Tinjauan tahun 2012 dan rencana 2013


“Mas Eko, sudah melakukan tinjauan tahun 2012 dan rencana 2013?”

“Kenapa? Apa harus dilakukan?”

“Harus mas, supaya kita tahu apa yang telah kita kerjakan dan apa yang akan kita kerjakan di tahun depan?”

“Bukannya itu kegiatan harian? Bukan kegiatan yang harus dilakukan setiap tahun tapi setiap hari?”

“Wah ya jangan gitu donk mas. Harus ada evaluasi yang sifatnya harian dan ada yang tahunan”

“Kok mengharuskan seperti itu sih?”

“Hahahaha…. mas Eko sedang guyon ya?”

“Hahahaha…. hidup hanya sekali ya harus banyak guyon mas, biar gak tegang otot muka kita”

Jadi ingat Pak Ustadz di masjid kemarin cerita juga tentang tidak istimewanya pergantian tahun ini, karena kita punya tahun yang berbeda dengan tahun masehi.

“Kita punya kalender sendiri, jadi kalau mau merayakannya ya mari kita rayakan tahun baru Islam bukan tahun baru Masehi!”, ucap pak Ustadz.

Pengalamanku selama beberapa tahun ini nampaknya aku juga tidak pernah merayakan pergantian tahun di luar rumah. Paling ada teman-teman yang main ke rumah dan pulang ketika pergantian tahun, tapi itu rasanya sudah lama terjadi, saat aku masih di Cikarang Bekasi.

Pergantian tahun yang lainnya sering kulewatkan bersama keluarga di rumah dan tidak ada acara apa-apa. Entah kalau tahun ini. Hanya saja sampai hari ini belum ada permintaan dari anak istri tentang acara perpindahan tahun masehi ini. Mungkin akan berlalu lagi seperti tahun-tahun yang lalu.

Aku baru “ngeh” tentang tahun baru justru karena muncul notifikasi di FB (Facebook). Ternyata sudah hampir habis tahun 2012 ini. Artinya akan ada liburan besar-besaran di akhir tahun. Jalan yang macet dan pusat perbelanjaan yang ramai sampai larut malam.

Tinjauan Tahun 2012

Tinjauan Tahun 2012

Ternyata tahun ini aku mendapat 76 teman baru dan 99 halaman FB yang kusukai. Ada juga beberapa peristiwa penting di tahun 2012 yang dicatat dengan rapi oleh FB. Wah lumayan juga nih layanan FB di ujung tahun 2012 ini.

Ada pertemanan pertama dengan mbak Ani di Batam yang baru terjadi di tahun ini, padahal blog mbak Ani sudah lama muncul di blogku. Lucunya lagi ternyata blog mbak Ani malah sudah “is dead!” alias tidak diurusi lagi. Seharusnya dia fokus ke blog poto saja, karena sangat suka memotret dan hasil potonya bagus-bagus.

Tahun 2012 yang berkesan adalah mampirnya rombongan gowes pagi di TamanKuliner Condong catur. Mereka mencoba menyantap mie sehati cabang Depok Sleman, termasuk es sehatinya.

Tahun 2012 di Mie Sehati Taman Kuliner

Tahun 2012 di Mie Sehati Taman Kuliner

Sebenarnya semua hari sama mulianya, demikian juga semua tahun sama baiknya. Yang membedakan adalah sikap kita menghadapi tahun itu. Yang sering terjadi adalah sikap kita sering salah menghadapi pergantian tahun yang sebenarnya biasa biasa saja.

Ada sebuah daerah yang begitu suci menjaga adat pertemanan antara laki-laki muda dan wanita muda, tetapi di hari pergantian tahun itu seperti hilang adat itu. Para anak muda itu bermain di tepi pantai, menginap di malam pergantian tahun dan melakukan hal-hal yang diinginkan mereka.

Jadi yang salah bukan pergantian tahunnya tetapi bagaimana kita menyikapinya. Jadi mari kita anggap semua hari sama saja dan semua tahun sama baiknya. Yang penting dari tinjauan tahun 2012 dan rencana tahun 2013 ini kita punya suatu sikap yang tidak berubah. Kita tetap istiqomah menjadikan hari ini lebih baik dari kemarin dan hari esok harus lebih baik lagi.

Insya Allah. Amin.

5 komentar

  • akhir tahun nih… semoga tahun depan bisa lebih baik aja 🙂

    Suka

  • Tidak terasa kita sudah ada dipenghujung tahun 2012
    Semoga ditahun depan 2013 dan mendatang kita makin lebih baik dalam berbagai hal
    Tetap Semangat…

    Suka

    • Salam Semangat mas Jefry.
      Senang dengan kunjungannya.

      Salam sehati

      Suka

  • facebook memberikan kemudahan bagi penggunanya 🙂

    Suka

    • Yes !
      Makasih sudah mampir dan berkomentar.

      Salam sehati

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s