Berqurban bersama Sultan Yogya


Idul Qurban 2011 Alun Alun Utara Yogyakarta

Tahun ini keluarga kecilku mengadakan acara kumpul-kumpul saat hari Idul Qurban. Tempatnya di Kauman Gede, tepat di sebelah utara masjid Gede Kauman. Beberapa keluarga berdatangan dari Kemetiran Kidul, Patang puluhan maupun Pringgokusuman. Acranya ya hanya kumpul bersama sambil menyaksikan prosesi pemotongan hewan Qurban di masjid Gede Kauman Yogyakarta.

Hujan gerimis mengawali hari Idul Qurban ini dan kami tetap menuju ke tanah lapang ALTAR (Alun-alun Utara) Yogyakarta. Banyak tempat yang masih tergenang air dan kitapun memilih yang lokasinya masih kering.

Dasar nasib baik, ternyata ada peserta sholat yang membawa tikar plastik panjang, sehingga aku bisa menaruh koran dan sajadah di atas tikar itu. Enak dan nyaman jadinya mengikuti seluruh proses sholat Idul Qurban.

Sesaat setelah sultan Yogya datang sholatpun dimulai dan seusai khotbah, seperti biasa, Sultanpun dikerumuni para wartawan maupun penggemarnya, sehingga para pengawal Sultan terpaksa kadang-kadang agak kasar mengusir orang-orang yang ada di depan Sultan. Mas Lilo termasuk yang kena dorongan para pengawal Sultan. Anak sekecil itu didorong oleh orang sebesar itu, ya sudahlah, Lilopun menyerah dan tidak jadi memotret sultan.

Idul Qurban 2011 Alun Alun Utara Yogyakarta

Ketika acara penyembelihan hewan Qurban dimulai, kulihat di daftar hewan Qurban ada nama keluargaku di nomor 11 dan nama Sultan di nomor 13. Kulihat Sapi yang dikorbankan oleh Sultan sangat besar, sementara sapi kita ukurannya sedang-sedang saja. Ukuran sapi normal. Sapi kita ini terlihat malu-malu ketika dielus-elus oleh mbak Lita.

Idul Qurban 2011 Alun Alun Utara Yogyakarta

Yang kuherankan dalam prosesi pembagian hewan Qurban ini adalah suasana yang ayem tenteram, tidak seperti di tempat lain yang selalu berjubel dan berdesak-desakan tanpa bisa diatur lagi. Yang njaga pintu pagar malah anak-anak kecil dan para pengambil daging keluar masuk dengan tertib.

Proses pembagian daging juga tidak harus menunggu semua daging dikumpulkan dan dihitung, tetapi begitu sudah disembeleih langsuing dikuliti dan dipotong-potong dan langsung dibagi. Jadi ada yang masih memotong daging dan ada juga sapi yang masih berkeliaran belum dipotong.

Idul Qurban 2011 Alun Alun Utara Yogyakarta

Sebuah model yang bisa ditiru oleh panitia Qurban di tempat lain. Alhamdulillah, kami sekeluarga bisa berkumpul dengan saudara-saudara, sehingga suasananya seperti hari raya lebaran. Cuma tidak ada salam-salaman tapi tetap ada canda ria di antara kita. Silaturahmi antar keluarga Eyang Sastro Utomo ini memang indah dan membuat pingin ketemu lagi secepat mungkin. Akupun bisa bercanda ria dengan Luluk Lita yang malah jarang terjadi kalau di rumah sendiri.

Idul Qurban 2011 Alun Alun Utara Yogyakarta

Syukur pada Tuhan yang tekah memudahkan semua urusan ini. Alhamdulillah.

Idul Qurban 2011 Alun Alun Utara Yogyakarta+++

Tukang poto : Haslita Nisa dan Indah

11 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.