#KagamaGoesGreen : Donor Darah

aCTUALLY WE DO SOMETHING

“#KagamaGoesGreen : Donor Darah jadinya tanggal berapa mas Eko?”

“Tanggal 8 Desember 2012 mas”

“Mas Herry Zudianto, mantan Walikota Jogja apa ikutan?”

“Insya Allah ikutan mas. Beliau kan bosnya PMI DIY, jadi mestinya ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah dalam rangkaian kegiatan KagamaGpoesGreen ini”

“Siip mas, semoga sukses ya mas”

“Amin. Ikutan donor darah kan mas?”

“Hmm… mas Eko ikut juga ya?”

Nah kalau sudah bicara masalah ini, aku jadi kehabisan kata-kata. Harusny akujawab ikut, tapi aku pasti tidak ikut, jadi njawabnya harus mengambang. Seolah ikut tapi tidak ikut.

“Kenal mas Syaukat Ali dosen UGM? Nah dia yang menginspirasiku untuk selalu ikut donor darah dimanapun berada”

Jawaban ngambang itu seolah-olah menegaskan kalau aku suka acara donor darah dan ikut acara donor darah dimanapun acara iotu dilakukan. Padahal aku sama sekali tidak bisa lagi ikut menjadi pendonor.

Tahun 80an aku masih aktif ikut donor darah, tapi sejak aku divonis carrier hepatitis B, maka selesailah tugasku untuk menjadi pendonor darah atau yang kuberi darah malah akan menjadi (makin) sakit.

Mas Syaukat Ali ini adalah pendonor darah yang begitu rajin melakukan pengambilan darah dan disumbangkan ke PMI Jogja. Sebagai atlit pencak silat dari Perisai Diri, mas Syaukat Ali terlihat sehat dan bertenaga, meskipun darahnya selalu disedot setiap beberapa bulan. Entah sudah berapa medali yang dia terima karena rajinnya dia menyumbangkan darah. Itu mungkin merupakan tabungan amal yang susah disaingi.

Akupun jadi ingat mbak Silly, aktifis Blood for Life Indonesia. Perjalanan mereka sungguh membuat air mata tanpa terasa menetes di pipi. Setetes darah itu ternyata sangat bermanfaat bagi orang lain. Satu orang pendonor bisa jadi akan menolong 2 atau 3 orang yang membutuhkan darah. Paparan mbak Silly di acara ulang tahun BeBlog yang ke tiga membuat semua orang jadi ingin tahu tentang Blood for life (BFL)

BFL is currently a mailing list from googlegroups called blood-for-life@googlegroups.com.

Siapapun yang ingin bergabung, dipersilahkan mengirimkan email kosong ke alamat tersebut diatas. Atau kirimkan alamat email anda ke sillystupidlife@gmail.com, maka dijamin anda akan segera dipastikan menjadi member dari gerakan ini. Kalau bisa, akan lebih nyaman untuk anda jika alamat yang diberikan adalah alamat gmail  account.

Acara donor darah memang selalu menakutkan bagi yang belum pernah melakukannya, tapi sangat menyenangkan bagi yang sudah pernah melakukannya. Bagaimana tidak menarik, kegiatan DD (Donor Darah) adalah kegiatan yang menbuat badan kita semakin sehat dan efek sampingnya adalah mengalirnya pahala buat kita.

Marilah kita mencoba berpikir sederhana. Kalau saja kita atau keluarga kita yang butuh darah dan tidak ada yang menolong karena habisnya stok darah di PMI, apa yang dapat kita lakukan? Inilah saatnya ikut mensukseskan acara #KagamaGoesGreen : Donor Darah. Semoga tidak ada anggota keluarga kita atau kita sendiri yang memerlukan darah orang lain, semoga kitalah yang bisa membantu hidup orang lain dengan tetesan darah kita.

Amin.

aCTUALLY WE DO SOMETHING

aCTUALLY WE DO SOMETHING

+++

Manfaat donor darah :

1. Mengurangi risiko sakit jantung

2. Untuk pendonor reguler, tiap 3 bulan sekali dicek kesehatannya secara gratis, minimal tahu kadar HB, tekanan darah dsb. Jadi tahu kondisi sendiri.

3. Dengan beberapa menit disedot darahnya, sudah bisa menolong beberapa tahun umur seseorang dan menggembirakan banyak teman, sahabat dan saudara penerima darah anda..

4. Satu kantong darah yang didonorkan bisa digunakan untuk menyelamatkan 3 orang.

5. Setelah donor darah dibutuhkan waktu sekitar 4-8minggu untuk mengganti sel darah yang hilang, proses ini sangat bagus untuk tubuh.

6 komentar

  • Owh baru tau Pak Syaukat Ali gemar donor darah. Beliau dosen saya waktu kuliah di D3 SIpil UGM. Saya juga pernah donor darah, tapi baru sekali. Waktu itu berat badan saya gak sampe 50 kg.

    Suka

    • Yes..

      Pak Syaukat Ali adalah pendekar Perisai Diri yang gemar donor darah secara rutin.
      Patut dicontoh.

      Salam sehati

      Suka

  • Reblogged this on KAGAMA VIRTUAL and commented:

    Acara donor darah memang selalu menakutkan bagi yang belum pernah melakukannya, tapi sangat menyenangkan bagi yang sudah pernah melakukannya. Bagaimana tidak menarik, kegiatan DD (Donor Darah) adalah kegiatan yang menbuat badan kita semakin sehat dan efek sampingnya adalah mengalirnya pahala buat kita.

    Suka

    • Iya sehat.

      Suka

  • thank infonya…

    Suka

    • sama-sama

      salam sehati

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s