Big Miracle di Arctic Ocean dan Paus di Karawang

Paus yang terdampar di karawang 1

Dalam film Big Miracle yang berdasar true story, Drew Barrimore berjuang keras untuk menyelamatkan sebuah keluarga Paus yang terdiri dari dua orangtua dengan satu bayi Paus. Sementara itu sejak hari Rabu, 25 Juli 2012, sekelompok pecinta binatang berusaha dengan keras untuk menyelamatkan Paus dari perairan dangkal di Pantai Tanjung Pakis, Pakisjaya, Karawang, Jawa Barat.

Sampai hari ini, Minggu, 29 Juli 2012, upaya ini masih terus dilakukan meskipun banyak kendala menghadang di depan. Kendala terbesar tentu dangkalnya perairan, sehingga kapal besar yang akan dengan mudah menarik ikan paus tidak bisa mendekati sang Paus.

Relawan yang ikut berjuang mengatasi kendala itu tercatat ada dari Scuba Diver Indonesia, Jakarta Animal Aid Network, Tagana, dan Sagara, dibantu kapal dari Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai serta Pertamina. Selain itu tentunya masih banyak relawan yang tidak tercatat yang ikut berjuang untuk menyelamatkan ikan paus yang terdampar itu.

Big Miracle penyelamatan Paus dari dinding es

Kisah ini jadi mirip dengan kisah Paus yang terjebak es di Arctic Ocean. Begitu kerasnya hati seorang Drew Barrymore dari Green Peace untuk menyelamatkan sang Paus. Segala hal dilakukan Drew untuk menyelamatakan dan akhirnya kegigihan ini membuat banyak orang tergerak hatinya untuk ikut membantu.

Ada bantuan sukarela, ada bantuan karena butuh publikasi dan ada juga yang tidak sengaja terpaksa membantu. Usaha mereka semuanya berhasil tetapi tetap juga hanya merupakan sebuah usaha kecil dibanding masalah yang dihadapi oleh sang Paus.

Mereka hanya bisa memperpanjang hidup sang Paus tetapi tidak bisa memecahkan masalah sebenarnya, yaitu bagaimana mengeluarkan Paus itu dari jebakan lapisan es yang begitu tebal. Harapan terbesar mereka adalah sebuah kapal tongkang milik pengusaha oil and gas yang ditarik dua buah helikopter khusus.

Big Miracle penyelamatan Paus dari dinding es

Kegagalan dan kendala terus bermunculan, sehingga Drew dan para sukarelawan harus memeras otak untuk terus berjuang demi mengeluarkan Paus dari jebakan dinding tebal es kutub utara. Sampai akhirnya sebuah keputusan sulit harus diambil ketika mereka terbentur pada birokrasi antara dua negara besar waktu itu, Sovyet dan Amerika.

Lalu apa jadinya ketika jurus terakhir dari sebuah kapal besar juga terancam gagal?

Sebuah film yang sangat menarik untuk mereka yang cinta binatang laut dan cinta akan alam yang indah ini. Big Miracle memang penuh dengan keajaiban dan itulah yang dibutuhkan oleh sang Paus yang terdampar di Karawang. Kekurangan tali masih jadi kendala, padahal mestinya mudah dilakukan, tetapi itulah yang diberitakan di kompas online hari ini. Mereka masih kekurangan tali dan terkendala oleh dangkalny aperairan di Pantai Tanjung Pakis, Pakisjaya, Karawang, Jawa Barat.

Mari kita berdoa, semoga yang terbaik yang terjadi di Karawang. Amin.

Paus yang terdampar di karawang 1

Paus yang terdampar di karawang 1

+++

Gambar dari Koran Tempo dan FB Film Big Miracle

2 komentar

  • udah berhasil kemarin bos…

    Suka

    • Alhamdulillah,
      semoga bukan yang terdampar (lagi) di pantai Gembong Bekasi ya

      salam sehati

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s