Blogilicious Yogyakarta hari pertama


Pagi ini mas Blontank mengawali acara Blogilicious di Yogyakarta dengan membawakan materi tips ngeblog. Di sampingnya ada mas Iman Brotoseno yang membawakan etika ngeblog. Mas Amril bertindak sebagai pembawa acara pada sesi ini.

Mas Blankon eh salah mas Blontank alias Boti bukan BoTea

Mas Blankon eh salah mas Blontank alias Boti bukan BoTea

Sebelumnya ada angklung dari Jlagran yang ikut memeriahkan acara pembukaan. Ini adalah grup musik yang cukup antik. Semua lagu dicoba dibawakannya. Mulai lagu biasa, langgam jawa, dangdut, sampai rock yang berbau koplopun disikatnya.

Angklung Jlagran Musik Jalanan

Angklung Jlagran Musik Jalanan

Beberapa pertanyaan dari peserta dijawab dengan santai oleh mas Blontank. Misalnya  kesulitan seorang penanya ketika akan memulai sebuah kalimat saat menulis di blog.

“Saya punya dasar sebagai seorang jurnalis, tetapi saat menulis lupakan semua aturan dalam ilmu jurnaslitik”, ucap mas Blontank.

“Lupakan teori 5W dalam menulis sebuah artikel, lupakan pendapat orang tentang tulisan kita, lakukan saja apa yang bisa dilakukan oleh seorang blogger. Menulis!”

“Tulis apapun yang terlintas di benak kita dan biarkan tulisan kita mengalir”

“Dalam ilmu jurnalistik dikenal istilah lead, yaitu sebuah kalimat pembuka yang akan membawa pembaca kepada inti dari tulisan, tapi dalam dunia blogger yang akan kita tulis adalah untuk penyaluran apa yang ada dalam benak kita, jadi lupakan itu dan tulis apa saja yang terlintas”

Bahasa hukum membuat otak kita jadi muyer

Bahasa hukum membuat otak kita jadi muyer

Mas Iman Brotoseno dalam kesempatan ini bercerita tentang etika ngeblog.

“Jangan pernah menjadi plagiator, karena itu bukan jiwa seorang blogger”

Mas Iman pernah mengalami perseteruan dengan seorang plagiator dan karena punya basic ilmu hukum, maka akhirnya kasus itu dapat dimenangkannya, karena kebenaran memang harus menang.

“Beberapa karya saya termasuk gambar, suka diambil ornag tanpa ijin dan saya akhirnya capek ngurusnya! Kalau ketemu kasus seperti itu relakan saja, kecuali memang merugikan kita”

Promo Bereniaga.com yang gamblang dan mudah dimengerti

Promo Bereniaga.com yang gamblang dan mudah dimengerti

Sesi selanjutnya ada promo dari berniga.com yang memberi alternatif jualan di internet. Saat ini mereka memasang iklan kita tanpa bayar, entah kalau nanti sudah  besar, mungkin akan dibuat berbayar. Kecuali kalau ada sponsor yang mau memasang iklan produk mereka dan membayar pada berniaga.com.

Ini adalah tempat terbaik untuk jualan online, begitu promo dari berniaga dot com dan akupun langsung mendaftar begitu ada sesi break. Aku masukkan iklan tentang TV Samsung yang berukuran 26 inch dan terasa kegedean untuk dijadikan monitor komputer.

Aris HU Ketua Blogger Bekasi yang memberikan sosialisasi Asean Blogger

Aris HU Ketua Blogger Bekasi yang memberikan sosialisasi Asean Blogger

Sesi selanjutnya mas Aris HU Ketua Blogger Bekasi yang bercerita tentang blogger asean. Secara ringkas dandetil mas Aris menjelaskan tentang terbentuknya blogger asean termasuk akan diadakannya lomba blogger seAsean.

Sesi pagi ini diakhiri dengan hidangan yang sederhana tapi lengkap. Ada sambel goreng, ayam, udang, sayur, pisang, krupuk dll benar-benar bikin perut langsung mekar kekenyangan.

Sampai ketemu di sesi selanjutnya.

Menyanyikan lagu Indonesia Raya untuk menumbuhkan kecintaan pada Indonesia

Menyanyikan lagu Indonesia Raya untuk menumbuhkan kecintaan pada Indonesia

Kali ini panitia Blogilicious kebanjiran peserta, baik dari Yogyakarta sendiri, Solo, Surabaya bahkan Lampung.

26 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.