5 jurus mendatangkan pengunjung blog


Pagi tadi aku memberikan kultwit tentang #sinaublog yang intinya adalah tentang 5 jurus mendatangkan pengunjung blog. Bertebarannya jurus-jurus SEO memang sangat menarik minat para pencari info tentang bagaimana meningkatkan trafik pengunjung blog kita. Beberapa tulisan kulihat sangat menarik dan beberapa tulisan kulihat kurang sesuai dengan semangat blogger.

Pernah suatu kali aku datang saat ada acara berbagi tips ngeblog oleh blogger kondang dan aku jadi kecewa bukan main, karena sang blogger kondang tersebut menggunakan jurus black SEO saat menterkenalkan blognya. Saat dia sudah terkenal, maka black SEO memang sudah tidak dipakainya lagi, tapi testimoninya membuat para pendengar pasti ada yang tergerak untuk mencontoh ilmu SEO hitamnya itu.

Aku lebih suka mendengarkan ceramah mas Jamil Azzaini, blogger yang tidak memperdulikan ilmu SEO tetapi menjalankan apa yang diajarkan dalam ilmu SEO secara natural, tidak dibuat-buat dan hasilnya juga sangat luar biasa.

Lihat saja pencapaian mas Jamil di usia blognya yang masih belum lama. PR dari google sudah mencapai angka 3/5 padahal blognya adalah blog berbayar, demikian juga alexa rank yang sudah mencapai angka 144.945 di tingkat dunia atau 2.708 di tingkat Indonesia. Angka ini jelas lebih hebat dibanding blogger kondang yang pernah memakai jurus blackSEO.

Silahkan simak kultwitku tadi pagi tentang 5 jurus mendatangkan pengunjung blog.

sinau blog

sinau blog

1. Menulislah untuk kepuasan hati sekaligus bermanfaat buat pembaca, tulisanmu akan punya jiwa (soul)

Apa gunanya menulis kalau hati kita malah jadi tidak terpuaskan, jadi kepuasan hati perlu sebagai target dari tulisan kita. Sekaligus dengan kepuasan hati adalah manfaat tulisan kita. Kalau tulsian kita memuaskan hati kita tetapi tidak bermanfaat untuk para pembaca, sebaiknya tulisan tersebut tidak usah ditayangkan, karena pasti tidak bermanfaat apa-apa, bahkan akan menjauhkan pembaca dari blog kita. Tulisan dengan hati dan bermanfaat buat pembaca, seperti tulisan yang mempunyai jiwa (soul), Untuk topik yang sama, pembaca akan lebih suka pada tulisan yang punya jiwa.

2. Minimal menulis 1 artikel setiap minggu, idealnya sehari satu artikel, seperti mas @jamilazzaini

Google sangat suka dengan blog yang hidup, artinya blog selalu diupdate. Setiap saat mesin Google mencari artikel baru dan melakukan index terhadap artikel baru. Blog yang sering diupdate akan mempunyai rekaman yang baik di Google, jadi menulis rutin sangat perlu untuk menunjukkan bahwa blog kita hidup. Bagaimana membuat kita mampu menulis secara rutin? Untuk pertanyaan ini, kita harus punya visi dan misi saat memutuskan untuk menjadi penulis blog (nara blog). bila visi misi kita menulis blog jelas, maka kita akan tersemangati untuk menulis secara rutin. “Cintai blogmu dengan menulis blog secara rutin”, begitu nasihat mas Jamil Azzaini.

3. Menulis dan terus menulis dengan otak kanan dan setelah selesai koreksi dengan otak kiri, tulisan akan hidup dan rapi

Otak kanan punya sifat imajinatif, tidak terstruktur dan meloncat-loncat. Dengan mempergunakan otak kanan, maka tulisan kita akan sangat imajinatif, tetapi punya kelemahan yaitu kurang terstuktur dan kadang meloncat-loncat. Tugas otak kiri adalah memeriksa tulisan kita agar bisa dicerna dengan baik oleh pembaca. Urut, rapi dan tetap imajinatif.

4. Ikutlah komunitas blogger agar mendapatkan aura positip dari blogger lainnya @bloggerbekasi

Dengan ikut pada sebuah komunitas blogger, maka banyak ilmu yang bisa diambil dari komunitas itu. Tidak perlu jauh bertanya, karena semua senior di komunitas itu biasanya sangat murah memberikan tips atau tutorial. Minimal kita sudah mempunyai teman untuk saling berkunjung (blogwalking). Kegiatan offline (kopdar) dari sebuah komunitas blogger membuat kegiatan online makin bermakna.

5. Semua ilmu #SEO sangat bermanfaat, tetapi puncak dari ilmu #SEO adalah content. Konten itu Raja !

Kalimat “content is King” sangat popular dan menjadi senjata pamungkas dalam ilmu SEO. Namun dalam era mobile gadget ini, maka perlu dipertimbangkan untuk memasang theme blog yang ramah saat diakses memakai mobile gadget. Banyak teman blogger yang tidak tahu ilmu SEO tetapi blognya punya PR tinggi. Semua itu terjadi karena mereka menulis yang bermanfaat bagi pembacanya. Blog menjadi mudah dicari karen apunya PR yang tinggi dan mempunyai nilai alexa rank yang bagus, karena sering dikunjungi.

Setelah membaca 5 jurus mendatangkan pengunjung blog, semoga blog anda bisa lebih hebat dari blog ini (atau jangan-jangan sudah lebih hebat?). Selamat menulis

+++

Baca juga artikel ini :

#SinauSEO : Memperbanyak lalu lintas Blog | Dari “Kaca Mata”-ku
Sinau SEO : Search Engine Optimization | Dari “Kaca Mata”-ku
Sinau SEO : Pengaruh Twitter pada Blog | Dari “Kaca Mata”-ku

18 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.