Setelah Amprokan Blogger : Blogger Nusantara di Surabaya, Oktober 2011


“Mas Eko, setelah acara Amprokan Blogger ini, acara apa lagi yang sampeyan rekomendasikan?”

“Ya Setelah Amprokan Blogger pasti Blogger Nusantara di Surabaya, 28-30 Oktober 2011”

“Apa itu Blogger Nusantara mas?”

“Hehehehe… aku juga belum tahu, hahahaha….!”

“Mas Eko iki senengane kok guyon wae ta?”

“Ben awet enom mas. Biar awet muda dan bisa berguna bagi nusa dan bangsa, di dunia dan akherat”

Lagu Indonesia Raya di Amprokan Blogger 2011

Lagu Indonesia Raya di Amprokan Blogger 2011

Banyak dialog sepenggal-sepenggal saat aku jadi seksi Humas dan pegang camera selama acara Amprokan Blogger 2011 berlangsung. Sebagian besar kukenal baik yang mengajakku ngobrol tapi ada juga yang hanya kukenal namanya saja. Sudah salaman erat, ngobrol ngalor ngidul, ternyata tidak kenal dan malu sendiri ketika ditanya, “tadi mas Eko ngobrol sama siapa?”

Ada juga yang sudah akrab banget di twitter tapi ketika ketemu malah tidak saling menyapa. Aku jadi garuk-garuk kepala sendiri kalau ingat itu. Ini mungkin salah satu manfaat kopdar sak Indonesia, bisa kenal secara offline sehingga saat online bisa makin akrab. Ini pula yang membuat aku menulis artikel “Setelah Amprokan Blogger : Blogger Nusantara di Surabaya, Oktober 2011”, karena perlu kesinambungan antar kopdar agar semangat kebersamaan ini terus terjaga.

Hari itu seorang wartawan menanyaiku tentang Amprokan Blogger dan Blogger Bekasi. Karena tidak ada ketua panitia (Om Jay) dan tidak ada ketua Blogger Bekasi (Mas Aris HU), maka sebagai wakil ketua Blogger Bekasi, akulah yang wajib menjawabnya. Ada sebuah Pertanyaan yang tidak bisa kujawab.

“Apa uniknya acara ini sehingga menarik banyak blogger datang ke Bekasi?”

Untung ada mas Banyumurti yang nongkrong di depanku. Langsung saja kubajak untuk menjawab pertanyaan sang wartawan. Namanya blogger kondang dan kocak, maka mas Banyumurti justru membuat mbak wartawan(wati) jadi senyum-senyum sendiri.

Banyumurti

“Blogger bekasi selalu punya sesuatu yang khas, yang beda dengan komunitas lainnya, sehingga kita selalu tertarik untuk datang kesini”, begitu akhirnya mas Banyumurti menjawab dengan serius dan meyakinkan.

Ada lagi sebuah pertanyaan yang diajukan oleh sang wartawan dan kubajak lagi mbak Isnuansa untuk menjawabmya.

“Apa salah satu manfaat jadi blogger?”

Mbak Isnuansa rupanya sedang sibuk mau menuju ke suatu tempat, sehingga akhirnya aku yang menjawab dan diamini oleh mbak Isnuansa.

“Mbak Isnuansa ini pernah disuruh jalan-jalan ke Disney land Hongkong tanpa perlu ngeluarin duit sendiri dan kewajiabannya hanya menuliskan kisah perjalanannya”

Suryaden pakar SEO Yogya di Amprokan Blogger 2011

Suryaden pakar SEO Yogya di Amprokan Blogger 2011

Dalam salah satu acara Amrpokan Blogger ini juga ditampilkan beberapa pakar blog maupun pakar internet, salah satunya pakar SEO mas Suryaden yang bercerita tentang blogger Nusantara. Di deretan kursi peserta juga terlihat para blogger Nusantara yang ikut memenuhi ruangan acara.

blogger nusantara

Akupun mencoba searching tentang blogger nusantara dan kutemukan kalimat panjang ini.

+++

Blogger Nusantara digagas sebagai paguyuban blogger yang bersifat lintas daerah dan lintas komunitas dengan cita-cita memupuk semangat kebersamaan dan persaudaraan blogger indonesia.

Sangat disadari bahwa bukan sesuatu yang mudah mencapai semangat kebersamaan itu. Butuh waktu yang tidak singkat memupuk rasa persaudaraan blogger hingga terhimpun dalam paguyuban; suatu masyarakat atau kelompok yang ikatan sosialnya didasari oleh ikatan perseorangan yang kuat.

Paguyuban dari asal kata “guyub” yang berarti “rukun”. Setiap blogger pasti memiliki harapan tentang “kerukunan blogger” itu. Bahkan setiap kita mempunyai mimpi yang harus digapai. Dan tidak ada salahnya ketika kita bermimpi tentang paguyuban blogger ini.

Harapan dan mimpi itu harus mulai diwujudkan. Diawali dengan niat berkumpul blogger Indoensia dalam satu tempat, satu waktu, satu semangat dan satu moment yang dinamakan Kopdar 1000 Blogger Nusantara. Saat kopdar itulah, kita bisa mulai menapakkan langkah kaki pertama menuju terwujudkan mimpi dan cita paguyuban blogger nusantara.

Dan yang memulai bisa siapa saja. Yang pasti, hanya blogger yang memiliki energi dan kemauan kuat mewujudkan kebersamaan dan persaudaraan blogger indonesia itu. Itu bisa saja, kami, anda atau kita semua.

+++

“Mas Eko, bukannya di mie sehati Yogyakarta ada pertemuan membahas Blogger Nsuantara? Kok sampeyan pura-pura tidak tahu tentang Blogger Nusantara?”

“Wah sampeyan mbaca blogku ya?”

“Hahahaha…..”

“Iya sih ada pertemuan membahas Blogger Nusantara di warung mie sehati, tetapi waktu itu belum ada situsnya, masih satu gambar doang, tanpa keterangan apa-apa…”

“Jadi sehabis Amprokan Blogger kita ketemu lagi di Blogger Nusantarakah?”

“Insya Allah, Amin”

+++

Jadi Setelah Amprokan Blogger ya Blogger Nusantara di Surabaya, 28-30 Oktober 2011

Ini bukan Tri Mas Getir ya

Ini bukan Tri Mas Getir ya

28 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.