Abi, bukuku sudah full color dan penuh dengan gambar, bahkan lebih banyak gambarnya daripada tulisannya mas…”

Aku juga sudah bisa bilang bahwa aku sudah menerbitkan buku yang sesuai dengan disiplin ilmuku saat kuliah dulu.

1294357778263882752

Selama ini target yang kupasang untuk menerbitkan buku pada tanggal 14 September 2010 tercapai sudah. Inilah target yang sebenarnya sudah tercapai tahun lalu, tetapi perlu menunda penerbitan karena ada yang meminta agar peluncuran buku ini dijadikan satu dengan acara tahun emas Waskita Karya.

Hasilnya acara peluncuran buku ini  jadi meriah dibanding peluncuran buku Pak Dhe Ngeblog yang sangat sederhana. Di buku ini juga ada sambutan dari Menteri PU dan Meneg BUMN dan ada Vina Panduwinata yang ikut menyemarakkan acara launching buku. Orang-orangpun ada yang memanggil aku dengan nama baru Eko SH Panduwinata. Hahaha….memang enak punya banyak teman yang kreatif.

1294358069211458040

Saat acara launching buku alhamdulillah ada pak Menteri PU yang ikut hadir, sekaligus memberi sambutan singkat dan ada juga pak Bibit Waluyo yang begitu sumringah bercanda di antara para tamu.

Tadinya kupikir cukup mencetak 1.000 buku saja sudah memadai, ternyata selesai acara launching sudah banyak yang memesan buku ini dan kalau melihat daftar nama para penerima buku berdasar pesanan yang masuk, kelihatannya aku harus mencetak buku ini lagi.

Semoga buku ini bisa bermanfaat bagi para pembacanya, utamanya bagi para pekerja konstruksi yang haus akan buku semacam ini. Tentu masih banyak kekurangan disana-sini, disamping keterbatasan ilmu dan keterbatasan bahasa gambar, juga adanya kebiasaan sulitnya mengkoreksi tulisan sendiri. Diharapkan para pembaca buku ini nantinya dapat memberi masukan untuk penyempurnaan penerbitan buku ini di edisi ke dua nanti.

Aku juga sudah menyiapkan 50 buah Panduan Pelaksanaan Pekerjaan sebagai pelengkap buku ini, sehingga di tanganku saat ini sudah ada 100 Panduan Pelaksanaan Pekerjaan. Yang harus kulakukan hanyalah kembali melakukan penyuntingan agar tata bahasanya lebih mudah dipahami oleh siapapun, bahkan oleh pembaca yang tidak faham akan istilah teknik.

Penerbitan buku ini juga membuat tekadku untuk mengajak para penulis berbakat yang belum mengeluarkan ilmunya untuk segera “mantak aji” merapal ajiannya agar segera bisa mengeluarkan ilmunya dan memperkaya khasanah buku bermutu di Indonesia. Insya Allah, amin.

Bulan Pebruari 2011 nanti aku mengandeng Sekolah Menulis Kre@tif Indonesia untuk menggelar “Workshop Menulis Buku cara cepat“. Ada mas Dodi yang tampil mewakili penulis kreatif, ada mbak Rizka Moeslichan penulis buku Single, Sex & Survival sebagai pemberi testimoni dan ada mas Kunto seorang penerbit buku yang mewakili dunia penerbitan.

Seminggu setelah itu aku juga menggelar acara “Caraku Menulis Blog” untuk blogger pemula terutama blogger yang sekaligus Wirausahawan. Ini terinspirasi oleh keberhasilanku masuk dalam tiga besar blogpreneur terbaik versi Pesta Blogger tahun 2010 yang lalu. Aku juga terinspirasi saat memberi presentasi dalam acara Mompreneur di Bazar “Kado buat Ibu” yang dilaksanakan di Gallery Amri Yahya pas memperingati hari Ibu tahun lalu.

Acara menulis buku cepat dilaksanakan tanggal 19 Pebruari 2011 dan acara Caraku menulis blog tanggal 27 Pebruari 2011. Bagi yangtertarik ikut silahkan menghubungi Ibu Yeni di 08883087532.

Semoga semua kegiatan yang kujalankan dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.

16 komentar

  • Ping-balik: Judul buku baruku : “Indahnya Tangan Di Atas” « Dari "Kaca Mata"-ku

  • prestasi luar biasa pak, from jogja 🙄 (nderek bingah) 😎

    Suka

    • matur nuwun mas Aziz,

      aku juga salut dengan blog panjenengan
      salam buat asistennya yang cantik itu ya

      salam sehati

      Suka

  • @Orin
    Waduh sorry mbak Orin.

    Baru kenalan kok sudah salah gimana ini.

    Salam sehati
    (menjura hormat pada mbak Orin)

    Suka

  • Wah, selamat untuk bukunya Pak Eko. Saya member TDA juga, walaupun masih sangat sangat baru dan belum punya bisnis apa-apa hehehe. Salam kenal dan mohon bimbingannya yaa…. 🙂

    Suka

    • Salam kenal mas Orin

      Di TDA tidak ada baru atau lama
      adanya adalah semangat berbaginya mana yang lebih bersemangat

      salam sehati

      Suka

      • hohohoho…. maaf Pak, saya ‘mba’ lho hehe 😀

        Suka

  • Ping-balik: Buku Yang Disia-siakan | KECaKOT

  • Mangtabs dan selamat ya Pak Eko atas peluncuran bukunya.. (walau saya gak ngerti teknik babar blas.. 🙂 ). Semoga bermanfaat buat yang bergelut di bidang tersebut dan laris manis tentunya..

    salam

    Suka

    • Makasih komentarnya pak Ajan.
      Senang membaca tulisan bapak lagi.
      Serasa bapak ada di depan saya saat ini.

      Salam sehati.

      Suka

  • selamat yah, pak.
    semoga bukunya bisa menginspirasi banyak orang.
    semoga bisa terus menerbitkan buku2 berikutnya.

    Suka

    • Makasih mas Anto
      Amin.

      Salam Sehati

      Suka

  • mantaaabsss mas Eko….kalau sudah ada di gramedia bekasi, langsung jawara kejar deh….

    selamat dan sukses!

    Suka

    • Hahahaha…
      cocok ndak ya buku ini untuk Sang Jawara Bekut?

      Isinya cuma beton ma besi mas..

      Salam sehati

      Suka

  • Ayo pak dibagikan gratis ke kita-kita…

    Suka

    • Salam.

      Akan banyak yang dibagi gratis, terutama pada mereka yang telah membuat buku ini terwujud.

      Para pengirim materi dan para penyandang dana.

      Semoga pembagiannya adil. Insya Allah. Amin.

      Salam sehati

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s