#SinauSEO : SEOquake dan Alexa


Artikel #SinauSEO : SEOquake dan Alexa ini akan mencoba mengulas serba sedikit tentang perlunya memasang toolbar SEOquake dan Alexa pada browser kita. Bisa memakai Chrome, Firefox ataupun Safari.

SEOquake toolbar

SEOquake toolbar

Dengan memasang toolbar SEOquake dan Alexa, maka kita bisa dengan segera mengetahui seberapa bonafid situs yang kita kunjungi. Sebagai contoh, misalnya kita buka situs http://Google.co.id, maka bila kita memasang toolbar alexa akan bisa diperoleh data sebagai berikut dengan sangat cepat :

Alexa Traffic Rank
Traffic Rank in ID
33 Reviews
Sites Linking In

Kalau kita buka situs http://google.com, maka hasilnya bisa seperti ini :

Alexa Traffic Rank
Traffic Rank in US
1415 Reviews
Sites Linking In

Data di atas dapat dilihat memakai alexa toolbar yang kita pasang di browser, lalu data apa yang didapat kalau kita pasang SEOquake di browser kita? Mari kita lihat saat kita buka situs http://Google.com

Page Info:
Print
URL:http://www.google.com/Title:iGoogle

Meta keywords:

Meta description:

Internal links:19 (0 nofollow)

External links:15 (0 nofollow)

Server:igfe

Parameters:

Page:

PR: 9 Cached: 12 Feb 2013 Tw: 12367976 l: 5,5juta +1: n/a

Domain:

I: 25,800,000 I: n/a Dir: 3040 Rank: 1 Age: n/a whois Rank: 4 Traffic: 238038953 Costs: 346361896 C: n/a

Backlinks:

Others:

I: 45,600,000 Dir: 86 I: 22487 source CY: 6|100000 I: 4 YCat: 3 I: 3,840,000 L: 496,000

Di bawah data tersebut di atas, masih banyak sekali data yang bisa diambil dari situs Google versi SEOquake. Begitu juga bila kita memakai Alexa toolbar, masih banyak data yang bisa diambil selain data yang ditampikan di atas. Dengan memasang toolbar SEOquake dan Alexa, maka akan memudahkan kita mengikuti perkembangan peringkat situs kita di internet secara cepat dan sederhana.

Sebagai contoh saja, misalnya blog ini yang baru dibuat pada bulan Januari 2013 lalu. Kala itu peringkatnya di bulan Januari 2013 berada di angka 5 jutaan, saat ini sudah mencapai peringkat 1 jutaan. Targetnya minimal sama dengan blog ini waktu masih memakai nama lama yaitu eshape.wordpress.com yaitu di bawah angka 500. Memang blog baru eeshape.com ini sebenarnya adalah blog lama dengan wajah baru saja. Aku pernah menuliskannya dengan judul “Mengubah PR4 menjadi PR0

+++

Statistics Summary for eshape.wordpress.com

Eshape.wordpress.com is ranked #342,821 in the world according to the three-month Alexa traffic rankings. The site has a relatively good traffic rank in the city of Purwakarta (#5), and approximately 26% of visits to the site consist of only one pageview (i.e., are bounces). Search engines refer about 4% of visits to Eshape.wordpress.com. It belongs to the “Free” category of websites. Show Less

Alexa Traffic Rank Reputation
Global 342,821
Global Rank 
Indonesia Flag 7,886
Rank in ID 
Sites Linking In 

+++

Bagaimana cara memasang SEOquake dan Alexa toolbar?

Caranya sangat gampang, masuk saja ke situs SEOquake dan alexa, ikuti perintahnya dan browser kita akan dengan mudah memuatnya. Tinggal pilih mau SEOquake saja atau sekalian dengan Alexa toolbar. Kedua toolbar ini sangat bermanfaat saat kita mencari tingkat bonafiditas sebuah situs. Saat kita mencari melalui mesin pencari, maka yang akan muncul adalah sebagai berikut :

Manfaat toolbar SEOquake

Manfaat toolbar SEOquake

Dari gambar tersebut, kita langsung tahu berapa PR sebuah situs, berapa ranking alexanya dan lain-lain. Yang tertarik ilmu SEO mungkin perlu segera memasang toolbar ini atau toolbar semacam ini untuk mengetahui peringkat suatu situs dengan cepat dan mudah.

Semoga artikel #SinauSEO : SEOquake dan Alexa ini bermanfaat. Amin. Salam sehati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s