#SinauSeo : Penulis Tamu

Blogger Bekasi : Kopdar offline itu penting

Pagi ini aku menulis artikel “#SinauSeo : Penulis Tamu”.

Sebuah pertemanan yang akan mendongkrak alexa rank ataupun page rank, bila kita memilih penulis tamu yang tepat. Sang penulis tamu ini bisa orang yang kita kenal baik ataupun siapa saja yang kita anggap sesuai dengan roh dari blog kita. Akan sangat baik kalau sang penulis tamu ternyata yang menawarkan tulisannya pada kita.

Karena sifatnya hubungan yang saling menguntungkan, maka kita juga jangan pelit untuk menerima link yang ada pada artikel tersebut ke artikel yang dituju oleh penulis tamu. Tentu kalau tulisan dari penulis tamu terlalu banyak mengandung link ke luar, maka kita tetap punya hak untuk mematikan beberapa link keluar yang kita anggap tidak relevan.

Biasanya penulis tamu punya batasan kuota tulisan, minimal 300 dan maksimal 1.000 kata. Kalau terlalu sedikit, maka tidak menjadi prioritas Google untuk mengindeksnya. Bila terlalu panjang, maka pembaca akan bosan membacanya. Sebaik apapun tulisan kita, tetapi kalau sudah lebih dari 1.000 kata, maka artikel tersebut harus mempunyai karakter khusus agar tetap bisa dibaca oleh pembaca blog. Karakter pembaca blog biasanya suka membaca tulisan pendek dan masih mampu membaca di bawah 1.000 kata, tetapi kalau sudah lebih dari 1.000 kata, maka sudah masuk tulisan ilmiah.

Apa manfaat dari adanya penulis tamu di blog kita?

1. Blog akan rutin terupdate.

2. Membuat blog makin kaya akan gaya penulisan, meskipun temanya tetap sama.

3. Mendapat sahabat sesama penulis yang saling bersinergi.

4. dll

Bergaul dengan blogger lain itu penting

Bergaul dengan blogger lain itu penting

Blog rutin update.

Nyawa sebuah blog adalah pada rutinitas tulisan yang diunggah ke blog. Makin sering menulis, maka akan makin baik dipandang dari kaca mata Google. Mesin pencari Google akan menempatkan blog yang sering diperbarui dibanding blog yang jarang diupdate. Sedangkan hampir semua blogger sangat mengharapkan diindeks dengan baik oleh mesin pencari Google. Hampir semua blogger selalu pernah mengalami kekeringan ide menulis. Beberapa blogger bisa menyiasatinya dengan melakukan beberapa jurus khusus. Misalnya hanya mengunggah gambar tanpa tulisan, atau bercerita tentang hal-hal yang ada di hadapannya saat kekeringan ide, atau bahkan bercerita tentang susahnya mencari ide tulisan. Dengan adanya penulis tamu, maka kekeringan ide akan sedikit terobati.

Penulis tamu akan membantu kita saat kita kekeringan ide.

Blog makin kaya gaya penulisan

Di dunia ini hampir tidak ada yang sama persis. Penulis tamu, biarpun mempunyai tema tulisan yang sama dengan kita, tapi pasti mempunyai gaya tulisan yang berbeda. Silahkan bayangkan sebuah acara yang dihadiri wartawan dengan lembar press release di tangannya.  Ketika akhirnya berita tersebut naik cetak, maka hampir semua tulisan mirip atau bahkan sama seratus persen. Sekarang bandingkan dengan sebuah acara yang dihadiri oleh para blogger, maka ketika artikel diunggah ke blog, bermacam tulisan akan muncul. Para blogger akan menulis dari sudut pandang yang paling pas dengan hatinya.

Jadi marilah mencari penulis tamu yang baik dan sesuai dengan blog kita, sehingga tema dari blog tetap terjaga tetapi gaya penulisannya jadi beragam.

Network Blogger

Pertemanan dalam dunia blogger sangat penting. Dari pertemanan inilah jiwa seorang blogger asli dan palsu akan terlihat. Blogger yang malas berteman akan mendapat cap tersendiri, meskipun mungkin tulisannya bagus dan menarik. Ikut dalam sebuah komunitas dan melakukan kegiatan pertemuan offline sangat membantu munculnya sebuah pertemanan yang indah.

Blogger selalu bicara dengan hati dan sebuah hati yang menjadi lebih baik akan muncul kalau kita berteman dengan blogger lain yang mempunyai hati juga. Jangan berteman dengan blogger lain yang tidak mempunyai hati. Seperti kita berteman dengan penjual minyak wangi, maka akan wangi juga kita. Sangat sulit bersifat seperti ikan yang tidak menjadi asin meski berenang di laut yang asin.

Contoh penulis tamuku ada disini :

1. https://eeshape.com/2012/11/28/kesalahan-seo-yang-mungkin-masih-anda-lakukan/

2. http://ekoshp.com/2013/04/beda-bbm-dan-whatsapp/

3. Tips membersihkan laptop

4. Bercengkerama

Kebetulan aku mempunyai “ternak” blog yang berbeda tema, sehingga tulisan teman yang berbeda bisa kumasukkan dalam blog yang berbeda.

1. Blog tentang info seputar gadget kubuat di http://ekoshp.com

2. Blog seputar poto (dari berbagai jenis camera dan jenis pemotretan) kutulis di http://kupoto.com

3. Blog wirausaha, kuliner maupun wisata kuliner kutulis di http://miesehati.com

4. Blog berbagiku kutulis disini http://eeshape.com

Aku juga punya konsep berbeda dengan blogger lain yang ingin bertukar link. Aku sediakan sebuah halaman berisi link dari teman-teman yang ingin alamat blognya ditulis di halamanku itu dan aku tidak perlu berharap mereka menulis alamat blogku di daftar mereka. Dengan konsep ini, maka tidak ada lagi sakit hati ketika kita memuat alamat blog orang lain di blog kita dan orang lain tersebut tidak memuat alamat blog kita di blog mereka. Konsep yang menurutku nyaman dan bikin aku bisa lebih sering tersenyum.

Salam sehati

Blogger Bekasi : Kopdar offline itu penting

Blogger Bekasi : Kopdar offline itu penting

+++

Panduan menjadi penulis tamu ada disini.

7 komentar

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.