Sawi bermanfaat untuk penderita Asam Urat


Dalam perjalanan ke Jogja naik KA Bima, aku ngobrol dengan teman sekursi. Ada sebuah pertanyaan dari teman baru itu yang tidak bisa kujawab, “Pak, bukannya Sawi itu berbahaya untuk penderita Asam Urat ya?”

“Apa karena ada kandungan besinya?”, kataku

“Iya pak”

“Coba nanti tak cari di Gugel,karena setahuku sawi adalah sayuran yang sangat kaya gizi dan dipakai untuk pewarna mie sehati agar warna hijaunya alami”

Pembicaraanpun berlanjut ke hal-hal lain, mulai dari tablet Acer Iconia yang bandel, iPad, iPhone sampai cara memilih lokasi jualan. yang paling bagus.

Begitu sampai di Jogja, aku langsung cari di mbah Gugel dan akhirnya puas dengan situs wikipedia yang memberikan info lengkap tentang hubungan antara sawi dan Asam Urat.

Alhamdulillah, ternyata sawi tidak membahayakan para penderita asam urat dan bahkan merupakan sayuran yang bisa dikonsumsi oleh para penderita penyakit asam urat.

Lengkapnya bisa disimak di bawah ini.

+++

Asam urat (bahasa Inggrisuric acid, urate) adalah senyawa turunan purina dengan rumus kimia C5H4N4O3 dan rasio plasmaantara 3,6 mg/dL (~214µmol/L) dan 8,3 mg/dL (~494µmol/L) (1 mg/dL = 59,48 µmol/L)[2].

Kelebihan (hiperurisemiahyperuricemia) atau kekurangan (hipourisemiahyporuricemia) kadar asam urat dalam plasma darah ini sering menjadi indikasi adanya penyakit atau gangguan pada tubuh manusia.

Pada manusia, asam urat adalah produk terakhir lintasan katabolisme nukleotida purina, sebab tiadanya enzim urikase yang mengkonversi asam urat menjadi alantoin. Kadar asam urat yang berlebih dapat menimbulkan batu ginjal dan/atau pirai dipersendian.[3]

Penyakit asam urat

Penyakit asam urat merupakan akibat dari konsumsi zat purin secara berlebihan. Purin diolah tubuh menjadi asam urat, tapi jika kadar asam urat berlebih, ginjal tidak mampu mengeluarkan sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian. Akibatnya sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang.[4]

Asam urat adalah penyakit dari sisa metabolisme zat purin yang berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi. Purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karena kita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah ke dalam tubuh kita. Berbagai sayuran dan buah-buahan juga terdapat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu. Biasanya asam urat menyerang pada usia lanjut, karena penumpukan bahan purin ini

Pantangan penderita asam urat

  • Jeroan: ginjal, limpa, babat, usus, hati, paru dan otak
  • Seafood: udang, cumi-cumi, sotong, kerang, remis, tiram, kepiting, ikan teri, ikan sarden
  • Ekstrak daging seperti abon dan dendeng
  • Makanan yang sudah dikalengkan (contoh: kornet sapi, sarden)
  • Daging kambing, daging sapi, daging kuda
  • Bebek, angsa dan kalkun
  • Kacang-kacangan: kacang kedelai (termasuk hasil olahan seperti tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping
  • Sayuran: kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, kangkung
  • Keju, telur, krim, es krim, kaldu atau kuah daging yang kental
  • Buah-buahan tertentu seperti durian, nanas dan air kelapa
  • Makanan yang digoreng atau bersantan atau dimasak dengan menggunakan margarin/mentega
  • Makanan kaya protein dan lemak

Tips tambahan bagi penderita asam urat

  • Konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti kentang, yogurt, dan pisang
  • Konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, pepaya dan strawberry
  • Contoh buah dan sayuran untuk mengobati penyakit asam urat: buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat
  • Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti dan ubi
  • Kurangi konsumsi karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali dan sirup
  • Jangan minum aspirin
  • Jangan bekerja terlalu keras / kelelahan
  • Pada orang yang kegemukan (obesitas), biasanya kadar asam urat cepat naik tapi pengeluaran sedikit, maka sebaiknya turunkan berat badan dengan olahraga yang cukup
  • Sesuaikan asupan energi dengan kebutuhan tubuh, berdasarkan tinggi dan berat badan

Obat Traditional Asam Urat

  • Sirsak. Dimakan begitu saja atau dijuice, dimakan/minum tiap hari
  • Daun salam 7 lembar direbus dengan dua gelas air, sampai tinggal 1 gelas, diminum pagi dan sore
  • Labu siam diparut kemudian disaring diambil airnya diminum tiap hari.
  • Cuka apel yang sudah jadi dan dicampur madu dengan ukuran satu sendok madu ditambah 2 sendok makan cuka apel plus air hangat dan diminum selama 1 minggu
  • Kentang mentah dan apel malang dijuice.

