Belajar SEO pada Mas Irfan, benarkah CONTENT is The KING ?

Pekan Anti Korupsi 2013

Barusan membaca tulisan mas Irfan, salah satu Admin BeBlog tentang Tempat Meletakkan Keyword. Sebuah artikel sederhana yang mudah dipahami oleh banyak pembaca, setidaknya begitu yang terbaca dari komentar para pembaca artikel di blog itu. jadi mari kita “Belajar SEO pada Mas Irfan, benarkah CONTENT is The KING ?”

Kutulis artikel ini karena tidak semua isi tulisan itu kupahami dengan baik. Jadi akupun “mention” mas Irfan untuk belajar lebih dalam tentang cara mengisi baris-baris kosong yang ada, bila kita sedang menulis artikel. Kebetulan Mbak Senja juga sependapat denganku untuk kursus privat ke mas Irfan.

Cukup bawa laptop dan nongkrong di cafe yang ada wifinya, maka pasti tidak hanya teori yang kita dapat tapi sudah sampai ke praktek artikel yang ditulis mas Irfan.

Tahun lalu, mas Irfan sebenarnya sudah berbagi ilmu di Resto Samikuring, tapi karena banyak yang ikut, maka sebagai panitia kita hanya bisa mempersilahkan para peserta untuk bertanya pada mas Irfan, sehingga panitia tidak dapat kesempatan untuk bertanya.

Apalagi waktu itu acaranya dibagi menjadi tiga sesi, yaitu wordpress, SEO dan security, akibatnya waktu yang disediakan masing-masing pembicara terasa sangat singkat.

Apa kata mas Irfan tentang Tempat Meletakkan Keyword? Disinilah tempatnya :

  1. Title Tag
  2. Meta Description
  3. Meta Keyword
  4. H1 atau H2
  5. Link Text
  6. Body text
  7. URL
  8. Nama Sub Directory
  9. Nama Domain
  10. Incoming Link dari Website lain

Di akhir tulisannya mas Irfasn nulis begini :

Masih bingung mau meletakkan Kata Kunci dimana? ikuti panduan SEO lainnya disini.. Ingat, Jangan Nge-Junk ya… :D

Nah, yang terjadi adalah kebingunganku pada hampir semua tempat itu. Padahal para pembaca artikel itu kok paham semua ya?

Apa kata mas Irfan tentang keinginanku untuk belajar ilmu SEO?

“Guru blogger kok sukanya merendah..”, begitu katanya

Akupun langsung membalas, kalau soal tulis menulis mungkin aku sudah faham dan bisa berbagi tip maupun trik, tapi kalau soal SEO, maka aku harus menyerahkan pada ahlinya.

Biasanya sih, sehabis nulis langsung tekan “TERBITKAN”, maksimal ngisi kategori deh !:-)

Kirim lacak balik diisi apaan ya?

Kirim lacak balik diisi apaan ya?

Mending kalau pakai blog berbayar. Tidak usah belajar SEO tapi langsung pasang plugin “Ultimate SEO” dan biarkan plugin yang bekerja. Kalau pakai blog gratisan, maka kayaknya jadi agak susah mengoptimalkan teknik SEO yang lengkap.

Nasihat mas Irfan juga adalah jangan sembarangan masang plugin, bisa jadi justru kita memasang plugin yang tingkat keamanannya lemah dan membuat celah yang memudahkan hacker masuk ke blog kita. Nah lo !:-)

Bagaimana memilih plugin yang aman? Aku biasanya melihat berapa banyak pemakai plugin tersebut, popularitasnya dan frekuensi updatenya. Belum tentu hal ini menyelesaikan masalah, tapi setidaknya mengurangi kemungkinan salah pilih ketika memasang plugin.

Mari para ahli SEO, silahkan lengkapi dengan ilmu SEO yang mudah dipahami, mudah dilaksanakan dan hasilnya paling bagus. Tanpa SEO, maka artikel kita akan sulit masuk halaman pertama mesin pencari.

Kalau mas Blontank dan mas Suryaden pernah sedikit menyinggung masalah SEO ini dengan kalimat yang cekak aos dan langsung menghujam, “…kalau ndak bisa jadi ahli SEO sebaiknya fokus untuk menulis yang baik…karena CONTENT is the KING…”

Nah kalau sudah begini, maka kitapun jadi bingung sendiri. Mau belajar SEO atau belajar nulis yang menarik dan bermanfaat bagi pembaca? Dengan SEO, maka blog kita menjadi punya arti bagi mesin pencari. Belajar menulis yang menarik dan bermanfaat membuat blog kita dicari oleh para pembaca.

