Pekan Anti Korupsi 2013

Pekan Anti Korupsi 2013

Pekan Anti Korupsi 2013 baru sekali ini kuhadiri. Biasanya aku hanya membaca ulasan di media masa bila pemberitaannya sudah menyangkut korupsi Indonesia. Saat ini nilai negra Indonesia dalam bidang korupsi ini masih di angha 32. Republika online menulis sebagai berikut :

“Daftar Indeks Persepsi Korupsi (Corruption Perception Index/CPI) 2013 yang dikeluarkan lembaga Transparency International (TI), skor untuk Indonesia berada di angka 32. Belum ada perkembangan yang berarti dari upaya pemberantasan korupsi di Indonesia berdasarkan indeks tersebut”

Gebrakan gencar yang dilakukan KPK ternyata tidak mampu mendongkrak angka 32 menjadi di atas 50. Jadi saat ini nilainya masih E atau maksimal D+. Sebuah nilai yang belum menggembirakan. Masih banyak kasus yang mandek entah dimana dan kit atidak pernah tahu kenapa bisa mandeg. Ada kasus yang tidak juga bergerak dari tahun ke tahun dan ada juga kasus yang langsung diputus hasilnya dalam waktu yang (relatif) begitu cepat.

Pekan Anti Korupsi 2013

Pekan Anti Korupsi 2013

Kita disuguhi sandiwara politik yang kita sendiri tidak tahu harus menyebutnya bagaimana. Canggih? Terlalu vulgar ? Atau bahkan terlalu lucu sehingga sudah tidak bisa membuat kita tertawa lagi. Sosok Abraham Samad yang begitu elegan masih tetap ditunggu kiprahnya untuk membuat nilai indeks persepsi korupsi Indonesia beranjak dari angka 32.

Beberapa media saat ini menyebutkan bahwa kasus korupsi banyak menimpa para Kepala Daerah kecuali kepala Daerah Surabaya yang justru getol melawan korupsi. Fenomena yang muncul memang adanya dugaan bermainnya para kepala daerah dalam melakukan berbagai praktik korupsi di saat mereka berkuasa. Dugaan masyarakat banyak adalah kegiatan korupsi itu sebagai bentuk dari pengembalian modal mereka saat merek amemenangkan pemilihan kepala daerah dan kemudian keterusan. Modal memang sudah balik, tapi korupsi harus jalan terus.

Itu hanya dugaan masyarakat, bisa jadi dugaan itu salah bisa juga dugaan itu benar. Namun karena dugaan itu dianggap cukup logis, maka menurut berbagai survey yang hasilnya dimuat di beberapa media, masyarakat sudah menganggap wakil mereka kurang bisa dipercaya untuk menyuarakan suara mereka. Berbagai foto para wakil rakyat yang bertebaran di berbagai Baliho sudah tidak mampu lagi mengangkat mereka untuk menjadi pemenang dalam pemilihan kepala daerah atau semacamnya.

Fenomena JokoWi  sangat mudah ditiru tetapi hanya kemasannya yang bisa ditiru. Masyarakat tetap akan melihat siapa yang mereka pilih secara lebih jernih.

Pekan Anti Korupsi 2013

Pekan Anti Korupsi 2013

VOA Islam menulis sebagai berikut :

+++

Transparency International yang berbasis di Berlin mengeluarkan indeks tahunannya hari Selasa (3/12) berdasarkan persepsi tingkat korupsi yang disusun dari hasil wawancara dengan rakyat di 177 negara. Sementara Indonesia mendapat skor 32, dengan peringkat 114 dari 177 negara.

Skala itu memberi negara yang bebas korupsi angka 100, dan pada tahun 2013 Somalia, Korea Utara dan Afghanistan masing-masing mendapat angka 8. Sebaliknya, negara-negara yang nyaris bersih dari korupsi adalah Denmark dan Selandia baru dengan angka 91, disusul oleh Finlandia dan Swedia dengan angka 89.Di kawasan Asia Pasifik, Indonesia masih jauh berada di bawah Singapura, Hongkong, Taiwan, Korea Selatan, dan China.

Dibanding dengan negara ASEAN, skor Indonesia jauh di bawah Brunei dan Malaysia, sedikit di bawah Filipina dan Thailand, namun sedikit lebih baik dari Vietnam, Timor Leste, Laos dan Burma. Transparency Internasional melansir Corruption Perception Index (CPI) dalam rentang 0-100. 0 Berarti sangat korup, sedangkan 100 sangat bersih. Di tahun 2012 dan 2012 Indonesia mendapat CPI 32, sangat rendah.

+++

Perjuangan masih panjang. Pekan Anti Korupsi 2013 masih menjadi riak kecil melawan korupsi, tapi sekecil apapun sebaiknya masih kita syukuri sebagai langkah untuk menjadikan Indonesia bersih dari Korupsi.

Pekan Anti Korupsi 2013

Pekan Anti Korupsi 2013

4 komentar

  • Amien.. Mudah2an bukan cuma bicara aja ya kak.. Ayo Indonesia bersih dari Korupsi..

    Suka

    • Ayo !:-)
      Kita bisa …

      Salam sehati

      Suka

  • Semoga Indonesia lebih bersih! lebih bersih dari sampah baik sampah berupa benda maupun perilaku korup. aamiiiiin…! 🙂
    nice post mas!

    Suka

    • Amiiin
      Mari kita doakan bersama

      Salam sehati

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s