+++

Sebuah kenikmatan mempunyai akses ke internet dan menemukan data hubungan antara Sawi dan Asam Urat di wikipedia. Terima kasih Google dan Wikipedia. Semoga tulisan ini dibaca oleh teman seperjalananku di kereta BIMA. Terima kasih sudah sharing lokasi terbaik untuk buka usaha. Semoga wikipedia yang ini tidak ngaco.

Mie sehati hijau dari Sawi

+++

Gambar sawi sementara pinjam dari blog http://andisubawa.wordpress.com/2010/03/12/budidaya-sawi-hijau/

157 komentar

  • Bermanfaat sekali artikel,,terima kasih banyak,,untuk infonya

    Disukai oleh 1 orang

    • Alhamdulillah 🙂
      semoga memang bermanfaat …

      Suka

  • Selain asam urat sy jg mempunyai asam lambung tinggi,tensi rendah,OA kolesterol trigeserida migren vertigo….jd serng bingung minum obat krn efeknya tensi drop dan asam lambung naik.
    Mohon solusinya…..

    Disukai oleh 1 orang

    • Salam @Watisuharni

      Ini jawaban dari dokter perusahaan :

      “ituu obat2nya kbnykn pak, akibatnya sprti itu
      Harusnya diambil prioritas dulu n mulai berolahraga”

      Salam

      Suka

  • yang wajibnya agar supaya cepat sembuh harus makan apa don mas?…

    salam kenal

    Disukai oleh 1 orang

    • 1. Konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti kentang, yogurt, dan pisang
      2. Konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, pepaya dan strawberry
      Contoh buah dan sayuran untuk mengobati penyakit asam urat: buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat
      3. Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti dan ubi
      4. Sirsak. Dimakan begitu saja atau dijuice, dimakan/minum tiap hari
      5. Daun salam 7 lembar direbus dengan dua gelas air, sampai tinggal 1 gelas, diminum pagi dan sore
      6. Labu siam diparut kemudian disaring diambil airnya diminum tiap hari.
      7. Cuka apel yang sudah jadi dan dicampur madu dengan ukuran satu sendok madu ditambah 2 sendok makan
      cuka apel plus air hangat dan diminum selama 1 minggu
      8. Kentang mentah dan apel malang dijuice.

      Tks

      Suka

  • usia saya 27 tahun pak tapi saya sudah terkena asamurat.pak tolong dong sebutkan sayuran apa saja yang boleh di konsumsi oleh penderita asamurat.jujur saya bosan konsumsi sayuran yang ada di list tersebut.mungkin masih ada banyak lagi sayuran yang bisa dikonsumsi mohon di balas trimakasih

    Suka

    • coba dipikirkan untuk melakukan hal lain yang bisa mengurangi efek asam urat, misalnya lebih banyak minum dan rajin olah raga
      semoga sukses

      Suka

  • Salam Sehat,

    obat ginjal

    Suka

    • Kembali salam 🙂

      Suka

  • Salam mas/mb
    Mohon maaf Ijin share spy teman2 yg punya keluhan yg sama dengan sy jadi paham.
    Trm kasih

    Suka

    • @Fadillah

      silahkan

      Suka

  • Salam mas/mb
    Mohon maaf Ijin share spy teman2 yg punya keluhan yg sama dengan sy jadi paham.
    Trm kasih

    Suka

    • Silahkan 🙂
      Semoga bermanfaat.
      Aamiin.

      Suka

  • mksh bnyk y…in sngt brmnfaat buat sy yg asam urat& kolestol’ y lg tinggi nch..oh y tau g gmna cra nrnn kolesrol tp jgn pke obat.klo bs pke cra tradisional aj.mksh y..smga bs mnmbh ilmu buat sy.Amin.

    Suka

    • Salam.

      Menurunkan kolesterol ?
      –> Bersepeda dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat, jadi bersepeda saja.
      Cukup 1/2 jam per hari dan seminggu 3 hari bersepeda 🙂

      Yuk sepedaan https://eeshape.com/2015/03/02/sepeda-onthel-taklukan-mangunan/

      Salam

      Suka

  • tp q baca di google kasiat susu kedelai kok gak apa2 dikunsumsi penderita asam urat? yg bnar yg mn?
    .

    Suka

    • Salam.

      Begini saja mas/mbak, yang terbaik sebenarnya adalah dimulai dengan mengetahui beberapa makanan yang paling tinggi mengandung purin. Kacang-kacangan memang menghasilkan purin, tetapi jauh lebih kecil dibanding jerohan dan semacamnya. Selama pola hidup kita sehat, maka purin akan dikeluarkan oleh ginjal. Jadi perbanyaklah minum dan olah raga agar purin bisa keluar dengan wajar dari tubuh kita tanpa perlu pengobatan yang mahal.

      Ini tambahan Tips (lagi) bagi penderita gout asam urat

      Jerohan perlu dihindari penderita gejala asam urat/gout (kandungan purin sangat tinggi)
      Banyak minum cairan dalam bentuk jus buah atau air. Minum banyak air akan mengurangi kadar purin.
      Tidak perlu mencari makanan yang rendah purin, tapi konsumsilah makanan dalam batas yang wajar (masih baik bagi kesehatan)

      Tks
      Salam sehati

      Suka

      • Mohon info, makan bawang putih lanang apakah bisa untuk penyakit asam urat yang tinggi?

