Stock terbatas iPhone 5 hanya 3.8 juta

nikon canon

“Stock terbatas iPhone 5 hanya 3.8 juta!!!”

Membaca judul itu aku langsung tidak percaya, bagaimana mungkin iPhone 5 bisa dijual dengan harga semurah itu. Bahkan mungkin untuk modal pembuatannya saja tidak akan menutup biayanya. Apple memang mengeluarkan kebijakan untuk menjual kembali iPhone 4 yang sebenarnya sudah diskontinyu pada para pelanggannya di Indonesia dan di beberapa negara lain, tapi bukan untuk iPhone 5.

Ponsel cerdas iPhone 4 dijual dengan harga tidak sampai 4 juta per buah. Itu harga resmi dan ponselnya dijamin asli baru. Ada yang usil mengatakan bahwa itu adalah ponsel refurbish, tapi aku cenderung percaya kalau itu adalah iPhone baru. Apple ingin memperluas jualannya ke pengguna baru yang menginginkan ponsel cerdas dengan harga murah.

Begitulah, iPhone 4 yang sudah diskontinyu dihidupkan lagi dan diproduksi untuk beberapa negara khusus, salah satunya negara kita tercinta Indonesia. Ponsel ini dianggap sudah cukup canggih dengan spesifikasi aslinya, sehingga ketika diproduksi lagi, tetap setia dengan spesifikasi yang ada pada produk terdahulunya. Sama persis tiada beda.

BB Z10 dan tandemnya iPhone 5

iPhone 5

Lalu ketika muncul berita di bawah ini, maka akupun langsung tertawa sinis.

+++

New Promo Mega Bazaar
Apple Iphone 5 64GB
edisi emas 24 karat
Rp.19.500.000,-
Kini Cuma Harga
Rp.3.800.000,-
Stock Terbatas..!!
www.gebyar-ponsel (dot) com

+++

Bagaimana mungkin Apple menjual iPhone baru seri 5 dengan kapasitas memory 64 GB bisa dijual lebih murah dari iPhone 4? Sungguh bodoh sekali sang pemilik situs ini. Pasti para pembaca akan langsung tidak percaya dan melupakannya saja, tapi di sisi lain aku tiba-tiba kepikiran. Jangan-jangan ada yang terperdaya dengan berita ini. Bisa jadi terperdaya karena ketidak tahuan, bisa jadi juga karena befgitu inginnya dia dengan ponsel merk Apple dan diapun masuk perangkap.

Lalu bagaimana caranya kita mengetahui bahwa sebuah situs itu menjual barang palsu atau bahkan tidak menjual apa-apa tapi tetap menerima pembayaran? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Mas Masruri Mohammad Asy’ari  pernah melakukan percobaan yang pasti akan membuat kita tahu apakah penjualnya betulan atau hanya bohongan.

Pertama kali yang dilakukan mas Masruri adalah memastikan bahwa pembelian bisa dilakukan dengan COD (Cash on Delivery), kalau tidak bersedia, maka bisa dipastikan pembelian dibatalkan saja. Aku sendiri sering beli barang secara online, biasanya pembelian pertama dengan cara COD, kalau lancar bisa dilanjut, kalau tidak lancar ya kita tidak rugi apa-apa.

Biasanya ditantang COD langsung ngeper penjualnya, kalau akhirnya dia bersedia COD, kadang ada syarat tambahan, misalnya mereka menyampaikan hanya boleh beli COD kalau langsung 5 buah tidak boleh hanya beli satu buah. Kalau diladeni dengan membeli 5 buah, maka mereka pasti akhirnya akan KO dan langsung menutup pembicaraan atau mengalihkan pembicaraan.

Ciri lain situs yang tidak bisa dipercaya adalah tidak mencantumkan nomor rekening BANK, tapi akan menyampaikannya melalui SMS atau pesan lainnya. Jadi beda jauh dengan aku yang selalu menyantumkan nomor rekeningku di blog ini.

+++

Bagi yang akan menyumbang beasiswa ke UGM, maka alumni UGM yang tergabung dalam wadah Kagama Virtual menyediakan nomor khusus an. Eko Sutrisno Hadi Purnomo Nomor rekening BCA Otista 553 024 7734 untuk menerima donasi dari siapapun. Minimal 50.000 per bulan.

+++

Jadi kalau ada berita “Stock terbatas iPhone 5 hanya 3.8 juta”, maka kalau ada waktu, silahkan dicoba untuk melakukan pembayaran melalui COD dan pura-pura meminta nomor rekening. Bilang saja kalau ternyata tidak sempat COD akan langsung transfer melalui ATM. Saat dia memaksa untuk transfer, maka kedoknya terbongkar sudah. Kalau masih iseng, silahkan minta mereka menghubungi hape anda dan minta mereka menuntun anda untujk transfer ke nomor mereka.

Hehehehe… iseng banget ya?

Yang penting jangan mudah tergiur untuk membeli barang dengan harga jauh di bawah harga pasar. Pasti ada sesuatu di balik murahnya harga itu. Bisa jadi uang anda justru akan hilang tanpa bekas. Selamat berburu harga murah tapi barang jangan murahan. Salam sehati.

Samsung Galaxy SII

Samsung Galaxy SII

 

 

 

3 komentar

  • Reblogged this on Babenyeaddin's Blog and commented:
    Begini dah kerjaan orang cari duit zaman sekarang, banyak yang gak masuk logika cara berfikir jualannya. Masuk akal juga si Om Es ha pe bilang itu HP kalo dijual harga segitu 3,8 Jt belon masuk HPPnya, sekarang bagaiman cari untungnye tuh produsen #Hadeuhh #TepokJidat.

    Suka

  • haha saya jg pasti gak percaya pak kalau ada harga segitu,,, tapi klo iPhone 4 saya percaya.. kemarin soalnya baru beli iphone 4 garansi Berindo harga 3,8 pak

    Suka

    • Benar mas @Tomi
      iPhone 4 memang dijual lagi dengan spesifikasi sama dengan iPhone 4 lama dengan harga tidak sampai 4 juta.

      Salam sehati

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s