Sinau SEO : Pengaruh Twitter pada Blog


Begitu aku masuk dalam lingkaran komunitas Indonesia Blog Network alias IdBlogNetwork (IDB), maka follower akun twitterku @eshape langsung melonjak drastis. Pertemanan yang begitu kental di IBN membuat para teman-teman baru (stok lama) langsung melakukan follow akun twitterku.

Follower melonjak begitu masuk IBN

Di IBN ini kita banyak belajar tentang SEO, langsung dari para pakar SEO Nasional. Mulai dari Mas Gempur, Mas Suryaden dan mas-mas yang lain. Di BloggerBekasi.com sendiri aku sempat belajar sekilas dengan mas Irfan secara empat mata. Yang paling berkesan tentu belajar langsung dengan mas Yuswohady saat acara Festival Wirausaha TDA Bekasi 2011 yang baru lalu.

Mas Yuswohady banyak bercerita tentang hubungan antara akun twitter dan tulisan kita di blog. Gaya orasi yang meledak-ledak membuat para penonton terpana, terpaku oleh kalimat-kalimatnya yang bergaya “ndeso”. Rupanya mas Yuswo ini memang alumni Kampung Ndeso UGM, jadi gaya bicaranya tidak bisa lari dari habitatnya.

“Mas kita satu kampung ndeso UGM, kapan-kapan perlu kopdar dengan teman-teman UGM ya mas”, kataku ketika selesai mengawal mas Yuswo sebagai eMCe.

Twitter saat ini sudah sangat ramai, bahkan mungkin jadi terlalu ramai, sehingga perlu trik-trik khusus agar kita tidak dibanjiri oleh spam. Akupun memasang aplikasi verifikasi follower agar tidak diikuti oleh akun twitter yang dikerjakan oleh robot.

Lalu sebenarnya untuk apakah kita rajin melakukan kicauan di twitter? Apakah untuk berbual semau kita atau untuk menarik simpati orang pada kita atau untuk berjualan?

Kalau diperhatikan, isi kicauan Twitter memang beragam. Ada yang sekedar kalimat pendek, dua tiga patah kata, ada juga yang sampai kekurangan ruangan. Ada yang isinya pepatah, ada yang isinya hikmah ada yang isiny ainfo tentang sesuatu hal dan masih banyak ragam lainnya.

Mas Yuswo sendiri menyarankan agar kalau kita berjualan melalui twitter jangan kebablasan. Bukannya dagangan laku, yang terjadi justru yang dibidik langsung unfollow akun kita.

“Harus bijak menggunakan akun twitter. Kicaukan saja hal-hal yang disenangi oleh follower dan bukan hal-hal yang kita senangi, tapi sekali-sekali arahkan mereka ke blog kita dan di blog itulah kita bisa berjualan”

“Bagi pengkicau yang sudah punya pengaruh besar, ditandai dengan banyaknya kicauannya yang di RT (retwit), maka akan lebih mudah lagi mengarahkan para follower ke blog pengkicau”

Salah satu hal yang membuat blog kita ramai dikunjungi adalah dengan memanfaatkan twitter. Tentu ada yang tidak setuju dengan pernyataan ini, karena memang ilmu SEO terbaik adalah membuat materi blog kita sebagai materi terbagus. Ilmu SEO tertinggi tetap pada content, karena CONTENT is The King !

Aku termasuk yang belum berhasil membuat akun twitter sebagai jalan masuk ke blog “Berbagi Yuk“.

Perujuk dari twitter ke blogku hanya 1

Perujuk dari twitter ke blog http://ekoshp.com hanya 1

Terlihat di gambar di atas, hanya ada satu pengunjung yang datang ke blog Berbagi yuk (http://ekoshp.com) yang datang dari akun twitter. Dalam ukuran prosesntase angkanya sangat kecil 1/934 = 0,01 %

1 pengunjung masuk dari 934 pengunjung blogku melalui twitter

1 pengunjung masuk dari 934 pengunjung blogku melalui twitter

Follow eshape on Twitter

16 komentar

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.