#SinauSEO Busana Muslim

Alexa rank Zalora

Artikel #SinauSEO Busana Muslim ini kutulis berdasar pengalamanku sharing dengan TDA Kampus di Jogja. Tidak persis kejadiannya tapi intinya kira-kira sama maksudnya.

Kala itu aku memulai sharing dengan tanya jawab sambil menunggu peserta yang masih sholat Asar atau peserta yang masih di jalan. Maklum acaranya memang nanggung jamnya, dimulai pas bertepatan dengan waktunya sholat Asar. Mungkin maksudnya peserta diharapkan sholat Asar di samping sekretariat TDA Kampus Jogja, tetapi kebanyakan peserta memilih sholat di kediaman masing-masing.

Ternyata acara diskusi ini malah jadi menarik karena banyaknya pertanyaan yang diajukan, seiring dengan makin banyaknya pesrta yang berdatangan. Salah satu pertanyaan yang kuangkat adalah “Bagaimana agar bisnis kita selalu muncul di halaman pertama mesin pencari dan pengunjung yang datang selalu membeli produk kita?”

Pertanyaan ini, dulu sering diajukan dalam sesi diskusi tentang pembuatan situs internet. Ternyata sampai hari ini juga pertanyaan ini masih muncul. Artinya bagi para pemula, maka pertanyaan ini memang sangat menggoda.

“Bila kita ingin halaman yang kita tulis dalam blog muncul di halaman pertama mesin pencari, Google misalnya, maka kita harus punya tulisan yang sesuai dengan kata kunci yang dicari. Akan lebih baik lagi kalau kita punya PR yang tinggi”, kataku memulai menjawab

“PR? Apa itu mas?”

Page Rank mas. Nilainya dari 1/10 sampai 10/10″, jawabku sabar, dari pertanyaan ini ternyata para peserta diskusi ini memang masih awam soal SEO. jadi benar kalau saat ini aku akan #SinauSEo bersama mereka.

“Paling rendah 1/10 ya mas?”

“Paling rendah adalah tidak punya ranking atau belum diindex oleh Google. Kemudian baru 0/10 dan seterusnya…”

“Lanjut mas..”

“Ada seorang teman yang mempunyai nama unik dan punya bisnis online dan offline Busana Muslim. Tadinya bisnisnya hanya offline dan kemudian dia mendapat masukan bahwa untuk mengembangkan sayap bisnisnya, sebaiknya memakai jasa internet. Jadi bisnisnya dibuat online meskipun isi situsnya hanya showroom dari produk busana muslim”

“…………………..”

“Beberapa bulan setelah dia aktif di dunia internet, dia mendatangi saya dan bercerita bahwa tanpa teknik SEO yang njlimet dia sudah berhasil masuk di halaman pertama Google. Wouw.. hebat, kataku. Dia dengan tersenyum membuka halaman Google dan menuliskan namanya di mesin pencari. Beberapa saat kemudian munculah hasil pencarian di Google dan benar, namanya ada di halaman pertama mesin pencari Google”

“…………………….”

“Saya minta dia memasukkan kalimat Busana Muslim di mesin pencari dan sampai beberapa puluh halaman dibuka, nama dia tidak juga muncul di mesin pencari”

“Hahahaha….”

Searching busana muslim

Searching busana muslim

“Saya bilang padanya, saat seseorang ingin membeli busana muslim, maka yang dia ketikkan di mesin pencari pasti bukan nama penjualnya tapi nama produknya, sehingga yang dia tulis adalah kalimat Busana Muslim. Nah silahkan dicoba, apa yang muncul kalau kalimat itu yang ditulis? Situs punya siapa yang muncul? Jangan-jangan situs Batik Rejondani yang muncul, karena anggota TDA Jogja ini sangat tertolong dengan adanya bisnis online”

“Yang muncul ZALORA mas”

“Nah sekarang coba buka halaman Yahoo dan ketikkan kalimat yang sama”, kataku

Searching busana muslim

Searching busana muslim

“Wah Zalora tidak muncul lagi. Kalau kita coba pakai Bing gimana mas?”

“Coba cari dulu di Yahoo, Zalora muncul di halaman berapa?”, kataku

“Muncul di urutan 29 mas. Kok bisa beda mas?”

“Nah setiap mesin pencari mempunyai algoritma sendiri dalam menemukan apa yang dicari oleh pengguna mesin pencari. Jadi jangan sombong kalau sudah muncukl di halaman pertama mesin pencari. masih ada pekerjaan rumah agar muncul di semua mesin pencari”

“Apakah harus muncul di semua mesin pencari mas?”

“Idealnya begitu, tapi kalau aku sarankan cukup fokus pada Google saja. Coba sekarang lihat Alexa Rank dari Zalora bandingkan dengan Alexa Rank dari urutan pertama di mesin pencari Yahoo”

Alexa rank Busana Com

Alexa rank Busana Com

“Urutan pertama di Yahoo Busana dot Com mas. Alexa Ranknya 487.892 di dunia dan di Indonesia urutan 24.930″

“Kalau alexa Rank Zalora berapa?”

Zalora peringkat 10.172 dunia dan peringkat 207 di Indonesia”

Alexa rank Zalora

Alexa rank Zalora

“Nah dari sisi Alexanya, rasanya hasil pencarian di Google lebih pas dibanding hasil pencarian di Yahoo”

“Bisa juga gini mas, Alexa Rank cocok untuk mesin pencari Google dan kurang bersahabat dengan Yahoo”

“Hahahaha… yang penting begini saja. Saat ini rasanya Google masih menjadi mesin pencari terbaik di negeri ini bahkan di dunia, sehingga kita tentu lebih puas kalau muncul di halaman pertama Google dibanding di halaman pertama Yahoo”

Diskusi masih terus berlanjut sampai menjelang maghrib, bahkan seusai maghrib, masih saja asyik berdiskusi dengan topik masing-masing. Beginilah memang kebijakan ketua TDA Jogja saat ini, berkumpul untuk berbagi dan setelah berbagi dengan materi khusus dilanjut dengan materi masing-masing sesuai ketertarikan anggota TDA Kampus.

Terima kasih TDA Kampus Jogja yang telah mengundangku untuk berbagi. Semoga artikel “#SinauSEO Busana Muslim” ini bermanfaat bagi para pembaca blog ini. Salam sehati.

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s