        Suka

  • Ping-balik: Pelatihan rutin Mie Sehati | Mie SEHATI | Perto Group

  • Semua tidak boleh .bila mas nya bikin produk spesial tapi bebas asam urat mungkin diburu banyak orang meski sangat mahal…from KUPAT GLABED RANDUGUNTING

    Suka

    • Makasih komentarnya ya 🙂

      Suka

  • Bila pakai obat asam urat dibarengi banyak tidur & minum temulawak mencegah efek ke lever,minum air putih banyak banyak perasan 2 lemon mencegah efek ke ginjal from WHAWHAN TEGAL

    Suka

    • mas @Whawhan
      terima kasih tambahan masukannya
      salam sehati

      Suka

  • Ping-balik: Liputan RCTI di Ultah Mie Sehati | Es Ha Pe Blogger Jogja

  • Rachman Setawan

    Mie stasiun lempuyangan+ minuman temulawak,, please….

    Suka

  • Rachman Setawan

    Obatnya pare mentah blewah jus blewah

    Suka

    • Makasih tambahan infonya

      Salam

      Suka

  • Rachman Setawan

    . Asam urat/gout(bahasa orang putih) penyebab karena ginjal tersumbat asam urat susah keluar ,ginjal kurang berfungsi maka asam urat bisa keluar dengan dibantu obat atau herbal, karena purin/protein, kafein(cokelat, teh &kopi), lemak/minyak, air kelapa, pemanis. Vit c bukan penyebab tapi penghambat keluarnya asam urat lewat kencing.beli obat di apotek .jangan ditempat yang tidak resmi.. Pas lagisembuh(baru 1tahun)habis makan pantangan harus minum air putih 1,5 liter banyak gerak(kaki:lari,balap sepeda &tangan:bergelantungan). Minum jamu herbal dari merk terkenal(awas jamu dicampur obat).kalau sakit lebih 2tahun minum obat methyilprednisolone & sodium dikofenak(jangan obat lain). Takut efek samping ya pilih herbal jamu /supplemen.misal sindaguri sambiloto meniran, lemon , cuka apel dicampur air putih, daun salam kumis kucing jahe merah,kentang mentah. asam urat bengkak jangan dipijat. Jari bengkok susah diobati harus lewat akupuntur. From jln mliwis SD Pekauman 5 alumni ‘ 88 SMP 7 Kapt. Sudibyo alumni ’91

    Suka

    • Makasih tambahan infonya

      Salam

      Suka

  • Pantangan asam urat..Jangan makan lemak meskipun lemak sehat tumbuhan dan hewan… banyak air putih 1,5 liter sesudah makan..bagus makan nasi+sambal bebas terasi&minyak digoreng di teflon / kukus

    Suka

    • Makasih tambahannya mas @Richman

      Salam sehati

      Suka

  • terimakasi b yk atas uraianya…smoga bermanfaat

    Suka

    • Aamiin
      Terima kasih

      Suka

  • Ping-balik: Manfaat Kolang kaling | Es Ha Pe Blogger Jogja

  • Thank’s infonya……. dan sy juga ingin berbagi info…..
    Saya penderita asam urat 9,5 kadarnya pada tubuh sy. Ada sebagian kondisi yang dapat terpengaruh dan tdk terpengaruh…. contoh saja: susu kedelai, sayur sawi, daging, jeroan ayam, ikan teri, sayur asam dll…. ini makanan yg selalu sy konsumsi tetapi jika setelah mengkonsumsi makanan tsb kita dpt merasakan pegal”, urat kaku pada di setiap persendian…hindari dan tandai makanan tersebut tdk dpt diterima oleh tubuh kita. sy selalu menandakan makanan yg dpt menimbulkan penyakit ter sebut, dan belakangan ini sy juga mengkonsumsi/meminum air rebusan kulit manggis yg sdh di keringkan. Kegunaan rebusan kulit manggis tsb dpt menguranggi kadar asam urat dlm tubuh…. caranya : 1 buah manggis kulitnya potong menjadi 8 bagian. Lalu di jemur sampai kering antara 2-3 hari, setelah kering bila kita gunakan bersihkan dulu dengan air… lalu ambil 4 potong bagian dan rebus kulit manggis yg sdh bersih tsb dengan 2 gelas air… menjadi 1gelas. antara 15-20 menit air akan menyerupai seperti air teh… setelah itu masukkan air rebusan manggis kedalam gelas lalu tutup gelas tsb. Minumlah setelah air rebusan tsb dalam kondisi hangat” kuku setiap bangun pagi dan sebelum tidur…. silahkan mencoba dan rasakan sensasinya……
    salam bahagia

    Suka

    • Makasih masukannya mas @Iputu Widiyono

      Salam sehati

      Suka

  • Terimakasih banyak atas informasinya. semoga sayuran ini bener-bener manjurr. karena penyakit asam urat itu sangat mengganggu aktivitas2 kita sehari-hari

    Suka

    • Alhamdulillah sy dr dulu suka sm sawi smpai skrng dan alhmdulillh gak ada yg namax asam urat.trmksh ya Allah

      Suka

      • Alhamdulillah 🙂

        Suka

  • terimakasih artikelnya, akan saya coba untuk ibu saya

    Suka

    • Silahkan
      Semoga semua mendapat berkah dari tulisan ini.
      Amin.

