Kapan Seleb Twit ngetwit ?

Akun twitter Salsabeela

“Kapan Seleb Twit ngetwit ?”

Bagi pakar twit, kadang jawaban para sleb twit ini tidak sesuai dengan teori yang mereka ajarkan. Kita ambil contoh tiga seleb twit yang cukup punya pengaruh di dunia online maupun dunia offline. Ada mas Jamil Azzaini, mbak Salsabeela dan Uni Fahira Idris.

“Saya menulis twitter ketika saya berada dalam perjalanan, saya isi waktu naik kendaraan itu dengan menulis kalimat yang semoga bermanfaat bagi para pembacanya”

RT mas Jamil Azzaini

RT mas Jamil Azzaini

Di kondisi lain, saat menunggu pesawat di terminal, saat menunggu giliran tampil sebagai pembicara, atau saat-saat lain yang kurang produktif untuk berdiam diri, maka mas Jamil mengisinya dengan berkicau di akun twitternya.

Konten twitternya yang berbobot dan secara tidak sengaja sesuai hasil survey membuat banyak orang melakukan retwit (RT) pada kicauan mas Jamil Azzaini. Berdasar survei terbukti bahwa  70% tweet yang menganduk tautan atau links di-retweet oleh orang-orang yang membacanya dan mas Jamil cukup sering melakukan itu.

Mungkin mas Jamil memang menguasai ilmu ngetwit, tapi bisa jadi juga karena dia dikelilingi oleh ahli berkicau di twitter, maka setiap dia menulis di blognya, maka dia promosikan tulisan di blognya melalui twitter. Akibatnya, sekali ngetwit sudah tersebar ke ribuan pengikutnya, belum lagi kalau kicauannya diRT oleh followernya, maka kekuatan twitter menjadi makin berlipat ganda.

Akun twitter Jamil Azzaini

Akun twitter Jamil Azzaini

Uni Fahira Idris, juga setali tiga uang dengan mas Jamil. Wikipedia menyebutnya sebagai berikut : “Disamping kepedulian sosialnya yang tinggi Fahira juga dikenal pemberani. Ia dinobatkan sebagai Twitter terinspiratif sejagad” Apakah Uni Fahira sangat menguasai teknik ngetwit? Bisa iya bisa juga tidak. Namun yang jelas kicauannya terus beredar seolah tanpa henti. Tidak ada waktu penting atau tidak penting dalam kicauan Uni Fahira. Kicauannya bisa muncul kapan saja.

“Dulu saya suka bete kalau ketemu jalan macet, sekarang saya malah kadang punya kegiatan lain saat bertemu jalan macet. Kondisi itu membuat aku bisa ngetwit sampai puas dan tanpa bete lagi”.

Sebagai aktifis gerakan sosial memang Uni Fahira perlu selalu berkoordinasi dengan followernya, minimal untuk berkomunikasi tentang kegiatan AntiMiras yang dipimpinnya. Sifat twitter yang agresif membuat komunikasi melalui twotter ini terasa lebih powerfull. Semua komunikasi yang dialkukan Uni Fahira dapat diikuti oleh ribuan followerrnya, sehingga tidak perlu lagi melakukan komunikasi pada seluruh anggota komunitasnya satu demi satu.

Akun twitter Fahira

Akun twitter Fahira

Sedikit berbeda adalah model kicauan mbak Salsabeela. Kekuatan mbak Salsabeela memang pada blognya, sampai -sampai dia mengeluarkan “fatwa” bahwa dia belum akan berkicau sebelum menulis di blog.

“Sebelum menulis blog, aku selalu mencoba untuk tidak melihat TL di twitter, tidak buka facebook dulu apalagi buka email. Jangan deh”

Hasilnya bisa dilihat, mbak Salsabeela keliling dunia tanpa perlu mengeluarkan uang, bahkan pulang bisa membawa bermacam-macam kenangan dan kenang-kenangan. Wanita cantik ini memang sangat piawai dalam menulis blog dan membagikan kesuksesannya pada lingkungannya.

Jadi ingat ucapan Hanafi Rais saat  berbagi pada acara Komunitas Sukses Mulia di Jogja beberapa waktu lalu,”Tidak disebut sukses sesorang sebelum dia sukses membuat orang lain sukses”

Kalimat itu sederhana dan sudah lama beredar, tapi kita seperti diingatkan lagi, bahwa tidak ada gunanya sukses sendiri. Sukses itu ya berjamaah dan mbak Salsabeela sudah membuktikannya dengan berbagai kegiatannya. Di dunia online mbak Salsabeela sukses mendirikan berbagai komunitas dan di dunia offline, mbak Salsabeela juga sukses keliling dunia berbagi ilmu.

Tak perlu banyak berkicau, kalaupun berkicau tak pernah mematok jam berkicau dan Salsabeela sudah punya ribuan follower.

Buat teman-teman yang suka berkicau, petunjuk jam berkicau banyak ditemukan di internet dan akan lebih bermanfaat bagi mereka yang bukan seleb, tapi kalau anda sudah jadi seleb, maka jam berkicau itu kelihatannya jadi tidak begitu perlu.

Akun twitter Salsabeela

Akun twitter Salsabeela

10 komentar

  • Menurut sy, selebtwit paling bersahaja itu mas Ferrasta “Pepeng” Soebardi (@_pepeng) karena beliau selalu me-follback semua followernya tanpa terkecuali, bahkan jumlah followingnya lebih banyak dari jumlah followernya 🙂

    Suka

  • Reblogged this on Labschool Jakarta.

    Suka

    • makasih Om Jay sudah reblog artikel ini.

      Semoga Om Jay terus menginspirasi teman-teman di BeBlog maupun teman-teman di seluruh Indonesia
      Amin.

      Salam sehati.

      Suka

  • saya juga termasuk pengikut setia mas eko. Bagi saya mas eko itu blogger yang ringan tangan dan suka menolong. Saya banyak terinspirasi dari kesederhanaan mas eko beserta keluarga. Semoga sehat dan sukses selalu

    Suka

    • alhamdulillah, semoga komentar Om Jay ini menjadi doa yang dikabulkan Allah swt
      Amin.
      Saya juga selalu terinspirasi oleh tindakan Om Jay yang ceplas ceplos dan bisa menerima semua kondisi dengan senyum damainya
      Apalagi dengan semangat menulisnya yang selalu istiqomah, tak kenal henti dalam menulis

      Salam sehati

      Suka

  • Kapan yah difollow @sherinamunaf dan @princessyahrini? >_<

    Suka

    • Hehehe…
      Gampang dab, tinggal ajak mereka gowes ke Bali, nanti di tengah jalan minta mereka follow,
      Simple kan?

      Salam sehati

      Suka

      • Hahaha.. :p

        Suka

        • Ojo lali nek kejadian tenanan, aku dijak yo dab !:-)

          Suka

          • Siaaaap… ~ 😀

            Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s