Gowes Guyub 12 Mei 2013

Gowes Minggu 12 Mei 2013

Cara memilih sebuah rute Gowes dari beberapa komunitas yang aku ikuti, ternyata berbeda-beda caranya. Ada yang sejak lama sudah ditetapkan rute yang akan ditempuh pada hari yang sudah jauh hari disepakati. Ada juga yang penentuan rute dilakukan tepat saat mau berangkat gowes. Saat pak Menteri PU, Pak Djoko Kirmanto, dijadwalkan untuk mengikuti acara gowes pagi di UGM Jogjakarta, maka bagian penanggung jawab rute gowes sudah melakukan gambaran kasar rute yang akan diambil. Rute itu kita sebut rute Gowes Guyub 12 Mei 2013.

“Dari Kampus Teknik Sipil UGM, langsung menuju ring road utara dan kemudian berbelok ke kiri, lewat Jalan Kabupaten mengarah ke selatan. Rute akan memotong jalan Godean dan terus lurus ke selatan dan memotong rel kereta api sambil melewati perkampungan di sekitar jalan Wates. Setelah sampai di jalan Wates langsung belok kiri ke arah timur dan istirahat di warung Soto Kadipiro Asli lor dalan (utara jalan). Perjalanan bisa dilanjutkan ke kampus atau langsung naik mobil menuju ke Bandara Adi Sucipto”

Itulah rute awal yang diputuskan, sebelum akhirnya muncul alternatif rute baru yang lebih pendek dan lebih banyak melewati jalan raya.

“Dari Kampus Sipil UGM, menuju ke arah barat dan foto bersama di STM Jetis (mantan sekolah Teknik Sipil), lanjut ke arah barat menuju jalan Magelang, belok kiri ke arah selatan menuju ke laboratorium pengairan (jaman dulu) dekat Samsat (saat ini). Belok kiri menuju arah stasiun Tugu (lewat Kopi Jhoss) dan lanjut terus ke arah SMA Negeri 3 Kridosono. Etape terakhir adalah menuju ke arah kampus kembali”

Membaca rute ini, aku langsung sadar bahwa untuk rombongan menteri memang sebaiknya lewat jalan raya dengan dipandu oleh petugas yang berwenang. Dengan demikian waktu tempuh akan menjadi lebih pasti dan perjalanan gowes lebih bisa dinikmati karena harus mengejar pesawat pagi itu juga ke Jakarta.

Specialized M5 S-Works

Specialized M5 S-Works layak tidak untuk sepeda menteri ?

Kalau melihat kemampuan pak menteri PU, Djoko Kirmanto, yang sangat bertenaga dalam mengayuh sepedanya, maka rute ini terasa sangat pendek. Diperkirakan dengan kecepatan yang pernah kulihat saat gowes guyub di Jakarta, maka tidak sampai 30 menit rute ini akan dilahap oleh pak Djoko Kirmanto.

“Masalahnya bukan kemampuan pak Menteri dab”, kata kawan gowesku

“Terus kemampuan siapa?”, tanyaku

“Pak Menteri sengaja mengajak bu menteri untuk merasakan keguyuban komunitas sepeda S3Gama di Jogja

“Woladalah, kalau begitu ya setuju dab. Jangan jauh-jauh yang penting guyub dan bisa foto narsis bersama pak Menteri”

“Nah kalau sudah jelas, segera siapkan sepeda untuk pak menteri dan pengawalnya ya dab”

“Beres dab. Ada banyak sepeda di kampus kok”

“Wah jangan sepeda kampus. Sepeda yang kita yakin kondisi dan kinerjanya memadai saja, jadi tidak ada keraguan saat mengawal rombongan gowes ini”

“Kalau sepeda kampus kita kurang yakin, maka yang paling yakin ya pinjam sepedamu saja. Kujamin pasti sesuai harapan kita”

“Oke, pak Menteri pakai sepedaku, bu menteri tolong pilihkan sepeda yang memadai ya”

Sebenarnya sepeda yang paling cocok untuk bu menteri adalah sepeda milik pak Helmi yang baru. Bermerk Gazelle sepeda itu mirip sepeda jengki jaman dulu. Bahkan kalau pak Menteri bersedia, akan lebih baik bila dipinjamkan sepeda Gazelle milik pak Helmi satunya, yaitu sepeda yang model sepeda Unta. Masalahnya, perlu usaha khusus untuk menghubungi pak Helmi yang luar biasa kesibukannya (maklum gelarnya saja lebih dari delapan buah, mulai dari tukang insinyur, sampai ahli hukum).

Gowes Minggu 12 Mei 2013

Gowes Minggu 12 Mei 2013

Yuk gowes untuk kesehatan dan guyub untuk ketentraman hati. Gowes guyub adalah untuk kesehatan jasmani dan ketentraman hati. Lengkap sudahmanfaat gowes guyub untuk kita semua.

Salam sehati

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s