Amprokan Komunitas Blogger Bekasi

Ollie Salsabeela

Pagi ini aku membaca keputusan ketua Panitia “Amprokan Komunitas Blogger Bekasi” mas Irfan yang sudah ketok palu tentang pelaksanaan acara pre-Amprokan Blogger 2013 atau AB2013. Ini acara yang rutin dilakukan oleh komunitas Blogger Bekasi pada bulan Ramadhan, seperti tahun lalu.

Kalau tahun lalu tema kegiatan adalah tentang berinternet dengan sehat, kali ini temanya adalah bagaimana kita memberdayakan komunitas agar lebih bermanfaat bagi lingkungan, baik di lingkungan komunitas blogger maupun lingkungan yang lebih luas, yaitu masyarakat Bekasi dan sekitarnya. Kemajuan di bidang komunikasi sebenarnya sudah tidak bisa membuat sebuah daerah menjadi terkotak-kotak, sekarang tapal batas sudah tidak ada lagi. BeBlog (Blogger Bekasi) sudah lama menembus tapal batas dan akan terus bergerak tanpa kenal batas wilayah.

Bagi komunitas Blogger Bekasi, batas yang ada adalah batas etika menulis. Bagaimana kita tetap menulis dengan bebas merdeka tetapi tanpa menimbulkan konflik yang tidak perlu di masyarakat pembacanya. Labibah, dedengkot blogger Makassar, pernah bilang bahwa saat ini sudah saatnya blogger Makassar diurus oleh yang lebih muda, demikian juga mas Aris HU, ketua BeBlog yang sudah melanglang buana dan sekarang menetap di China. Mas Aris merasa bahwa Komunitas Blogger Bekasi sudah saatnya dimeriahkan oleh blogger-blogger yang lebih muda.

Mas Irfan, salah satu founder BeBlog, tentu paling cocok menjadi ketua panitia “Amprokan Komunitas Blogger Bekasi”untuk menggerakkan para blogger yang lebih muda, lebih bergairah dan lebih eksplosif !:-)

Amprokan Komunitas PreAB-2013

Amprokan Komunitas PreAB-2013

Acara yang bertemakan “The Power of community” ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 Juli 2013 bertempat di NIC’s Cafe, jalan Ir. Haji Juanda No. 84-86 Bekasi pada pukul 14:00-19.00. Seperti biasa resto ini tidak menyediakan tempat untuk sholat tarwikh, sehingga seusai buka bersama harus segera mencari masjid terdekat untuk melaksanakan sholat tarwikh berjamaah.

Amprokan Komunitas sebagai pre event Amprokan Blogger 2013 akan mengupas tuntas tentang kekuatan sebuah komunitas dan bagaimana memanfaatkan kekuatan itu untuk tujuan yang baik dan menjadikan Indonesia menjadi lebih baik. Kalau tahun lalu acara buka bersama dimeriahkan dengan adanya acara Live Tweet Competition, maka tahun ini diadakan juga acara ini. Keuntungan dari acara Live Tweet Competiton adalah teman-teman yang tidak bisa hadir di acara ini tetap dapat memantau acara ini dari lokasi masing-masing.

Kalau ada lomba TwitPic mungkin akan lebih seru, tetapi pesertanya mungkin akan kesulitan mencari obyek foto dan bahkan mungkin akan mengganggu suasana, karena semua peserta sibuk mencari obyek foto mereka. Jangan-jangan isi dari twitpic adalah foto Salsabeela “Ollie” saja. Maklum selain terlihat cerdas dan pandai menyampaikan gagasan, Ollie dikenal memang mempunyai penampilan yang membuat oara tukang foto demen mengabadikannya.

Ollie Salsabeela

Ollie Salsabeela

 

Amprokan Komunitas Blogger Bekasi 2013 ini akan mengundang semua blogger yang ada di Bekasi dan juga mereka yang tergabung dalam komunitas apa saja untuk dapat bersinergi dalam bidang-bidang yang bisa disinergikan.