      Salam sehati

      Suka

      • Wahhh info nya bermanfaat sekali, saya ingin coba mie sawi nya mas, bisa order online ga ya? saya di jawa timur. Makasih 🙂

        Suka

  • Kalo makan mie rebus boleh ga ya..??

    Suka

    • Hehehehe….
      Mie Ayam Sehati lebih jhos kalau direbus, tapi digoreng juga enak

      salam sehati

      Suka

  • Bapak/ibu asam urat saya 7,9 mg Kalau makan sayur asam. Tapi airnya saja bagaimana..Boleh tdk untuk penyakit asam urat

    Suka

    • Salam.

      Sebaiknya pertanyaan ini ditujukan ke dokter yang asli, kalau menurut saya sih tidak ada masalah, cuma saya kan bukan dokter.

      Artikel ini ditulis hanya berdasar rajin membaca, bukan karena sekolah di bagian ilmu gizi.

      Salam sehati.

      Suka

  • Assalamu’alaikum
    Saya mw tanya,tante saya mengeluh persedian pd vertebrai n kaki terasa sakit smpai2 jika berjalan dia membungkuk,terkadang jika kambuh dia menangis kesakitan.Nah Kira2 solusi’y bagaimana ya gan,?..:) makasih

    Suka

    • Salam.

      Apakah beliau pernah konsultasi dengan dokter?
      Bila pernah, sebaiknya ikuti petunjuk dokter saja.
      Tulisan ini semoga mendukung apa yang disampaikan oleh dokter tante @Jenderana.

      Dengan merubah pola makan, memperbanyak makanan yang bermanfaat untuk tubuh antara lain :
      1. Makanan yang mengandung potasium tinggi seperti kentang, yogurt, dan pisang
      2. Buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, pepaya dan strawberry
      Contoh buah dan sayuran untuk mengobati penyakit asam urat: buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat

      Kurangi konsumsi karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali dan sirup

      Salam sehati

      Suka

  • Gmna caranya agar asem di dalam tubuh sy normal..
    ap sy hrus pantangan dlm makanan..
    trus kl konsumsi bayam,jagung,kangkung,….dll
    ap sajj epek sqmpingnya?..
    maksi sy antos nya blznya.

    Suka

    • Salam.

      Untuk membuat penderita asam urat kembali normal, perbaiki pola makan dan bisa dilihat apa saja makanan untuk penderita asam urat.

      Yang dilarang antara lain :
      Kacang-kacangan: kacang kedelai (termasuk hasil olahan seperti tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping
      Sayuran: kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, kangkung

      Salam sehati

      Suka

  • …Mas bro umur sy 19 thn
    tp pas sy tes kesehatan di perusahhan sy gak lolos kta.a sy kna asem urat yg tinggi..
    tp kok sy nggk merasakan apa”.?
    trus ap solusinya agar asam nya normal gak jd penyqkit

    Suka

    • Salam.

      Silahkan simak lagi tip sini :

      Tips tambahan bagi penderita asam urat
      1. Konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti kentang, yogurt, dan pisang
      2. Konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, pepaya dan strawberry
      Contoh buah dan sayuran untuk mengobati penyakit asam urat: buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat
      3. Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti dan ubi
      4. Kurangi konsumsi karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali dan sirup
      5. Jangan bekerja terlalu keras / kelelahan
      6. Pada orang yang kegemukan (obesitas), biasanya kadar asam urat cepat naik tapi pengeluaran sedikit, maka sebaiknya turunkan berat badan dengan olahraga yang cukup
      7. Sesuaikan asupan energi dengan kebutuhan tubuh, berdasarkan tinggi dan berat badan

      Obat Traditional Asam Urat
      1. Sirsak. Dimakan begitu saja atau dijuice, dimakan/minum tiap hari
      2. Daun salam 7 lembar direbus dengan dua gelas air, sampai tinggal 1 gelas, diminum pagi dan sore
      3. Labu siam diparut kemudian disaring diambil airnya diminum tiap hari.
      4. Cuka apel yang sudah jadi dan dicampur madu dengan ukuran satu sendok madu ditambah 2 sendok makan cuka apel plus air hangat dan diminum selama 1 minggu
      5. Kentang mentah dan apel malang dijuice.

