Earth Hour 23 Maret 2013

earth hour 2013

Hari ini, Sabtu 23 Maret 2013, saat Timnas PSSI berjuang melawan Aran Saudi, mari kita tetap ingat akan usia bumi yang terus menua. Ini saatnya kita sedikit berbaik hati untuk mematikan listrik PLN selama satu jam secara serentak.

Ini bukan sesuatu yang luar biasa, tetapi kalau semua penduduk di dunia melakukan hal yang sama, maka dari luar angkasa akan terlihat bumi yang cantik menjadi gelap sesaat.

Tahun lalu Jakarta ikut berpartisipasi dengan mematikan listrik selama sejam, kecuali Gedung Negara yang karena alasan tertentu hari itu tidak mematikan listriknya.

Kita yang tidak punya alasan tertentu sebaiknya ikut mematikan listrik pada hari ini. Silahkan baca berita di koran offline maupun koran online.

Bagi yang belum membaca tempo, silahkan simak beritanya di bawah ini.

+++

30 Kota Ikut Kampanye Earth Hour 2013

 

TEMPO.COJakarta –  Tiga puluh lebih kota, dari Banda Aceh hingga Makassar, bakal ikut serta dalam kampanye Earth Hour 2013. Earth Hour 2013 ditandai dengan aksi mematikan lampu dan peralatan listrik yang tidak penting selama satu jam pada hari Sabtu, 23 Maret 2013, pukul 20.30-21.30 sesuai waktu masing-masing daerah.

Nyoman Iswarayoga, Direktur Program Iklim dan Energi WWF Indonesia, mengatakan kampanye Earth Hour merupakan aksi serentak individu, komunitas, korporasi, dan pemerintah di seluruh dunia dalam usaha mengurangi laju pemanasan global dan dampak perubahan iklim. “Earth Hour 2012 berhasil meraih 2 miliar pendukung dari 7.001 kota di 152 negara,” ujarnya di Jakarta, Kamis, 21 Maret 2013.

Nyoman menambahkan, di kota-kota Indonesia yang berartisipasi, para pemerintah daerahnya menyatakan dukungan secara publik dengan berkenan menjadi Duta Earth Hour untuk daerahnya. “Ada 14 wali kota/bupati dan lima gubernur yang berkomitmen menjadi Duta Earth Hour,” ujarnya.

Kampanye Earth Hour 2013 akan dipusatkan di Taman Proklamator, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat. Acara itu akan didukung oleh puluhan komunitas dari Jakarta, Tangerang, Depok, dan Bogor. Sementara di berbagai daerah, sekitar 500 komunitas akan secara serentak melakukan aksi Earth Hour di kota masing-masing.

+++

Tahun lalu di Jogjakarta dilakukan kampanye semacam ini. Sampai-sampai diumumkan juga di masjid kampung yang ada di wilayah Jogja.

Tahun lalu Malioboro menjadi saksi hari tanpa listyrik selama sejam ini. Semoga tahun ini kegiatan semacam ini makin menjadi keharusan dan bukan keinginan saja atau suatu hal yang membosankan.

Dukung Earth Hour 2013 di manapun anda berada.

earth hour 2013

earth hour 2013

3 komentar

  • saya udah Earth Hour selama 24 jam beberapa hari lalu ^^

    Suka

  • semoga bisa ikut serta,,, tapi tipi bakalan nyala terus, ada indonesia vs arab saudi, sekitar jam segitu, mas eko….

    Suka

    • Ya benar
      Mungkin semua lampu mati kecuali TV ya mas…

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s