Hari kasih sayang dan kehangatan keluarga

Sapi Qurban untuk 7 orang

“Hari kasih sayang dan kehangatan keluarga ya hari ini saat kita berpesta mensyukuri nikmat kasih Allah swt”.

Ada hari yang dilarang untuk berpuasa, mulai hari lebaran Haji sampai 3 hari sesudahnya. hari-hari itu adalah hari dimana kita disunahkan untuk berpesta, bersenang-senang mensyukuri semua kasih sayang yang telah kita terima dari Allah swt. Kita selalu dihadapkan pada cerita tentang Ibrahim dan Ismail.

Dua nabi itu memberi contoh pada kita tentang betapa mulianya kasih sayang seorang ayah, Ibrahim, dan kisah betapa patuhnya seorang anak kesayangan yang bernama Ismail. Mereka berdua selalu memberikan inspirasi tentang bagaimana sebaiknya seorang bapak dan seorang anak saling bersikap untuk menunjukkan kasih sayang mereka.

Dari tahun ke tahun, suasana hari raya lebaran Haji ini selalu berbeda. Saat aku masih kecil, maka begitu selesai sholat Ied, maka para jamaah langsung bertebaran, pulang ke rumah masing-masing atau tetap di lapangan dan mulai asyik membeli makanan yang ada di lokasi.

Endog Abang dari KratonPedia.com

Endog Abang dari KratonPedia.com

“Endog Abang” (telor yang dicat warna merah) adalah makanan yang wajib dibeli, meskipun rasanya sebenarnya biasa-biasa saja, karena memang itu hanya sebutir telor rebus saja. Hanya saja kalau pulang dari alun-alun utara Jogja dan tidak membawa endog abang kok rasanya beda.

Beberapa tahun ini aku selalu sholat Ied di lapangan parkir monumen Pangeran Diponegoro, Tegal Rejo Jogjakarta. Tahun pertama di lapangan ini, maka seusai sholat selalu saja lapangan jadi penuh dengan sampah koran. Lokasi parkir jadi kotor dan perlu seorang atau beberapa orang pemulung yang akan membersihkan sisa koran yang dipakai para jamaah sholat Ied.

Hari ini, 15 Oktober 2013, kulihat lokasi parkir benar-benar bersih dari sampah koran. Di beberapa pojok lapangan kulihat tumpukan koran yang sudah dirapikan. Pemulung yang datang akan dengan mudah membawanya pergi. Beberapa koran bahkan terlihat dilipat rapi dan beberapa masih asal dikumpulkan di suatu tempat tanpa dirapikan dulu.

Seperti biasa, para penjual kaki lima sudah mangkal di lokasi parkir sejak sebelum sholat dimulai. Mereka akan kelarisan begitu sholat usai ditunaikan. Kuperhatikan, makin tahun makin berbeda suasananya. Tahun ini para jemaah terlihat tekun mengikuti sholat termasuk khotbahnya, sehingga ketika selesai khotbah, maka secara serentak mereka berdiri dan menuju lokasi parkir atau menuju ke lokasi jajanan kaki lima.

Aku kurang begitu tahu bagaimana kondisi jamaah putri, karena lokasinya cukup jauh dan begitu aku selesai melipat koran, maka mereka juga sudah selesai melipat koran mereka. Yang kutahu, di deretan jamaah laki-laki suasananya cukup tertib. Anak-anak meski tidak memperhatikan isi khotbah, tapi tidak membuat gaduh. Mereka asyik tidur-tiduran.

Jajanan pasar yang paling digemari adalah Leker. Harganya 2.000 rupiah per buah dan harus antri panjang untuk mendapatkannya. Haslita kebagian antrian terakhir, sehingga parta jamaah sudah sepi baru kita bisa menyantap leker kecintaan itu.

Leker Monumen Diponegoro

Leker Monumen Diponegoro

Sambil menunggu pelanggan leker sepi, maka kita duduk-duduk sambil menyantap telor kecil-kecil campur mie. Akhirnya untuk menunggu leker masak, kita perlu makan telor mini plus mie seharga 15.000 rupiah.

Pulang dari sholat Ied, kita menuju lokasi penyembelihan hewan ternak. Suasananya rame banget di masjid. Kita ikut menyaksikan proses penyembelihan qurban sambil merasakan aura kegembiraan seluruh tetangga kampung yang hari ini berkumpul bersama di masjid.

Hari raya lebaran ini memang istimewa. Kita bisa berkumpul bersama dalam sebuah suasana kebersamaan. Inilah makna kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail as. Tidak salah kalau hari ini menjadi “Hari kasih sayang dan kehangatan keluarga”

Terima kasih ya Allah atas karuniaMu. Alhamdulillah. Sesungguhnya memang tidak ada lagi nikmat Allah yang kita dustakan.

Sapi Qurban untuk 7 orang

Sapi Qurban untuk 7 orang

+++

Gambar endog abang dari kratonpedia.com

7 komentar

  • Harga sapi qurban pasti semakin melambung tinggi saat mendekati Idul Adha

    Disukai oleh 1 orang

    • harus bongkar celengan bin Tabungan 🙂

      Suka

  • Selamat hari raya Idul Adha. Taqabbalallahu minna wa minkum.

    Salam

    Suka

    • Taqobbal ya kariim

      Salam sehati mas

      Suka

  • Betul, hari ini adalah hari kasih sayang bersama keluarga dalam menyukuri nikmat-Nya

    Suka

    • Alhamdulillah.
      Nikmatnya hari ini ya mas @Iwan Yulianto

      Salam sehati

      Suka

      • Braciilnle for free; your parents must be a sweetheart and a certified genius.

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s