Mau dua-duanya?

Silahkan putuskan sendiri, mau fokus ke SEO atau ke CONTENT. Dua-duanya punya kepentingan tersendiri. Bagiku, lebih menarik fokus dulu pada belajar memperbaiki CONTENT sambil belajar SEO. Bila kebalik, maka akan banyak sekali orang berkunjung ke blog kita, tetapi mereka tidak mendapat CONTENT yang sesuai dengan kemauan mereka. Akibatnya, merekapun akhirnya pergi dan tak pernah kembali.

Agar pembaca kembali lagi ke BLOG kita, maka mereka harus mendapat sesuatu dari blog kita. Bila itu terjadi, maka merekapun akan menyempatkan waktunya untuk melihat blog kita.

Selamat ngeBLOG.

37 komentar

  • Sampai saat ini walau sudha bergulir algoritma baru seperti google penguin, konten tetap jadi faktor utamanya dan bahkan google menginginkan konten yang tidak hanya sekedar konten namun juga berkualitas dan dapat memuaskan pembaca

    Suka

    • Benar.
      Tulisan yang dianggap kurang bagus tapi disukai pembaca bisa dianggap oleh Gugel sebagai tulisan yang bagus.
      Jadi yang disebut “content” itu relatif.
      Pembaca yang suka otomotif dan kurang suka artikel yang puitis akan menganggap tulisan tentang otomotif sebagai tulisan dengan content bagus.

      Jadi menulislah sesuai gairah anda dan pembaca yang sesuai dengan gairah anda akan berdatangan.

      Salam sehati

      Suka

  • misi mas..

    mas saya punya cita2 jadi ahli SEO ni tapi saya bingung harus mulai dari mana..ada referensi langkah2 yang harus saya lakuin ga??soalnya saya minat bgt banget sama dunia internet…
    tolong y mas infoin cara menaklukkan teknik SEO…

    please y…mohon bantuan newbie ky saya….:)

    Suka

    • Salam.

      Untuk menjadi master SEO tidak bisa instan mas, jadi nasehat saya mulailah dengan menulis artikel dengan baik dan kemudian diikuti dengan kegiatan offline agar nama kita makin dikenal di dunia online dan offline.

      Salam sehati

      Suka

  • Ping-balik: #SinauSEO : Darimana pengunjung blogmu? | Dari "Kaca Mata"-ku

  • selamat malam mas eko, pas browsing masuk ke blog ini, nah lho kok adminnya sepertinya kenal ya? walah ternyata mas eko yang temanan sama saya di google+, salam mas ya,

    Suka

    • Salam

      Selamat malam juga (tapi ngetiknya pagi).
      Senang berteman nih mas.

      Salam sehati

      Suka

    • Not bad at all fellas and gaasll. Thanks.

      Suka

  • Terimakasih inpohnya mas.
    nanti saya akan coba praktekkan.
    Salam persahabatan selalu.

    Suka

    • Salam.

      Makasih sudah mampir dan berkomentar.

      Salam sehati

      Suka

  • makasi banyak mas,.. sngat membantu buat saya,.. secara blog saya masi pr 1,..

    Suka

    • Salam.

      PR1 gak papa, yang penting terus menulis dan bermanfaat bagi para pembaca.
      Amin.

      Salam sehati

      Suka

  • artikel yang bermanfaat gan, ane jadi tambah ilmu nih,makasih banyak ya

    Suka

    • Salam.
      Makasih kunjungan dan komentarnya.

      Salam sehati

      Suka

  • Ping-balik: Sinau SEO : Perlukah Blogwalking untuk meningkatkan Pagerank (PR) ? « Dari "Kaca Mata"-ku

  • tergantung kebaikan hati google :p

    Suka

    • Salam @Suryaden

      Nah master SEO Indonesia sudah bicara, mari kita mencuri hati mbah Gugel.

      Salam sehati

      Suka

      • Hi there! I could have sworn I’ve been to this site before but after chkenicg through some of the post I realized it’s new to me. Anyhow, I’m definitely happy I found it and I’ll be book-marking and chkenicg back often!

