Sinau SEO : Search Engine Optimization


Topik tulisan kali ini adalah Sinau SEO : Search Engine Optimization, terutama bagi pemula yang ingin mengerti lebih jauh tentang pola kerjanya mesin pencari dalam menemukan artikel kita dan sedikit memahami tentang seluk beluk Page Rank (PR). Banyak blogger pemula yang ingin serba instan, begitu membuat blog dan mendaftarkan blognya, maka sudah ingin artikelnya muncul di halaman pertama Google.

Ada yang dengan bangganya mengatakan padaku begini, “Pak Eko, coba cari nama saya di Google, pasti nanti akan ketemu seseorang yang berjualan barang ALFA di halaman pertama dan di baris paling atas. Itulah saya pak Eko”

Ketika dibuktikan, memang benar namanya ada di halaman pertama mesin pencari dan nongkrong di deretan paling atas. Kalau sudah begitu, maka aku biasanya minta pencarian dengan model terbalik dari modelnya dia.

“Coba bapak cari kata ALFA, apakah blog bapak masih bertengger di nomor satu ataukah sudah berpindah ke halaman seribu?”

Dengan penasaran, maka dicoba memasukkan kata ALFA dan hasilnya nama dia tak ada di beberapa halaman mesin pencari. Bahkan sampai capekpun tetap juga nama dia tidak keluar di halaman mesin pencari. Jangan-jangan memang benar halaman blognya sudah berpindah ke halaman seribu.

Mengapa hal ini terjadi?

Ternyata, namanya memang unik dan mungkin hanya ada beberapa di bumi ini, sehingga ketika namanya yang dicari, maka yang muncul adalah blog dia dan bukan blog orang lain. Karena dia juga jualan barang ALFA, maka seolah-olah dia telah berhasil memunculkan halaman blognya di halaman pertama mesin pencari.

Para pencari informasi, biasanya tidak akan pernah mencari nama dia saat butuh barang ALFA, tapi pasti mengetikkan kata ALFA di mesin pencari, sehingga blog dia tidak akan pernah didatangi pengunjung.

Mari kita coba masukkan kata mie di halaman Google, maka biasanya blog miesehati akan muncul di halaman pertama atau kedua. Kalau kita lengkapi lagi dengan kata kunci pelatihan mie, maka artikel mie sehati akan banyak mendominasi halaman hasil pencarian mesin pencari. Justru kalau ditulis eshape, maka blog mie sehati kalah pamor oleh blogku yang lain.

Disinilah kita perlu mengetahui pola pencarian yang lazim dilakukan. Apa yang akan diketikkan oleh para pencari di mesin pencari, harus kita prediksi dengan tepat, sehingga sama-sama puas karena keinginannya terpenuhi. Sang pencari menemukan yang dicari dan kita ditemukan oleh sang pencari dengan cepat.

Ilmu SEO jadi terasa sangat penting agar kita punya peringkat yang tinggi saat mesin pencari bekerja mencari kata kunci yang diketikkan. Makin tinggi peringkat akan membuat mesin pencari memberikan prioritas tinggi penjelajahannya pada situs blog kita. Cara-cara kotorpun dipakai untuk membuat situs kita mempunyai peringkat tinggi untuk dijelajahi oleh mesin pencari.

Akhirnya digunakan perhitungan matematika untuk memeringkat sebuah situs blog atau halaman web. Algoritma inilah yang kemudian disebut PageRank, yang merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas kualitas masing-masing link tersebut.

Kualitas back link sangat penting pada algoritma yang dipakai dalam memberikan nilai PR. Seribu backlink dari situs yang tidak mempunyai PR akan kalah nilainya dengan beberapa back link dari situs yang mempunyai PR tinggi (misalnya Microsoft, Google, Yahoo dll).

Disinilah kadang diperlukan usaha untuk mendapat back link dari situs yang sudah ternama. Jadi dapat dipahami kalau komunitas blogger sangat cepat pertumbuhan PR-nya, karena biasanya ada blogger senior di komunitas itu, sehingga dengan mendapat back link dari blogger senior tersebut akan membuat PR-nya ikut terangkat.

Mari kita simak juga tulisan di wikipedia, yang memuat tentang apa yang sudah terjadi kalau kita tidak sesuai dengan etika.

+++

Sistem PageRank, walau menerapkan algoritma yang kompleks, belakangan juga tidak lagi sepenuhnya mampu menghadapi trik dan manipulasi. Sejumlah webmaster dan praktisi SEO telah mengembangkan beberapa metode yang memanfaatkan cara kerja PageRank agar halaman web klien mereka berada pada peringkat pertama hasil pencarian. Google secara resmi telah melarang penggunaan beberapa teknik ilegal seperti link farmingdoorway pageskeyword stuffing, dan auto generated pages atau scraper pages. Situs atau layanan SEO yang tetap menggunakanannya terancam akan dihapus dari indeks pencarian.

