EDU Jogja : Hostel pertama di Indonesia


“Hostel adalah konsep tempat nginap yang pertama ada di Indonesia, meskipun sudah puluhan tahun ada di dunia”, ucapan itu serentak membuat audiens acara eTalk (entrepreneur Talk) yang diadakan oleh TDA Jogja tersentak.

Sang pemasar dari Hostel Edu Yogyakarta ini terus menjelaskan konsep HOSTELS yang berbeda dengan konsep HOTEL.

“Konsep hotel adalah menjual kamar, kalau Hostel menjual kasur”

“Bila diibaratkan mobil, maka Hotel adalah taksi dan Hostel adalah angkot”

“Ketika kita nginap di hotel, maka kitapun mendapat privasi sebuah kamar, sedang saat kita masuk ke hostel, maka yang kita dapat adalah ruang kebersamaan dalam sebuah tempat penginapan”

“Dalam sebuah mobil taksi, maka kita relatif bebas berekspresi, karena semua kursi dalam mobil kita sewa. Dalam konsep Hostel, maka kita bahkan belum tentu kenal dengan penumpang yang duduk di samping kita”

“Dalam sebuah kamar hostel, terdapat beberapa ranjang dan sebuah almari milik bersama dengan beberapa loker pribadi. Di dalam loker ini sudah disiapkan sebuah colokan listrik, sehingga ponsel bisa ditinggal saat kita pergi keluar kamar”

1329525779147651839

Loker hostel dilengkapi dengan colokan listrik

Penjelasan singkat dari sang marketer ini akhirnya membuat beberapa audiens eTalk penasaran dan mulai berkeliling ke seluruh kamar yang ada di Hostels EDU ini.

“Ini lantai dengan semua dindingnya PINK dan dikhususkan untuk para tamu wanita, sehingga dengan melihat warna dindingnya saja, kita sudah tahu apakah salah kamar, salah lantai atau sengaja salah lantai”

Hostel EDU memang menjadi menarik karena tarip per kasur cukup murah, hanya 70 ribu rupiah, sehingga diyakini akan memuaskan para tamu yang datang. Fasilitas tempat inap yang lumayan memadai sudah bisa didapat dengan harga yang relatif murah.

Inilah model tempat inap yang mungkin sangat cocok untuk daerah Yogyakarta atau daerah wisata yang memerlukan fasilitas tempat inap murah meriah, meskipun harus berbagi kamar dengan orang yang tidak dikenal.

1329525954836346645

ranjang tingkat

Hostel EDU yang dikerjakan oleh PT Waskita Karya ini saat dibangun sudah menarik perhatianku. Lokasinya sangat strategis, tapi tempat parkirnya sangat sempit, sehingga tidak ideal untuk menerima tamu rombongan yang membawa bis.

Namun aku segera menemukan solusinya, hanya beberapa meter dari hostels ini terdapat lapangan parkir yang sangat luas milik Pemkot, itulah bekas stasiun Ngabean.

“Sebuah pemikiran cerdas dari investor hostels EDU, memanfaatkan lokasi parkir umum untuk tempat parkir tamu hostels”, ucapku ketika sang marketer turun dari panggung.

Selesai acara eTalk, dengan senang hati sang marketer menemani audiens yang penasaran dengan konsep hostels ini. Semua kamar disinggahi dan semua sudut didatangi.

Menuju hostels ini juga sangat mudah. Langkahkan kaki ke halte Trans-Jogja (TJ). Pilih jurusan Stasiun Ngabean. Turun dan langkahkan kaki sekitar 150 m, sampai sudah di hostel ini dan semua itu hanya cukup dengan biaya 3.000 rupiah (ongkos TJ).

Penasaran dengan hostel ini? Silahkan catat informasi di bawah ini.
EDU Hostel Jogja
Jl Let Jen Suprapto No 17
Ngampilan, Yogyakarta
55261 – Indonesia
(+62 274) 543295, Fax (+62 274) 543495
reservation@eduhostels.com
info@eduhostels.com
BB Pin : 257085CC

+++

132952602055106460

Keceriaan dan kebersamaan di hostel

Tulisan ini kubuat karena kebanggaanku mempunyai hostel pertama di Yogyakarta dan semoga segera diikuti dengan kota-kota lain, agar aku bisa menggunakannya saat aku sedang travelling.

Meskipun bisnis hostel di dunia adalah bisnis follower, tapi di Indonesia pasti akan diikuti oleh para follower di kota lain dan ini yang kudoakan.

+++

Catatan tambahan :

Setelah nanya mbah Gugel, ternyata memang Hostels sudah banyak di Indonesia. Ternyata aku lebih percaya pada sang pemasar daripada instingku. Silahkan lihat Hostel di Yogyakarta yang ternyata ada 5 (lima) buah.

12 komentar

  • bukti kekreatifan orang jogja 😀 hotel murah di jogja

    Suka

    • yup

      Suka

  • versi saya saat mencoba EDUHostel :
    http://andryberlianto.wordpress.com/2012/11/27/eduhostel-hostel-modern-di-jogjakarta/

    Suka

    • jhoz @Andryberlianto

      Suka

  • Wah boleh tuh konsepnya. kayaknya sangat cocok buat kita2 yang suka back packingan..

    Suka

    • betul mas.
      konsepnya memang untuk backpacker
      tapi yang ingin seperti tinggal di hotel berbintang

      salam sehati

      Suka

  • Hostelnya mas Eshape, to?…. Selamat, mas.
    Soal keamanan penginap, bagaimana, mas? Loker-loker (dari gambar) sepertinya mudah dibuka paksa orang, tuh, apa barang-barang berharga tidak bisa dititipkan di “front office”? Salam sukses.

    Suka

    • Amin.
      Makasih doanya.

      Tapi ini bukan hotelku kok.
      Ini hostel punya orang lain.

      Mas Andre Yahya mungkin bisa menjelaskan tentang loker yang terkesan kurang aman.
      Tks

      Salam sehati

      Suka

  • Selamat atas pembukaan hostelnya. sedikit koreksi saja untuk konsep hostel ini sebenarnya sudah ada yang menerapkan di jakarta. sedikitnya ada 2 hostel yg saya tahu di bilangan rawa mangun. dan saya pernah juga menjumpai konsep yang sama di beberapa penginapan di kota semarang.

    Suka

    • Salam.

      Terima kasih masukannya.
      Konsep ini memang belum familiar di Indonesia, sehingga belum banyak yang tahu.

      Salam sehati.

      Suka

    • Terima kasih s prakosa, memang benar EDU Hostel bukan yang pertama menerapkan konsep ini di Indonesia, tetapi EDU Hostel adalah yang pertama dalam konsep “The First Modern City Hostel” yaitu bangunan kami modern, berlokasi di tengah kota (1km dari Maliobor dan Kraton), dan memiliki kapasitas 324 kasur dalam 60 kamar,

      untuk info lebih lengkapnya silakan buka website kami, eduhostels.com

      Salam,

      Suka

      • Yes.
        Mantap penjelasan mas Andre.
        Nanti yang di kompasiana juga akan saya tambahkan informasi dari pak Andre,
        http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2012/02/18/hostels-pertama-di-indonesia-edu-jogja/

        Salam sehati

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s