Menghafal Al Quran semudah tersenyum, seperti menghafal Asmaul Husna


Tiga tahun lalu aku ikut training menghafal Asmaul Husna yang diadakan oleh SMASH. Saat itu aku dijadikan contoh peserta yang ikut pelatihan dan hafal 99 nama Allah. Hadiahnya lumayan banget bagiku, bukan uang yang banyak tapi buku-buku yang sangat bermutu.

Minggu, 17 Agustus 2011, aku banyak sekali punya acara, antara lain HUT Blogger Bekasi dan milad mas Aris, ketua bloggerbekasi.com. Aku juga sebenarnya harus terbang ke Pekanbaru pada hari kemerdekaan itu. Semua acara terpaksa tidak bisa kuikuti dan aku fokus untuk memperdalam bacaan Quran dan menulis huruf Hijaiyah.

menghafal al quran

Inilah acara yang metode pelaksanaannya sama dengan metode pelaksanaan SMASH saat mengajari aku menghafal 99 Nama Allah. Pada sesi pertama aku diuji untuk meghafal 15 kata yang disampaikan oleh para peserta acara ini. Tentu saja, berbekal ilmu otak kananku, aku bisa menjalaninya dengan baik. 15 kata bisa kuucapkan dengan urut dan bisa dibolak balik dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas.

Darimanapun dimulai, aku bisa menyebutkannya dengan benar.

Acara yang digagas oleh Kauny Quantum Memory ini memang luar biasa dahsyat. Bagaimana tidak dahsyat, kita dari pagi jam 08.00 sampai menjelang maghrib hanya melafalkan ayat Allah dengan suara keras dan tidak kenal capek. Tidak ada ISHOMA lengkap, adanya cuma sholat wajib saja, diluar itu semua waktu diisi dengan membaca Al Quran surat Ar Rahman. Akibatnya acara berbuka puasa jadi luar biasa nikmatnya. Subhanallah, maha suci Allah.

Ada game, ada “tawaf” (berjalan berkeliling sambil membaca surat Ar Rahman) dan ada bermacam acara untuk membuat kita makin dekat dengan Allah. Ini memang acara yang full spiritual tetapi dikemas dengan metode otak kanan. Kadang kita diajak serius, tetapi ada juga selipan-selipan humor di dalam acara ini.

menghafal al quran 01 dengan senyum

Teori presentasi adalah “konsentrasi akan terpecah saat seorang presenter menyampaikan presentasinya selama lebih dari 15 menit dengan gaya yang sama”. Dalam acara ini presenter sudah mencoba mengikuti pakem itu, sehingga gaya sang presenter juga berubah-ubah. Akan lebih baik lagi kalau presenternya juga lebih banyak lagi, sehingga disamping gaya yang berubah, presenter baru juga akan membuat perserta memulai konsentrasinya lagi.

Dalam menghafal asmaul husna tiga tahun yang lalu, presenternya sangat banyak dan seragam (merata) kemampuan presentasinya, sehingga peserta benar-benar tidak sadar tahu-tahu hari sudah sore.

Dalam acara menghafal Al Quran dengan metode baca tulis ini, akhir acara diisi dengan lomba hafalan surat yang dipelajari. Disini tidak hanya kemampuan menghafal yang ditunjukkan, tetapi mental untuk berbicara di depan umum juga dipertandingkan.

Ayat yang sudah ada di luar kepala, tiba-tiba holang begitu saja ketika tib agiliran kita untuk mengucapkan salah satu ayat dalam surah Ar Rahman. Mungkin karena sudah diluar kepala, jadi ayat-ayat itu langsung terbang entah kemana.

Sang pemenang mendapat hadiah sebuah lemari es yang lumayan gedhe. Padahal pemenangnya badannya kecil (gaknyambungdotcom). Kita semua memberi apresiasi pada sang pemenang, disamping bacaannya bagus, hafalannya juga luar biasa.

Kalau ingin belajar memakai otak kanan dan sekaligus beramal, maka acara ini patut diikuti oleh kaum muslim. Biayanya 1,5 juta per orang atau 35 juta per 50 orang kalau dilaksanakan dengan model in house training. Silahkan kunjungi situsnya untuk info yang lebih lengkap. http://al-kauny.com

menghafal al quran 01

20 komentar

  • Salam kenal mas eko gimana caranya

    Suka

    • Luar biasa , mas tolong kapan ada training lagi atau cara yang singkat gimana

      Suka

      • Salam.

