Man of Steel (Superman yang beda)

Man of Steel

“Man of steel keluar dari pakem Superman?”

Ada sebagian penonton yang menganggap produk Superman versi 2013 alias Man of Steel ini keluar dari pakem Superman. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Warna kostum Man of steel yang beda dengan versi Superman sebelumnya.

2. Kostum Superman lebih mirip kostum Spiderman dibanding Superman yang sesuai “pakem”

3. Akhir cerita yang lebih menekankan pada penyelesaian model otot dibanding akal.

Bagi para sutradara, memang sangat sulit membuat cerita Superman, justru karena supernya sang jagoan. Musuh yang seperti apakah yang harus dihadapkan pada Superman yang mempunyai kekuatan begitu super. Mungkin itu sebabnya muncul tokoh Luthor yang mencoba berbagai cara untuk mengalahkan superioritas Superman dan itulah yang membuat cerita Superman kadang berakhir dengan adu pintar bukan adu kekuatan.

Man of Steel mencoba berbicara tentang Superman dari penafsiran yang berbeda, meskipun tetap sesuai dengan yang ada di kepala para penggemar Superman. Proses kelahiran dan pengiriman Superman (Kal El) ke Bumi ditampilkan dengan cara baru meskipun secara umum isinya sama dengan “pakem”. Dalam film ini ada tambahan proses kelahiran bayi Krypton selain Superman (Kal El).

Teknologi yang sudah begitu maju di planet Krypton membuat semua bayi sudah ditentukan nasibnya sejak lahir. Ada yang sudah ditentukan sebagai pemimpin, sebagai pekerja dan sebagainya, sehingga saat tumbuh menjadi dewasa, bayi itu sudah mempunyai arah yang jelas kemana akan dikembangkan. Inilah yang kemudian dianggap salah oleh Jor El.

Jor El ayah Man of Steel

Jor El ayah Man of Steel

“Bagaimana kalau si anak mempunyai keinginan lain ?”

“Bagaimana kalau keinginan anak tidak sesuai dengan yang telah ditentukan oleh Dewan?”

Pertanyaan itulah yang membuat Jor El merancang kelahiran putranya secara alamiah. Keinginan ini bersamaan dengan akan hancurnya planet Krypton. Bersama istri tercintanya, Jor El kemudian merancang perjalanan Kal El ke planet yang sesuai dengan kehidupan Kal El dan planet itu kita tahu semua, namanya BUMI.

“Bagaimana kalau Kal El tidak cocok dengan penduduk bumi?”

“Kal El akan cocok dengan penduduk bumi, bahkan dia akan dianggap DEWA oleh penduduk bumi”.

Clark Kent (Kal EL) memang akhirnya tumbuh menjadi penduduk bumi yang berbeda dengan anak-anak lainnya. Sulitnya beradaptasi dengan penduduk bumi digambarkan dengan masa kecil Kal El yang begitu sengsara. Dia harus menyembunyikan kekuatannya atau dia akan menakutkan penduduk bumi. Bagi penggemar SmallVille (Superman versi remaja), pasti sudah kenyang menyaksikan masa kecil superman di sebuah desa yang penuh intrik.

Tidak ada Lex Luthor di Man of Steel, beda dengan Smallville yang selalu mengedepankan konflik dua sahabat ini, Lex Luthor dan Clark Kent.

Sutradara memang sengaja membuat versi berbeda dalam Man Of Steel. Harapannya tentu membuat pecinta lama Superman mendapatkan ujud Superman baru dan pecinta baru Superman mengenal Superman sebagai tokoh dengan warna yang berbeda.

Louis Lane Man of Steel

Louis Lane Man of Steel

“Apa arti lambang S ini?”, kata Louis Lane

“Ini bukan huruf S, tetapi dalam bahasa Krypton adalah lambang dari HOPE, harapan”, jawab Clark menirukan ucapan bapaknya Jenderal Jor-El (Russel Crowe).

Permainan apik dan meyakinkan membuat para penonton terpikat oleh Jenderal Jor-El (Russel Crowe) yang tidak hanya sekedar numpang nama, tapi ikut mewarnai sepanjang alur cerita. Permainan Jonathan (Kevin Costner) juga cukup membuat warna di film ini. Adegan badai yang menimpa Jonathan sangat berkelas meskipun hanya beberapa detik. Penonton dibuat jengkel dengan situasi terperangkapnya sang anjing di mobil, sehingga badai harus diterjang oleh Jonathan.

Adegan tersebut bukan tanpa cacat, tapi setidaknya sutradara ingin menunjukkan bahwa apa yang diucapkan seorang ayah akan melekat pada seorang anak yang begitu berbakti. Perjuangan batin di hati Kal El diungkapkan dalam adegan itu dan adegan itulah yang telah membuat Louis Lane berubah pikiran.

Bila anda belum nonton Man Of Steel, maka saatnya anda mencari teman nonton. Paling baik tentu bersama kekasih hati, pasangan hidup kita dan anak-anak kita. Meskipun di akhir acara ada adegan ciuman yang tidak begitu perlu, tapi ini adalah tontonan keluarga yang lumayan menghibur.

Selamat menonton.

Man of Steel

Man of Steel

+++

Kutipan dari wikipedia tentang Superman.

Superman (bahasa Indonesia: “Lelaki Super”), adalah tokoh fiksi karakter pahlawan super yang paling terkenal dan berpengaruh dari penerbit komik DC Comics dari Amerika Serikat. Superman secara luas telah dianggap sebagai ikon budaya yang melambangkan kekuatan budaya Amerika Serikat. [1][2][3][4]

Dalam bahasa Inggris, Superman juga dikenal sebagai “The Man of Steel” (“Manusia Baja“) “The Man of Tomorrow” (“Pria Masa Depan“) dan “The Last Son of Krypton” (“Putra Terakhir Planet Krypton“). Superman diberikan julukan oleh teman pahlawan super sejawatnya dengan julukan “The Big Blue Boy Scout” (“Anak Pramuka Lelaki yang Biru Besar“),[5]

Diciptakan oleh seorang seniman KanadaJoe Shuster, dan penulis Amerika Serikat Jerry Siegel pada tahun 1932 saat mereka masih remaja di ClevelandOhio dan kemudian menjualnya kepada Detective Comics, Inc.pada 1938. Superman pertama kali muncul dalam serial Action Comics (“Komik Aksi”) edisi #1 di Amerika Serikat (30 Juni 1938) dan kemudian juga muncul di berbagai serial drama radioacara televisifilm layar lebar,surat kabarkomiknovel, dan permainan video berbahasa Inggris. Dengan kesuksesan petualangannya, Superman membantu menciptakan ragam pahlawan super dan populernya buku-buku komik Amerika Serikat.

+++

Gambar diambil dari FB Man of Steel

Man of Steel

Man of Steel

+++

Jangan lupa tonton juga After Earth, sangat mencerahkan.

12 komentar

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.