Tahun 2014 Blackberry dijual dan iPhone dibanting

BB Q10

Tahun 2014 Blackberry dijual dan iPhone dibanting.

“Benarkah kesimpulan ini?”

Melihat terus ruginya blackberry sampai pertengahan tahun 2013, maka tidak mustahil perusahaan penghasil ponsel fenomenal blackberry akan gulung tikar atau sudah ganti pemilik. Prediksi ini sudah lama ada di dunia rumor ponsel cerdas. Performa BB yang makin anjlok, kalah bersaing dengan agresifitas ponsel besutan vendor lain yang memasang OS Android di ponsel cerdas mereka. Bahkan iPhone yang begitu stabil mulai goyah sejak ditinggal oleh Steve Jobbs. Konsep lama produk apple adalah gadget yang stabil, indah dan berkelas, tapi kalau dilihat produk apple saat ini sudah mulai mengikuti selera pasar dan ini bisa jadi bencana buat apple.

Baik blackberry maupun iPhone, sebenarnya sudah mempunyai penggemar fanatik karena kelebihan teknologi dua jenis ponsel tersebut. Dengan segala kekurangannya, dua ponsel cerdas tersebut, BB dan iPhone, tetap dapat dimanfaatkan secara optimal. Gempuran sekencang apapun dari ponsel-ponsel Android tidak menggoyahkan tekad mereka untuk menjadi ponsel terkemuka.

“Saya tetap prefer pakai BBM untuk berdiskusi dengan client saya”

“Bukanhya Whatsapps juga sudah bisa melakukan hal yang sama dengan BBM?”

“Ada bedanya mas, antara WA dan BBM”

“Pada BBM, kita bisa mengomentari sebuah gambar tanpa terganggu oleh obrolan yang tidak berhubungan dengan gambar itu”

“Maksudnya?”

“Coba lihat di WA, saat kita mengomentari sebuah gambar, maka bisa saja ada peserta lain dalam group kita malah membahas hal lain yang tidak berhubungan dnegan gambar itu”

“Maksudnya ini pembicaraan dalam group?”

“Sebagai seorang arsitek, saya suka diskusi sebuah gambar dalam group dan kita bisa fokus membahas gambar itu, kalau memakai aplikasi BBM, kalau memakai aplikasi WA dijamin kacau deh..”

BB Z10 dan tandemnya iPhone 5

BB Z10 dan tandemnya iPhone 5

Sejak kematian Steve Jobbs, apple juga mengalami gonjang ganjing. Mulai dari penampilan iPhone 5 yang menuai banyak protes, meskipun tetap masih laris dibeli dan akan munculnya seri iPhone 5S dengan iOS 7. Kesaktian Steve Jobbs dalam visi artistik sudah tidak begitu terlihat pada produk anyar apple. Janji piranti yang tidak boros batere juga tidak ditepati dalam produk iPhone 5. Ponsel yang lebih ringan dan sedikit lebih panjang dari iPhone 4S itu terbukti lebih boros batere dan kadang lebih mudah panas dibanding pendahulunya.

Saat ini senjata andalan Apple ada di iOS 7, Jika sistem operasi baru ini sukses di pasaran, maka bukan tidak mungkin Apple akan kembali menggeliat. Rumor yang beredar, iPhone terbaru akan dipersenjatai dengan iOS 7 dan akan memakai nama iPhone 5S, bukan iPhone 6. Kabarnya gadget ini akan dilepas ke pasar pada bulan September 2013, jadi masih harus menunggu sebentar lagi untuk menyaksikan nasib produk apple pasca meninggalnya Steve Jobbs.

BB Q10

BB Q10

Bulan September 2013 juga akan ditandai dengan munculnya aplikasi BBM di produk Android ataupun Apple. Ini juga akan menjadi lonceng kehidupan atau lonceng kematian bagi blackberry. Dengan keunggulannya, bis ajadi justru aplikasi BBM ini yang akan abadi sementara pabrik pembuat BB malah sudah tutup.

Rumor yang beredar saat ini adalah akan dijualnya pabrik penghasil ponsel cerdas blackberry kepada investor yang tertarik, Ini tentu menyusul serentetan kerugian yang teru smendera blackberry dan belum terlihat titik baliknya. Pemilik blackberry mungkin tetap akan menanam sahamnya, tetapi arah perusahaan sudah akan berubah sesuai dengan kehendak pemilik barunya.

Namun saat ini nampaknya akan sulit mencari investor blackberry yang berada dalam posisi terus merugi. Bila blackberry tutup, maka penggemar BB bisa jadi berpindah ke iOS atau Android. Para pengegmar BB yang ingin mencari ponsel murah dan canggih pasti akan memilih pindah ke Android, sedangkan yang lebih suka melihat ponsel cerdas, bergengsi dan stabil, maka pilihan bisa jadi ke produk apple.

Anda sendiri pilih mana?

Samsung Galaxy SII

Samsung Galaxy SII dan iPad2

+++

Artikel “Tahun 2014 Blackberry dijual dan iPhone dibanting” ini sebenarnya akan dimuat di http://ekpshp.com sayang sedang ada trouble, jadi ditulis di sini.

15 komentar

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.