Internet for Kids

Internet for kids

Beberapa hari lalu aku diskusi dengan mas Andy MSE membahas masalah Internet for Kids. Kalau kita perhatikan lingkungan anak-anak kita saat ini, maka akan sangat jauh berbeda dengan saat kita masih jadi anak-anak dulu. Tidak ada lagi permainan di luar rumah dengan penerangan bulan purnama, atau permainan lari-larian, kejar-kejaran dengan senapan kayu atau juga mainan lain yang murah meriah. Semuanya saat ini serba elektronik, praktis dan jauh dari kegiatan yang memerlukan kekuatan fisik. Semuanya lebih ke kemampuan mata, tangan (jari terutama jempol) dan peralatan elektronik.

Lalu apakah kita ingin mengembalikan dunia anak-anak kita di jaman dulu ke jaman sekarang? Kita ajak mereka main gobak sodor (go back to the door), kasti atau “benthik”?

Cara tersebut bisa berhasil dan bisa juga tidak. Perlu effort yang luar biasa untuk menjadikan permainan semasa kanak-kanak kita laris manis lagi. Jempolku teracung pada mereka yang masih setia melakukan sosialisasi permainan anak-anak jaman dulu ke dunia modern seperti saat ini.

Mas Andy MSE rupanya punya cara lain yang mungkin lebih disukai oleh anak-anak. Dia menyebutnya Internet for Kids. Sejak tanggal 25 Nopember 2010, kegiatan ini terus berlangsung dan saat ini menginjak ke versi terbaru. Sebuah kegiatan yang belajar banyak dari kegiatan yang sudah dilakukan. Segala kekurangan di kegiatan yang lalu disempurnakan dan dikembangkan. Tentu untuk yang satu ini mas Andy butuh biaya banyak dan kewajiban kita bersama untuk mendukung kegiatan mas Andy agar anak-anak kita mendapat suguhan yang berkualitas dan pada muaranya bisa membentuk generasi lanjutan yang lebih berkualitas dibanding kita atau dibanding pendahulu mereka.

Data tentang kegiatan ini bisa dilihat di situsnya mas Andy. Isinya kurang lebih seperti yang dikutip di bawah ini.

+++

Internet for kids

Internet for kids

Setelah Internet For Kids terselenggara selama dua tahun lebih (sejak 25 November 2010) dan berkembang menjadi 3 unit di tiga tempat berbeda, akhir-akhir ini ada keinginan untuk mengembangkan IFK lagi. Kali ini di sekitaran Kota Solo dengan nama IFK 4.1.

Rencananya, IFK 4.1 ini dikelola dengan pola yang sama persis dengan IFK 2.2 Kartasura, Sukoharjo. Sedangkan pengembangannya sedikit berbeda dengan IFK-IFK sebelumnya dimana dikembangkan karena ada yang berinvestasi atau karena keinginan bergabung dalam jaringan Internet For Kids, dimana IFK 4.1 ini dikembangkan sepenuhnya dari donasi.

Alasan utama dikembangkannya IFK 4.1 ini agar pola pelayanannya sama persis dengan IFK 2.2 antara lain:
1. Menggunakan software legal yang didorongkan untuk menggunakan opensource misalnya Linux
2. Diberikan bimbingan untuk anak-anak agar bisa bermain dan belajar khususnya soal komputer dan internet secara sehat dan aman.
3. Secara teknologi dilakukan filtering dan langkah-langkah keamanan koneksi internet untuk melindungi anak-anak dari situs-situs tidak baik.

Diperkirakan, untuk pengembangan IFK 4.1 secara keseluruhan akan membutuhkan dana sekitar 36 juta rupiah yang akan digunakan untuk sewa tempat, pembelian peralatan, pembelian perabotan, pendaftaran berlangganan internet, dan lain-lain. Berkaitan dengan rencana tersebut, bilamana Anda berkenan mendukung pengembangan IFK 4.1, silakan menghubungi pengelola di halaman Donasi. Sumbangan yang bisa kami terima tidak hanya berupa dana melainkan bisa juga berupa barang misalnya komputer baru/bekas, laptop bekas, kabel2, switch/hub, modem, perabotan, koneksi internet, dan lain sebagainya. Dengan demikian akan mengurangi kebutuhan dana secara keseluruhan.

Sebagai laporan publik, setiap sumbangan yang diterima akan dilaporkan melalui halaman IFK 4.1.

Bilamana dibutuhkan, kami akan mengirimkan proposal secara lengkap.
Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung pengembangan dan penyelenggaraan Internet For Kids selama ini.

Salam
Pengelola Internet For Kids
Andy MSE

+++

Dari hasil obrolan dengan mas Andy MSE melalui facebook, kita mencoba cari barangkali ada  kenalan atau koneksi atau channel baik perorangan maupun institusi yang bisa diberi proposal. Kebutuhan untuk rencana pengembangan ini membutuhkan dana sekitar 36 juta rupiah mulai dari sewa tempat di kampung, pengadaan peralatan, sampai pernak-pernik kebutuhan lain. Untuk keperluan tersebut, dukungan yang dibutuhkan tidak hanya berupa dana, melainkan bisa juga berupa barang misalnya komputer baik baru maupun bekas, laptop bekas, kabel2, switch/hub, modem, dlsb… Dengan demikian akan mengurangi kebutuhan dananya.

Saat kutanyakan apakah ada tempat di Jogja yang bisa menampung bantuan untuk kegiatan ini, mas Andy menyanggupi untuk melakukan koordinasi dengan teman-temannya yang ada di Jogja. Jadi untuk yang diluar Jogja dan Solo, bisa langsung kirim bantuan ke mas Andy berupa dana, sedangkan khusus di Jogja dan Solo bisa mengirimkan dana ataupun perangkat keras yang dibutuhkan untuk kegiatan ini.

Minggu lalu sudah ada donasi masuk 300ribu, sudah dimuat di website IFK http://www.internet4kids.info. Yang butuh proposal untuk menyebarkan kegiatan ini, silahkan kontak ke mas Andy. Silahkan juga baca keterangan buat yang ingn menjadi donatur.

Di Internet For Kids semua kegiatan yang diselenggarakan semata-mata ditujukan untuk membantu anak-anak terutama di tempat-tempat yang masih membutuhkan terutama di pinggiran kota dan di pedesaan. Bilamana berkenan membantu pengembangan Internet For Kids yang telah dirintis selama ini, sumbangan dapat dialamatkan ke:
  • Persyarikatan Sekolah Rakyat, Limbangan Kendal. d/a Kantor Pos Kec. Limbangan, Kab. Kendal 51383 attn Andy MSE / Solichun Firmansyah
  • Suhaimi Andy Muryanto, Jl Pisang, Gempol RT 04/01, Ngadirejo, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo 57163.
  • Rekening BNI Cab Slamet Riyadi Solo, No. rek.: 0147793740 atas nama Suhaimi Andy Muryanto.
Internet for kids

Internet for kids

 

6 komentar

  • numpang saltem info ini ke blog ku ya mas ;).

    Suka

    • silahkan mas Arif

      salam sehati

      Suka

  • Semoga makin sukses sllu Internet For Kids. 🙂 #jempol

    Suka

    • Amin
      Makasih doanya
      Semoga begitulah yang terjadi.
      Sukses mulia.

      Salam sehati

      Suka

  • semoga anak2 indonesia, bisa melek teknologi disertai dengan akhlaq yang dapat menjadikannya Sukses Dunia Akhirat 😀

    Suka

    • Amin
      Makasih dukungannya

      Salam sehati

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s