      Salam sehati

      Suka

  • Terimakasih infony

    Suka

    • terima kasih kembali @Eva Nurlela

      Salam sehati

      Suka

  • Terimaksih infonya

    Suka

  • Saya penderita asam urat, umur saya baru 30th, sekedar share saja, asam urat saya 12,3. Bagi saya sawi adalah salah satu penyebab asam urat saya kambuh,persendian bengkak, hingga saya hanya bisa berjalan seperti suster ngesot, TETAPI tiap orang yg menderita asam urat berbeda kekuatan tubuhnya, ada yg jika mkn sawi tidak berpengaruh kpd tubuhnya,tapi ketika makan kacang2an, asam uratnya kambuh. Asam urat inget aja BENJOL : Bayam,Emping,Nanas,Jeroan,Otak,L nya lupa. Maaf ya klo sharenya kebanyakan..

    Suka

    • terima kasih masukannya mas Yudi

      Salam sehati

      Suka

    • Benar setiap orang beda beda saya asam uratnya 5.1 tetapi kalo makan bayam,sawi,letus,daun blinjo,bakalan pincang dan senut-senut tetapi,makan kacang daun singkong nggak masalah

      Suka

  • Aduuuuhh tobat bgt kl pnya sakit asam urat
    Apa lg kena.a d pundak n leher k kepala ampe muter n budeg krn uratnya pada bengkak…..

    Suka

    • @Ezha : namanya penyakit memang bikin gak nyaman ya
      Semoga yang sedang sakit bisa mendapat hikmah dari penyakitnya
      Amin.

      Salam sehati

      Suka

    • Waduh . Bulan award, nih. Ya, udah terima kasih telah diariekbn award. Nanti tak gendongnya. .-= alamendahb4s selesai [nulis] ..Karst Maros Pangkep Terluas Kedua Di Dunia =-.Ok, deh

      Suka

  • Mas kenapa sekrang yg muda muda banyak terserang asam urat, usia sy masih 35, penyebabnya apa, terus klo olah raga bisa membantu pencegahan asam urat gk? nuhun infonya

    Suka

    • Salam.

      Setahu saya, umur di atas 30 tahun sudah mulai bisa terkena penyakit ini.

      Penyebabnya adalah pola makan kita yang suka makanan berprotein tinggi atau berlemak. Dengan menjaga pola makan yang seimbang, maka gejala penyakit ini akan menurun.

      Kalau olah raga sebaiknya seimbang, artinya setiap olah raga minimal 1/2 jam dan optimal 1 jam, sekitar 3 kali dalam seminggu. Minum secukupnya, agar tidak dehidrasi.

      Kekurangan minum juga bisa menyebabkan menumpuknya purin di persendian. Sebaiknya kalau olah raga diperhatikan juga tingkat dehidrasinya. Data ini bisa dilihat memakai aplikasi Endomondo.

      BTW sebaiknya mas @Akusmiadi bertanya pada dokter ahli untuk mengetahui lebih detil. Tks.

      Salam sehati

      Suka

  • Ping-balik: Pasar Kangen Jogja 2013 | Eshape Blogger Jogja

  • kalau ayam boleh nggak ya buat penderita asam urat?

    Suka

    • Salam.

      Setahu saya yang tidak boleh dikonsumsi adalah sebagai berikut :

      Otak,Hati ,Jantung,Ginjal,Jeroan,Ekstra Daging/kaldu,Daging bebek,Ikan sarden,Kornet,Makarel,dan kerang.

      Seorang penderita asam urat disarankan juga untuk mengkonsumsi air putih lebih banyak dari ukuran normal,karena dengan banyak mengkonsumsi air putih yang banyak,maka akan membantu mengeluarkan asam urat sehingga dapat menurunkan kadar asam urat,

      Buah-buahan yang baik dikonsumsi oleh penderita asam urat adalah buah yang banyak mengandung air (misalnya Semangka, Melon, Blewah, Nanas,Belimbing,Jambu air, dll)

      Salam sehati

      Suka

      • Tadi bpk terangkan bahwa salah satu buah buahan yg tidak baik dikonsumsi yg menderi asam urat adalah Nanas, sementara ada saya baca dibalasan komentar bahwa buah_buahan yg baik dikonsumsi yg mnderita asam urat adalah buah-buahan yang banyak mengandung air, salah satunya ada bpk sebutkan nanas, jd gmna pak, apakah nanas bisa dikonsumsi yg menderita asam urat?

        Suka

        • Menurut beberapa materi yang saya baca, maka Nanas sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat, kecuali kalau nanasnya sudah terlalu matang.
          +++
          Nanas Mengobati Asam Urat
          Enzim bromelain dan kandungan kaliumnya membuat nanas bersifat diuretik yang efektif dalam membantu mengatasi masalah asam urat. Namun, jangan mengonsumsi nanas yang terlalu matang karena kandungan alkoholnya akan mengakibatkan kenaikan kadar asam urat.
          +++
          Terima kasih komentarnya.

          Salam sehati

          Suka

      • Tadi bpk terangkan bahwa salah satu buah buahan yg tidak baik dikonsumsi yg menderita asam urat adalah Nanas, sementara ada saya baca dibalasan komentar bahwa buah_buahan yg baik dikonsumsi yg mnderita asam urat adalah buah-buahan yang banyak mengandung air, salah satunya ada bpk sebutkan nanas, jd gmna pak, apakah nanas bisa dikonsumsi yg menderita asam urat?

