#SinauSEO rahasia menang lomba SEO


Topik sinau SEO kali ini adalah “rahasia menang lomba SEO”, khususnya untuk artikel yang diposting memakai engine wordpress. Untuk itu syarat dan ketentuan yang berlaku adalah memasang plugin WordPress SEO (by YOAST). Dengan adanya plugin ini, maka kita bisa mengisi beberapa keyword pada kolom yang sudah disediakan.

Misalnya kita ingin mengikuti lomba SEO dengan kata kunci “memahami istilah lensa Canon”, maka kita isikan kata kunci (keyword) tersebut pada kolom sebagai berikut :

Focus Keyword: Memahami istilah lensa Canon

SEO Title: Memahami istilah lensa Canon

Meta Description: Memahami istilah lensa Canon untuk mengetahui karakter lensa, kualitas dan kegunaannya. Istilah IS, f/1.2, Mark II, CANON EF 70-200mm f/4L USM

Meta Keywords: Memahami, istilah, lensa, Canon

Setelah kita isi semua kolom yang ada, maka kita cek apakah penulisan artikel kita sudah menuliskan keyword yang diberikan. Pastikan kata kunci tersebut sudah ditulis di beberapa tempat sebagai berikut :

Article Heading:
Page title:
Page URL:
Content:
Meta description:

Plugin WordPress SEO akan berwarna hijau kalau penulisan artikel kitqa sudah sesuai yang diinginkan. Bila artikel belum sesuai dengan aturan SEO, maka akan muncul warna merah atau oranye pada petunjuk lampu di dekat tulisan SEO.

Rahasia menang lomba SEO

Rahasia menang lomba SEO

Bila lampu sudah berwarna hijau, maka selesailah tugas kita menulis artikel yang sesuai dengan keyword yang diberikan oleh panitia lomba SEO. Namun bila kita masih ingin lebih yakin bahwa artikel kita sudah sesuai dengan kaidah SEO, maka kita bisa melakukan prosedur pengecekan artikel dengan memanfaatkan situs “Instant Position”. Silahkan coba masuk ke situs tersebut disini.

Rahasia menang lomba SEO

Rahasia menang lomba SEO

Tulis alamat web artikel yang akan dilombakan (misal ekoshp.com/2013/01/memahami-istilah-lensa-canon/) dan tulis kata kunci yang diberikan (memahami istilah lensa Canon), kemudian tekan tombol “submit” dan biarkan instant position melakukan tugasnya. Hasil dari proses ini adalah angka 1 s.d 40, makin besar angkanya makin optimal halaman kita. Bila skor yang kita dapat sudah mencapai 40, maka artinya sudah tidak ada lagi yang bisa kita lakukan untuk perbaikan penempatan kata kunci, karena status kita sudah sempurna (ekselen). Bila nilainya masih di bawah 40, maka kita bisa lakukan optimasi lagi agar nilainya naik menjadi 40.

rahasia menang lomba SEO 1

rahasia menang lomba SEO 1

Lalu, apakah dengan mengetahui “rahasia menang lomba SEO” ini, maka dijamin tulisan kita akan memenangkan lomba SEO tersebut?

Jawabannya bisa iya bisa juga tidak, karena kalau ada peserta lain yang memakai rumusan ini, maka akan ada dua artikel atau lebih yang sesuai dengan keyword yang dilombakan. Kalau sudah begini, maka google akan melihat dari sisi kekinian informasi di blog kita. Makin sering dilakukan update blog akan makin membuat google memilih blog kita sebagai blog yang terkini.

Satu lagi kunci kemenangan blog kita dalam lomba adalah bila tulisan kita memang bermanfaat untuk pembaca, maka akan banyak pengunjung blog kita. Para pengunjung yang datang akan betah di blog kita dan makin betah pembaca blog kita akan membuat Google mencatat blog kita sebagai blog yang diinginkan oleh pembaca. Ranking Alexa juga akan semakin baik bila pengunjung blog kita semakin banyak.

Akhirnya ujung-ujungnya tetap ada pada “content” dari blog kita. “Content is king” tidak bisa diragukan lagi kesaktiannya. Nah, kalau content sudah bagus dan ditambahi bumbu ilmu SEO, maka tinggal tunggu tanggal mainnya, blog kita akan semakin terkenal.

Semoga artikel “#SinauSEO rahasia menang lomba SEO” ini bermanfaat. Amin.

+++

Baca juga :

Sinau SEO : Perlukah Blogwalking untuk meningkatkan Pagerank (PR) ?

Sinau SEO : Search Engine Optimization

Sinau SEO : Pengaruh Twitter pada Blog

17 komentar

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.