Pintails Social Media Marketplace

Pintails Social Media Marketplace

Kisah aplikasi “Pintails Social Media Marketplace” ketika berjuang melawan para programer dunia, berlomba di AngelHack Silicon Valley, San Fransisco, Amerika Serikat, cukup menarik untuk dibahas. Merekalah wakil Indonesia yang mencoba menunjukkan eksistensi para programmer Indonesia di kancah dunia internasional. Koran tempo secara samar-samar menyebut mereka salah strategi, sehingga akhirnya kalah (iTempo Suplemen Gaya Hiduop digital, 21 September 2013).

Pemenangnya adalah FUSUBO dan HOSTSPOT, dua aplikasi sederhana tapi dianggap sangat menjanjikan untuk dikembangkan menjadi aplikasi yang “menjual”. Aplikasi FUSUBO ini sejalan dengan prinsip “Pelanggan adalah Raja” atau dalam sistem manajemen ISO 9001 disebut fokus pada pelanggan. Pemilik bisnis retail akan terbantu dengan adanya FUSUBO. Aplikasi ini membuat para pelanggan dengan mudah menyampaikan keluhannya pada pemilik bisnis atau manager dan ketidak nyamanan atau permasalahan yang ada dapat segera dicarikan solusinya.

Yang menarik adalah aplikasi HOSTSPOT yang memanfaatkan jaringan WIFI pada toko. Dengan demikian semua pengunjung toko dapat terdeteksi pergerakannya. Seberapa sering seorang pelanggan mengunjungi toko dan kalau datang ke toko daerah mana yang paling sering dikunjungi akan terpantau dengan jelas oleh aplikasi HOSTSPOT. Data ini selanjutnya dapat dipakai oleh pemilik toko untuk mengembangkan strategi bisnisnya.

Dua aplikasi tersebut dianggap lebih baik dari aplikasi PINTAILS Social Media MarketPlace, padahal aplikasi asli Indonesia ini sebenarnya tidak kalah hebatnya. Wakil dari Indonesia ini mengusung aplikasi yang berjalan di OS Blackberry 10 dan sayangnya tidak banyak di antara para hadirin yang memakai OS Blackberry 10.

Inti aplikasi Pintails SMM adalah membuat sebuah networking dalam berjualan sesuatu. Jaringan pertemanan dalam PINTAILS SMM dibnagi dalam dua lingkaran, yaitu Circle dan Network. Jadi misalnya kita mempunyai CIRCLE beranggota 5 orang dan masing-masing orang mempunyai 5 orang teman, maka kita akan mempunyai Network beranggota 25 orang. Ketika kita berpromosi pada circle kita, maka secara otomatis promosi itu akan berlipat menjadi promosi kepada 25 orang.

Aplikasi ini didasarkan pada kecenderungan orang dalam membeli sesuatu yang lebih percaya atau lebih suka kalau direkomendasikan oleh teman yang dia kenal, bukan oleh orang yang tidak dia kenal. Sama halnya dengan ikllan yang sering dilihat di televisi, koran atau media lainnya, maka saat akan membeli biasanya masih menyempatkan untuk melihat pendapat para blogger yang terkenal jujur dalam berpendapat. Bisa jadi merk yang sudah lama diincar tiba-tiba berubah tiotal ketika membaca pendapat seorang blogger yang dikenal jujur dan ahli pada barang yang akan dibelinya.

Fenomena larisnya toko Bagus, Berniaga(dot)com dll meruipakan bukti betapa berpengaruhnya pendapat di media non mainstream pada calon pembelinya. Meskipun mungkin saja mereka membeli di toko bagus atau berniaga karena mencari harga murah dan sengaja tidak mau membeli barang baru.

Aplikasi Pintails Social Media Marketplace yang berjalan diplatform Blackberry ini memang khas Indonesia (atau Asia), sehingga para juri mungkin kurang memahami bahwa aplikasi ini bisa jadi laris manis untuk diterapkan di Asia (atau Indonesia), karena kecenderungan membeli yang berbeda antara Amerika dan Asia. Karena acara ini digelar di kantor NestGSV Redwood City, California, maka bisa jadi selera Amerika mendominasi lomba ini. Selamat untuk FUSUBO (Cile) dan HOSTSPOT (Meksiko) yang telah memenangkan kompetisi AngelHack Silicon Valley, Califormnia Amerika Serikat.

Kepada tim PINTAILS Social Media Marketplace dari Indonesia, tentu kita dukung untuk terus berkembang dan suatu saat menjadi pemenang di ajang serupa atau yang berbeda. Kabar terakhir PINSTAILS akan dikembangkan untuk platform iOS dan bukan tidak mungkin merambah ke Android atau platform lainnya. Di Indonesia memang BB masih punya 12 juta pelanggan, tapi kalau sudah dikembangkan ke platfoprm yang lain maka pasar akan menjadi sekitar 30 juta pemilik smartphone di Indonesia.

Salam sehati dan sukses mulia buat semua

Pintails Social Media Marketplace

Pintails Social Media Marketplace

+++

Sumber gambar : http://en.dailysocial.net

3 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s