#SinauSEO : Kenapa Blog bagus tapi alexa rank jelek

Alexa Rank blog https://eshape.wordpress.com

Artikel #SinauSEO kali ini akan berbicara tentang kenapa blog bagus tapi alexa rank jelek. Mari kita simak bersama.

Hari ini aku mencoba blogwalking, setelah lama gak sempat-sempat juga. Padahal blogwalking sangat perlu untuk menjalin silaturahmi sesama blogger dan bisa untuk memperkaya khasanah berpikir kita. Jadi akhirnya kupaksakan diriku untuk membaca blog-blog yang barusan kukenal dari orang-orang yang barusan berkenalan atau yang meninggalkan jejak link di blogku. Sesungguhnya dengan makin banyak membaca blog orang lain, maka kemampuan membuat blog kita bermanfaat bagi orang lain akan makin meningkat.

Kubaca artikel di beberapa blog dan aku harus mengakui bahwa para penulis blog semakin kreatif dan semakin tajam dalam menulis. Ada tulisan yang membuatku tersenyum-senyum, ada yang membuatku termenung memikirkan maknanya yang dalam dan tepat sasaran. Berbagai macam tulisan itu benar-benar membuatku sadar bahwa banyak sekali penulis blog yang tulisannya jauh di atasku.

Gaya bahasanya ada yang santai, ada yang serius dan ada juga yang asal tulis tetapi semuanya tetap mempunyai kekuatan yang membuatku tidak mau lepas dari tulisan itu sebelum sampai diujung kalimat.

Iseng-iseng akupun mencoba memasukkan alamat blog yang kubaca di situs alexa (dot) com. Hasilnya membuat aku tercengang. Kenapa blog yang bagus-bagus itu nilai alexa-nya rata-rata di atas 2 juta, bahkan banyak yang lebih dari 3 juta. Artinya ada 2 sampai 3 juta situs yang lebih baik dari situs yang kubaca.

Ketika aku mencoba mengecek PR (Page Rank) dari situs itu, ternyata setali tiga uang. Mereka rata-rata punya PR yang rendah bahkan banyak yang masih “O”. Wow… kok bisa ya.

Alexa Rank ekoshp dot com

Alexa Rank ekoshp dot com

Akupun mulai mencoba mencari penyebab dari semua ini dan akhirnya aku sampai pada suatu kesimpulan mengapa Alexa rank dan PR mereka jelek.

1. Tulisan mereka tidak dipublikasikan dengan baik.

Misalnya mendaftarkan situs mereka ke mesin pencari. Mempublikasikan artikel mereka lewat social media yang memadai (twitter atau FaceBook). Mereka tidak ikut komunitas offline, sehingga tidak ada teman mereka yang mencoba menjenguk blog mereka.

2. Tulisan mereka jarang diupdate.

Mesin pencari tentu sangat senang dengan situs yang “hidup” bukan yang sekali ditulisi dan kemudian istirahat panjang.  Agar blog kita dianggap hidup, maka sebaiknya kita rajin menulis, sehingga selalu diindex oleh mesin pencari. Panjang tulisan sebaiknya jangan terlalu pendek dan jangan terlalu panjang. Idealnya di angka 500, tapi jangan lebih dari 1.000, karena pembaca umumnya tidak begitu suka dengan tulisan yang panjang lebar. Tetapi kalau terlalu sedikit, maka mesin pencari akan mencatat bahwa blog kita tidak menarik karena hanya dikunjungi sekejab saja. Paling tidak buat artikel yang lebih panjang dari 300 kata kalau masih merasa berat di angka 500.

3. Tulisan mereka hanya copas dari situs yang lain.

Sebagus apapun tulisan di blog, kalau itu adalah hasil dari jiplakan (copas lengkap dan utuh) situs lain, maka nilainya sangat rendah. Blogger pemula (termasuk aku) kadang senang dengan satu tulisan dan melakukan copas secara utuh. Meskipun tulisan itu menyebutkan sumbernya, tetapi tetap kurang disukai.

Lalu bagaimana agar alexa rank dan PR nilainya bagus? Apa resepnya?

Nah, jawabannya kurang menarik nih.

“Tulis artikel dengan hati, jangan pernah memikirkan apakah tulisan ini membuat PR naik atau Alexa Rank bagus, fokus pada artikel kita dengan otak kanan dan rapikan kemudian dengan otak kiri.  Teruslah menulis dan tunggu akibatnya!”

Kalau ternyata nilai tetap jeblog, maka ada dua pilihan. Satu, tetap menulis blog dengan risiko tidak ada yang membaca atau mulai saat ini berubah profesi, jangan jadi blogger lagi, jadilah non blogger yang bermanfaat bagi lingkungan!

+++

Jadi begitulah pelajaran tentang #SinauSEO : Kenapa Blog bagus tapi alexa rank jelek. Semoga pembaca dapat menangkap arti dari judul tulisan ini.

+++

Baca juga “Page Rank dan Alexa Rank

28 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.