Ancaman Google dan mesin pencari lain bukan hanya gertakan. Beberapa perusahaan layanan SEO beserta klien mereka yang tidak mengindahkan larangan tersebut menerima penalti yang serius karena perbuatan ilegal mereka. Pada tahun 2005, Matt Cutts dari Google mengatakan bahwa URL sebuah firma SEO bernama Traffic Power beserta klien-klien mereka telah dihapus dari indeks Google karena menggunakan teknik SEO ilegal. Kasus lain yang terkenal adalah ketika Google pada Februari 2006 menghapus situs web perusahaan BMW dan Ricoh Jerman dari daftar karena terbukti menggunakan metode SEO yang manipulatif. BMW dan Ricoh dengan segera meminta maaf kepada Google dan memperbaiki situs mereka. Google kemudian memasukkan kembali situs web mereka ke dalam indeks pencarian. Namun skandal tersebut tetap meninggalkan citra buruk dan memalukan bagi kedua perusahaan tersebut.

+++

Jadi bila ingin tampil di halaman pertama mesin pencari, maka silahkan ikuti saran di bawah ini :

1. Mendapat back link dari situs blog yang sudah mempunyai PR tinggi.
a. Caranya bisa dengan ikut komunitas dan berbaik-baik pada blogger yang punya PR tinggi.
b. Membuat tulisan yang bagus, sehingga orang dengan suka rela membuat link ke halaman kita.
c. Untuk memenuhi kriteria B, maka jika dilakukan dengan cara A akan lebih baik hasilnya.

2. Jangan suka yang model instan. Sabarlah sedikit, para blogger senior juga mendapatkan PR tidak dengan cara sim salabim.

3. Jangan pernah berpikir untuk melakukan manipulasi data sehingga lebih mudah diindeks oleh mesin pencari. Kasus BMW sudah cukup untuk bahan percontohan.

Selamat belajar (Sinau) SEO : Search Engine Optimization dengan cara yang baik dan benar. Semoga bermanfaat. Amin.

25 komentar

  • Ping-balik: #SinauSEO rahasia menang lomba SEO | Eshape Blogger Jogja

  • Ping-balik: 5 jurus mendatangkan pengunjung blog | Dari "Kaca Mata"-ku

  • Bagus sekali untuk pemula seperti saya..
    terima kasih..
    http://acunk06.wordpress.com/

    Suka

    • Salam mas @Asrulsandi

      Semoga bermanfaat ya mas.
      Amin.

      Salam sehati

      Suka

  • Ping-balik: #SinauSEO : Darimana pengunjung blogmu? | Dari "Kaca Mata"-ku

  • terima kasih ilmunya…

    mari pada mampir kesini ya… http://teknologi.kompasiana.com/internet/2012/01/11/manfaat-konten-lokal-buatan-indonesia/

    Suka

    • Salam mas @Rizky

      Makasih kunjungan dan komentarnya.

      Salam sehati

      Suka

    • Teirma kasih mas @Rizky

      Semoga pertemanan ini makin dekat.
      Amin.

      Salam sehati

      Suka

  • sebentar mampir pak!

    Suka

    • Salam mas @Nanang

      Terima kasih sudah mampir.

      Salam sehati

      Suka

  • join to hajarabis

    Suka

  • mampir di sini mas bro
    kunjungi balik article-blogging

    Suka

  • hhaha .
    saya juga salam sehati .
    sehati para SEO 😀
    http://www.hajarabis.com

    Suka

  • saya setuju .
    salam kenal
    http://www.hajarabis.com

    Suka

    • Saya juga setuju salam kenal.

      Salam sehati namanya…

      Suka

  • makasih infonya Mas, sangat bermanfaat ne..

    Suka

    • Makasih mas.
      Sudah mau mampir dan berkomentar

      Aku sudah mampir juga ke blog mas AreL

      Salam sehati

      Suka

  • wedehhh… mantepppp mass… hehe, salam kenal yah dari saya, saya pemula di dunia blog mas… baru kemaren ikut sekali di acara amprokan bloger 2011, ternyata seru abiss… hehe, oia saya mau donk jadi anggota blogger bekasi.. Lam kenal yah mas.. hehe 🙂

    Suka

    • Aku sudah mampir di Blog mas Muhammad Royani.
      Aku ijin follow ya…!:-)

      Salam sehati

      Suka

  • terimakasih arahan dan sarannya

    Suka

    • Salam mas @Agus
      Hehehehe… ini cuma nyuplik dari wikipedia kok mas..

      Salam sehati

      Suka

  • setuju banget bang eshape

    Suka

    • Makasih mas Danil
      Kita sepakat ya !:-)

      Salam sehati

      Suka

  • sangat bermanfaat! terus berbagi pak..
    salam sehat :0

    Suka

    • Makasih sudah mampier dan berkomentar
      Salam sehati

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s