Kesehatan adalah kekayaan yang nyata


Kalimat “Kesehatan adalah kekayaan yang nyata” adalah benar adanya. Semua orang memahami dan menyetujuinya. Semua orang juga berusaha sekuat tenaga agar badannya menjadi sehat dan dijauhkan dari segala penyakit. Meskipun diyakini beberapa orang bahwa sakit adalah nikmat Allah, akan tetapi usaha untuk dijauhkan dari sakit selalu ingin dilakukan oleh semua orang. Tidak ada yang membantah hal ini.

Masalahnya kadang keinginan itu hanya sebatas keinginan saja atau kalau direalisasikan, maka keinginan itu hanya tahan beberapa saat dan kemudian menguap begitu saja. Kita sering lihat beberapa orang yang begitu semangat membeli peralatan olah raga dan kemudian menelantarkan peralatan olah raga itu setelah beberapa hari, minggu atau bulan. Peralatan olah raga yang mahal itu akhirnya hanya memenuhi ruangan saja. Hampir tidak pernah digunakan, kadang malah digunakan untuk fungsi lain.

Ada juga yang rajin bersepeda sambil merokok, atau rajin futsal malam-malam dan dilanjutkan dengan acara begadang sampai pagi. Jadi mirip dengan seorang muslim yang rajin beribadah sekaligus rajin berbuat dosa. Salahkah mereka? Kalau salah bagaimana seharusnya, kalau benar dimana benarnya?

Pertanyaan itu tidak usah dijawab, karena jawabannya akan menimbulkan pertanyaan lain yang tidak pernah selesai.

Mari kita coba saja untuk melaksanakan ajakan bahwa “Kesehatan adalah kekayaan yang nyata” dengan cara yang mudah dan optimal.

Kita mulai dari bangun tidur sampai menjelang tidur.

1. Bangun pagi

Bangun pagi sebaiknya sebelum fajar menyingsing, bagi muslim sebaiknya sebelum subuh. Akan lebih baik sejam sebelum subuh. Pada jam-jam seperti ini, lakukan relaksasi pikiran. Orang jawa bilang semedi, orang Islam bilang tahajud. Inilah saat uyang paling cocok untuk melakukan relaksasi otak dan pikiran kita.

2. Sarapan

Banyak orang yang merasa bangga karena selalu tidak sarapan dan tetap dapat bekerja tanpa masalah. Padahal sarapan sangat penting karena selama tidur perut kita tidak diberi asupan gizi yang cukup, sehingga sebelum melakukan kegiatan sepanjang hari sebaiknya perut diisi dengan makanan yang dapat dibagikan ke seluruh sel tubuh kita. Nasi adalah makanan yang sebaiknya dikonsumsi, karena karbohidrat sangat diperlukan untuk nutrisi otak. Lakukan juga kegiatan rutin BAB sebelum atau sesudah sarapan. Jam biologis kita mencatat bahwa tubuh akan melakukan tugas rutinnya yaitu proses pada usus besar.

3. Olah raga

Luangkan olah raga apa saja minimal setengah jam, minimal 3 hari dalam seminggu. Jangan berlebihan tetapi jangan malas. Olah raga akan membuat badan menjadi segar, seiring dengan keluarnya oksidan melalui keringat kita. Pembuluh darah akan membesar saat olah raga, aliran darah semakin cepat dan nutrisi akan terdistribusi ke seluruh sel dengan baik. Perhatikan bahwa olah raga pagi hari jangan terlalu keras, karena otot masih belum siap untuk melakukan olah raga berat. Makin sore otot makin siap untuk melakukan olah raga berat. Itu sebabnya permainan sepak bola dilakukan setelah sore.

4. Makan siang

Usahakan makan siang seperlunya saja. Makan hanya untuk menegakkan tulang belakang bukan untuk menuruti nafsu makan. “Makan dan minumlah tetapi jangan berlebihan!” Sumber penyakit kebanyakan berasal dari makanan.

5. Makan malam

Sebaiknya makan malam sesedikit mungkin. Akan lebih baik kalau makan buah dan menghindari karbohidrat. Yang sering terjadi justru makan malam adalah saat makan yang paling mewah dan berkelas. Akibatnya tubuh menjadi semakin jauh dari sehat.

6. Minum

Tubuh kita sebagian besar berupa cairan dan kehilangan cairan tubuh sering diabaikan. Kita merasa tidak haus padahal sebenarnya badan sudah membutuhkan tambahan air. Lihat warna urine kita, makin berwarna makin menunjukkan tingkat kekurangan air kita. Makin bening warna urine kita, maka makin baguslah kondisi badan kita. Minum air putih hangat adalah minuman yang sangat bermanfaat dan murah. Sebaiknya air putih hangat dikonsumsi begitu bangun tidur ataupun setelah makan.

7. Berdoa

Masih banyak hal-hal lain yang membuat tubuh kita menjadi semakin sehat. Silahkan tulis sendiri, tapi yang paling penting setelah semua itu dilakukan adalah selalu berdoa sebelum tidur. Kita syukuri nikmat Allah pada hari ini dan kita nikmati tidur yang berkualitas setelah kita berdoa pada Allah swt.

Itulah tujuh rumus  untuk membuktikan bahwa Kesehatan adalah kekayaan yang nyata. Sangat mudah dilakukan tapi kadang menjadi sangat susah dilaksanakan, karena ada penyakit malas yang muncul di diri kita. Mungkin tulisan ini salah karena hanya berdasar bacaan di internet saja, tapi rasanya tidak salah-salah amat bahkan mungkin sangat benar. Mungkn pak Dokter yang sempat membaca tulsian ini bisa memberi cara yang lebih benar.

Salam sehati.

Dukung Bumi yang lebih hijau

Dukung Bumi yang lebih hijau

 

2 komentar

  • Wach ternyata sederhana jg ya untuk sehat,,Cuma terkadang suka males tidak bisa menahan hawa nafsu hehe.. trimakasih banyak neh pa admin,,artikelnya mantapps..

    Suka

    • Iya ya..
      ternyata untuk sehat itu gampang
      hehehehe…

      makasih sudah mampir dan berkomentar

      salam sehati

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s