Seribu Sepeda Gowes di Dies UGM, 18 Desember 2011


Akhirnya mimpi itu terwujud sudah. Memang bukan mimpi yang muluk, tapi memang perlu usaha dari semua pihak untuk mewujudkan acara “Seribu Sepeda Gowes di Dies UGM, 18 Desember 2011”. Adalah facebook pak Djoko Luknanto yang memajang undangan untuk mengikuti acara Dies UGM dengan kegiatan bersepeda santai.

Seribu Sepeda Gowes di Dies UGM, 18 Desember 2011

Pengalaman setiap minggu sepedaan (SMS) di kampus UGM dan kegiatan sepedaan yang digagas oleh pak Herry dkk di Jogya mempermudah sosialisasi pentingnya kegiatan bersepeda di Jogya. Sepeda memang tidak hanya untuk sekolah, tapi bisa juga untuk bekerja (B2W) ataupun untuk kegiatan lainnya yang sehat dan bernuansa Go Green. Di Jogya komunitas ini dikenal dengan istilah “Sego Segawe”.

Seribu Sepeda Gowes di Dies UGM, 18 Desember 2011 (Mangkubumi)

Pemaksaan kegiatan bersepeda di Kampus memang akhirnya jadi cair, karena tidak ada keterpaksaan untuk meninggalkan kendaraan bermotor dan beralih ke kendaraan hijau. Gowes sudah jadi makanan sehari-hari sebagian besar mahasiswa Jogya dan pada saatnya nanti akan membuat kota Jogya menjadi semakin hijau.

Predikat sebagai kota sepeda pernah disandang oleh Jogyakarta dan kinilah saatnya untuk kembali menyandang predikat itu. Bukan usaha yang mudah, karena kota lain juga mulai menggeliat semangat untuk bersepedanya. Jakarta dan Surabaya, kota yang para pesepedanya tergusur terus dengan bertambahnya kendaraan bermotor, terus berjuang untuk menghidupkan semangat bersepeda. Menpora bahkan pernah ikutan bersepeda dari rumah menuju kantornya, dikawal para aktifis B2W.

Fun Bike UGM di Ancol

Fun Bike UGM di Ancol

Di Jakarta memang perlu perjuangan ekstra keras untuk bersepeda ke kantor. Lingkungan yang penuh polusi, macet dimana-mana membuat para pesepeda harus melengkapi diri dengan APD (alat pelindung diri) yang sesuai, mulai dari masker, helm dan perlengkapan standard keamanan lainnya.

Tentu beda dengan Jogyakarta yang masih sangat ramah untuk melakukan kegiatan bersepeda. Surabaya juga pernah sangat ramah untuk kegiatan bersepeda. Terutama di kota satelit yang ada di sekeliling Surabaya. Sayang saat ini justru jumlah sepeda motor yang terlihat melonjak naik. Patut diberi selamat pada para alumni UGM yang mencanangkan kegiatan bersepeda dalam sarasehan di Jatim Expo beberapa waktu lalu.

Sepedaan sidoarjo

“Seminggu sebelum acara sepedaan di Jogya, kami di Surabaya akan menyiapkan kegiatan sejenis untuk mengembalikan semangat Go Green di Surabaya, terutama di lingkungan kota Surabaya. Tepatnya hari Minggu, 11 Desember 2011 dengan posko sekretariat di Jatim Expo”

Kegiatan di Surabaya ini memang untuk mendukung acara “Seribu Sepeda Gowes di Dies UGM, 18 Desember 2011”

Gayung sudah bersambut. Semoga semua kota di Indonesia tertarik untuk mengikutinya. Jangan lihat pemrakarsanya, tapi lihat manfaat kegiatan ini di masa kini dan di masa yang akan datang. Memasyarakatkan kegiatan sepeda sudah kumulai dari rumah dan saatnya kita juga ikut memasyarakatkan mulai dari keluarga kita masing-masing.

Sepeda onthel Gazele di GSP UGM menunggu teman

Sepeda onthel Gazele di GSP UGM menunggu teman

Harga sepeda relatif banget tapi jadi murah dibanding dengan manfaat yang didapat. Silahkan bergabung di acara ini. Minggu, 18 Desember 2011. Bila ternyata anda terlambat ndaftar, jangan takut untuk tetap bersepedaan. Misi kita adalah mengajak mencintai kegiatan bersepeda, jadi mari kita nGgowes dimanapun kita bisa. Mari kita ramaikan acara “Seribu Sepeda Gowes di Dies UGM, 18 Desember 2011”

Salam Sepeda Sehati.

Peserta sepedaan tidak dibatasi umur, semua boleh ikut

Peserta sepedaan tidak dibatasi umur, semua boleh ikut

23 komentar

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.