        Suka

  • Makasih infonya sangat berguna sekali buat saya

    Suka

    • Alhamdulillah
      Senang kalau tulisan ini bisa bermanfaat

      Salam sehati

      Suka

  • ya tul……………..tul……………

    Suka

    • Yes Yes Yes

      Salam sehati

      Suka

  • wah bermanfaat sekali artikelnya dan kebetulan ini aq lg kena asam urat.. nyeri banget.. gan..

    Suka

    • Salam @Kak Bowo

      Senang bisa menulis dan bermanfaat bagi pembacanya.
      Semoga lekas sembuh.
      Amin.

      Salam sehati.

      Suka

  • Nha nha roo hana

    Trims banyak infonya,,,mau nanya Untuk obat herbalnya dipake smua atau pilih salah satu??

    Suka

    • pilih salah satu boleh, pilih semua juga boleh

      salam sehati

      Suka

  • emang asam urat ntu sakitnya minta ampun, apa lagi waktu bangun tidur weleh..weleh….

    Suka

    • iya tuh
      aku juga pernah kena

      salam sehati

      Suka

      • mas, dulu pernah kena asam urat kadarnya berapa, bisa sembuh total gak sekarang?

        Suka

        • tolong dbalas ya mas, saya kebetilan kena karna salah pola makan yg tak ku mengerti dan tak kusadari sebelumnya . .
          oiya kalo herbal labu siam dikonsumsi berapa sekali sehari

          Suka

        • Terakhir angkaku malah tinggi karena sedang jarang makan sawi (lagi), sudah ada pada kepala 8.
          Waktu masih konsumsi sawi, pernah di angka kepala 6.

          Menurut dokter sih, jangan hanya terpaku pada sawi saja, tapi penting untuk minum yang optimal. Banyak minum akan membuat angka asam urat menurun, tapi kebanyakan minum juga (katanya) berbahaya.
          Kita ambil yang tengah-tengah saja, karena kita bukan dokter.

          Menurut aku, minum secukupnya, yang penting jangan kurang dan jangan berlebihan.
          Makan makanan yang membuat asam urat menurun.

          Salam sehati.

          Suka

  • Ping-balik: Makanan bisa jadi sumber penyakit

  • aku coba ya tks

    Suka

    • Silahkan

      salam sehati

      Suka

      • Mau tanya nih,kalau kacang tanah di rebus apa manfaatnya beda gk

        Suka

  • Noor Fitri Ani

    makasihh ya pakk atas info nya,, oia pakk kalau boleh tau dapat dari mana ide buat mie sawi pak?

    Suka

    • Salam.

      Ini ide pak Syamsu Irman, master mie perto.
      Pewarna hijau pada mie ada bermacam-macam, bisa dari daun bayam, daun katuk dll, tapi yang paling pas ya daun sawi ini.
      Daun bayam membuat mie lebih cepat basi dibanding daun sawi, daun katuk aatau daun pandan juga rasanya kurang pas untuk campuran mie, sehingga akhirnya diambil kesimpulan paling cocok adalah daun sawi.

      Salam sehati

      Suka

  • Wawan Setiawan

    Lho contoh gambar y diatas kok daun sosin boss, kalo daun sawi tangkai y lebar2 dan hampir menutupi tangkai lain y. Matur nuwun

    Suka

    • Salam.

      Hahaha…
      itu memang gambar dari teman
      Nanti kalau aku sempat motret tak pasang disini gambar sawinya, sekalian jus sawinya ya mas Wawan,

      Salam sehati

      Suka

      • I assumed it was lkiley being some unexciting old report, nevertheless it definitely compensated for my time. I most unquestionably will post a link to this article on my web page. I am convinced my visitors are planning to find that realistically helpful.

        Suka

        • You have more useful info than the British had colonies preWIWI-.

          Suka

  • lha terus kon maem nopo iki????
    hmmmm

    Suka

    • tunggu sehat dulu baru bisa milih makanan yang diinginkan

      salam sehati

      Suka

  • Saya mengalami asam urat uenak bgt rasany bingung bnyk sekali pantangny.thank

    Suka

    • Salam mbak Neneng.

      Memang penyakit asam urat itu membuat kita berlatih banyak bersabar, Pantangannya banyak banget.
      Semoga sudah ketemu obat herbal yang cocok.
      Amin.

      Salam sehati

      Suka

  • Boleh juga infonya…terimakasih sobat.

    .

    Suka

    • alhamdulillah
      terima kasih

      salam sehati

      Suka

  • Saya mau coba resep sawinya, kalau saya sembuh mudahan saya mampir ke Jogyakarta sambil ngicipi mie sawinya mas Eko Sutrisno, salam sukses !!!

    Suka

    • Salam.

      Semoga cepet sembuh pak Suharyono, apapun obatnya.
      Amin.

      Salam sehati

      Suka

  • mana yg benar ini, katanya susu kacang kedelai aman bagi penderita asam urat, krn kcang kedelai kaya protein dan bukan kaya kolesterol yg kita tahu sebagai pemicu asam urat. lalu saya biasa minum jamu widro putih untuk menurunkan asam urat, apakah aman buat ke depannya?

