DERU UGM tiba di Jakarta

Peduli Bencana Banjir Jakarta

Tim DERU UGM tiba di Jakarta hari ini. Tim yang sudah terbiasa menangani masalah bencana ini akan mulai bergerak setelah bekerja sama dengan tim lainnya yang sudah lebih dulu ada di lokasi dan sudah bergerak dengan sistem kerja masing-masing. DERU adalah singkatan dari Disaster Response Unit yang dibentuk khusus untuk menangani bencana yang ada dan mendokumentasikannya sebagai pembelajaran untuk penanganan selanjutnya.

Kepastian datangnya DERU di Jakarta kuketahui kemarin melalui pesan masuk dari pak Budi WS, wakil rektor UGM Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset :

“Sebagai respon terhadap musibah bencana banjir yang terjadi di Jakarta, maka UGM pada sore hari ini pukul 17.00 akan mengirim 30 relawan dosen dan mahasiswa dari berbagai fakultas, pusat studi dan UKM Kemahasiswaan.

Tim yang bergabung dalam Disaster Response Unit (DERU) LPPM UGM ini akan menempati Posko utama di Kampus UGM Jakarta di jln Saharjo Jakpus, kemudian bersama dgn Kagama DKI membuka posko lapangan di Kantor Kec. Pademangan. Jl. Budi Mulia 1. Pademangan. Jakarta utara. Cp : Slamet Widiyanto hp 08122966114.

Mohon saran dan masukan pemikiran Ibu/Bapak sekalian agar kegiatan ini dapat bermanfaat bagi saudara2 kita di Jakarta. Sehubungan dengan hal tersebut kami memohon bantuan Bpk/Ibu sekalian. Bantuan dapat dikirim ke Posko DERU Bulaksumur D7 Yogyakarta.

Untuk Jakarta dapat disalurkan ke Posko Kampus UGM di Jakarta jln Saharjo 83, Tebet Jakarta. Bantuan finansial dapat ditransfer ke Bank Mandiri no rekening 1370000767778 atas nama Rektor UGM.
Atas bantuan yang diberikan kami ucapkan terima kasih. Semoga Allah SWT membalas kebaikan Ibu/Bapak sekalian dan dapat meringankan penderitaan saudara2 yang tertimpa musibah.
LPPM-UGM”

Pada situs DERU kubaca berita yang senada dengan pesan pak Budi WS.

“Mari kita peduli kepada para korban Banjir Jakarta. Salurkan bantuan anda melalui rekening UGM Peduli Bencana, atas nama Rektor UGM di Bank Mandiri dengan no rekening 137.0000.767.778 (SWIFT Code: BMRIIDJA). Untuk bantuan berupa barang dapat disampaikan melalui Posko Peduli Bencana DERU UGM Bulaksumur Blok D7, Yogyakarta 55281 dan Posko Peduli Jakarta UGM Kantor Kecamatan Pademangan Jl. Budi Mulia 1, Pademangan Jakarta Utara.”

Situs DERU

Kepada teman-teman alumni UGM dan siapapun yang membaca tulisan ini, mari kita sama-sama membantu saudara kita dengan tenaga maupun pikiran sekuat kemampuan kita. Sekecil apapun bantuan yang anda berikan, maka itu hany akecil di mata anda, tetapi sangat besar manfaatnya bagi para korban banjir. Saat DERU UGM tiba di Jakarta adalah saat datangnya bala bantuan yang lebih terlatih menangani bencana, mulai kita arahkan bantuan pada mereka dan kurangi memberi bantuan secara perseorangan.

Bantuan pada tim yang sudah berpengalaman menangani bencana akan lebih bermanfaat dibanding kita memberikan bantuan secara perorangan. Bila terpaksa memberikan bantuan di luar tim-tim yang sudah terbentuk, sebaiknya hubungi dapur umum atau pimpinan setempat. Pak RT adalah orang yang paling tahu kondisi warganya, sedangkan Pak RW adalah orang yang kompeten untuk mengelola bantuan yang masuk dan menyalurkan ke RT masing-masing yang ada di lingkungannya. Mereka sangat paham kondisi fisik dan psikis warganya dan kepada merekalah sebaiknya kita berikan bantuan, bila kita tidak bisa memberikan bantuan pada tim yang sudah pengalaman menangani bencana.

Saat tim DERU UGM tiba di Jakarta adalah saat bala bantuan datang dengan pengalaman yang sangat banyak dan saat kita lebih fokus dalam penggalangan dana untuk mereka kelola dengan baik. Semoga pagi yang cerah ini membawa suasana yang baik dan banjir terus surut. Amin.

Salam sehati

Peduli Bencana Banjir Jakarta web

Peduli Bencana Banjir Jakarta web

5 komentar

  • UGM is THE BEST lah! hotel murah di jogja

    Suka

    • Jogja harus bangga punya UGM

      Suka

  • Ping-balik: Jakarta kembali Banjir | Es Ha Pe Blogger Jogja

  • Ping-balik: Berprasangka baik pada banjir | Eshape Blogger Jogja

  • Reblogged this on KAGAMA VIRTUAL and commented:

    Mari kita peduli kepada para korban Banjir Jakarta. Salurkan bantuan anda melalui rekening UGM Peduli Bencana, atas nama Rektor UGM di Bank Mandiri dengan no rekening 137.0000.767.778 (SWIFT Code: BMRIIDJA)

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s