        Pada alinea terakhir kutulis seperti ini mas :

        Kalau ingin belajar memakai otak kanan dan sekaligus beramal, maka acara ini patut diikuti oleh kaum muslim. Biayanya 1,5 juta per orang atau 35 juta per 50 orang kalau dilaksanakan dengan model in house training. Silahkan kunjungi situsnya untuk info yang lebih lengkap. http://al-kauny.com

        +++

        Jadi silahkan langsung saja ke mas Bobi di http://al-kauny.com

        Salam sehati

        Suka

  • pak, saya baru dengar ttg konsep ini, mungkin bisa dishare, apa perbedaan antara menghafal biasa dan kauny ini ?

    dalam 1 hari training tsb, brp surah yg dihapal ?

    Suka

    • tergantung kesiapan peserta
      bisa 30 surat bisa juga lebih atau kurang

      salam sehati

      Suka

  • Wahh mantap banget nieh

    Suka

    • Salam.

      Insya Allah manfaat bagi kita semua.
      Amin.

      Salam sehati

      Suka

  • Subhanallah.. Salam kenal Pak Eko, Kebetulan di foto itu saya tepat di samping kanan Pak Eko.

    Mohon izin copas n bookmark

    Suka

    • Salam mas Iqbal

      Silahkan dicopas dan dibookmark,

      salam sehati

      Suka

  • Alhamdulillah pak Eko sdh mau berbagi lewat blog ini. Smg akn membuat smkn bnyk muslimin Indonesia yg berkeinginan menghafal Al Quran.

    Kita masyarakatkan terus semangat ini dan hancurkan blog mental kita dgn semangat meneriakkan, “Menghafal Al Quran…. Mudah!!!”

    Suka

    • Amin.
      Semoga doa Ustadz Bobby dan doa kita semua dikabulkan Allah swt. Amin.

      Senang membaca komentar ustadz di Blog ini. Semoga makin banyak muridnya dan makin banyak orang yang mau membaca Al Quran lengkap dengan artinya.
      Amin.

      “Menghafal Al Quran…. Mudah!!!”

      Salam sehati

      Suka

      • Sharp thngikin! Thanks for the answer.

        Suka

  • luar biasa mas… 🙂

    Suka

    • Salam @Rita Nurhayati

      Makasih mbak.

      Salam sehati

      Suka

  • wow luar biasa sekali tw,,, 🙂

    Suka

    • Yes!
      Makasih komentarnya ya.

      Salam sehati

      Suka

  • Woow luar biasa bisa… selain menghafal juga buat berlomba dalam kebaikan (fastabikul khairot) ya pak 🙂

    Suka

    • Salam mas @Trisnoaji

      Suasana memang sangat segar dan penuh canda tawa. Padahal materinya berat-berat, tapi dengan otak kanan semua jadi ringan.

      Salam sehati

      Suka

  • Saya menghafal qur’an pakai metode biasa yaitu pengulangan 35 kali diulang dan tidak menambah sebelum hafalan terdahulu sudah lancar dalam pengucapan maupubn makhorijul hurufnya.

    Namun setelah mengenal metode ini terasa lain nuansanya, selain mudah kita bisa mendapatkan kait kaitnya antara satu ayat dengan ayat yang lainnya. improvisasi jadi berkembang dengan alur cerita yang mudah untuk kita hafal.
    Subhanallah..saya sarankan agar tiap muslim untuk ikut serta dalam pelatihan tsb, bukan untuk kita saja bermanfaat tapi untuk anak-anak kita sebagai aset di yaumil akhir.

    “Puasa dan Alqur’an akan memberi syafaat kepada seorang hamba pada hari kiamat. Puasa berkata, Yaa Rabbi, aku telah menghalanginya darimakan dan syahwatnya di siang hari, maka izinkan aku memberi syafaat kepadanya. Alqur’an berkata, aku telah menghalanginya dari tidur di malam hari, maka izinkan aku memberi syafaat kepadanya. (HR.Ahmad)

    Suka

    • Makasih pak Rudy Hananto.

      Tambahannya semoga bisa mencerahkan teman-teman yang belum ikut acara ini.
      Semoga makin banyak orang-orang yang cinta dengan bacaan Al Quran.
      Uang 1,5 juta jadi terasa murah dibanding manfaat yang didapat.

      Salam sehati

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s