Danger is real Fear is Choice (Film After Earth)

Danger is real Fear is Choice (After Earth)

“Danger is real Fear is Choice” begitulah inti dari Film After Earth.

Ini kisah sederhana di jaman setelah Bumi tiada. Kerusakan alam yang sudah demikian parahnya mengakibatkan manusia mencari planet lain yang bisa dijadikan sebagai bumi baru mereka. Planet itupun ditemukan dan berbondong-bondong penduduk bumi pindah ke planet baru itu.

Danger is real Fear is Choice (After Earth)

Danger is real Fear is Choice (After Earth)

Mereka membangun peradaban baru dan membentuk sebuah pemerintahan baru. Kehidupanpun menjadi normal kembali, sampai akhirnya muncul makhluk jahat yang dengan ganas memangsa manusia. Makhluk ini (URSA) adalah sebuah monster raksasa yang sangat tahu betapa takutnya manusia terhadap dirinya.

Meski kemudian ternyata URSA adalah makhluk yang tidak punya mata, tapi aroma ketakutan dari manusia ternyata sangat disukai dan dikenali oleh URSA. Rasa takut inilah yang kemudian memicu zat yang bisa dicium oleh URSA. Dengan aroma inilah URSA dapart dengan pasti menentukan posisi manusia yang ada di dekatnya. Akibatnya, bagaikan monster bermata, URSA membabat habis semua manusia yang dihadapinya. Postur URSA yang bak monster membuatnya mudah membunuh manusia yang ada di dekatnya.

Pertempuran tidak seimbang antara URSA dan manusia tidak berlangsung lama andai tidak muncul jagoan baru dari bumi baru ini. Will Smith yang memerankan tokoh dari bumi baru ini ternyata tidak mengenal rasa takut, akibatnya URSA tidak mampu mengetahui posisi Will Smith. Dengan demikian maka mudahlah CYPHER (Will Smith) untuk membunuh URSA, karena dia tidak terlihat oleh URSA dan dia dapat melihat URSA dengan jelas.

Danger is real Fear is Choice (After Earth)

Danger is real Fear is Choice (After Earth)

Ilmu menghilang dari URSA ini disebut dengan menghantu atau menjadi GHOST, dan inilah ilmu yang diajarkan pada para calon Ranger yang ada di planet baru penduduk bumi ini. Para Ranger dihadapkan pada URSA dan bila URSA tidak bisa melihat mereka, maka luluslah mereka dalam ilmu MENGHANTU.

Kitai yang sangat bercita-cita menjadi seorang Ranger tentu ingin mempunyai ilmu MENGHANTU tersebut, sayangnya modalny abelum cukup dan sayangnya lagi dia malah harus berhadapan langsung dengan URSA yang sesungguhnya, bukan dalam latihan tetapi dalam pertempurna yang sesungguhnya.

Perjuangan bahu membahu ayah dan anak inilah yang ditonjolkan dalam film ini. Bagaimana sabarnya seorang ayah dan bagaimana tertekannya jiwa seorang anak menjadi sebuah film yang asyik untuk dinikmati. Ini adalah film action sekaligus film drama keluarga yang cukup mendidik.

Danger is real Fear is Choice (After Earth)

Danger is real Fear is Choice (After Earth)

Ini juga merupakan sebuah film yang mencoba mengangkat isu GO GREEN, meskipun tidak terlihat dengan jelas pesannya, tapi melihat hancurnya bumi karena tidak dikelola dengan baik, semoga menjadi sebuah pemikiran bagi para penonton, bahwa bumi juga perlu perhatian atau bumi akan menciptakan lingkungan yang berbahaya bagi manusia.

Suhu bumi yang bisa turun naik sesukanya dan seketika membuat manusia menjadi sulit hidup di bumi di abad film ini diceritakan. Saat inipun kit asudha merasakan betapa iklim sudah makin sering suka-sukanya sendiri. Tidak ada lagi batasan jelas antara musim hujan dan musim panas.

Kapanpun bisa terjadi hujan dan banjir, tidak bisa diprediksi lagi.

Semoga film ini membangkitkan kita akan kesadaran hidup di bumi yang (masih) indah ini. Mari kita belajar pada Kitai dalam memngenal hidup dan kehidupan ini.

“Danger is real Fear is Choice”

+++

Sinopsis dari 21cineplex :

1000 tahun setelah manusia dipaksa untuk meninggalkan bumi karena bencana alam dahsyat, seorang remaja bernama Kitai
Raige (Jaden Smith) dan ayahnya, Cypher (Will Smith) mengalami kecelakaan di permukaan Bumi

Cypher terluka parah, Kitai melakukan perjalanan berbahaya untuk mencari bantuan. Sepanjang jalan ia menghadapi medan
yang belum terpetakan, revolusi spesies hewan yang menguasai planet Bumi

+++

Gambar diambil dari FB After Earth

Danger is real Fear is Choice (After Earth)

Danger is real Fear is Choice (After Earth)

2 komentar

  • Reblogged this on Dunia Seni Panggung and commented:

    After earth memang layak tonton.

    Suka

  • Ping-balik: Man of Steel (Superman yang beda) | Eshape Blogger Jogja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s