    Suka

    • salam

      setahuku asam urat hubungannya dengan protein
      jadi tempe, tahu atau makanan dari kedele yang kaya protein akan menyebabkan asam urat meningkat

      salam sehati

      Suka

  • Asyiknya, sawi bisa kita temukan di Mie ayam 🙂

    Suka

    • Salam.

      Benar, sawi bisa kita dapatkan dalam mie ayam sehati.
      Baik berupa daun sawi seperti lazimnya atau yang terkandung dalam campuran pewarna hijau mie sehati.

      Salam sehati

      Suka

  • wah matur nuwun infon nya pak de ! sangat ber manfaat…..trims.

    Suka

    • bagi yang tidak suka rasa sawi, dapat mencoba mie ayam sehati yang berwarna hijau.

      warna hijaunya didapat dari juice sawi yang dicampurkan dalam adonan tepung mie

      salam sehati

      Suka

  • aku suka banget, dgn info ini aku semakin suka sawi
    obat herbal masa kini

    Suka

    • ini memang obat sederhana yang murah meriah.

      salam sehati

      Suka

  • Terimakasih atas Tips nya Mas, semoga saya mampunya menjalaninya. Maklum saya doyan makanan yg enak, puasa senin dan kamis salah satu jalan menguranginnya, hehehehe…!
    Mudah-mudahan sy kuat deh… 😀
    Salam,
    Semoga menjadi amal dan berkah dunia akhirat…!

    Suka

    • Amin.
      Mari kita saling berbagi dengan sabar dan ikhlas.

      Salam sehati

      Suka

      • mas dulu pernah kena asam urat kadarnya berapa, sekarang udah sembuh total ya mas?

        Suka

        • Asam urat itu penyakit yang diakibatkan oleh pola makan kita yang kurang bagus, jadi kalau pola makanan diubah, maka asam urat otomatis akan turun dengan sendirinya.
          Saya pernah kepala 7 jadi 8, jadi enam dan berganti-ganti sesuai pola makan kita. Yang penting, selain selalu mencoba merubah pola makan, juga mulai rajin makanan yang bermanfaat untuk memerangi asam urat. Jangan lupa perbanyak minum, tapi jangan kebanyakan.

          Salam sehati

          Suka

  • Trimakasih atas tips2 untuk penderita asam urat

    Suka

    • Salam.

      Sesama penderita asam urat, mari kita berbagi.

      Salam sehati

      Suka

  • Makasih atas tipsnya gan, cukup bermanfaat..

    Suka

    • Alhamdulillah,
      Ini juga hanya ngambil dari berbagai contekan kok.

      Salam sehati

      Suka

    • this is going to be the best episode ever , OH yea,who said that Carlton? My Mother .????? Its like aurmtae hour at B’rni B’rith retirement center listning to these two,lol:)

      Suka

  • Terima kasih banyak atas info yg sgt bermanfaat khususnya membantu org2 yg kurang mampu. Tuhan memberkati.

    Suka

    • Salam.

      Semoga makin banyak yang terbantu oleh tulisanku.
      Amin,

      Salam sehati

      Suka

  • Oke

    Suka

    • Yes !:-)

      Salam sehati

      Suka

    • I’m not easily impressed but you’ve done it with that posting.

      Suka

  • Reblogged this on Kuliner Sehat di lidah dan di HATI and commented:

    Sawi bermanfaat untuk penderita Asam Urat

    Suka

  • mau tanya pak itu pengobatan tradisionalnya satu2 apa boleh semuanya misalnya tiap hr minum jus sirsak tp tiap hr jg ngerebus daun salam boleh g ya??

    Suka

    • salam

      setahuku, kalau obat-obatan tradisional semacam ini, boleh dikonsumsi berbarengan
      beda dengan obat dokter yang selalu mempunyai efek samping

      salam sehati

      Suka

      • Always the best content from these priugioods writers.

        Suka

  • bapak saya kambuh lagi karna makan jeruk, sedangkan artikel diatas malah dianjurkan makan yg banyak mengandung vitamin C, cth Jeruk.
    trus kalo jenis ikan yang boleh dimakan oleh penderita asam urat apa?
    trims.

    Suka

    • mungkin belum tentu karena jeruk neng…mungkin ada mkanan lain yg di mkan..klo ikan…yg penting bukan dari laut, ato yg hidup di aer asin..

      Suka

      • terima kasih bantuan menjawabnya
        seharusnya memang bukan karena jeruk kalau asam urat itu kambuh

        salam sehati

        Suka

      • fairuz rania syifa

        betul tuh kata anonymous…turutin tuh kata kata anonymous,itu sekian nasehat dari saya insyaallah bermanfaat .kalo mau bapaknya sembuh sabar ya non

        Suka

    • That finale made me regert ever investing time in the show! I could have dealt with the mythology of the island being left a mystery but the complete lack of follow through with the Survivors (Hurley, Kate, Sawyer, ) and skipping to a time after they had all died is very, very lame. It was as if the writers felt the mystery of the smoke monster’s nature and the islands nature were not enough If you followed lost through the first four or five seasons I suppose that the last season is worth watching but I would never tell anyone who had not seen the show that they should rent the DVD’s to watch it

      Suka

  • thanks gan atas infonya
    semoga bermanfaat ilmu dan pengetahuannya 🙂

    Suka

    • amin
      makasih ya atas bantuan doanya

      salam sehati

      Suka

      • That’s not just the best anrsew. It’s the bestest answer!

