Gowes Guyub Membelah Jakarta Hari H : 2 September 2012

Gowes Guyub 2012 Menteri PU

“Saya siapkan diri saya untuk jadi pemasaran SLERET, silahkan ditaruh di kantor kementrian agar bisa dilihat siapapun yang datang ke Jakarta”

Sambutan dari Pak Djokir, Djoko Kirmanto, Menteri PU membuat para peserta Gowes Guyub bertepuk tangan meriah. Sleret adalah istilah slang dari SLRT alias Sepeda Listrik Roda Tiga. Sebuah nama yang bagus dan menjual, merupakan perwujudan dari sebuah sepeda serba guna untuk mereka yang mempunyai kendala khusus dalam bersepeda.

“Daripada kita melihat para pinisepuh yang ingin bersepeda tetapi mempunyai kendala dalam menaiki sepeda roda dua yang normal, maka disediakan sepeda roda tiga yang relatif lebih stabil dan lebih nyaman di gunakan”

“Mbok-mbok yang suka membawa barang banyak memakai sepeda roda dua, akan sangat terbantu dengan adanya sepeda ini. Tinggal pasang bagasi di belakang untuk membawa barang atau pasang kursi lega untuk mereka yang hanya ingin berduaan naik sepeda”

“Anak-anak ABG saat ini banyak yang berkeliaran di atas motor padahal mereka belum mempunyai SIM, kenapa orang tua mereka tidak membelikan saja SLRT, Aman dan nyaman”

Perlu kesadaran dari banyak pihak memang untuk memaksa anak-anak ABG agar tidak memakai sepeda motor sebelum mempunyai SIM dan SLRT merupakan salah satu solusi untuk memenuhi keinginan para ABG itu.

Gowes Guyub 2012 Menteri PU

Seusai acara Gowes Guyub di lokasi Car Free Day Jakarta, maka rombongan tim pesepeda Teknik UGM ini langsung meluncur ke Ancol dan ditemui oleh Boss Tija Ancol, pak Budi. Apa yang disampaikan pak Budi ini sangat sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pak Djokir.

“Saatnya kita bicara hilirisasi untuk karya kita, jangan terjebak pada detil di hulu, tapi cobalah berpikir agar apa yang kita temukan bisa dipakai oleh orang banyak. Akan jelas manfaatnya dibanding hanya menjadi kajian ilmiah tanpa ada action untuk mewujudkannya”, tandas Pak Budi.

Pak Djokir juga menekankan pada hal yang sama.

“Saya sudah menemukan banyak sekali inovasi di dunia teknik yang ada di PU. Sayangnya temuan itu hanya ada di atas kertas saja dan belum ada yang bisa membuat berita besar karena sudah berhasil diwujudkan dalam bentuk yang nyata. Saya jadi curiga, jangan-jangan inovasi itu dibuat hanya untuk mengejar sesuatu bukan untuk dimimpikan terwujud dalam dunia nyata”

Pak Djokir menyempatkan naik sepeda roda tiga itu, baik sendirian maupun bergoncengan dengan pak Didi, alumni Teknik yang menjadi Direktur Waskita.

Dengan beban seberat itu, maka SLRT masih mampu mencapai kecepatan 40 km/jam bila memakai listrik yang sudah di”charge” selama 8 jam. Pada kondisi tanpa listrik, sepeda ini memang sedikit lebih berat dibanding sepeda pada umumnya. Hal ini terjadi karena banyaknya bidang yang bergesekan dengan jalan. Konsepnya memang sangat berbeda dibanding dengan sepeda balap, yang sangat minimal bidang geseknya dengan jalan.

Gowes Guyub 2012 Menteri PU

Dalam acara Gowes Guyub ini terlihat mengapa Pak Djokir layak jadi menteri PU sampai saat ini.

Sangat merakyat, cerdas dan sangat cinta Indonesia. Tidak hanya sanggup memperkenalkan sepeda dari UGM, beliau juga melakukan demo menaiki sepeda buatan perguruan tinggi lainnya. Para peserta juga mengapresiasi sepeda model mini dari perguruan tinggi non UGM itu. Mereka ramai-ramai mencobanya, tanpa melihat siapa pembuat sepeda itu. Sebuah iklim yang sangat berbeda dibanding iklim di dunia politik yang begitu penuh dengan kepentingan abadi.

Hari ini semua peserta melebur menjadi sebuah keluarga Indonesia, darimanapun asalnya dan apapun warna kulitnya. Lomba-lomba yang lebih menekankan unsur FUN juga terlihat di acara ini. Lomba slalom memakai sepeda (amat) mini, lomba sprint sepeda tandem dengan posisi gigi tanjakan, dan lomba-lomba lainnya mewarnai acara pagi itu.

“Apapun model acaranya, jangan tinggalkan kata Guyub di menu acara. Sampai ketemu di acara yang lain”

Gowes Guyub 2012 Menteri PU

2 komentar

  • Ping-balik: Gowes Guyub 12 Mei 2013 | Eshape Blogger Jogja

  • Reblogged this on KAGAMA VIRTUAL and commented:

    Gowes Guyub Membelah Jakarta Hari H : 2 September 2012

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s