#SinauSEO Bergaulah dengan blogger lainnya

kartu pos sahabat blogger

Blogwalking atau ikut dalam sebuah kopdar (pertemuan offline) secara tidak langsung akan mengangkat nama blog kita. Ini memang jurus WHITE SEO yang mudah dilaksanakan dan akan memuaskan kedua belah pihak.

Blogwalking membuat kita bertambah wawasan. baik dalam menulis maupun membaca. Bagi blog yang dikunjungi juga bermanfaat untuk meningkatkan traffik blognya. Sedangkan pertemuan offline sudah jelas banyak sekali manfaatnya. Selain bisa mengenal pribadi penulis blogger yang kita baca, juga kita bisa berinteraksi langsung dengan blogger yang lain.

Bahasa tulisan memang sangat terbatas, sehingga saat melakukan pertemuan offline (kopdar), maka kita jadi semakin paham akan makna dari tulisan kawan blogger yang tadinya kita baca tanpa memahami siapa penulisnya. Kitapun bisa menyampaikan hal-hal yang kita anggap perlu untuk menunjukkan kita ada dimana dan siapa kita.

Kadang semua yang disebut di atas tidak kita lakukan secara sadar, tetapi mengalir begitu saja. Kita tiba-tiba bisa ngobrol serius dengan blogger yang tulisannya kocak habis atau sebaliknya kita jadi bisa bercanda ria dengan blogger yang tulisannya serius banget.

Dunia offline dan dunia online kadang memang sangat berbeda, ada blogger yang meledak-ledak tulisannya, tetapi begitu bertemu ternyata orangnya kalem dan penuh pengertian. Begitu juga bisa jadi kita baca tulisan blogger yang cekak aos dan terkesan tidak banyak bicara, tetapi saat bertemu ternyata kalau sudah bicara tidak bisa berhenti lagi.

Dunia blogger kalau diperas sampai habis, maka intinya adalah dunia gaul (meminjam istilahnya pak KK, mantanmenristek). Jadi kalau kita ingin bertambah gaul, maka mulailah berteman dengan siapa saja tanpa memandang bulu. Bermacam-macam cara untuk mendekatkan diri dalam bergaul ini.

Beberapa contoh yang bisa dilihat antara lain adalah :

1. Saling melakukan review antar blogger, bisa dengan memberi komentar atau menulis tentang tulisan blogger lain atau bisa juga dengan menulis tentang blogger yang dikenalnya di blognya masing-masing. Contohnya misalnya wawancara imajiner atau wawancara melalui email yang ditulis menjadi sebuah artikel blog.

2. Membuat award dan membagikan award kepada teman-teman blogger lainnya, baik yang dikenal maupun yang tidak dikenal, tetapi bersedia meneruskan awardnya.

3. Membuat ajakan moral untuk menulis tentang konten positip untuk melawan konten negatif. Misalnya menautkan kata kunci anak SMP dengan tulisan yang baik bukan dengan tulisan yang berkonotasi negatip. Sampai saat ini kata kunci anak SMP selalu berakhir pada hal yang kurang baik, sehingga tugas kita untuk menulis hal yang baik dengan kata kunci anak SMP.

4. Melakukan kegiatan yang mengingatkan kita bahwa ada dunia lain selain dunia blogger. Misalnya berkirim surat via pos sambil mengingatkan betapa pentingnya menulis untuk kebaikan. Bila anda mempunyai PR yang bagus dan Alexa ranking yang juga bagus, maka hati-hatilah dalam menulis. Tulisan yang baik akan membuat orang mengikuti anjuran untuk berbuat baik, tetapi sekali kita menulis tentang hal yang tidak baik, maka tanggung jawab kita adalah sebagai pelopor berbuat ketidak baikan di antara para pembaca blog kita.

Mau ?

kartu pos sahabat blogger

kartu pos sahabat blogger

9 komentar

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.