        Suka

  • informasi yang sangat bagus sekali niih sangat berguna bagi saya ilmunya
    semoga bermanfaat iyah gan ilmunya dan pengetahuannya 🙂 sukses selalu

    Suka

    • amin

      makasih doanya

      salam sehati

      Suka

  • KLIWON-Papua

    matur nuwun… informasinya
    menambah wawasan tentang asam urat dan sawi

    Suka

    • salam

      terima kasih juga sudah mampir dan berkomentar

      salam sehati

      Suka

    • An intelligent answer – no BS – which makes a pleasant change

      Suka

    • salut om sehati dnaegn motornya sekalian sy ucapkan selamat idul fitri minal adizin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin .salam dari kami Heru Kresnanto sekeluarga di bali

      Suka

  • wahhh,, bener banget tuh,, mangkanya ane kalo malem selalu beli mie rebus yang banyak sawinya.. jadi begitu toh ya om.. hehe.. makasih om,, infonya.. 🙂

    Suka

    • Sama-sama ya
      Makasih sudah membaca artikel ini dan mendapat manfaat darinya.

      Salam sehati

      Suka

    • mie rebus kan bnyak kaldu nya

      Suka

      • kaldunya jangan kebanyakan lemak, jadi seperlunya saja

        salam sehati

        Suka

      • the one redeeming part about a 3 month hauits for any show at this point is that it gives us tv junkies time to catch up on the many other quality shows out there.i need an 8th day of the week just for tv…leor

        Suka

      • , “You’re a Celtic fan, I’m a Rangers fan just look at our cars. This must be a sign from God that we should be frenids and live together in peace”The Celtic fan: I agree. This is a certainly a sign from the Almighty! My car is completely demolished but this bottle of whisky didn’t break. It’s still absolutely full”He handed the bottle to the Rangers fan who swigged down about half and handed it back.The Celtic fan then took the bottle and put the cap back on.The Rangers fan asked: Aren’t you having any my friend? The Celtic fan replied: Nah I think I’ll just wait for the police.

        Suka

    • Yeah, you know, I have to agree with Crissy on that one. In fact, I think when the first ep aired, isn’t that one of the things we ctmmenoed on to each other, Crissy? That she looked so much like Sarah? (OK, she’s a dead ringer for Penelope, but there’s definitely a resemblance to Sarah.) So I’m with Crissy on that one; I buy it.

      Suka

    • Gee whiz, and I thought this would be hard to find out.

      Suka

    • Hey, killer job on that one you guys!

      Suka

  • oh gitu yah gan thanks ya buat info nya.

    Suka

    • Makasih sudah mampir dan berkomentar.

      Salam sehati

      Suka

      • , 23 июня 2013 23:32M. Umar AbbasiSCREECHING HALT: Genuine Bronx Excursions are not passing along it’s busess, exactly like it, at ‘ghetto’ excursion.Your Bronx ghetto journey is very little further.An excursion service open from the Posting concerning Weekend for driving travellers southerly Bronx to be able to gawk at nutrition kitchen collections, a fabulous pickpocket park including a real estate assignment, this morning stated it is going to put a stop to many excursions productive straight away. Decent riddance, pointed out Bronx Borough Ceo B uben Diaz Jr .. All of the Bronx one is more than rrt had been within the pitch-dark situations, of which this firm refu ds4.txt,1,S] zed to check out which will. With a notice within the Bedroom onx Travel related Local authority, Precise Bronx Tourdates, which will needed normally American not to mention Aussie tourists from Midtown south Bronx, gave them, Valuable automatically, Bronx Vacations can cease all of the signed adventures in the Bronx. | |

        Suka

      • A really good answer, full of rationality!

        Suka

      • Finding this post solves a problem for me. Thanks!

        Suka

      • Reduce the maximums. By tallying to take less complete safety, Quotes Chimp lower the sum total out of pocket threat the business takes by coveing you. That, then, enables them to decrease your current premium.

        Suka

    • I just tried to put together a ruodnwn on my site about “patchy” and it occured to me that I needed to check the mural again. Sure enough there is a face in the mural with a red X through his eye. A connection to Radzinsky seemed obvious to a lot of us but has been disputed by someone from the show. ; (Two things I’d like to add: If Ben is dying then why would Juliet need Jack to let him die on the table? Apparently, by Jacks calculations, Ben will either be dead or incapacited shortly. (just makes the whole tumor thing seem like more of a ruse.)Also, if patch guy is aware of the cameras and doesnt want to be seen, why was it on in the first place?Bill Ervolino

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s