        Suka

  • Ping-balik: Sinau SEO : Pengaruh Twitter pada Blog « Dari "Kaca Mata"-ku

  • Aku pendatang baru nih bos..Dunia SEO masih harus kukenali lebih jauh dan perlu ilmu yang harus kudapat dari master2 seperti sibos..Nice bos kita tunggu artikel dan share ilmu selanjutnya ya….

    Suka

    • Salam @Penulis Content

      Namanya sudah bagus tuh.
      Bagaimanapun tetap Content is The King.

      Kemarin sempat ketemuan sama mas Irfan dan diajari sedikit cara ngisi kolom-kolom pada dashboard admin.
      Makasih mas Irfan, sering-sering aja kopdar biar bisa ketemuan sama ahli SEO.

      Salam sehati

      Suka

  • salam kenal…
    waaah saya juga lagi belajar SEO mas,kok susah amat ya bagi yang ngga ngerti.
    he…he…he….

    Suka

    • Salam

      Kalau kita memakai blog tak berbayar, maka SEO ini perlu ilmu tersendiri. Nah, kalau pakai blog berbayar dan gak mau pusing ya tinggal pakai plugin “Ultimate SEO” misalnya.

      Salam sehati

      Suka

  • SEO tu apaan sih mas?? bingung aku..

    Suka

    • Salam mas @Amirul

      Teknik SEO membuat setiap orang yang mencari kata Pelatihan Mie dengan mesin pencari (Google), maka mesin pencari langsung memunculkan situs kita di halaman pertama (misalnya situs mie sehati).

      Teknik Optimalisasi Mesin Pencari (SEO) ini ada dua macam, yaitu SEO Hitam dan Putih. Nah, mas Irfan sangat menguasai bidang ini secara detil, kalau aku hanya kulit-kulitnya saja.

      Salam sehati

      Suka

  • gak ngerti soal SEO,…. tahunya nulis,nulis pun sesuka hati mau nulis apa 😀

    Suka

    • Kita tunggu pencerahan dari mas Irfan ya mbak.

      Salam sehati

      Suka

  • Hidup SEO eh

    Suka

    • Ini mahadewi SEO yang pelit ngajari aku SEO
      takut kesaing ya mbak?
      Hehehehe…kabooor…!:-)

      salam sehati

      Suka

    • I want to pose a question rednagirg Jacob: what if we already met him before? Only his name was not Jacob? We have seen a lot of secrets held by the others (ie. Henry’s real name is Ben; or is it?). What if Ethan’s real name is Jacob? It might explain why Jack wasn’t on his list .Another thing I want to say is I HATE the Sawyer-Kate thing. Sorry for those who like it. I was always cheering for my man Jack.I am also pissed about Eko. It’s been a week and I still miss the prayer-stick waving guy. Why couldn’t they have killed off Charlie? He’s hardly on the show as it is and his character is getting just so blah. I feel like Eko had so much more behind him that we didn’t see. Peace out, big guy.I would like to say congrats to Jack for doing a complete 180 on everyone. I don’t think anyone could have guessed that Jack would do that. I mean bravo. He not only put the ball in his court, but he did it by grabbing the Others by the balls. Way to go.I can’t believe we have to wait 13 weeks for a new episode. instead I have to watch some stupid show which is playing off one of the most overplayed plots ever. Oh wait: I WONT be watching Daybreak; that’s right.

      Suka

  • Sebenernya saya pengen banget dari dulu nyolek2 Uda irfan, nah kalau pak Eko mau ngafe ngopi bahas soal SEO dll, cocok juga donk ajak aku, jangan cuma irma senja ajah.aku sama irma kan ga bisa dipisah *halah.

    Suka

    • @Ayankmira eh salah @yankmira cocok tuh, kita private sama Uda Irfan saja ya.

      Salam sehati

      Suka

  • Content is the king.. SEO is the Kong = KingKong.. Xiixiii

    Suka

    • Mbak Rika,

      Nih Uda Irfan juga bisa tuh ngajar SEO kalau pas cocok waktunya.
      Jadi IBN punya banyak ahli ngajar SEO

      Salam sehati

      Suka

    • What liieratbng knowledge. Give me liberty or give me death.

      Suka

  • Waah saya juga pengen belajar SEO mas eko, punya website toko on line dan blog tapi ngak pernah belajar SEO jadi traficnya rendah banget….diaman iyaa ada pelatihannya….

    Suka

    • Tuh ada mas Irfan yang bisa ngasih ilmu

      Salam sehati

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s