Kekayaan yang nyata adalah kesehatan

Kekayaan yang nyata adalah kesehatan

“Kekayaan yang nyata adalah kesehatan. Yang setuju tak doain sehat selalu. Amin”, begitu kutulis di akun twiterku pagi ini. Beberapa teman langsung merespon dengan mengamini atau sekedar RT.

Bagi yang selalu sehat, kalimat itu seperti tanpa makna, hanya bisa dipikirkan tapi susah diresapi. Bagaimana kita bisa merasakan sebuah kekayaan kalau kekayaan itu seperti tak terasa menempel di tubuh kita. Kekayaan itu baru akan terasa ketika kita sakit dan terkapar di ranjang tanpa daya.

Saat seperti itu baru kita sadari betapa nikmatnya sehat itu.

Orangpun sering tidak bisa memahami bahwa sakit adalah nikmat yang diberikan Sang Maha Kasih pada kita. Bagaimana mungkin sebuah perasaan kesakitan bisa menjadi sebuah kenikmatan. Tidak masuk akal !:-)

Jadi kalau ada pernyataan “Kekayaan yang nyata adalah kesehatan”, maka nilainya kurang lebih sama dengan sakit adalah sebuah kenikmatan. Susah diresapi untuk mereka yang belum pernah sakit, meskipun bisa dipikirkan nilai kebenarannya.

Saat kita sakit dan kita lihat kaki kita yang tidak bisa digerakkan, maka ada dua kemungkinan yang terjadi, atau  mungkin lebih. Kemungkinan pertama, kita akan menyesali mengapa kaki kita jadi seperti itu. Kita sesali peristiwa yang membuat kaki kita menjadi seperti itu.

Kemungkinan ke dua, kita merasa telah banyak memakai fungsi kaki, dan kini saatnya kaki kita diistirahatkan. Saat sudah sembuh nanti, maka kita akan lebih hati-hati memakai kaki kita, sehingga tidak sakit seperti saat ini.

Kemungkinan ke dua ini membuat hati kita tenang, ikhlas dan menerima kondisi sakit ini sebagai sebuah kenikmatan dari Tuhan. Perasaan semacam ini akan membuat kita makin cepat sembuh dan makin cepat menikmati kekayaan kita lagi berupa kesehatan.

Di rumahku aku sering mengajarkan cara sehat yang sederhana. Ikuti jam biologis saja dan rasakan kenikmatannya. Mau rumusnya ? Ini dia :

1. Tidur sebelum jam 23.00, karena jam 23.00 sampai dengan jam 01.00 tengah malam adalah saat proses regenerasi sel. Bila kita tidur pada jam itu, maka proses ini akan berjalan optimal.

2. Bangun sebelum subuh dan nikmati udara yang kaya oksigen gratis di waktu dinihari. Bagi yang suka sholat malam, inilah saat yang paling tepat. Inilah saat tubuh kita senang kalau kita terbangun dan bersemedi.

3. Selalu sarapan pada pagi hari dan BAB sebelum atau setelah sarapan. Pada pagi hari tersebut, usus besar kita bekerja optimal, sehingga semua hal yang berkaitan dengan usus besar sebaiknya diproses dengan baik.

Itulah tiga jurus dasar ilmu jam biologis manusia. Ilmu lainnya masih banyak sih, nanti kita tulis lagi. Mari kita jaga kesehatan diri kita sendiri dan juga orang-orang di sekeliling kita, orang-orang yang dekat dengan kita, termasuk para pembaca blog ini. Semoga sehat selalu.

Mari kita percaya bahwa “Kekayaan yang nyata adalah kesehatan”.

Kekayaan yang nyata adalah kesehatan

Kekayaan yang nyata adalah kesehatan

10 komentar

  • ini bermanfanfafat bgnaet bagi saya yang berbisnis online, jujur emang selalu dinomer satukan, joe girarde melakukans ama seperti nabi kita muhammad .

    Suka

  • It seems that they were making it clear that the smoke monetsr is what killed the pilot at least in my head there is only one mysterious monetsr now. They also explained that the monetsr has a temper, which could explain why it killed the pilot when hewas giving the losties info on where they might be as he was explaining what he knew?Any thoughts?

    Suka

  • Reblogged this on Kuliner Sehat di lidah dan di HATI and commented:

    Tidur sebelum jam 23.00, karena jam 23.00 sampai dengan jam 01.00 tengah malam adalah saat proses regenerasi sel. Bila kita tidur pada jam itu, maka proses ini akan berjalan optimal.

    Suka

    • Save me the Jesus stick, a couple of Benjamin Linus wigs and the spade they used to bury Nikki & Paulo.Although, reallsticaily, I can only afford one of Hurley’s socks.

      Suka

  • kacau, saran-saran kesehatannya bertolak belakang dengan kebisasaan saya yang suka begadang, jarang sarapan.

    Suka

    • hahaha….
      ya memang begitulah sarannya
      bagi yang suka begadang memang jadi bertolak belakang, enggak banget deh !:-)

      salam sehati

      Suka

  • benar sekali mas eko,…yg masih agak sulit adalah tidur sore mas 😦

    Suka

    • Salam.

      Semoga mbak Irma makin tinggi ilmu Yoganya, sehingga sangat mudah untuk menidurkan diri sendiri.
      Aku dulu belajar Yoga hanya karena ingin bisa tidur dengan mudah dan nyenyak.
      Kualitas tidur sangat diperlukan untuk menunjang hidup yang sehat.
      Saat ini tidurku belum berkualitas, tetapi semoha sudah mencukupi.
      Amin.

      Salam sehati

      Suka

      • a few nice spoilers reseled, a good one at 15, mims in.i really like these podcasts, even thou they have more questions then answers,.to me it seems out off the 2 is the head Men. always asking. i have to wonder about whos writing the shows, i only say this as writing scripts u will see are done by not the same persons, but more then 10, so i guess these have a guide line to what to work with.

        Suka

      • You’ve captured this perfectly. Thanks for taking the time!

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s