Bedah Buku Panduan Pelaksanaan Pekerjaan

Blogger Jogja

Bedah Buku Panduan Pelaksanaan Pekerjaan kali ini berbeda nuansanya dengan suasana saat launching buku Panduan Pelaksanaan Pekerjaan jilid 1. Saat itu pak Djoko Kirmanto, selaku Menteri PU ikut hadir dan demikian juga para pelaku jasa konstruksi, baik yang berperan sebagai owner, mitra kerja maupun konsultan hadir dalam suasana gala dinner yang meriah gemerlap. Waktu itu acara launching buku memang dititipkan dalam acara peringatan ulang tahun Waskita.

Bersama para pembahas Bukuku

Bersama para pembahas Bukuku

Kali ini acara launching buku jilid 2 digelar dalam acara seminar nasional dan bedah buku, bekerja sama dengan PU dan LPJK. Pak Djoko Kirmanto kembali bersedia hadir, tetapi pada detik terakhir ada rapat mendadak yang membuat pak Menteri PU tidak bisa hadir dalam acara ini. Akhirnya acara berlangsung tanpa kehadiran pak Djoko Kirmanto.

Bagiku acara yang dilaksanakan pada pagi hari sampai siang hari ini sangat berkesan, karena ada tiga pembahas bukuku yang sangat luar biasa. Mereka memotret bukuku dari tiga sudut pandang yang berbeda. Masukan dari mereka sungguh sangat mengilhamiku untuk segera mencetak buku seri tahun 2013.

Masukan dari hadirin juga sangat mengilhami untuk membuat buku dengan tema yang berbeda. Misalnya masukan dari Profesor Wiratman, ketua LPJK, yang mengusulkan adanya buku tentang kegagalan pelaksanaan konstruksi. Tentu materi semacam ini akan sangat menarik untuk diterbitkan.

Terima kasih pak Bambang Nurhadi

Terima kasih pak Bambang Nurhadi

Terima kasih tentu paling banyak kusampaikan pada para pembahas acara Bedah Buku Panduan Pelaksanaan Pekerjaan Bangunan Gedung maupun Sipil ini, yaitu :
1. Ir. Bambang Nurhadi, MSc | Kepala Satker Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga – Kementerian PU
2. Prof. Dr. Ir. Bambang Suhendro | Ketua Jurusan Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada
3. Dr. Ir. Krishna S Pribadi | Ketua Komite Litbang LPJK Nasional
Tentu buat pemandu acara ini aku juga sangat berterima kasih. Dia adalah adik kelasku di kampus UGM, siapa lagi kalau bukan ahli seminar bapak Dr. Ir. Akhmad Suraji | Sekretaris Komite Litbang LPJK Nasional.

Pak Bambang Nurhadi, langsung menggebrak dengan bahasannya yang sangat detil. Latar belakang beliau yang aktif di lapangan membuat bahasannya terasa membumi dan akan sangat baik kalau dipakai sebagai masukan untuk pembuatan buku PPP (Panduan Pelaksanaan Pekerjaan) yang akan datang.

Bahkan sebelum beliau tampil di panggung, sudah memanggilku secara  khusus untuk saling berbagi dalam pembuatan buku selanjutnya.

“Saya juga punya SOP yang mungkin bisa dipakai mas Eko untuk pembuatan buku selanjutnya”, kata beliau yang langsung kuamini.

Pembahas ke dua, pak Bambang Suhendro lebih banyak memuji terbitnya buku “langka” ini, meskipun di akhir acara beliau sampaikan juga banyak masukan untuk perbaikan buku ini di penerbitan yang akan datang.

Dalam salah satu slidenya, pak Bambang menulis sebagai berikut :

Buku panduan pelaksanaan pekerjaan (PPP) semacam ini, yang disusun berdasarkan akumulasi pengalaman lapangan Waskita selama 52 th, termasuk barang langka di Indonesia.

Karenanya, buku ini sangat bermanfaat sebagai referensi bagi para :
– praktisi pelaksana pekerjaan konstruksi
– perencana bangunan gedung & sipil
– akademisi di Perguruan Tinggi

Pembahas terakhir Dr. Ir. Krishna S Pribadi | Ketua Komite Litbang LPJK Nasional dari ITB lebih melihat perjalanan penerbitan buku PPP ini. Improvement apa saja yang dilakukan oleh editor buku ini terhadap buku sebelumnya.

“Biasanya info tentang editor ada di halaman muka atau bahkan di cover buku, jadi sebaiknya untuk buku yang akan datang info tentang editor ditampilkan di halaman cover atau di halaman muka.”

Peserta Bedah Buku Narsis berjamaah

Peserta Bedah Buku Narsis berjamaah

Acara yang sangat padat ini membuat otak kananku berputar cepat dan muncul puluhan ide untuk menerbitkan buku baru. Tinggal realisasi saja yang kuperlukan. Artinya harus lebih sering keliling Indonesia lagi untuk mencari sumber tulisan di proyek-proyek yang sedang berjalan.

Terima kasih buat semua pembahas, hadirin dan teman-teman yang sudah membuat acara ini sukses dan penuh makna. Terima kasih buat para pemegang cameraku yang sudah memenuhinya dengan gambar-gambar yang bisa mengingatkan aku akan acara ini. Acara Bedah Buku Panduan Pelaksanaan Pekerjaan telah selesai dan kini saatnya mewujudkan masukan para pembahas dan hadirin dalam sebuah buku PPP edisi III.

Salam sehati

Malah iklan lensa camera

Malah iklan lensa camera

*) foto yang ada di cameraku ternyata penuh dengan wajah seorang gadis yang difoto dari berbagai sudut dan gaya, silahkan lihat disini dan disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s