Tarsius Monyet kecil

Sepasang Tarsius Monyet Kecil

“Mau lihat Tarsius monyet kecil pak?”

“Sekecil apa?”

“Kecil banget pak, ini memang monyet terkecil kok. Sekitar 20 cm tingginya dan hanya ada di Sulawesi utara”

“Jauh nggak?”

“Sekitar sejam dari Manado”

“Menarik juga ya?”

“Besok kita ke taman margasatwa di pinggi pantai, lokasi monyet kecil Tarsius dan kalau bapak datang lagi ke Manado kita bisa alokasikan waktu untuk ke Bunaken”

“Oke, deal !”

Jadilah aku siap-siap pagi-pagi di hotel menuju ke taman margasatwa di tepi laut. Sayangnya aku tidak punya nomor telepon driver yang menjemput aku, padahal ternyata dia sudah menunggu dari pagi di parkiran hotel. Kurangnya komunikasi membuat perjalanan yang seharusnya pagi berubah menjadi siang. Alhasil sampai di lokasi juga sudah siang, karena ternyata makin siang jalanan makin macet.

Sebenarnya ada satu hal yang membuat aku tidak berkomunikasi dengan sang driver. Semua gara-gara di HBO memutar film “Jumping the broom” yang keren habis.

Ternyata lokasi Tarsius ada di sebuah kandang khusus. Kita harus membayar 50 ribu rupiah dulu untuk masuk kandang dan melihat sang monyet. Sayangnya kita tidak boleh berinteraksi dengan sang monyet, sehingga tidak bisa membandingkan seberapa besar monyet itu kalau ada di tangan kita.

Katanya monyet ini adalah contoh pasangan hidup yang setia sehidup semati. Kalau pasangannya meninggal, maka yang ditinggal juga segera menyusul dan tidak kawin lagi. Beda denga nmanusia ya (namanya juga binatang pasti beda dengan manusia).

Lokasi kandang yang gelap membuat kita membuka lensa besar-besar agar gambar bisa jelas, sayangnya di kondisi panas terik seperti ini, maka back groud dari sang monyet adalah cahaya yang gilang gemilang.

Monyet kecil Tarsius

Akhirnya gambar yang diambil tidak bisa sempurna. Mungkin kali lain harus datang lagi dan memilih waktu yang nyaman untuk memotret. Saat ini karena diburu waktu dan lapar yang melanda, maka sedapatnya kita ambil ganbar dan pulang menuju Manado.

Baru tahu juga kalau lokasi taman margasatwa ini bukan milik pemerintah tetapi milik swasta yang cinta akan hewan, dari segala macam hewan yang bisa dia kumpulkan. Ada burung elang, buaya, babi rusa dll semuanya ada di kandang yang lumayan terawat, meskipun kurang ditata dengan menarik.

Kandang burung kalau bisa dibuat lebih besar, mungkin burungnya akan lebih gembira dan lebih mudah difoto. Dengan kandang yang seadanya, meski lumayan bersih, maka sang burung hanya diam terpaku sepanjang hari.

Burung elang

Lokasi taman margasatwa ini memang cukup rimbun, sehingg abiarpun terletak di tepi pantai tetapi udaranya tidak panas sekali, malah terasa angin yang cukup sejuk. Tidak tahu juga kalau musim panas, mungkin terasa panas juga.

Pulang dari melihat Tarsius monyet kecil, kita mampir ke daerah Sukur dan makan di RM Sukur Jaya. Bagi yang belum pernah ke RM Sukur Jaya ini, sangat dianjurkan untuk mencicipi kepala ikan kakap bakar. Rasanya benar-benar dahsyat luar biasa.

Aku coba kepala ikan kakap bakar ukuran sedang dan sangat nikmat, sementara itu menurut pelayan yang melayani kita, katanya paling enak yang ukurannya besar.

“Lebih berdaging !”, katanya.

Namun ketika hal ini kuceritakan pada kawanku yang pernah makan di sana, maka sudah benar pilihanku untuk menyantap yang ukuran sedang.

“Itu pilihan menu yang paling lezat, kalau yang ukurannya besar malah terlalu berdaging sehingga kalah lezat”

Wisata Manado Sulawesi Utara jadi makin lengkap dengan melihat Tarsius Monyet kecil dan makan kepala ikan kakap bakar di RM Sukur Jaya.

Sepasang Tarsius Monyet Kecil

Sepasang Tarsius Monyet Kecil

 

 

5 komentar

  • Kalau beli monyet ini, aku nggak tahu deh dimana belinya
    memang ada yang njual ya ?

    apa bukan masuk hewan yang dilindungi ?

    salam sehati

    Suka

    • Disini ad,gw punya satu jantan
      sempat minat beli ?

      Suka

  • Di Taman safari ada juga tuh Pak. Lokasinya kalo gak salah di deket resto. kira-kira ada yang jual gak? hehehe
    http://www.anakgunung.web.id

    Suka

    • Hahahaha….

      Monyet ini kayaknya pemalu banget dan jangan-jangan kalau nggigit bikin kita mabuk ya?
      Makasih infonya Mas.

      Salam sehati.

      Suka

      • Iya pemalu. hehehe. pengen beli dimana ya?

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s