Monster University, sekolah impian para Monster

Monster University, sekolah impian para Monster

Apa kata Mike Wazowski tentang universitas Monster? “Monster University, sekolah impian para Monster!”

Sejak kecil Mike (Wazowski) sangat terobsesi dengan legenda Monster yang bersekolah di MU (Monster University). Di awal film sudah disuguhkan kenekadan Mike dalam memenuhi apa yang diinginkannya, walaupun keinginanya sebenarnya adalah sebuah keinginan yang mustahil.

Walt Disney ingin menunjukkan bahwa kesungguhan akan suatu tekad akan membuat tekad itu terwujud dengan sendirinya. Ini jadi seperti Mestakung (semesta mendukung) yang membuat seluruh alam semesta ikut mewujudkan keinginan kita dan keinginan seperti apapun menjadi tidak penting karena semesta akan membuatnya nyata.

Bagaimana mungkin monster dengan tampang tidak menakutkan seperti Mike Wazowski punya niatan untuk menjadi monster paling menakutkan di dunia monster. Bahkan lebih tidak mungkin lagi ketika dia mengajak kelompok paling tidak menakutkan untuk memenangkan lomba paling bergengsi di dunia monster, menjadi monster paling menakutkan !

Monster University, sekolah impian para Monster

Monster University, sekolah impian para Monster

Kisah dalam film ini memang merupakan sekuel pendahuluan sebelum Monster Inc, sehingga sutradara harus membuat tautan (link) antara film ini dengan film Monster Inc. Dua sahabat yang begitu menyatu dalam film Monster Inc harus dibuat tidak bersahabat dahulu sebelum akhirnya menjadi sahabat kental. Sebuah patron yang sudah sangat klise memang, tapi sutradara tidak ingin membebani para penonton dengan cerita yang rumit. Semuanya dibuat mengalir, meskipun aliran airnya dibuat penuh belokan yang kadang mudah ditebak tapi kadang perlu berpikir sebentar untuk menebaknya.

Ini film keluarga yang sangat menghibur dan memberi banyak pelajaran tentang kejujuran, pertemanan, menyadari kekurangan diri dan memanfaatkan kelebihan diri untuk saling bahu membahu menyelesaikan semua masalah yang ada di depan mereka.

Monster University, sekolah impian para Monster

Monster University, sekolah impian para Monster

Man Jadda Wa Jada (barangsiapa yang bersungguh-sungguh, maka pasti akan berhasil) seperti akan dilukiskan dalam diri Mike, tapi penonton diajari berpikir bahwa tidak semua tekad yang bulat akan berhasil. Kadang ada sesuatu yang lebih baik dari terwujudnya tekad yang bulat itu. Dalam hidup ini tidak semua dapat kita peroleh dengan mudah, bahkan ada yang sampai matipun apa yang kita harapkan tidak juga terjadi, meskipun kita yakin semua tekad yang sungguh-sungguh pasti akan terlaksana.

Sebuah kenyataan memang kadang lain dengan harapan kita dan kalau kita pandai mengambil hikmah, maka kadang kita justru bersyukur karena ada niat kita yang tidak dikabulkan Tuhan.

Keinginan Mike untuk menjadi monster paling menakutkan begitu besar dan semua itu masih ditambah dengan semangat yang tak kenal menyerah dari Mike. Dia baca semua teori tentang bagaimana caranya menakuti segala macam jenis orang. Dia bisa membuktikan diri sebagai monster yang paling tahu bagaimana caranya menakuti seseorang. Ibaratnya, Mike adalah ahli renang yang sangat menguasai teori renang tapi belum pernah berenang.

Sungguh mustahil seorang yang belajar renang hanya menguasai teorinya saja tanpa melakukan praktek.

Monster University, sekolah impian para Monster

Monster University, sekolah impian para Monster

Usaha Sullivan untuk menjadikan Mike sebagai sosok monster yang menakutkan menemui kendala dari bentuk Mike yang jauh dari kesan menakutkan bahkan lebih dekat dengan sosok yang lucu. Apalagi digambarkan Mike adalah monster yang bermata satu dengan senyum yang selalu tersungging di bibir. Layakkah monster seperti Mike dinobatkan sebagai monster paling menakutkan?

Bagi Mike, pernyataan apapun yang menunjukkan bahwa dia tidak layak menjadi monster paling menakutkan pasti dia tentang habis-habisan. Obsesinya untuk masuk sekolah monster dan lulus dengan sempurna membuat film ini menjadi menarik.

“Monster University, sekolah impian para Monster!”

Monster University, sekolah impian para Monster

Monster University, sekolah impian para Monster

+++

Sinopsis dari 21Cineplex :

Mike Wazowski dan James P. Sullivan adalah pasangan yang tak terpisahkan, namun tidak selamanya demikian. Mulai saat ini kedua Monster ini saling berselisih
Sekuel ini mengisahkan asal kedua Monsters Inc., bagaimana Mike dan Sulley mengatasi perbedaan mereka dan menjadi sahabat

Gambar diambil dari FB Monster University

3 komentar

  • Ping-balik: Boneka Minion kuning yang menggemaskan | Eshape Blogger Jogja

  • Ping-balik: Ganti layar LCD iPad2 | Eshape Blogger Jogja

  • Reblogged this on Seputar FILM & Seni Panggung and commented:

    Monster University, sekolah impian para Monster

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s