Bagi yang belum kenal BeBlog (Blogger bekasi), info dibawah ini mungkin bisa sedikit memperkenalkan BeBlog untuk anda.

  1. Blogger Bekasi (BeBlog) dideklarasikan pada tanggal 17 Agustus 2009 dan diresmikan oleh Walikota Bekasi, Bapak H. Mochtar Muhammad pada tanggal 17 Oktober 2009.
  2. BeBlog mendapat Penghargaan Komunitas Blog Berbasis Wilayah Terbaik tahun 2010
  3. BeBlog saat ini beranggotakan 2.050 blogger berkiprah dengan semangat berbagi, antara lain berbagi tulisan dan pengalaman dalam media blog keroyokan http://bloggerbekasi.com (online), serta semangat berbagi yang senantiasa digaungkan dalam berbagai kegiatan baik lokal maupun nasional.
  4. Untuk melanjutkan kiprah positifnya, Blogger Bekasi bertekad secara berkesinambungan untuk terus berkarya menembus tapal batas. Dalam menyusun dan melaksanakan kegiatannya BeBlog selalu mengajak berbagai pihak untuk turut bersama-sama berpartisipasi mensukseskan acara.

Tentang Visi dan Misi, BeBlog menulis sebagai berikut :

Visi
Menjadikan budaya “blog” sebagai salah satu media alternatif untuk menyampaikan informasi melalui jurnalisme warga (citizen journalism), agar bisa berperan aktif dan ikut serta untuk memajukan Kota Bekasi kearah yang lebih baik lagi.

Misi
Mensosialisasikan pengetahuan blog bagi penduduk Kota Bekasi dan sekitarnya
Memperkenalkan keunikan dan potensi (wisata, kuliner, budaya, dan sebagainya) Kota Bekasi kepada masyarakat diluar Kota Bekasi melalui blog agar tertarik dan mau berkunjung ke Kota Bekasi
Menggunakan blog sebagai sarana untuk menumbuhkan semangat berbagi (sharism) di kalangan masyarakat (citizen journalism) Kota Bekasi dan sekitarnya
Menjadikan blog sebagai media penghubung antara penduduk dan Pemerintah Kota Bekasi dan sekitarnya untuk membangun tali silaturahmi serta membantu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik

Tentang komunitas yang ada di Bekasi, sangat banyak yang bisa diajak untuk bersinergi. Beberapa di antaranya antara lain adalah :

  1. TDA Bekasi : @TDA_bekasi
  2. Komunitas Emak-Emak Blogger: @emak2blogger
  3. Hijabers Bekasi: @KomhijabersBKS
  4. Young on Top Bekasi: @YoTBekasi
  5. Standup Indo Bekasi: @StandUpIndo_BKS
  6. Relawan TIK: @RelawanTIK
  7. Ayah ASI Bekasi : @AyahASI_Bekasi
  8. Bekasi Berkebun: @BekasiBerkebun
  9. Komunitas Nebeng: @nebengers
  10. Siswa Wirausaha : @siswawirausaha
  11. Komunitas Fotografi Bekasi
  12. Komunitas Cyberline Bekasi
  13. Komunitas Android Developer Bekasi
  14. Kaskus Reg Bekasi
  15. Bekasi Cyber Community
  16. Komunitas Silat Budaya Bekasi
  17. Earth Hour Bekasi
  18. Komunitas Besar Indonesia
  19. Komunitas Para Gembel Bekasi
  20. Klub Buku Bekasi
  21. Hijabsi Bekasi
  22. Stand Up Indo Bekasi
  23. … dll

Tentu selain komunitas tersebut, masih banyak komunitas lain yang bisa bersinergi. Jadi mari kita sinergikan semua komunitas yang ada di sekitar kita, sesuai tema acara “Amprokan Komunitas Blogger Bekasi” yaitu “The Power of Community”

Salam sehati

Blogger Bekasi

Blogger Bekasi

11 komentar

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.