#SinauSEO : Page Rank (PR) 4

Alexa rank eshape.wordpress.com

Kulihat sisi kanan blogku, dibawah ajakan follow twitterku ada petunjuk nilai Page Rank (PR) 4. Wah rupanya nilai PR-ku balik lagi ke angka 4, setelah sempat turun ke angka 3.

Follow eshape on Twitter

pagerank image

http://bengawan.org/

Internet Sehat

100 Blog Indonesia Terbaik

Selama ini banyak blogger yang mencoba mengejar page rank dengan berbagai cara. Mulai dari ilmu putih, abu-abu sampai ilmu hitam. Dengan ilmu putih, memang PR akan sangat lama didapat. Apalagi kalau kita malas melakukan update isi blog. Kisah mendapat PR tinggi tentu hanya menjadi impian saja.

Algoritma penentuan PR juga kadang terlalu sulit dipahami, sehingga muncul pengertian yang berbeda-beda tentang PR.

Lalu apa sih kegunaan PR itu, angka 4 dari 10 (4/10) itu maksudnya apa sih?

Google memang membuat pengukuran seberapa penting blog kita dengan nilai dari 0 sampai 10. Makin tinggi angkanya berarti makin penting situs (blog) kita di mata Google. Setiap pencarian dengan keyword tertentu pada mesin pencari Google akan diarahkan oleh Google menuju ke situs yang mempunyai PR paling tinggi dan kemudian baru ke PR yang lebih rendah.

Nilai Page Rank (PR) ini dipengaruhi oleh banyaknya link ke situs kita dan seberapa penting situs yang memberi link ke situs kita. Gampangnya kalau ada situs dengan PR 10 memberi back link ke kita, maka Google akan menganggap situs kita sebagai situs penting. Berbeda kalau ada 100 situs yang memberi back link pada kita tetapi 100 situs tersebut tidak mempunyai PR tinggi atau hanya mempunyai PR 0. Jadi 100 back link dari situs yang mempunyai PR rendah dianggap tidak ada atau tanpa arti, bahkan ada yang mengatakan 100 link itu sebagai penghancur situs kita sendiri.

Inilah yang membuat adanya kegiatan saling bertukar link, dengan harapan kalau ada situs yang naik PR-nya maka yang lain akan ikut naik. Sayangnya kadang tukar menukar link ini jadi tidak efektif karena banyak yang maunya terima link tetapi tidak mau memasang link balik. Kalau di twitter mungkin seperti senang kalau di”follow” tetapi tidak mau mengikuti (follow).

Memang berdasar algoritma yang disusun google, maka terlihat bahwa semakin banyak link keluar dari blog kita dibanding link yang menuju ke blog kita akan membuat PR kita menjadi rendah. Aku sendiri tidak peduli dengan algoritma dari Google itu, sehingga aku tetap punya halaman khusus buat mereka yang menganggapku sebagai temanku. Kupasang link mereka di halaman tersebut.

Anda tertarik masuk di halaman link sahabat, silahkan ikuti aturan disana. Sangat gampang dan tidak ada yang sulit. Mau tahu aturannya? Inilah dia :

Contoh pengisian link di halaman link sahabat.

Nama : Eko Sutrisno HP
Alamat blog : http://miesehati.com/
Komentar : Mie Sehati hanya punya tiga rasa yaitu Enak, Enak Banget dan Enak sekali

Komunitas :
TDA, Blogger Cikarang, Blogger Bekasi, Kompasiana, Cimart, Politikana dan lain-lain

Kota yang pernah ditinggali :
Yogya, Malang, Surabaya, Jakarta, Medan, Banda Aceh

Kota yang dicintai (selain yang ditulis di atas)
Semarang, Solo, Denpasar, Gemolong, Sukoharjo

Lain-lain :
Senang menjadi penyejuk dan penawar hati

Nah kalau sudah mengisi komentar di halaman link sahabat, maka tunggu saja (dengan sabar) dan link anda akan saya tulis di halaman itu.

Kenapa harus sabar? Ya karena saya tidak setiap saat berada di depan komputer, sehingga saat anda menuliskan link anda, maka saya hanya bisa menuliskannya lagi setelah saya online. Apakah benar link di halaman itu bisa menaikkan peringkat halaman (Page Rank/PR) anda?

Silahkan tunggu saja (dengan sabar), karena Google sangat sabar juga dalam menaikkan/menurunkan PR sebuah situs. Yang penting jangan sampai kita menulis blog karena ingin mempunyai PR tinggi, dijamin PR tidak akan tinggi-tinggi, tetapi menulislah dengan hati, menulislah yang bermanfaat bagi para pembaca anda, maka tanpa anda sadari PR akan naik sendiri. Lalu lintas pengunjung juga akan makin ramai karena pembaca blog kita mendapatkan sesuatu dengan mengunjungi blog kita. Biasanya PR akan berjalan sejajar dengan alexa rank.

Mau tahu alexa rank blog ini saat artikel ini ditulis. Inilah nilainya.

Alexa rank eshape.wordpress.com

Alexa rank eshape.wordpress.com

+++

catatan : Nilai PR di halaman ini saat artikel ditulis adalah 4, tetapi beberapa waktu kemudian bisa berubah menjadi lebih tinggi atau lebih rendah. Kita lihat saja sama-sama.

9 komentar

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.